Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Pelajaran Sekolah Sabat ke-1 Triwulan III 2020

800 views

Published on

Pelajaran Sekolah Sabat ke-1 Triwulan III 2020

Published in: Spiritual
  • Be the first to comment

Pelajaran Sekolah Sabat ke-1 Triwulan III 2020

  1. 1. Pelajaran ke-1, Triwulan I 2020 Diadaptasi dari www.fustero.es www.gmahktanjungpinang.org 1 Timotius 2:3,4 “Itulah yang baik dan yang berkenan kepada Allah, Juruselamat kita, yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran.
  2. 2. Memberikan Kesempatan untuk Keselamatan Membuat ALLAH berkenan Bertumbuh oleh memberi Kesetiaan kepada perintah ALLAH Mengasihi ALLAH Apa motivasi TUHAN untuk menawarkan keselamatan kepada umat manusia? Keinginan terbesar TUHAN adalah melihat setiap orang diselamatkan dan diubah oleh Roh- Nya. Ia mengasihi setiap manusia. Kasih-Nya tiada batas, belas kasihan-Nya kekal, dan pengampunan-Nya sempurna. TUHAN adalah Bapa Yang Pengasih Yang ingin semua anak-Nya segera pulang. TUHAN telah memilih kita untuk menawarkan keselamatan kepada orang lain. Apa motivasi kita untuk melakukannya? Mengapa kita harus bersaksi?
  3. 3. MEMBERIKAN KESEMPATAN UNTUK KESELAMATAN 1 Timotius 10:14 Tetapi bagaimana mereka dapat berseru kepada-Nya, jika mereka tidak percaya kepada Dia? Bagaimana mereka dapat percaya kepada Dia, jika mereka tidak mendengar tentang Dia. Bagaimana mereka mendengar tentang Dia, jika tidak ada yang memberitakan-Nya? ALLAH menyatakan diri-Nya dalam berbagai cara: Melalui pekerjaan ROH KUDUS (Kisah 5:32) Melalui alam (Mazmur 19:1) Melalui keadaan tertentu (1 Tawarikh 16:12) Melalui hidup dan pelayanan YESUS (Yohanes 1:18) Meskipun dapat menggunakan semua cara tersebut, ALLAH telah memilih kita untuk mengabarkan rencana keselamatan kepada orang lain. Ia ingin mereka yang telah menerima Keselamatan untuk membagikannya kepada orang lain. Ia ingin kita membagikan apa yang telah kita terima, memberi orang lain kesempatan untuk menerima hidup yang kekal (Matius 10: 8; Yakobus 5:20).
  4. 4. MEMBUAT ALLAH BERKENAN Lukas 15:10 Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita pada malaikat-malaikat Allah karena satu orang berdosa yang bertobat." Pernahkah kita bertanya-tanya apa yang TUHAN rasakan tentang rasa sakit, penderitaan, dan ketidakadilan yang dibawa dosa ke dunia kita? (Yeremia 13:17). Ketika hati terbuka untuk keselamatan, para malaikat bersorak kegirangan, dan ALLAH bernyanyi dengan penuh sukacita (Lukas 15: 7; Zefanya 3:17). Apa yang dapat lebih memuaskan, lebih membahagiakan, daripada mengetahui apa yang kita saksikan membawa sukacita bagi-Nya dalam sebuah dunia yang penuh dengan kesedihan? Surga dipenuhi dengan pengharapan setiap kali kita membagikan Injil kepada orang lain, karena ALLAH ingin melihat mereka membuka hati mereka dan menerima Keselamatan.
  5. 5. BERTUMBUH OLEH MEMBERI Yohanes 7:38 Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup." Apa yang terjadi ketika air tidak dapat mengalir? Air dalam sebuah kolam menjadi buruk jika tidak diperbarui setiap hari. Kita juga dapat "menjadi buruk" jika kita tidak membiarkan air hidup mengalir dalam diri kita. Seperti yang kita pelajari sebelumnya, TUHAN memiliki banyak cara untuk menyatakan diri- Nya. Namun, bahkan ketika menyatakan diri- Nya secara langsung, Ia selalu membuat orang terhubung dengan orang lain. Contohnya pengalaman Saulus dengan Kornelius (Kisah 9:3-6; 10:1-6). Mengkhotbahkan Injil adalah juga berkat bagi diri kita sendiri. Kita dapat bertumbuh secara rohani dan bersukacita bersama Kristus ketika orang yang kita jangkau menerima-Nya
  6. 6. KESETIAAN KEPADA PERINTAH ALLAH Matius 28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, ALLAH "menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat." (2 Petrus 3:9) Oleh karena itu, Ia telah memerintahkan kita untuk mengabarkan Injil kepada semua orang. ia dengan sabar menunggu kita untuk memenuhi perintah tersebut (Matius 24:14). ALLAH telah memilih pria dan wanita (2 Petrus 2:5; Kejadian 12:1-3), bangsa-bangsa (Yesaya 49:6) dan setiap orang (Kisah 1:8) untuk memperkenalkan keselamatan di sepanjang sejarah umat manusia. Gereja yang mengabaikan atau mengacuhkan perintah Kristus berarti gagal dalam tujuan keberadaannya dan kehilangan panggilan kenabiannya kepada dunia.
  7. 7. MENGASIHI ALLAH 2 Korintus 5:14,15 Sebab kasih Kristus yang menguasai kami, karena kami telah mengerti, bahwa jika satu orang sudah mati untuk semua orang, maka mereka semua sudah mati. Dan Kristus telah mati untuk semua orang, supaya mereka yang hidup, tidak lagi hidup untuk dirinya sendiri, tetapi untuk Dia, yang telah mati dan telah dibangkitkan untuk mereka. Kasih Yesus menggerakkan dan menguasai Paulus untuk memberitakan Firman ALLAH ke seantero dunia karena ia mengerti bahwa Yesus telah memberikan nyawa-Nya untuk menyelamatkan dirinya. Bersaksi adalah respon kasih terhadap kasih ALLAH. “Dan kebanyakan saudara dalam Tuhan telah beroleh kepercayaan karena pemenjaraanku untuk bertambah berani berkata-kata tentang firman Allah dengan tidak takut.[…] dengan maksud baik. […] karena kasih.” (Filipi 1:14-16).
  8. 8. E.G.W. (Testimonies for the Church, book 9, cp. 4, p. 43)

×