Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
Pelajaran 8 untuk 21 Mei 2016
Matius 16:15
Lalu Yesus bertanya
kepada mereka: "Tetapi
apa katamu, siapakah Aku
ini?"
Pekan ini kita mempelajari kehidupan YESUS,
namun kita berfokus terhadap kisah Petrus dan
bagaimana ia merespon panggilan ...
PERNYATAAN PETRUS
“Maka jawab Simon Petrus: "Engkau
adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!"
(Matius 16:16)
YESUS memberi se...
Melalui ayat di atas, Gereja Katolik mengajarkan
bahwa YESUS mengangkat Petrus sebagai kepala
gereja.
Sebenarnya, YESUS ti...
 PERJANJIAN BARU
 Paulus menulis tentang YESUS Adalah Batu Karang yang
memimpin Israel keluar dari Mesir (1 Korintus 10:...
“Maka Yesus berpaling dan berkata kepada Petrus: "Enyahlah
Iblis. Engkau suatu batu sandungan bagi-Ku, sebab engkau
bukan ...
“Lalu Yesus berubah rupa di depan mata
mereka; wajah-Nya bercahaya seperti
matahari dan pakaian-Nya menjadi putih
bersinar...
E.G.W. (Early Writings, pg. 162)
Para imam, orang Lewi dan para Rabi dibebaskan dari
membayar pajak kepada Bait Suci.
Petrus menerima YESUS Sebagai Rabi da...
E.G.W. (Steps to Christ, cp. 13, pg. 119)
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Pelajaran Sekolah Sabat ke 8 Triwulan 2 2016

Pelajaran Sekolah Sabat ke 8 Triwulan 2 2016

  • Be the first to comment

Pelajaran Sekolah Sabat ke 8 Triwulan 2 2016

  1. 1. Pelajaran 8 untuk 21 Mei 2016 Matius 16:15 Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?"
  2. 2. Pekan ini kita mempelajari kehidupan YESUS, namun kita berfokus terhadap kisah Petrus dan bagaimana ia merespon panggilan YESUS. Pernyataan Petrus: “Engkau adalah Mesias.” Matius 16:13-16. Petrus, batu kecil di atas batu karang. Matius 16:17-20. Petrus si penggoda Matius 16:21-27. Petrus ketika YESUS dimuliakan di atas gunung. Matius 17:1-9. Petrus dan pajak bait Suci Matius 17:24-27.
  3. 3. PERNYATAAN PETRUS “Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!" (Matius 16:16) YESUS memberi sebuah pertanyaan dalam 2 langkah : “Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?"” [Apa yang dunia katakan tentang YESUS dari Nazaret?] dan “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?" [Siapakah YESUS menurut diri saya sendiri?] (Matius 16:13, 15). Petrus menjawab dengan spontan karena memang seperti itulah dirinya. Ia masih harus belajar banyak tentang pekerjaan penebusan YESUS, namun ROH KUDUS telah mengajarnya suatu prinsip dasar iman; YESUS Anak ALLAH adalah Penebus yang dijanjikan. Ia telah menerima YESUS Sebagai Seorang Guru Agung (Lukas 5:8). Ia telah melihat-Nya melakukan perbuatan-perbuatan ajaib dan menyembuhkan ratusan orang. Lalu ia menyatakannya Sebagai Sang MESIAS.
  4. 4. Melalui ayat di atas, Gereja Katolik mengajarkan bahwa YESUS mengangkat Petrus sebagai kepala gereja. Sebenarnya, YESUS tidak mengangkat Petrus menjadi Kepala Gereja, lagipula penggunaan kata ”Batu Karang” (πετρα) tidak mendukung penafsiran itu sama sekali. PETRUS DAN GEREJA  Para rasul mengirim Petrus ke Samaria (Kisah 8:14). Petrus mematuhi instruksi para rasul itu.  Yakobuslah yang memimpin Sidang Pertama di Yerusalem, bukan Petrus. (Acts 15:13).  Paulus menyebutkan 3 “Sokoguru Jemaat” (tidak hanya 1): Yakobus, Petrus, Yohanes (Galatia 2:9). BATU KARANG
  5. 5.  PERJANJIAN BARU  Paulus menulis tentang YESUS Adalah Batu Karang yang memimpin Israel keluar dari Mesir (1 Korintus 10:4)  Petrus menulis tentang YESUS Adalah Batu (1Petrus 2:7)  PERJANJIAN BARU  ALLAH Adalah Batu (Kej. 49:24; Ul. 32:4, 15, 18, 30, 31; 2S. 22:2, 32, 47; 2S. 23:3; Ps. 18:2, 31, 46; 19:14; 28:1; 31:2-3; 42:9; 62:2 …) “Karena tidak ada seorang pun yang dapat meletakkan dasar lain dari pada dasar yang telah diletakkan, yaitu Yesus Kristus.” (1 Korintus 3:11) “dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku .” BATU KARANG (πετρα) DALAM ALKITAB “Dan Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.” (Matius 16:18) BATU KARANG
  6. 6. “Maka Yesus berpaling dan berkata kepada Petrus: "Enyahlah Iblis. Engkau suatu batu sandungan bagi-Ku, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia.’” (Matius 16:23) YESUS memberitahu kepada murid-murid-Nya bahwa Ia harus menderita, mati dan bangkit kembali. Petrus menyarankan rencana alternatif, yaitu menghindari Salib. Petrus berfokus pada kehidupan saat ini dan melupakan kehidupan yang kekal (yang menjadi alasan mengapa YESUS rela untuk menyerahkan hidup-Nya bagi kita). SANG PENGGODA Petrus memberi peluang kepada Iblis menggunakan dirinya sebagai juru bicaranya. Yesus menegur musuh yang tidak kelihatan yang sebenarnya menyarankan gagasan itu. Ia menyatakannya dengan suara lantang agar semua murid dapat mendengarnya. (Markus 8:33). YESUS mengundang mereka dan kita saat ini untuk meninggalkan segala sesuatu yang dapat membuat kita kehilangan hidup yang kekal itu. (Matius 16:24-27).
  7. 7. “Lalu Yesus berubah rupa di depan mata mereka; wajah-Nya bercahaya seperti matahari dan pakaian-Nya menjadi putih bersinar seperti terang. Maka nampak kepada mereka Musa dan Elia sedang berbicara dengan Dia.” (Matius 17:2-3) ALLAH mengirim 2 orang untuk memberi semangat kepada YESUS sebelum penyaliban-Nya (Lukas 9:31). Musa dan Elia hidup menjalani kehidupan yang penuh penderitaan yang kita juga hadapi di dunia yang berdosa ini. Mereka juga mewakili buah-buah dari pengorbanan YESUS. Itulah yang menjadi tema utama percakapan mereka. DIMULIAKAN DI ATAS GUNUNG YESUS diberi kekuatan oleh mereka, sehingga Ia juga memberi kekuatan kepada murid-murid yang keheranan itu (Matius 17:7). Pengalaman “YESUS dimuliakan di atas Gunung” itu benar-benar memberi kesan yang mendalam bagi Petrus. (2 Peter 1:16-18).
  8. 8. E.G.W. (Early Writings, pg. 162)
  9. 9. Para imam, orang Lewi dan para Rabi dibebaskan dari membayar pajak kepada Bait Suci. Petrus menerima YESUS Sebagai Rabi dan Anak ALLAH (Yoh. 4:31; Matius 16:16). Ia secara tidak langsung mengakui YESUS bukan Seorang Rabi oleh menjawab “Memang membayar” (Matius 17:25) Ia menyia-nyiakan suatu kesempatan untuk menyaksikan imannya. YESUS menjelaskan kepada Petrus ketidakkonsistenan oleh menjadikan Anak ALLAH membayar Pajak untuk Rumah ALLAH. (Matius 17:25). Terlepas dari segala hal, Ia rela untuk meninggalkan Hak-Nya untuk menghindari pertentangan yang tidak perlu. Ia melakukannya oleh menunjukkan suatu mujizat, menunjukkan kuasa-Nya terhadap alam dan semua makhluk hidup. (Matius 17:24-27) “Ketika Yesus dan murid-murid-Nya tiba di Kapernaum datanglah pemungut bea Bait Allah kepada Petrus dan berkata: "Apakah gurumu tidak membayar bea dua dirham itu?’”(Matius 17:24) PAJAK BAIT SUCI
  10. 10. E.G.W. (Steps to Christ, cp. 13, pg. 119)

×