Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Pelajaran sekolah sabat ke 1 triwulan 3 2017

Pelajaran sekolah sabat ke 1 triwulan 3 2017

Related Audiobooks

Free with a 30 day trial from Scribd

See all
  • Be the first to comment

Pelajaran sekolah sabat ke 1 triwulan 3 2017

  1. 1. Pelajaran 1 untuk 01 Juli 2017 Diadaptasi dari www.fustero.es www.gmahktanjungpinang.org (Kisah Para Rasul 11:18) “Ketika mereka mendengar hal itu, mereka menjadi tenang, lalu memuliakan Allah, katanya: "Jadi kepada bangsa-bangsa lain juga Allah mengaruniakan pertobatan yang memimpin kepada hidup."”
  2. 2. 1) Penganiaya Orang Kristen 2) Pertobatan Saulus 3) Saulus di Damsyik 4) Injil Diberitakan Kepada Bangsa Lain 5) Dari Penganiaya menjadi Misionaris 6) Konflik dalam Gereja. Paulus tak dapat memahami mengapa YESUS Sang Mesias itu tersalib; baginya, hal tersebut adalah suatu penghinaan. Namun, ia mengizinkan ROH KUDUS bekerja dalam hidupnya dan ia bertemu YESUS dengan berhadapan muka. Sejak saat itu, ia tidak dapat berhenti membicarakan YESUS Yang tersalib tersebut Yang menyelamatkan dirinya dan semua orang lain. Rasul Paulus adalah penulis surat kepada jemaat di Galatia. Ia memperkenalkan dirinya demikian: “Semua orang Yahudi mengetahui jalan hidupku sejak masa mudaku, sebab dari semula aku hidup di tengah-tengah bangsaku di Yerusalem. Sudah lama mereka mengenal aku dan sekiranya mereka mau, mereka dapat memberi kesaksian, bahwa aku telah hidup sebagai seorang Farisi menurut mazhab yang paling keras dalam agama kita.” (Kisah Para Rasul 26:4-5).
  3. 3. PENGANIAYA ORANG KRISTEN “Tetapi tampillah beberapa orang dari jemaat Yahudi yang disebut jemaat orang Libertini -- anggota-anggota jemaat itu adalah orang-orang dari Kirene dan dari Aleksandria -- bersama dengan beberapa orang Yahudi dari Kilikia dan dari Asia. Orang- orang itu bersoal jawab dengan Stefanus, tetapi mereka tidak sanggup melawan hikmatnya dan Roh yang mendorong dia berbicara.” (Kisah Para Rasul 6:9-10) Orang Yahudi tidak dapat menyangkal pekabaran Stefanus tentang Mesias, sehingga mereka – khususnya Saulus, menjadi sangat geram dan marah. Mereka tidak dapat menentang kebenaran yang disampaikan oleh Stefanus, jadi mereka mencari saksi palsu untuk menuduh Stefanus bahwa ia telah berbicara memburuk-burukkan Bait Suci dan Hukum ALLAH (Kisah 6:11-14). Saulus yang masih muda itu mendukung hukuman dari Sanhedrin. Ia menyaksikan sendiri Stefanus dirajam dengan batu sampai mati. (Kisah 7:58; 8:1)
  4. 4. PERTOBATAN SAULUS Saulus menganiaya Gereja dengan kemarahan yang luar biasa - yang menurutnya, hal tersebut merupakan suatu tindakan keagamaan yang benar. Kata untuk “membinasakan” dalam ayat ini digunakan untuk menggambarkan tindakan menghancurkan dari seekor binatang buas (seperti seekor babi hutan yang liar). Pikirannya senantiasa ingin menghancurkan ajaran sesat, namun hati nuraninya mengatakan kepadanya bahwa Stefanus memang tidak bersalah. Segalanya berubah saat perjalanannya ke Damsyik. YESUS muncul di hadapan-Nya dan menunjukkan kasih karunia-Nya. Segala alasan dalam pikirannya untuk menolak Mesias Yang tersalib itu kini sirna. Seperti yang ia katakan, “kepada penglihatan yang dari sorga itu tidak pernah aku tidak taat.” (Kisah 26:19) “Tetapi Saulus berusaha membinasakan jemaat itu dan ia memasuki rumah demi rumah dan menyeret laki-laki dan perempuan ke luar dan menyerahkan mereka untuk dimasukkan ke dalam penjara.” (Kisah 8:3)
  5. 5. SAULUS DI DAMSYIK Saulus tetap buta dan tinggal di rumah Ananias selama 3 hari. Sebagaimana yang Ananias katakan, orang Kristen berpikir bahwa ia berpura-pura buta. “Lalu pergilah Ananias ke situ dan masuk ke rumah itu. Ia menumpangkan tangannya ke atas Saulus, katanya: "Saulus, saudaraku, Tuhan Yesus, yang telah menampakkan diri kepadamu di jalan yang engkau lalui, telah menyuruh aku kepadamu, supaya engkau dapat melihat lagi dan penuh dengan Roh Kudus.’” (Kisah 9:17) YESUS menunjukkan kepada Ananias bahwa Saulus tidak sedang berpura- pura. Setelah penglihatan Saulus pulih, Ananias mengundangnya untuk menyerahkan hidupnya kepada YESUS dan membuktikannya melalui baptisan. (Kisah para Rasul 22:16) Tadinya ia hendak menghentikan iman orang Kristen di Damsyik, namun ia malah dipertobatkan menjadi seorang ksatria pembela nama Kristus untuk menyebarkan injil ke seantero dunia.
  6. 6. INJIL DIBERITAKAN KEPADA BANGSA LAIN “Akan tetapi di antara mereka ada beberapa orang Siprus dan orang Kirene yang tiba di Antiokhia dan berkata-kata juga kepada orang-orang Yunani dan memberitakan Injil, bahwa Yesus adalah Tuhan.” (Kisah Para Rasul 11:20) Antiokhia adalah kota terpenting ke-3 pada abad pertama. Kota ini memiliki kira-kira 500,000 penduduknya yang datang dari seantero dunia. Perjalanan Misionaris pertamanya di antara bangsa lain terjadi di daerah ini; dan hasilnya sangat luar biasa. Ketika umat Kristen di Yerusalem mendengar tentang keberhasilan tersebut, mereka mengirim Barnabas ke sana. Mereka melihat kesempatan di kota itu dan memanggil Saulus untuk datang dan menolong barnabas. Ketika Gereja didirikan dan telah cukup banyak pemimpin untuk menopangnya, ROH KUDUS memanggil Saulus untuk memberitakan injil kepada bangsa lain.
  7. 7. Pertobatan di Damsyik (Kisah 9:1-18) Berkhotbah di Damsyik (Kisah 9:19-22) Ia tinggal di Arab (Galatia 1:17) Ia kembali ke Damsyik dan harus meloloskan diri (Kisah 9:23-25) 3 tahun setelah pertobatannya, ia pergi ke Yerusalem (Galatia 1:18) Ia berkhotbah di Siria dan Kilikia (Galatia 1:21) Barnabas memanggilnya untuk berkhotbah di Antiokhia (Kisah 11:25-26) Barnabas dan Paulus dikirim sebagai Misionaris (Kisah 13:1-3) SAULUS : DARI PENGANIAYA MENJADI MISIONARIS
  8. 8. KONFLIK DALAM GEREJA Lalu muncul suatu pertanyaan: Apa yang harus kita lakukan kepada bangsa lain? Haruskah mereka juga disunat dan mematuhi hukum Musa? Apakah memiliki iman kepada YESUS saja sudah cukup? Sidang di Yerusalem (Kisah 15) mencoba untuk menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan tersebut. Namun, orang Farisi yang keras kepala tetap mengajarkan ajaran-ajaran mereka. “Beberapa orang datang dari Yudea ke Antiokhia dan mengajarkan kepada saudara-saudara di situ: "Jikalau kamu tidak disunat menurut adat istiadat yang diwariskan oleh Musa, kamu tidak dapat diselamatkan.” (Kisah 15:1) “Sesungguhnya, aku, Paulus, berkata kepadamu: jikalau kamu menyunatkan dirimu, Kristus sama sekali tidak akan berguna bagimu.” (Galatia 5:2) Seperti yang YESUS katakan, orang Kristen non-Yahudi pertama adalah orang Samaria yang dikhotbahi oleh Filipus. Kornelius adalah yang berikutnya, lalu orang banyak di Antiokhia. Akhirnya Saulus menyebarkan injil hingga ke Turki. Perlahan tetapi pasti, injil dikhotbahkan ke seluruh daerah dunia yang diketahui. Itulah latar belakang surat kepada Jemaat Galatia
  9. 9. “Selama jam-jam yang panjang bila Saulus terkurung dengan Allah sendirian, ia teringat akan banyak kutipan dari Kitab Suci yang menunjuk kepada kedatangan Kristus yang pertama kalinya. Dengan teliti ia mengikuti nubuatan, dengan suatu ingatan yang dipertajam dengan keyakinan yang telah menguasai pikirannya. Sementara ia membiaskan maksud nubuatan-nubuatan ini ia heran melihat kebutaan pengertiannya … Ia yang menjadi orang Farisi yang sombong, yakin akan pembenaran oleh perbuatannya yang baik, sekarang tunduk di hadapan Allah dengan kerendahan dan kesederhanaan seorang anak kecil, mengaku ketidaklayakannya sendiri dan memohon jasa Juruselamat yang telah tersalib dan bangkit itu. Saulus rindu untuk datang, ke dalam keselarasan sepenuhnya dan persatuan dengan Bapa dan Anak; dan di dalam kehebatan kerinduannya untuk keampunan dan penerimaan ia mempersembahkan permohonan yang sungguh-sungguh kepada takhta anugerah. Doa-doa orang Farisi yang hendak bertobat itu tidaklah sia-sia. … Kristus dan kebenaran-Nya menjadi kepada Saulus lebih daripada segenap dunia.” E.G.W. (The Acts of the Apostles, cp. 12, p. 119-120)

    Be the first to comment

    Login to see the comments

  • NiusMaisin1

    Jun. 30, 2017
  • JeannethMandias

    Jun. 30, 2017
  • roselinejack

    Jun. 30, 2017
  • FayeraJonicaJoldin

    Jun. 30, 2017
  • JhondryKomaling

    Jun. 30, 2017
  • jhondrykomalingmunaiseche

    Jun. 30, 2017
  • AotaRaynn

    Jul. 1, 2017
  • carlysepang1

    Jul. 1, 2017
  • MayaManueke

    Jul. 7, 2017

Pelajaran sekolah sabat ke 1 triwulan 3 2017

Views

Total views

28,387

On Slideshare

0

From embeds

0

Number of embeds

27,159

Actions

Downloads

62

Shares

0

Comments

0

Likes

9

×