Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Pelajaran sekolah sabat ke 3 triwulan ii 2018

10,469 views

Published on

Pelajaran sekolah sabat ke 3 triwulan ii 2018

Published in: Spiritual
  • Be the first to comment

Pelajaran sekolah sabat ke 3 triwulan ii 2018

  1. 1. Pelajaran 3 untuk 21 April 2018 Diadaptasi dari www.fustero.es www.gmahktanjungpinang.org Wahyu 3:21 “Barangsiapa menang, ia akan Kududukkan bersama- sama dengan Aku di atas takhta-Ku, sebagaimana Aku pun telah menang dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atas takhta-Nya.”
  2. 2. Kitab Wahyu harus dipelajari bersama dengan Perjanjian Lama. Dengan begitu lambang-lambang dalam Kitab Wahyu dapat dipahami.
  3. 3. STRUKTUR KITAB WAHYU “Berbahagialah ia yang membacakan dan mereka yang mendengarkan kata-kata nubuat ini, dan yang menuruti apa yang ada tertulis di dalamnya, sebab waktunya sudah dekat.” (Why. 1:3) Kitab Daniel diakhiri dengan kata-kata berkat: “Berbahagialah orang yang tetap menanti-nanti …” (Daniel 12:12). Kitab Wahyu diawali dengan suatu berkat, seakan-akan ia adalah kelanjutan dari Kitab Daniel (Wahyu 1:3) Kedua buku tersebut dibagi menjadi dua bagian: sejarah dan eskatologi (peristiwa di Akhir Zaman). Wahyu mencakup pasal tambahan sebagai jembatan antara bagian-bagian tersebut. Wahyu mencakup periode antara pemberontakan Lucifer (Wahyu 12:4) dan kemenangan terakhir Kristus dan umat tebusan (Wahyu 21-22)
  4. 4. DANIEL SEJARAH DANIEL 1-6 MAKANAN RAJA MIMPI RAJA PERAPIAN YANG MENYALA-NYALA KETIDAKWARASAN RAJA TULISAN DI DINDING LUBANG SINGA ESKATOLOGI DANIEL 7-12 EMPAT BINATANG DOMBA DAN KAMBING JANTAN 70 PEKAN PERISTIWA AKHIR ZAMAN
  5. 5. WAHYU SEJARAH WAHYU 1-11 Penglihatan tentang YESUS Tujuh Jemaat Tujuh Meterai JEMBATAN/ PENGHUBUNG WAHYU 12 Sejarah Gereja Penganiayaan Terakhir ESKATOLOGI WAHYU 13-22 Penganiayaan Terakhir 144,000 Kejatuhan Babel Kedatangan kali ke-2 Masa Seribu Tahun Bumi Baru
  6. 6. “Kemudian dari pada itu aku melihat: Sesungguhnya, sebuah pintu terbuka di sorga dan suara yang dahulu yang telah kudengar, berkata kepadaku seperti bunyi sangkakala, katanya: Naiklah ke mari dan Aku akan menunjukkan kepadamu apa yang harus terjadi sesudah ini.’” (WAHYU 4:1) Halaman Luar dari tempat kudus di bumi adalah lambang dari peristiwa yang terjadi di Bumi (Why. 11:2). Bilik Kudus dan Bilik Maha Kudus adalah lambang dari peristiwa yang terjadi di Bait Suci Surgawi. Yohanes diperlihatkan sejarah Gereja. Kemudian, dia memasuki Bait Suci Surgawi melalui "sebuah pintu yang terbuka di surga." Dalam Kitab Wahyu, Yohanes diperlihatkan kebenaran Surgawi dengan menggunakan lambang- lambang dari Bait Suci.
  7. 7. MEZBAH PEMBAKARAN. 6:9; 11:2 BEJANA PEMBASUHAN 7:14; 11:2 MEJA ROTI SAJIAN 15:5-7 7 KAKI DIAN 4:5 MEZBAH PEDUPAAN 8:3; 9:13; 11:1; 14:17 TABUT PERJANJIAN 11:19
  8. 8. GAMBAR YESUS “Lalu berkatalah seorang dari tua-tua itu kepadaku: "Jangan engkau menangis! Sesungguhnya, singa dari suku Yehuda, yaitu tunas Daud, telah menang, sehingga Ia dapat membuka gulungan kitab itu dan membuka ketujuh meterainya.’” (Wahyu 5:5) Kitab Wahyu menjelaskan karya penyelamatan YESUS dengan menggunakan gambaran-gambaran: Pengorbanan-Nya. Anak Domba yang tersembelih (5:6) Kebangkitan-Nya. Ia memiliki segala kunci maut dan kerajaan maut (1:18) Kenaikan-Nya. Seorang Anak Yang dibawa lari kepada tahta ALLAH (12:5) Kemanangan-Nya. Singa dari Suku Yehuda (5:5) Kedatangan-Nya kali ke-2. Duduk di atas awan dengan sebilah sabit tajam di tangan-Nya (14:14-16) YESUS Adalah “Saksi Yang Setia, Yang pertama bangkit dari antara orang mati” (1:5), “Raja Segala Raja dan Tuan di atas segala tuan” (19:16). Kita dapat menang karena Ia telah menang (12:11), dan kita akan memiliki hidup kekal dengan-Nya (22:3-4)
  9. 9. YESUS: YANG AWAL DAN YANG AKHIR “‘Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa.’” (Wahyu 1:8)  YESUS menebus kita karena kasih-Nya (Why.1:5). “Bagi Dia, yang mengasihi kita dan yang telah melepaskan kita dari dosa kita oleh darah-Nya .”  YESUS telah memberikan kita kemenangan (Why.1:6). “yang telah membuat kita menjadi suatu kerajaan, menjadi imam-imam bagi Allah, Bapa-Nya.”  YESUS “datang dengan awan-awan.” (Why. 1:7)  YESUS Adalah ALLAH (Why. 1:8). Yang ada dan Yang sudah ada dan Yang akan datang, (“AKU Adalah AKU”, Kel. 3:14), Yang Maha Kuasa (Kejadian 17:1)  YESUS telah mengalahkan kematian (Why. 1:18) “[Aku] telah mati, an lihatah, Aku hidup, sampai selama-lamanya ….”  YESUS peduli kepada kita (Why. 1:12, 13, 20). Ia berjalan di tengah- tengah 7 jemaat dan memiliki “malaikat” di setiap jemaat tersebut. YESUS menyatakan siapa diri-Nya dalam pasal pertama Kitab Wahyu:
  10. 10. Jangan seorang pun memikirkan, sebab mereka tak dapat menerangkan arti tiap-tiap simbol dalam buku Wahyu, bahwa hal itu tidak bermanfaat bagi mereka untuk menyelidiki buku ini dalam suatu usaha untuk mengetahui arti kebenaran yang terdapat di dalamnya. Seorang yang menyatakan rahasia- rahasia ini kepada Yohanes akan memberikan kepada penyelidik yang rajin suatu kenikmatan atas kebenaran perkara-perkara surga. Mereka yang hatinya terbuka kepada penerimaan akan kebenaran disanggupkan untuk mengerti pengajarannya, dan akan diberi berkat yang dijanjikan kepada mereka yang "mendengarkan kata-kata nubuat ini dan yang menuruti apa yang ada tertulis di dalamnya." Dalam buku Wahyu segala buku Kitab Suci bertemu dan berakhir. Di sinilah promosi tentang buku Daniel. Yang satu adalah suatu nubuatan; yang lain adalah suatu wahyu. E.G.W. (The Acts of the Apostles, ch. 57, p. 584-585)

×