Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Pelajaran sekolah sabat ke 1 triwulan ii 2018

13,075 views

Published on

Pelajaran sekolah sabat ke 1 triwulan ii 2018

Published in: Spiritual
  • Be the first to comment

Pelajaran sekolah sabat ke 1 triwulan ii 2018

  1. 1. Pelajaran 1 untuk 7 April 2018 Diadaptasi dari www.fustero.es www.gmahktanjungpinang.org Wahyu 12:17 “Maka marahlah naga itu kepada perempuan itu, lalu pergi memerangi keturunannya yang lain, yang menuruti hukum-hukum Allah dan memiliki kesaksian Yesus.”
  2. 2. 1.Pertentangan Bermulai di Surga. 2.Bumi Terkena Dampaknya. 3.Peperangan di Surga dan di Bumi. 4.Pertentangan Dalam Gereja. 5.Peperangan Terakhir. Kita hidup di tengah-tengah kontroversi kosmik yang berdampak pada kehidupan sehari-hari kita. • Bagaimanakah kejahatan dapat muncul? • Bagaimana kita terkena dampaknya? • Bagaimana pertentangan itu berevolusi di planet kita? • Apa yang dapat kita lakukan?
  3. 3. PERTENTANGAN BERMULAI DI SURGA “Engkau tak bercela di dalam tingkah lakumu sejak hari penciptaanmu sampai terdapat kecurangan padamu.” (Yehezkiel 28:15) Pertanyaan pertama ketika mempelajari pertentangan antara yang baik dan yang jahat adalah: Jika Tuhan menciptakan segalanya, apakah Dia menciptakan kejahatan juga? Alkitab mengatakan bahwa kerub bernama Lusifer adalah asal mula kejahatan. Kejatuhan Lucifer digambarkan dalam dua bagian dalam Alkitab, Yehezkiel 28: 12-19 dan Yesaya 14: 12-14. Kerub itu diciptakan sempurna tanpa kejahatan sama sekali. Ia diciptakan sempurna dan memiliki hak untuk memilih, namun ia memutuskan untuk menyerah pada kesombongan dan bercita-cita menjadi seperti Allah. (Yehezkiel 28:2)
  4. 4. BUMI TERKENA DAMPAKNYA “Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminya pun memakannya.” (Kej. 3:6) Hawa mengerti benar perintah ALLAH. Dia merasakan bahwa bahkan hanya menyentuh buah terlarang itu adalah suatu bentuk ketidaktaatan kepada-Nya. Namun, dia memutuskan untuk mempercayai si ular bukannya Sang Penciptanya. Dan Adam ikut mengambil bagian dalam Hawa. Manusia menjadi bagian dari pertentangan pada saat itu, dan mereka memilih pihak yang salah. Kita menghadapi keputusan yang sama setiap hari, baik untuk patuh atau tidak patuh kepada ALLAH. Kita harus memilih antara hidup dan mati.
  5. 5. “Para malaikat dengan ramah dan penuh kasih memberi mereka (Adam dan Hawa) informasi yang mereka inginkan. Para malaikat juga memberitahu mereka sejarah kelam tentang pemberontakan dan kejatuhan Setan. Para malaikat kemudian dengan jelas memberitahu bahwa pohon pengetahuan ditempatkan di taman untuk menjadi tanda ketaatan dan kasih mereka kepada Allah; bahwa harta para malaikat suci yang mulia dan bahagia harus dipertahankan di atas kondisi ketaatan; bahwa mereka berada di tempat yang sama; bahwa mereka dapat menaati hukum Tuhan dan memiliki rasa sukacita yang tak terucapkan, atau tidak taat lalu kehilangan harta mereka yang tinggi dan jatuh ke dalam keputusasaan tanpa harapan.” E.G.W. (The Story of Redemption, ch. 3, p. 29)
  6. 6. PEPERANGAN DI SURGA DAN DI BUMI “Maka tampaklah suatu tanda besar di langit: Seorang perempuan berselubungkan matahari, dengan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya.” (Wahyu 12:1) Peperangan di Surga (I). Setan memberontak dan menyeret sepertiga dari malaikat surga bersamanya. Mereka diusir dari Surga (ay. 4) Yesus dianiaya oleh Setan (ay. 4) Yesus menang dan naik ke Surga (ay. 5) Perang di Surga (II). Setan dilemparkan ke Bumi (ay. 7-9) Gereja dianiaya selama 1.260 tahun dan melarikan diri ke “padang gurun” (ay. 6, 14) Setan menganiaya Umat Sisa (ay.17)
  7. 7. 42 Bulan Why. 11: 2 Kota suci diinjak- injak Why. 13: 5 Kuasa Binatang 1,260 hari Why. 11: 3 2 saksi Why. 12: 6 Perempuan di Padang gurun 1 masa, 2 masa dan ½ masa Dan. 7: 25 Kuasa Binatang Why. 12: 14 Perempuan di Padang gurun PERTENTANGAN DALAM GEREJA “Kepada perempuan itu diberikan kedua sayap dari burung nasar yang besar, supaya ia terbang ke tempatnya di padang gurun, di mana ia dipelihara jauh dari tempat ular itu selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.” (Wahyu 12:14) Kitab Wahyu dan Daniel menggambarkan 3 waktu nubuatan periode penganiayaan oleh Setan Ketiga nubuatan tersebut mengarah kepada periode sejarah yang sama. 3 dan ½ tahun (3.5x360) = 42 bulan (42x30) = 1.260 hari.
  8. 8. PERTENTANGAN DALAM GEREJA “Kepada perempuan itu diberikan kedua sayap dari burung nasar yang besar, supaya ia terbang ke tempatnya di padang gurun, di mana ia dipelihara jauh dari tempat ular itu selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.”(Wahyu 12:14) Nubuatan tersebut meliputi suatu periode antara AD. 538 dan AD. 1798. Selama periode tersebut, mereka yang membaca Alkitab dan hidup menurut kehendak ALLAH dianiaya dengan kejam. ALLAH tidak pernah meninggalkan mereka. Mereka bertahan oleh janji Kristus: “Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman” (Matius 28:20) JUSTINIAN 538 B E R T H I E R 1 7 9 8 Kita juga dikuatkan oleh janji itu setiap hari. Kita “lebih dari pada orang- orang yang menang” oleh YESUS (Roma 8:31-39)
  9. 9. PEPERANGAN TERAKHIR “Maka marahlah naga itu kepada perempuan itu, lalu pergi memerangi keturunannya yang lain, yang menuruti hukum- hukum Allah dan memiliki kesaksian Yesus.” (Wahyu 12:17) Allah telah mempersiapkan sebuah umat setia yang sisa dari gereja secara keseluruhan. Mereka memelihara perintah ALLAH dan mereka akan menjadi tujuan serangan terakhir Setan. Perintah yang manakah yang mereka pelihara? Yesus menyimpulkannya dalam "mengasihi Allah dan sesama manusia" (Matius 22: 37-39). Hal tersebut berarti mematuhi semua perintah Hukum-Nya: “Haruslah engkau mengasihi TUHAN dan … perintah-perintah-Nya” (Ulangan 11:1)
  10. 10. PEPERANGAN TERAKHIR “Maka marahlah naga itu kepada perempuan itu, lalu pergi memerangi keturunannya yang lain, yang menuruti hukum-hukum Allah dan memiliki kesaksian Yesus.” (Wahyu 12:17) Gereja Advent lahir sebagai pergerakan nubuatan di Akhir Zaman (Wahyu 10). Namanya memiliki karakteristik dari gereja yang sisa. Gereja. Kita adalah sebuah gereja Kristen, kita menerima pengorbanan Yesus sebagai satu- satunya sarana keselamatan. Umat Advent. Kita dengan bersemangat menantikan kedatangan -Nya kali ke-2. Hari Ketujuh. Kita mematuhi seluruh perintah-Nya, termasuk yang ke-4 tentang pemeliharaan hari Sabat. “Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti perintah- perintah-Nya. Perintah-perintah-Nya itu tidak berat.” (1 Yohanes 5:3)
  11. 11. “Dunia yang jatuh ini adalah medan pertempuran bagi pertentangan terbesar yang pernah disaksikan oleh alam semesta surgawi dan kekuatan duniawi. Ia menjadi panggung yang akan diperangi pertempuran besar antara kebaikan dan kejahatan, antara surga dan neraka. Setiap manusia berperan dalam pertentangan ini. Tidak ada yang dapat berdiri di tempat netral. Manusia harus menerima atau menolak Penebus dunia. Semuanya adalah saksi, baik untuk Kristus atau melawan-Nya. Kristus memanggil mereka yang berdiri di bawah panji-Nya untuk terlibat dalam pertentangan ini sebagai prajurit yang setia agar mereka dapat mewarisi mahkota kehidupan. Mereka telah diangkat sebagai putra dan putri Allah. Kristus telah memberikan janji-Nya yang pasti untuk menerima pahala di kerajaan surga kepada mereka yang mengambil bagian dari penghinaan dan penderitaan-Nya demi kebenaran itu.” E.G.W. (Sons and Daughters of God, August 23)

×