Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Pelajaran sekolah sabat ke 6 triwulan 4 2017

18,609 views

Published on

Pelajaran sekolah sabat ke 6 triwulan 4 2017

Published in: Spiritual
  • Hey guys! Who wants to chat with me? More photos with me here 👉 http://www.bit.ly/katekoxx
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here

Pelajaran sekolah sabat ke 6 triwulan 4 2017

  1. 1. Pelajaran 6 untuk 11 November 2017 www.gmahktanjungpinang.org Roma 5:1,2 “Sebab itu, kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus. Oleh Dia kita juga beroleh jalan masuk oleh iman kepada kasih karunia ini. Di dalam kasih karunia ini kita berdiri dan kita bermegah dalam pengharapan akan menerima kemuliaan Allah.”
  2. 2. 1. Dibenarkan oleh Iman. Roma 5:1-5. 2. Kasih ALLAH kepada orang berdosa. Roma 5:6-11. 3. Ketika kita masih berdosa. Roma 5:12. 4. Hukum dan dosa. Roma 5:13-14, 20-21. 5. YESUS, Adam kedua. Roma 5:15-19. Dalam Roma pasal 5, Paulus menjelaskan masalah terbesar umat manusia: DOSA , dan juga solusinya. • Bagaimana dosa dapat masuk ke bumi ini? • Solusi apakah yang ALLAH sediakan? Mengapa Ia bersedia melakukannya?
  3. 3. DIBENARKAN OLEH IMAN Apakah makna dari “dibenarkan karena iman”? “Dibenarkan” secara harafiah berarti “telah memperoleh kebenaran”. Kata kerja Yunani melambangkan tindakan tersebut telah sempurna. Bagaimana kita telah dibenarkan? Kita telah dibenarkan oleh iman kita kepada YESUS, bukan karena perbuatan baik apapun yang telah kita lakukan. Roma 5:1,2 “Sebab itu, kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus. Oleh Dia kita juga beroleh jalan masuk oleh iman kepada kasih karunia ini. Di dalam kasih karunia ini kita berdiri dan kita bermegah dalam pengharapan akan menerima kemuliaan Allah.” Apakah prosedur sah di belakang hal tersebut? YESUS membayar upah dosa kita oleh mati di kayu salib. Hidup-Nya yang sempurna itu adalah pengganti bagi hidup kita yang berdosa. Kita dibenarkan karena Ia adalah benar.
  4. 4. DIBENARKAN OLEH IMAN Menurut Roma 5:3-5, bagaimana kita dapat bersukacita dalam pengharapan? Kesengsaraan menimbulkan Ketekunan • Umat percaya tetap setia di tengah pencobaan. Pengharapan tak pernah hilang. Ketekunan menimbulkan tahan uji • Ketika menghadapai pencobaan dengan tekun, kita membentuk tabiat seperti YESUS. Tahan uji menimbulkan Pengharapan • ROH KUDUS menumbuhkan kesabaran dalam diri kita agar kita memiliki tabiat seperti YESUS. Kita didorong dalam harapan keselamatan dari YESUS. Roma 5:1,2 “Sebab itu, kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus. Oleh Dia kita juga beroleh jalan masuk oleh iman kepada kasih karunia ini. Di dalam kasih karunia ini kita berdiri dan kita bermegah dalam pengharapan akan menerima kemuliaan Allah.”
  5. 5. KETIKA KITA MASIH BERDOSA “Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa.” (Roma 5:8) Bagaimanakah ALLAH menyatakan kasih-Nya kepada kita? ALLAH-Lah Yang Pertama mengambil langkah pendamaian. Ia mati bagi kita ketika kita masih berdosa. Roma 5:6-8 Ia membenci dosa dan akan membinasakannya untuk selamanya. Namun, Ia menawarkan jalan keluar agar kita tidak binasa karena dosa kita. Roma 5:9 YESUS mendamaikan kita dengan ALLAH dalam kematian- dan kebangkitan- Nya. Kita dapat diselamatkan karena Ia hidup. Roma 5:10-11
  6. 6. KEMATIAN MELALUI DOSA “Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa.” (Roma 5:12) ALLAH menciptakan manusia dengan tujuan agar kita dapat hidup berbahagia di hadapan-Nya untuk selamanya. Itu adalah bukti yang cukup bahwa ALLAH mengasihi kita sebelum dosa menguasai umat manusia. Adam mewakili umat manusia. Kejatuhannya menjadikan kita membutuhkan penebusan. ALLAH telah menyediakan rencana tersebut sebagai jalan keluar atas kemungkinan kejatuhan kita. Kematian adalah konsekuensi dosa bagi umat manusia. Tak ada yang dapat kita lakukan untuk memecahkan masalah tersebut karena kita semua telah berdosa. (Roma 3:23).
  7. 7. HUKUM DAN DOSA “Tetapi hukum Taurat ditambahkan, supaya pelanggaran menjadi semakin banyak; dan di mana dosa bertambah banyak, di sana kasih karunia menjadi berlimpah-limpah, supaya, sama seperti dosa berkuasa dalam alam maut, demikian kasih karunia akan berkuasa oleh kebenaran untuk hidup yang kekal, oleh Yesus Kristus, Tuhan kita.” (Roma 5:20-21) Sebelum Hukum Roma 5:13-14 Setelah Hukum Roma 5:20 Adam hingga Musa Dosa ada, karena ada Hukum, meskipun bukan dalam bentuk tulisan. Musa hingga akhir dosa Manusia lebih mengetahui dosa, sehingga dosa bertambah banyak. Oleh YESUS KRISTUS Roma 5:21 Kasih karunia menjadi berlimpah- limpah. MASA KEKUASAAN DOSA MASA KEKUASAAN KASIH KARUNIA Hukum ALLAH adalah kekal. Dosa adalah pelanggaran terhadapnya. ALLAH menjelaskan hukumnya secara rinci di Sinai agar kita dapat sadar akan dosa- dosa kita. Dengan demikian kita akan menggapai kasih karunia yang dapat membebaskan kita dari hukuman; yaitu YESUS Sang Mesias.
  8. 8. YESUS, ADAM KEDUA “Tetapi karunia Allah tidaklah sama dengan pelanggaran Adam. Sebab, jika karena pelanggaran satu orang semua orang telah jatuh di dalam kuasa maut, jauh lebih besar lagi kasih karunia Allah dan karunia-Nya, yang dilimpahkan-Nya atas semua orang karena satu orang, yaitu Yesus Kristus.” (Roma 5:15) PELANGGARAN Banyak yang mati (Ay. 15) Penghakiman penghukuman (Ay. 16) Maut berkuasa (Ay. 17) Penghukuman berkuasa (Ay.18) Banyak orang jatuh juga ke dalam dosa (Ay.19) KASIH KARUNIA Kasih karunia berlimpah (Ay. 15) Pembenaran hadir (Ay. 16) Kita akan berkuasa atas hidup (Ay. 17) Pembenaran hidup hadir (Ay. 18) Banyak yang akan dibenarkan (Ay. 19) Sebagai manusia, tidak ada yang kita peroleh dari Adam kecuali hukuman maut. Kristus melangkah masuk dan melalui tanah di mana Adam telah jatuh, mengalahkan setiap pencobaan demi umat manusia. Ia menebus kegagalan dan kejatuhan Adam, dan dengan hal itu, Sebagai Pengganti kita, Ia menempatkan kita di tanah yang aman bersama ALLAH. Dengan demikian, YESUS Adalah “Karunia dari ALLAH” Pembenaran tidak dapat diperoleh dengan usaha apapun. Ia adalah suatu Karunia.
  9. 9. E.G.W. (Testimonies for the Church, vol. 5, cp. 89, p. 739)

×