Katapedia 2.0: Indonesian Social Media Analytical Tools

1,675 views

Published on

KATAPEDIA adalah Layanan berbasis web untuk memonitor, menganalisa dan menindaklanjuti pemberitaan dan perbincangan terkait brand / topik tertentu yang terjadi di media berita online dan media sosial di Indonesia.

Published in: Technology, Business
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
1,675
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
10
Actions
Shares
0
Downloads
72
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Katapedia 2.0: Indonesian Social Media Analytical Tools

  1. 1. to see what people say… Version 2.0Indonesian Social Media Analytical Tools
  2. 2. KATAPEDIA adalah Layanan berbasis internet untuk memonitor, menganalisa dan menindaklanjuti pemberitaan dan perbincangan terkait brand / topik tertentu yang terjadi di media berita online dan media sosial di Indonesia. Monitoring Analysis Media HANYA dari Indonesia Follow-up Proses yang terjadi di Katapedia.comTersedia lebih dari 40++ media nasional. Dan dapat ditambahkan sendiri oleh users (unlimited)
  3. 3. @ Katapedia.com
  4. 4. Awal yang MUDAH…KATAPEDIA dirancang agar MUDAH dipakai. Cukup memasukkan kata kuncidari brand / topik yang ingin di-monitor, maka proses selanjutnya akan bekerjasecara otomatis. Cukup isi 2 field ini … Tambahkan 2 field lagi untuk akurasi yang lebih baik. Menu “Advanced Keywords” digunakan untuk brand/topik yang kurang UNIK
  5. 5. Media Monitoring Menampilkan seluruh hasil pencarian brand/topik tertentu dengan durasi tiap 10 menit untuk facebook & Twitter, dan per-20 menit untuk media lainnya. Hasilnya ditampilkan harian. Tampilannya dibuat User-Friendly agar mudah dibaca.Cukup klik barisanmenu ini untukmendapatkanhasil dari mediayang diinginkan.Pengguna KATAPEDIA dapat menambahkan sendiri media yang akan dimonitor (UNLIMITED)
  6. 6. Informasi Yang Lengkap Informasi yang lebih lengkap dapat diperoleh dengan me-klik judul dari setiap berita yang ditampilkan menu “Media Monitoring”. Informasi dilengkapi dengan fasilitas: Print, Save as PDF, Send to Email, Go to SourceSemua informasi disimpan di Server Katapedia.com, jadi tidak tergantung dari sumber aslinya.
  7. 7. Arsip Seluruh Informasi Fasilitas ini disediakan karena Users belum tentu melakukan aktifitas monitoring setiap harinya. Informasi yang disimpan dapat difilter sesuai jenis media maupun jenis brand / topik yang ada.Arsip berita dan opini yang tersimpan telah dilengkapi dengan hasil Sentiment Analysis-nya.
  8. 8. @ Katapedia.com
  9. 9. Mention Share AnalysisFitur ini adalah yang paling umum dari semua jenis layanan social media analysistools. KATAPEDIA mengelompokkan fitur ini dalam 3 media: Facebook, Twitter,dan Media lainnya. Ditampilkan secara Harian dan Bulanan (30 hari terakhir). @ News Media @ Twitter @ FacebookSeluruh informasi harian (DAILY) Mention Share Analysis ditampilkan pada menu HOME
  10. 10. Media Share Analysis Fitur ini menampilkan media-media mana saja yang menampilkan brand/topik terkait. Ditampilkan hanya 10 media terbanyak, baik Harian maupun Bulanan. Fitur ini menjadi alat bantu untuk memutuskan media mana yang paling efektif.Grafik diatas hanya menampilkan 10 media TERTINGGI, media lainnya ada di menu “Tabular Data”
  11. 11. Channel Share AnalysisFitur ini menampilkan kelompok (channel) media secara keseluruhan. Fitur inipenting untuk mengetahui jenis media seperti apa sebaiknya yang akandigunakan bagi kampanye brand/topik tertentu.Beberapa jenis Channel yang tidak terlihat diatas: Blogs, Suara Pembaca, dan Web TV.
  12. 12. Mention Trend Analysis Fitur ini memperlihatkan secara rinci kemunculan brand/topik tertentu di semua media, baik social media maupun media lainnya. Ditampilkan selama 30 hari terakhir dan dalam bentuk grafik yang mudah dipahami. @ Facebook @ Twitter @ Others MediaGrafik Trend dapat di-FILTER sesuai brand/topik tertentu dan juga berdasarkan Sentiment-nya.
  13. 13. Sentiment Analysis for Social Media Fitur ini secara otomatis dapat menilai sentimen dari sebuah percakapan (positif, negatif, netral). Fitur ini dikembangkan dengan menggunakan Naïve Bayes Classifier untuk menghasilkan sentimen otomatis yang lebih akurat. @ Facebook Cukup “klik” pada angka yang tertera untuk melihat detil dari setiap sentimen. @ Twitter Sentiment Analysis versi Bahasa Indonesia telah dilengkapi dengan penggunaan kata-kata pergaulan yang berkembang di masyarakat.Kombinasi software dan tim Katapedia menghasilkan akurasi diatas 90% (10% human errors)
  14. 14. Sentiment Analysis for Others Media Fitur ini juga menghasilkan sentimen (positif, negatif, netral) secara otomatis bagi pemberitaan dan opini dari media lainnya. Karena berita dan opini selain facebook & twitter cukup rumit dipahami sentiment-nya, maka KATAPEDIA menggunakan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) Neural Networks untuk menghasilkan sentiment secara otomatis. Data dari media lainnya (berita, blogs, forum, dll) jauh lebih sedikit dari data yang diperoleh dari media sosial (facebook & twitter).Kombinasi Software dan Tim Katapedia menghasilkan akurasi diatas 90% (10% human errors)
  15. 15. Core AnalysisPengguna KATAPEDIA dapat melakukan analisa perbandingan terhadap industrisejenis dalam hal kompetensi inti dari industri tersebut. Analisa ini digunakanuntuk membandingkan kinerja industri-industri sejenis berdasarkanpemberitaan dan perbincangan di media berita dan media sosial. Ini contoh perbandingan 2 perusahaan telco dengan membandingkan kompetensi inti-nya. Topik-topik untuk Core Analysis ditentukan oleh Pengguna Katapedia sendiri.
  16. 16. Content Analysis Fitur ini bermanfaat untuk “merangkum” begitu banyak perbincangan di social media (facebook & twitter) tentang brand/topik tertentu. Ini memudahkan bagi pemilik brand/topik untuk mengetahui secara cepat apa saja yang paling banyak dibicarakan terkait brand/topik tertentu. Ditampilkan Harian & Bulanan (30 hari). Berupa brand/topik yang akan dianalisa Bila di-klik akan menampilkan data-data yang berisi kata-kata yang muncul paling banyak terkait dengan brand /topik tertentu.Akurasi Content Analysis diukur dari tingkat relevansi kata-kata dengan brand/topik terkait.
  17. 17. Top Person Analysis Fitur ini untuk mengetahui secara cepat siapa saja yang paling banyak membicarakan brand/topik tertentu di social media. Pemilik brand/topik selanjutnya dapat berhubungan dengan orang-orang tersebut untuk menjalin hubungan yang lebih baik dan bermanfaat bagi semua. Cukup “klik” pada angka yang tertera untuk melihat detil status/tweet. Follow-up pun dapat dapat dilakukan dari sini.Top Person Analysis berusaha mencari Influencer untuk meningkatkan nilai suatu brand/topik.
  18. 18. Gender Analysis Fitur ini menampilkan kelompok jenis kelamin (gender) dari orang-orang yang membicarakan brand/topik tertentu di social media. Ini diperlukan untuk mengetahui relevansi antara suatu brand/topik dengan ke-gender-an.Gender Analysis merupakan alat bantu keputusan manajemen terkait dengan masa depan brand.
  19. 19. Geolocation Analysis Fitur ini sangat memudahkan untuk mengetahui secara cepat di lokasi mana saja orang-orang yang membicarakan brand/topik tertentu berada. Ini bisa menjadi alat bantu keputusan wilayah kampanye brand/topik tertentu.Geolocation Analysis juga dapat mengetahui keberadaan Top Person terkait brand/topik tertentu.
  20. 20. Social Share Index (SSI) Fitur ini memberikan penilaian terhadap brand/topik tertentu dibandingkan dengan industri sejenis berdasarkan jumlah pembicaraan dan sentimen (positif, negatif, netral) terhadap brand tersebut. Brand/topik yang memiliki nilai SSI tinggi pastinya adalah brand/topik yang paling banyak dibicarakan dengan sentimen positif terbanyak. Begitu juga sebaliknya. Terpopuler Terpopuler secara negatif secara positifSSI tidak hanya mengukur popularitas suatu brand, tapi juga sentimen terhadap brand tersebut.
  21. 21. @ Katapedia.com
  22. 22. Follow-up @ FacebookFitur ini digunakan untuk berhubungan langsung dengan orang-orang difacebook yang membicarakan brand/topik tertentu. Penanganan yang lebih baikakan meningkatkan nilai dari brand/topik tersebut. Klik “tanggal” data untuk dapatkan data status-nya di facebook, follow-up dapat dilakukan dengan memberi “comment” or “Like” Atau, klik “username”-nya untuk masuk ke wall yang bersangkutan dan mengirim “messages”Follow-up sebaiknya dilakukan setelah Users menjadi “friends” dari pemilik account FB.
  23. 23. Follow-up @ Twitter Fitur ini digunakan untuk berhubungan langsung dengan orang-orang di Twitter yang membicarakan brand/topik tertentu. Penanganan yang lebih baik akan meningkatkan nilai dari brand/topik tersebut. Follow-up dapat dilakukan melalui link “tanggal” data maupun “username” yang bersangkutan.Follow-up sebaiknya dilakukan setelah Users menjadi “follower” dari pemilik account Twitter.
  24. 24. Follow-up @ Others Media Fitur ini digunakan untuk berhubungan langsung dengan perorangan / lembaga / instansi di media selain facebook dan twitter yang membicarakan / memberitakan brand / topik tertentu. Penanganan yang lebih baik akan meningkatkan nilai dari brand/topik tersebut. Follow-up untuk media lainnya dimulai dengan Follow-up dapat rincian berita dan fitur dilakukan dengan “Go to Source” berbagai jalur sesuai media yang dituju.Sebaiknya Users sudah memilki LOGIN khusus untuk setiap media yang dianggap penting.
  25. 25. @ Katapedia.com
  26. 26. Additional Media Fitur ini memungkinkan bagi pengguna KATAPEDIA untuk menambahkan media online apapun sesuai dengan kebutuhannya (unlimited).Hanya media-media yang menyediakan link RSS yang dapat dimonitor dengan cara mudah.
  27. 27. Reporting ConfigurationFitur ini memungkinkan bagi pengguna KATAPEDIA untuk merancang sendirisecara mudah dan flexible informasi apa saja yang akan ditampilkan dalamreport yang akan diterima via email dengan format standard PDF. Fitur ini memungkinkan users menampilkan report yang sesuai dengan kebutuhan berbeda. Isi form ini untuk mengirimkan report melalui email secara otomatis kepada siapapun yang berkepentingan (unlimited)Konfigurasi harus dilakukan se-efektif mungkin untuk menghemat attach file via email.
  28. 28. Reporting TypesKATAPEDIA menyediakan beberapa jenis report yang dapat terkirim via emailsecara otomatis, baik Harian maupun Bulanan. Juga tersedia periode laporanyang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Pengguna. Report format PDF dibagi dalam 3 jenis: -Daily Report, terkirim setiap jam 10 pada keesokan harinya. -Monthly Report, terkirim setiap tanggal 1 pada bulan berikutnya -Custom Report, dibuat untuk di-print dan dikirim via email, kapan saja, dan untuk periode kapanpun.Seluruh data yang ada di Katapedia.com dapat ditampilkan pada Report jenis apapun.
  29. 29. DashboardKATAPEDIA menyediakan sejenis dashboard (menu HOME) untuk melihat grafikmention-media dan sentiment analysis dari pemberitaan dan perbincangan yangterkait dengan brand/topik tertentu secara Harian, dan dibuat dalam 1 halamanDashboard hanya menampilkan data-data paling penting yang terkait brand/topik tertentu.
  30. 30. Our Services:  FREE Setup Application for New Users  FREE Setup Reporting (Daily, Monthly, Custom)  FREE Technical Supporting via Email  FREE Upgrading for New Version  FREE Maintenance (Bugs & Errors)  UNLIMITED Data Access  UNLIMITED Additional Media  UNLIMITED Keywords Access  UNLIMITED Data Storage  UNLIMITED Email Access
  31. 31. “We love to discuss and to find what is you really needsabout Social Media Monitoring & Analysis…” Deddy Rahman 0857.10.777.636 0812.845.33.239 YM: deddyr Facebook.com/deddyrahman deddy.rahman@katapedia.com TERIMA KASIH

×