Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Pelajaran sekolah sabat ke 9 triwulan 4 2017

19,140 views

Published on

Pelajaran sekolah sabat ke 9 triwulan 4 2017

Published in: Spiritual
  • Hey guys! Who wants to chat with me? More photos with me here 👉 http://www.bit.ly/katekoxx
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here

Pelajaran sekolah sabat ke 9 triwulan 4 2017

  1. 1. Pelajaran 9 untuk 2 Desember 2017 Diadaptasi dari www.fustero.es www.gmahktanjungpinang.org Roma 8:1 “Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus.”
  2. 2. DALAM YESUS KRISTUS Roma 8:1,2 8:1 Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus. 8:2 Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut. Hanya mereka yang memiliki hubungan yang erat dengan YESUS lah yang akan merdeka, hal ini menuntut persekutuan yang erat hari demi hari bersama YESUS. Lain halnya dengan hukun dosa, Hukum Roh memberikan kehidupan dan kemerdekaan. Hukum dosa hanya memberikan kematian dan kehancuran.
  3. 3. 1. Bukan oleh hukum, hukum hanya dapat menghukum kita karena kita adalah orang berdosa. 2. Melalui kehidupan dan kematian Kristus Yang menjadi daging dan hidup tanpa melakukan dosa. “Sebab apa yang tidak mungkin dilakukan hukum Taurat karena tak berdaya oleh daging, telah dilakukan oleh Allah. Dengan jalan mengutus Anak-Nya sendiri dalam daging, yang serupa dengan daging yang dikuasai dosa karena dosa, Ia telah menjatuhkan hukuman atas dosa di dalam daging.” (Roma 8:3) APA YANG TIDAK DAPAT DILAKUKAN OLEH HUKUM Bagaimana kita dapat memperoleh kemerdekaan?
  4. 4. “Dalam pasal ini, Paulus menjelaskan bahwa sekarang, seorang Kristen dapat menjadi pemenang terhadap dosa. Ia tidak dapat menggapai kemenangan melalui hukum, namun ALLAH menyediakan kuasa yang dibutuhkan ketika Ia mengutus Anak- Nya. Kristus menderita hukuman dosa ketika ia mati, tetapi ia juga menghancurkan kuasa maut dan menyingkirkannya dari mereka yang mengikuti-Nya. Keseluruhan misi-Nya dapat disimpulkan menjadi oleh “KARENA DOSA”. Ia datang untuk menentang dosa dan menyediakan pemulihan; menyediakan pendamaian terhadap dosa, untuk menghancurkannya dan untuk menyucikan dan menyelamatkan mereka yang menjadi korbannya.” SDA Bible Commentary, on Romans 8:3 APA YANG TIDAK DAPAT DILAKUKAN OLEH HUKUM
  5. 5. “supaya tuntutan hukum Taurat digenapi di dalam kita, yang tidak hidup menurut daging, tetapi menurut Roh.”(Roma 8:4) "Berjalan" dalam Roma 8:4 (KJV) adalah sebuah ungkapan idiom yang berarti ''untuk menuntun perilaku diri sendiri." Kata daging di sini menunjukkan orang yang belum lahir kembali, apakah sebelum atau sesudah pertobatan. Berjalan dalam daging berarti dikendalikan oleh keinginan yang mementingkan diri sendiri. Sebaliknya, berjalan dalam Roh berarti memenuhi tuntutan hukum yang benar. Hanyalah melalui pertolongan Roh Kudus kita dapat memenuhi persyaratan ini. Hanya di dalam Kristus Yesus ada kebebasan untuk melakukan apa yang di tuntut oleh hukum. BAGAIMANAKAH KITA SEHARUSNYA HIDUP SETELAH DIMERDEKAKAN?
  6. 6. Bagaimanakah kita mengetahui bahwa kita hidup menurut daging atau menurut Roh (Roma 8:5-8)? Apakah anda hidup menurut daging atau menurut Roh? HIDUP MENURUT DAGING • Berpikir dan melakukan hal-hal yang berkaitan dengan hal daging. • Hasilnya adalah kematian. • Terpisah dari ALLAH dan membuat ALLAH tidak berkenan kepadanya. • Tidak mampu mematuhi hukum ALLAH. HIDUP MENURUT ROH • Berpikir dan melakukan hal-hal yang berkaitan dengan Roh. • Hasilnya adalah kehidupan dan kedamaian. • Menjadi Anak ALLAH dan hidup untuk melakukan hal yang bekenan kepada-Nya. • Berserah kepada hukum ALLAH. DAGING ATAU ROH
  7. 7. Karena mereka yang memikirkan hal-hal “ROH” dan berjalan “menurut ROH” (Roma 8: 1) akan menikmati pengampunan dan pendamaian (Roma 5: 1). Kasih ALLAH “telah dicurahkan” ke dalam hati mereka (Roma 5: 5) dan mereka memiliki sukacita dan dikuatkan karena tuntutan hukum telah digenapi dalam kehidupan mereka. (Roma 8:4)” “Jika kita mencurahkan pikiran kita kepada hal-hal yang berasal dari Roh dan mengizinkan-Nya memerintah kehendak dan pikiran kita, setiap bagian jiwa kita akan hidup bersama dalam keharmonisan yang membangun. Kita akan hidup dan meningkatkan sukacita hidup yang akan datang (Efesus 1: 13-14). Kehadiran ROH KUDUS akan menghasilkan kasih, sukacita dan kedamaian dalam hidup kita (Galatia 5:22); Itu adalah awal dari kerajaan ALLAH dalam diri kita, karena kerajaan ALLAH adalah “kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus” (Roma 14:17) SDA Bible Commentary, on Romans, 8: 6 DAGING ATAU ROH
  8. 8. Kita tidak dapat memikirkan hal-hal Rohani oleh diri kita sendiri. Bagaimanakah agar kita dapat melakukannya? (Roma 8:9-14)? “Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh- Nya, yang diam di dalam kamu.” (Roma 8:11) 1. Kita menjadi rohani hanya ketika kita dituntun dan dipengaruhi oleh ROH KUDUS, oleh mengizinkan-Nya tinggal dalam diri kita. 2. ROH KUDUS hidup dalam diri kita ketika kita memiliki hubungan yang erat dengan-Nya. 3. Hal tersebut dapat terwujud oleh penyerahan yang terus menerus terhadap kehendak ALLAH. 4. ROH KUDUS berkuasa untuk mengubahkan kehidupan kita. 5. Buah-buah Roh (Kasih, sukacita, kedamaian …) akan bertumbuh dalam hidup kita. 6. Jika kita mengizinkan ROH KUDUS berkuasa penuh dalam diri kita, Ia akan memberi kita kuasa untuk mematuhi hukum ALLAH dan kita akan bersukacita dalam melakukannya. KRISTUS DALAM KAMU
  9. 9. M A S A D E P A N M A S A K I N I “8:15 Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: "ya Abba, ya Bapa!“ 8:16 Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah. 8:17 Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia.” (Roma 8:15-17) 1. Kita bebas dari rasa takut karena kita telah diampuni. 2. Kita diangkat/diadopsi menjadi anak-anak ALLAH. 3. ALLAH Adalah Bapa kita dan Dia akan selalu menjaga kita. 4. Kita adalah ahli waris ALLAH karena kita adalah anak-anak- Nya. 5. KRISTUS membagikan warisan- Nya dengan kita. 6. Kita menderita bersama KRISTUS. 1. Kita akan mewarisi kerajaan Kemuliaan dan hidup yang kekal. 2. Kita akan dimuliakan bersama Kristus. ROH ADOPSI
  10. 10. • “Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.” (Roma 8:26) • “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.” (Roma 8:28) • “Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?” (Roma 8:31) JANJI APA YANG TELAH DIBERIKAN KEPADA MEREKA YANG HIDUP MENURUT ROH?
  11. 11. • “Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?” (Roma 8:32) • “Siapakah yang akan memisahkan kita dari kasih Kristus? Penindasan atau kesesakan atau penganiayaan, atau kelaparan atau ketelanjangan, atau bahaya, atau pedang?” (Roma 8:35) • “Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita. Sebab aku yakin, bahwa baik maut, maupun hidup, baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah, baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang, atau kuasa-kuasa, baik yang di atas, maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain, tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.” (Roma 8:37-39) JANJI APA YANG TELAH DIBERIKAN KEPADA MEREKA YANG HIDUP MENURUT ROH?
  12. 12. “Seorang yang sangat dihormati di seluruh surga datang untuk mengenakan kemanusiaan, menyaksikan kepada malaikat-malaikat yang telah jatuh dan kepada penduduk-penduduk dunia yang tidak jatuh bahwa melalui pertolongan Ilahi yang telah disediakan, setiap orang dapat berjalan di atas jalan penurutan kepada perintah ALLAH …. Tebusan kita telah dibayar oleh Jurus’lamat kita. Tidak seorangppun perlu diperbudak oleh setan. Kristus berdiri di hadapan kita Sebagai Penolong yang penuh kuasa.”— Ellen G. White, Selected Messages, book 1, p. 309.

×