Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Pelajaran sekolah sabat ke 10 triwulan 1 2018

11,132 views

Published on

Pelajaran sekolah sabat ke 10 triwulan 1 2018

Published in: Spiritual
  • Be the first to comment

Pelajaran sekolah sabat ke 10 triwulan 1 2018

  1. 1. Pelajaran 10, 10 Maret 2-18 Diadaptasi dari www.fustero.es www.gmahktanjungpinang.org Roma: 13:7,8 “Bayarlah kepada semua orang apa yang harus kamu bayar: pajak kepada orang yang berhak menerima pajak, cukai kepada orang yang berhak menerima cukai; rasa takut kepada orang yang berhak menerima rasa takut dan hormat kepada orang yang berhak menerima hormat. Janganlah kamu berhutang apa-apa kepada siapa pun juga, tetapi hendaklah kamu saling mengasihi. Sebab barangsiapa mengasihi sesamanya manusia, ia sudah memenuhi hukum Taurat." PERAN PENATALAYANAN
  2. 2. JARI-JARI RODA Doktrin-doktrin KOTAK GANDAR Bait Suci AS RODA YESUS Landasan Kita PELEK RODA Pekabaran Tiga Malaikat BANTALAN RODA Penatalayanan Penatalayanan adalah mengelola kehidupan Kristen dengan benar. Seluruh bidang kehidupan dan Gereja kita terlibat dalam penatalayanan. Mari pelajari peran penatalayanan dengan analogi roda kereta.
  3. 3. “Yesus Kristus tetap sama, baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya.” (Ibrani 13:8) Roda (kehidupan kekristenan kita) tidak dapat bekerja tanpa as roda yang menopangnya. As Roda rohani kita adalah YESUS KRISTUS. YESUS harus menjadi pusat dan penopang segala sesuatu yang kita pikirkan dan lakukan. Kita tak dapat berbuat apa-apa tanpa YESUS. (Yohanes 15:5) YESUS sedang mengubah hidup kita dan membentuk karakter kita yang memiliki dampak kekal. Alkitab secara keseluruhan berbicara tentang YESUS (Yohanes 5:39). Ia Adalah Pusat dan Landasan iman kita (Ibrani 12:2). Segala sesuatu di dunia ini diciptakan oleh-Nya, dan kita bersyukur karena kita dapat hidup hanya atas kuasa-Nya. (Kolose 1:16-18)
  4. 4. Kotak gandar adalah penutup logam yang berputar mengelilingi as roda. Ini mencakup bantalan dan pusat roda. Bait Suci membantu kita untuk memahami pelayanan Yesus yang memberikan manfaat kita. Ini juga memberi kita jaminan bahwa kita perlu sepenuhnya percaya kepada-Nya. Dengan memelajari Bait Suci, kita memahami pendamaian, penebusan, peran Hukum, penghakiman ... Hal itu adalah jangkar kuat yang membantu kita untuk menerapkan prinsip-prinsip penatalayanan dalam kehidupan kita. KOTAK GANDAR “Pengharapan itu adalah sauh yang kuat dan aman bagi jiwa kita, yang telah dilabuhkan sampai ke belakang tabir, di mana Yesus telah masuk sebagai Perintis bagi kita, ketika Ia, menurut peraturan Melkisedek, menjadi Imam Besar sampai selama-lamanya.” (Ibrani 6:19-20)
  5. 5. JARI-JARI RODA “Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis.” (2 Tesalonika 2:15) Doktrin dasar memancar dari kebenaran keselamatan oleh iman kepada Yesus, seperti jari-jari sebuah roda yang dipancarkan dari pusatnya. Paulus mendorong kita untuk tetap memelihara dan menghidupkan doktrin yang didasarkan atas kebenaran- yaitu, dalam YESUS KRISTUS (Yoh. 14:6) dan Alkitab (Yoh. 17:17) Sebagai penatalayan yang setia, kita harus hidup sesuai dengan “ajaran yang sehat” (Titus 2:1)
  6. 6. PELEK RODA “Yang penting di sini ialah ketekunan orang-orang kudus, yang menuruti perintah Allah dan iman kepada Yesus.”(Wahyu 14:12) Umat Jemaat yang sisa (Wahyu 12:17) memiliki suatu pekabaran khusus untuk dikabarkan (Wahyu 14:6-11), yang selalu didasarkan atas YESUS dengan suatu landasan doktrin yang kuat. Waktu penghakiman telah tiba dan kita harus menyembah Sang Pencipta. Dunia telah menolak kebenaran sejati. Kita dibenarkan oleh iman dan kita harus berdiri teguh oleh mematuhi Hukum ALLAH.
  7. 7. BANTALAN BESI Orang Romawi menemukan bahwa pelek roda kayu cepat aus karena kontak langsung dengan jalan. Mereka menambahkan bantalan besi di sekeliling roda untuk melindunginya dan membuatnya lebih efektif. Kita dipanggil untuk menyebarkan pekabaran penghakiman. Pekabaran yang demikian tidaklah mudah diterima. “tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu,” (1 Petrus 1:15) Bantalan besi adalah lambang kesucian para penatalayan yang dipanggil untuk membawa pekabaran terakhir dari TUHAN ke seantero dunia. Orang banyak akan mendengarkan pekabaran dari kita jika mereka melihat kehidupan kita selaras dengan hidup Kristus.
  8. 8. “Ke atas setiap umat percaya diletakkan tanggungjawab untuk bekerja melayani orang berdosa. ALLAH mengembankan tugas khusus kepada mereka – pekabaran tiga malaikat. Mereka harus menunjukkan penghargaan terhadap karunia agung ALLAH oleh mengabdikan diri mereka kepada pelayanan yang kepadanya KRISTUS mengorbankan nyawa-Nya. Mereka harus menjadi para penatalayan kasih karunia ALLAH, membagikan kepada orang lain berkat-berkat yang telah dikaruniakan kepada mereka.” E.G.W. (The Upward Look, December 31)

×