Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Seminar kesehatan bagaimana mencegah kanker untuk website

1,834 views

Published on

Seminar kesehatan bagaimana mencegah kanker untuk website

Published in: Health & Medicine
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Seminar kesehatan bagaimana mencegah kanker untuk website

  1. 1. BAGAIMANA MENCEGAH KANKER?
  2. 2. Kanker • Kanker atau neoplasma ganas adalah penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk: 1. tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal) 2. menyerang jaringan biologis di dekatnya. 3. bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik, disebut metastasis.
  3. 3. Kanker • Kanker dapat menyebabkan banyak gejala yang berbeda, bergantung pada lokasi dan karakter keganasan, serta ada tidaknya metastasis. Diagnosis biasanya membutuhkan pemeriksaan mikroskopik jaringan yang diperoleh dengan biopsi. Setelah didiagnosis, kanker biasanya dirawat dengan operasi, kemoterapi, atau radiasi.
  4. 4. Fakta-fakta tentang Kanker
  5. 5. Fakta-fakta tentang Kanker
  6. 6. Fakta-fakta tentang Kanker
  7. 7. Fakta-fakta tentang Kanker
  8. 8. Fakta-fakta tentang Kanker
  9. 9. Fakta-fakta tentang Kanker
  10. 10. Fakta-fakta tentang Kanker • Di Amerika Serikat dan beberapa negara berkembang lainnya, kanker sekarang ini bertanggung jawab untuk sekitar 25% dari seluruh kematian. Dalam setahun, sekitar 0,5% dari populasi terdiagnosa kanker.
  11. 11. Fakta-fakta tentang Kanker • Di Indonesia, kanker menjadi penyumbang kematian ketiga terbesar setelah penyakit jantung. Penyebab utama kanker di negara tersebut adalah pola hidup yang tidak sehat, seperti kurang olahraga, merokok, dan pola makan yang tak sehat.
  12. 12. KLASIFIKASI • Pada umumnya, kanker dirujuk berdasarkan jenis organ atau sel tempat terjadinya. Sebagai contoh, kanker yang bermula pada usus besar dirujuk sebagai kanker usus besar, sedangkan kanker yang terjadi pada sel basal dari kulit dirujuk sebagai karsinoma sel basal.
  13. 13. KLASIFIKASI • Klasifikasi kanker kemudian dilakukan pada kategori yang lebih umum, misalnya: 1. Karsinoma, merupakan kanker yang terjadi pada jaringan epitel, seperti kulit atau jaringan yang menyelubungi organ tubuh, misalnya organ pada sistem pencernaan atau kelenjar. Contoh meliputi kanker kulit, karsinoma serviks, karsinoma anal, kanker esofageal, karsinoma hepatoselular, kanker laringeal, hipernefroma, kanker lambung, kanker testiskular dankanker tiroid. 2. Sarkoma, merupakan kanker yang terjadi pada tulang seperti osteosarkoma, tulang rawan seperti kondrosarkoma,jaringan otot seperti rabdomiosarcoma, jaringan adiposa, pembuluh darah dan jaringan penghantar atau pendukung lainnya.
  14. 14. KLASIFIKASI • Klasifikasi kanker kemudian dilakukan pada kategori yang lebih umum, misalnya: 3. Leukemia, merupakan kanker yang terjadi akibat tidak matangnya sel darah yang berkembang di dalam sumsum tulang dan memiliki kecenderungan untuk berakumulasi di dalam sirkulasi darah.[6] 4. Limfoma, merupakan kanker yang timbul dari nodus limfa dan jaringan dalam sistem kekebalan tubuh
  15. 15. KABAR BAIK
  16. 16. Langkah 1: Hentikan Penggunaan Tembakau
  17. 17. Fakta-fakta tentang Kanker
  18. 18. Fakta-fakta tentang Kanker
  19. 19. • Paru-paru • Bibir • Mulut • Lidah • Tenggorokan • Kerongkongan 90% kanker: • Setengah dari semua kanker kandung kemih
  20. 20. Secara keseluruhan, penggunaan tembakau bertanggung jawab untuk sekitar sepertiga dari semua kematian akibat kanker.
  21. 21. Penyakit jantung dan Stroke Tapi itu bukan cerita seluruhnya. Pada usia enam puluh, perokok sepuluh kali lebih mungkin untuk meninggal karena penyakit jantung dan stroke dibandingkan non- perokok.
  22. 22. Langkah 2: Konsumsi Makanan Sehat Banyak orang tidak menyadari bahwa pola makan apa yang orang pilih untuk makan ternyata lebih besar pengaruhnya daripada tembakau dalam menimbulkan penyakit kanker. Kebanyakan peneliti sekarang setuju bahwa 33% kanker dapat dicegah dengan diet yang tepat.
  23. 23. Di negara-negara seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Selandia Baru, di mana diet rendah serat dan tinggi lemak, tingkat untuk jenis-jenis kanker yang jauh lebih tinggi.
  24. 24. Asam Empedu
  25. 25. Asam Empedu Asam empedu adalah contoh. Jumlah lemak dalam diet mempengaruhi jumlah empedu yang dihasilkan tubuh. Di saluran usus beberapa asam empedu ini dapat membentuk senyawa karsinogenik yang mengganggu. Semakin lama senyawa ini tetap melekat lapisan usus besar maka semakin lama pula ia mengganggunya.
  26. 26. Serat sangat membantu usus dalam dua cara. Hal tersebut akan memperpendek paparan zat iritatif, dan mencairkan konsentrasi iritasi karena serat memiliki kemampuan untuk mengikat air.
  27. 27. Konsumsi serat tradisional mereka tinggi, dan rata-rata asupan lemak hanya 15 persen menjadi 20 persen dari diet; setengah sebanyak lemak sebagai orang Amerika. Tapi ketika Jepang bermigrasi ke Amerika dan negara- negara kebarat-baratan lainnya, dan mengadopsi kebiasaan makan dan gaya hidup Barat, tarif mereka untuk kanker ini meningkat drastis dan segera sama mereka untuk Barat.
  28. 28. Lemak Menurunkan Daya Tahan Tubuh
  29. 29. Asupan lemak yang tinggi menekan aktivitas sel-sel penting dalam sistem kekebalan tubuh. Efek ini telah dipelajari secara ekstensif sehubungan dengan kanker payudara dan diyakini mempengaruhi jenis kanker lainnya juga. Sebuah sistem kekebalan tubuh yang lemah harfiah membuka pintu bagi berbagai jenis kanker untuk menyerang tubuh.
  30. 30. • Kanker Liver • Kanker Esophagus • Kanker Pankreas Langkah 3: JANGAN MEMINUM ALKOHOL
  31. 31. Langkah 4: Hindari Sinar Matahari Terik Kanker kulit meningkat di seluruh dunia, dan telah berhubungan dengan sinar matahari. Sinar matahari, dalam jumlah sedang, meningkatkan kesehatan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  32. 32. Fakta-fakta tentang Kanker
  33. 33. Paparan sinar matahari yang berlebihan, bagaimanapun, dapat menghasilkan dua jenis yang relatif tidak berbahaya kulit sel kanker basal dan sel kanker skuamosa. Ini tumbuh perlahan- lahan, dan biasanya ditemukan dan dibuang sebelum mereka memiliki kesempatan untuk menyebar.
  34. 34. Melanoma adalah cerita lain. Ini adalah "mol hitam" kanker yang menyebar sangat cepat ke bagian lain dari tubuh. Ketika menyebar, kanker ini memiliki tingkat kematian yang tinggi. Jika ditemukan awal dapat benar-benar dihapus. Melanoma diyakini hasil dari kulit yang terbakar matahari berulang kali.
  35. 35. Perlindungan kulit dari terbakar sangat penting. Hal ini dapat dilakukan melalui mengenakan pakaian pelindung, meminimalkan paparan luar selama sinar matahari terkuat hari (10:00-04:00), dan memakai tabir surya.
  36. 36. Langkah 5: Berolahraga dengan Teratur Kurangnya aktivitas juga tampaknya berhubungan dengan kanker. Ada lebih dari 100 jenis kanker, sehingga sulit untuk membuat pernyataan yang mencakup semuanya. Namun, para peneliti sejauh ini menemukan bahwa mereka yang masuk setidaknya ... Neil Nedley, Proof Positive 1999, p.44
  37. 37. Langkah 5: Berolahraga dengan Teratur ... Empat jam berolahraga seminggu memotong resiko mereka kanker payudara dan kanker usus besar dengan lebih dari sepertiga.Neil Nedley, Proof Positive 1999, p.44
  38. 38. Kelebihan berat badan meningkatkan risiko kanker. Obesitas menyebar seperti wabah di seluruh dunia, terutama di negara-negara di mana makanan cepat diperkenalkan. Sebuah pola makan nabati yang sehat dan olahraga teratur akan melakukan banyak untuk mencegah masalah ini. Langkah 6: Pertahankan Berat Badan Ideal
  39. 39. REKOMENDASI dari The American Cancer Society
  40. 40. Konsumsi Makanan Nabati
  41. 41. Sebisa Mungkin hindari Makanan Hewani
  42. 42. Kacang-kacangan, biji-bijian, zaitun, dan alpukat mengandung lemak tanaman yang sehat. Bila mungkin, pilihlah sumber lemak yang berasal dari tumbuh-tumbuhan
  43. 43. HINDARI FAST FOOD
  44. 44. LAKUKAN SCREENING / PEMERIKSAAN Jangan mengabaikan kesehatan Anda. Berpartisipasi dalam pemeriksaan skrining. Deteksi dan pengobatan dini menawarkan tingkat kelangsungan hidup yang lebih tinggi, dan mungkin menyelamatkan hidup.
  45. 45. Tuhan tidak pernah bermaksud bahwa orang mendapatkan kanker. Tidak merokok, alkohol, makanan berserat tinggi, rendah lemak-diet tanaman pangan, dan berat- badan yang ideal dapat mencegah hampir 80 persen dari kanker ditemukan dalam masyarakat Barat saat ini.
  46. 46. Wahyu 21:3,4 Lalu aku mendengar suara yang nyaring dari takhta itu berkata: "Lihatlah, kemah Allah ada di tengah- tengah manusia dan Ia akan diam bersama-sama dengan mereka. Mereka akan menjadi umat-Nya dan Ia akan menjadi Allah mereka. Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu."
  47. 47. TIPS HARI INI:

×