Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Pelajaran sekolah sabat ke 8 triwulan 1 2018

9,768 views

Published on

Pelajaran sekolah sabat ke 8 triwulan 1 2018

Published in: Spiritual
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Pelajaran sekolah sabat ke 8 triwulan 1 2018

  1. 1. Pelajaran 8 untuk 24 Februari 2018 Diadaptasi dari www.fustero.es www.gmahktanjungpinang.org 1 Korintus 9:13,14 “ Tidak tahukah kamu, bahwa mereka yang melayani dalam tempat kudus mendapat penghidupannya dari tempat kudus itu dan bahwa mereka yang melayani mezbah, mendapat bahagian mereka dari mezbah itu? Demikian pula Tuhan telah menetapkan, bahwa mereka yang memberitakan Injil, harus hidup dari pemberitaan Injil itu."
  2. 2. Bersama Kita Mendanai Misi Berkat-Berkat ALLAH Tujuan Persepuluhan Rumah Perbendaharaan Persepuluhan dan Keselamatan oleh Iman Persepuluhan adalah suatu ekspresi iman kita kepada ALLAH. Ketika kita memberikan persepuluhan kepada ALLAH, kita menunjukkan bahwa kita adalah para penatalayan bukan pemilik berkat-Nya. Adalah penting bagi kita untuk mengetahui apakah persepuluhan, tujuan dan bagaimanakah ia digunakan.
  3. 3. BERSAMA KITA MENDANAI MISI Setiap persepuluhan adalah penting. Mendukung pelayanan melalui keuangan bukan hanya tugas bagi sebagian orang. Mereka yang kurang mampu maupun yang kaya harus mengambil bagian dalam pekerjaan Injil secara proporsional. Sumber daya ekonomi dibutuhkan untuk memenuhi amanat agung yang ditugaskan Yesus terhadap gereja-Nya. Sejak zaman Abraham - dan mungkin sebelumnya - persepuluhan adalah sistem dari ALLAH dengan tujuan membantu para hamba-Nya untuk bekerja penuh waktu dalam menyebarkan Injil. (1Kor. 9:14). “Lalu Ia berkata kepada mereka: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.’” (Markus 16:15) Mengapa ALLAH menekankan bahwa kita harus membawa “Seluruh Persepuluhan” ke rumah ALLAH (Mal. 3:10)?
  4. 4. BERKAT- BERKAT DARI ALAH? Berkat yang telah dijanjikan Tuhan bukan hanya material. Ia juga mencurahkan kepada kita berkat rohani yang besar (Efesus 1: 3): Sukacita, damai, kepastian keselamatan kita ... Mengapa Tuhan ingin memberkati kita (Matius 10: 8)? Alasan utama kita diberkati adalah agar kita dapat berbagi berkat dengan orang lain. “Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima.” (Kisah 20:35) “‘Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.’” (Maleakhi 3:10)
  5. 5. TUJUAN PERSEPULUHAN Di zaman Perjanjian Lama, orang-orang Lewi menerima persepuluhan bangsa Israel. Persepuluhan itu diberikan mereka seraya mereka memelihara kerohanian bangsa Israel tersebut. Orang-orang Lewi juga memberikan persepuluhan dari persepuluhan untuk diberikan kepada para imam.(Bilangan 18:26). Rasul Paulus menggunakan prinsip yang sama bagi mereka yang bekerja dalam memberitakan Injil. Berkat persepuluhan, para pendeta dapat bekerja penuh waktu untuk memajukan pekabaran Injil. “Tidak tahukah kamu, bahwa mereka yang melayani dalam tempat kudus mendapat penghidupannya dari tempat kudus itu dan bahwa mereka yang melayani mezbah, mendapat bahagian mereka dari mezbah itu? Demikian pula Tuhan telah menetapkan, bahwa mereka yang memberitakan Injil, harus hidup dari pemberitaan Injil itu.” (1 Korintus 9:13-14)
  6. 6. RUMAH PERBENDAHARAAN “Seorang imam, anak Harun, akan menyertai orang-orang Lewi itu, bila mereka memungut persembahan persepuluhan. Dan orang-orang Lewi itu akan membawa persembahan persepuluhan dari pada persembahan persepuluhan itu ke rumah Allah kami, ke bilik-bilik rumah perbendaharaan. Karena orang Israel dan orang Lewi harus membawa persembahan khusus dari pada gandum, anggur dan minyak ke bilik-bilik itu. Di situ ada perkakas-perkakas tempat kudus, pula para imam yang menyelenggarakan kebaktian, para penunggu pintu gerbang dan para penyanyi. Kami tidak akan membiarkan rumah Allah kami.’” (Nehemia 10:38-39)
  7. 7. RUMAH PERBENDAHARAAN Persepuluhan dikumpulkan dan didistribusikan sesuai dengan kebutuhan orang- orang Lewi, para imam, penunggu pintu gerbang dan para penyanyi. Prinsip tersebut masih diterapkan oleh Gereja pada saat ini. DIAGRAM PEMBAGIAN PERSEPULUHAN Jemaat Lokal Daerah (100%) Daerah (61,5%) Uni (38,5%) Uni (20%) Pensiun (8,5%) Divisi/GC (10%) Jemaat Lokal (0%)
  8. 8. PERSEPULUHAN DAN KESELAMATAN OLEH IMAN Memberi Persepuluhan dan semua perbuatan/tugas kita yang lain tidak dapat melayakkan kita untuk diselamatkan. “Demikian jugalah kamu. Apabila kamu telah melakukan segala sesuatu yang ditugaskan kepadamu, hendaklah kamu berkata: Kami adalah hamba- hamba yang tidak berguna; kami hanya melakukan apa yang kami harus lakukan.’” (Lukas 17:10). Keselamatan adalah pemberian yang tidak layak kita terima. Persepuluhan tidak menyelamatkan kita atau berkontribusi dengan cara apapun untuk keselamatan kita. Persepuluhan adalah manifestasi dari iman kita kepada ALLAH. “Sebab tidak seorang pun yang dapat dibenarkan di hadapan Allah oleh karena melakukan hukum Taurat, karena justru oleh hukum Taurat orang mengenal dosa…” (Roma 3:20)
  9. 9. “Tuhanlah yang memberkati manusia dengan harta, dan Ia melakukannya supaya mereka boleh memberi demi kemajuan pekerjaan-Nya. Ia memberikan cahaya matahari dan hujan. Ia menyebabkan tumbuh-tumbuhan bertumbuh dengan subur. Ia memberikan kesehatan dan kesanggupan untuk memperoleh kekayaan. Segala berkat kita berasal dari tangan-Nya yang berlimpah-limpah. Sebaliknya, Ia mau pria dan wanita menunjukkan terima kasih mereka oleh mengembalikan kepada-Nya sebagian berupa persepuluhan dan persembahan--dalam persembahan syukur, dalam persembahan sukarela, dalam persembahan karena melanggar. Sekiranya harta akan mengalir ke dalam perbendaharaan sesuai dengan rencana yang ditentukan Ilahi,--sepersepuluh dari segala pertambahan, dan persembahan sukarela,--akan ada kelimpahan untuk memajukan pekerjaan Tuhan.” E.G.W. (The Acts of the Apostles, c. 7, p. 75)
  10. 10. “Rencana ALLAH dalam sistem persepuluhan adalah indah dalam kesederhanaan dan kesetaraannya .... Semua orang dapat merasakan bahwa mereka dapat berperan dalam mengemban pekerjaan keselamatan yang berharga. Setiap pria, wanita, dan orang muda dapat menjadi seorang bendahara bagi Tuhan dan menjadi agen untuk memenuhi perbendaharaan-Nya. Rasul berkata: “… hendaklah kamu masing-masing -- sesuai dengan apa yang kamu peroleh -- menyisihkan sesuatu dan menyimpannya di rumah.” 1Korintus 16: 2. Biarlah kita masing-masing memeriksa pendapatan kita secara teratur, yang semuanya itu adalah berkat dari Tuhan, dan khususkanlah persepuluhan itu sebagai bagian yang terpisah, untuk secara kudus menjadi milik Tuhan. Bagian ini seharusnya tidak digunakan untuk keperluan lain apapun; ia harus dikhususkan hanya untuk mendukung pelayanan Injil..” E.G.W. (The Faith I Live By, August 26)

×