Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Khotbah rohani gideon

3,929 views

Published on

  • Selamat SABAT Bpk. Ebin sekeluarga! Terima kasih atas dukungan melalui doa dari saudara-saudariku yang ada di sana, kami juga mendoakan KKR yang diadakan oleh saudara-saudari, semoga banyak jiwa yang haus untuk mencari kebenaran, menerima YESUS Sebagai Jurus'lamat yang hidup dan Ia akan segera datang untuk menjemput kita semua!
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Selamat menyambut sabat Bpk Syahputra, saya sangat senang mendendar adanya usaha saudara disana untuk mengadakan KKR Juni ini. Doa kami disini akan memgiringi saudara-saudara disana. Sebagai makliuan Bapak daerah Bandar Kota Kinabalu dimana saya melayani, sedang dalam usaha untuk adakan kumpulan umum mega pada 30Jun hingga 12 Julai ini. Sasaran baptisan paling kurang 300 orang bukan Advent. Tolong juga doakan untuk kami disini semoga pekerjaan Tuhan diselasaikan cepat dan semua anak anak Tuhan balik ke Sorga AMEN.
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Syalom juga saudaraku Bpk. Ebin, terima kasih karena bapak selalu menyapa kami dan memberikan komentar yang baik dan memberi kami motivasi untuk selalu berusaha membagikan tulisan-tulisan rohani, semoga kita semua menjadi perkakas yang baik bagi TUHAN, dan banyak jiwa akan dikuatkan!

    Tolong doakan umat TUHAN yang mengadakan KKR sejak 22 hingga 28 Juni ini, salam buat saudara-saudariku yang ada di sana dari Jemaat Tanjungpinang!
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Shaloom saudaraku, pelajaran ini mengingatkan saya pada seorang Pandeta yang menceritakan dalam khotbahnya 20 tahun yang lalu.
    Yang luarbiasanya pada hari ini, disokong dengan gambar PPT sangat mudah di pahami dan sudah tentu menjadi berkat kepada semua umat.
    Teruskan pelayanan anda Tuhan memberkati.
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here

Khotbah rohani gideon

  1. 1. 300 Efesus 3:20 Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita,
  2. 2. Siapakah Gideon? Gideon (bahasa Ibrani: ‫עֹון‬ ְ‫ד‬ִּ‫ג‬, Standar Gidʻon Tiberias Giḏʻôn), juga dikenal sebagai Yerubaal, adalah seorang hakim yang muncul dalam Kitab Hakim-hakim, di dalam Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama di Alkitab Kristen. Kisahnya terdapat dalam Hakim-hakim 6-8. Ia juga disebutkan dalam Surat Ibrani sebagai contoh orang beriman. Gideon adalah anak Yoas, dari bani Abiezer dari suku Manasye. Nama Gideon berarti "Si Penghancur", "Pahlawan perkasa" atau "Penebang (pohon)". http://id.wikipedia.org/wiki/Gideon
  3. 3. 1. TUHAN memilih kita untuk melaksanakan Pekerjaan-Nya Hakim-hakim 6:11 Kemudian datanglah Malaikat TUHAN dan duduk di bawah pohon tarbantin di Ofra, kepunyaan Yoas, orang Abiezer itu, sedang Gideon, anaknya, mengirik gandum dalam tempat pemerasan anggur agar tersembunyi bagi orang Midian. 6:12 Malaikat TUHAN menampakkan diri kepadanya dan berfirman kepadanya, demikian: "TUHAN menyertai engkau, ya pahlawan yang gagah berani."
  4. 4. 2. TUHAN memilih mereka yang mau bekerja bagi-Nya Gideon sedang mengirik gandum Matius sedang memungut pajak
  5. 5. 2. TUHAN memilih mereka yang mau bekerja bagi-Nya Yakobus dan Yohanes sedang membereskan jala Elisa sedang membajak dengan 12 pasang lembu
  6. 6. 2. TUHAN memilih mereka yang mau bekerja bagi-Nya Orang-orang Waldensia tinggal di bukit-bukit Mereka turun dari bukit dan bekerja di tempat umum
  7. 7. 2. TUHAN memilih mereka yang mau bekerja bagi-Nya Hidup mereka terancam Mereka ditangkap, disiksa, bahkan dibakar hidup-hidup sampai mati
  8. 8. 2. TUHAN memilih mereka yang mau bekerja bagi-Nya Kedamaian Sejati http://www.gmahktanjungpinang.org/2014/06/ke damaian-sejati.html Kedamaian, bukanlah hadir sebab apa yang kau genggam, melainkan sebab apa yang kau lepas. Kala kau lepas dunia, tubuhmu meringan, jiwamu melayang, menembus langit tanpa halangan. Perhatikanlah dia yang damai, niscaya kau dapati selalu sibuk memberikan daripada mengumpulkan.
  9. 9. 2. TUHAN memilih mereka yang mau bekerja bagi-Nya I Petrus 2 2:9 Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan- perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:
  10. 10. 3. TUHAN memberikan tugas kepada umat-Nya Hakim-hakim 6:14 Lalu berpalinglah TUHAN kepadanya dan berfirman: "Pergilah dengan kekuatanmu ini dan selamatkanlah orang Israel dari cengkeraman orang Midian. Bukankah Aku mengutus engkau!"
  11. 11. 3. TUHAN memberikan tugas kepada umat-Nya Matius 28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, 28:20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."
  12. 12. 3. TUHAN memberikan tugas kepada umat-Nya II Timotius 4 4:2 Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran.
  13. 13. 4. Keragu-raguan akan menghadang umat-Nya Hakim-hakim 6:17 Maka jawabnya kepada-Nya: "Jika sekiranya aku mendapat kasih karunia di mata-Mu, maka berikanlah kepadaku tanda, bahwa Engkau sendirilah yang berfirman kepadaku.
  14. 14. 4. Keragu-raguan akan menghadang umat-Nya Hakim-hakim 6:21 Dan Malaikat TUHAN mengulurkan tongkat yang ada di tangan-Nya; dengan ujungnya disinggung-Nya daging dan roti itu; maka timbullah api dari batu itu dan memakan habis daging dan roti itu. Kemudian hilanglah Malaikat TUHAN dari pandangannya. 6:22 Maka tahulah Gideon, bahwa itulah Malaikat TUHAN, lalu katanya: "Celakalah aku, Tuhanku ALLAH! sebab memang telah kulihat Malaikat TUHAN dengan berhadapan muka."
  15. 15. 4. Keragu-raguan akan menghadang umat-Nya 6:36 Kemudian berkatalah Gideon kepada Allah: "Jika Engkau mau menyelamatkan orang Israel dengan perantaraanku, seperti yang Kaufirmankan itu, 6:37 maka aku membentangkan guntingan bulu domba di tempat pengirikan; apabila hanya di atas guntingan bulu itu ada embun, tetapi seluruh tanah di situ tinggal kering, maka tahulah aku, bahwa Engkau mau menyelamatkan orang Israel dengan perantaraanku, seperti yang Kaufirmankan." 6:38 Dan demikianlah terjadi; sebab keesokan harinya pagi-pagi ia bangun, dipulasnya guntingan bulu itu dan diperasnya air embun dari guntingan bulu itu, secawan penuh air.
  16. 16. 4. Keragu-raguan akan menghadang umat-Nya 6:39 Lalu berkatalah Gideon kepada Allah: "Janganlah kiranya murka-Mu bangkit terhadap aku, apabila aku berkata lagi, sekali ini saja; biarkanlah aku satu kali lagi saja mengambil percobaan dengan guntingan bulu itu: sekiranya yang kering hanya guntingan bulu itu, dan di atas seluruh tanah itu ada embun." 6:40 Dan demikianlah diperbuat Allah pada malam itu, sebab hanya guntingan bulu itu yang kering, dan di atas seluruh tanah itu ada embun.
  17. 17. 5. Terlalu banyak! 7:2 Berfirmanlah TUHAN kepada Gideon: "Terlalu banyak rakyat yang bersama-sama dengan engkau itu dari pada yang Kuhendaki untuk menyerahkan orang Midian ke dalam tangan mereka, jangan-jangan orang Israel memegah-megahkan diri terhadap Aku, sambil berkata: Tanganku sendirilah yang menyelamatkan aku.
  18. 18. 5. Terlalu banyak! 7:3 Maka sekarang, serukanlah kepada rakyat itu, demikian: Siapa yang takut dan gentar, biarlah ia pulang, enyah dari pegunungan Gilead." Lalu pulanglah dua puluh dua ribu orang dari rakyat itu dan tinggallah sepuluh ribu orang. 32.000 22.000 takut Sisa 10.000
  19. 19. 6. Ujian Rahasia 7:4 Tetapi TUHAN berfirman kepada Gideon: "Masih terlalu banyak rakyat; suruhlah mereka turun minum air, maka Aku akan menyaring mereka bagimu di sana. Siapa yang Kufirmankan kepadamu: Inilah orang yang akan pergi bersama-sama dengan engkau, dialah yang akan pergi bersama-sama dengan engkau, tetapi barangsiapa yang Kufirmankan kepadamu: Inilah orang yang tidak akan pergi bersama- sama dengan engkau, dialah yang tidak akan pergi." 7:5 Lalu Gideon menyuruh rakyat itu turun minum air, dan berfirmanlah TUHAN kepadanya: "Barangsiapa yang menghirup air dengan lidahnya seperti anjing menjilat, haruslah kaukumpulkan tersendiri, demikian juga semua orang yang berlutut untuk minum."
  20. 20. 6. Ujian Rahasia 7:6 Jumlah orang yang menghirup dengan membawa tangannya ke mulutnya, ada tiga ratus orang, tetapi yang lain dari rakyat itu semuanya berlutut minum air. 32 Ribu 10 Ribu 9.700 minum dengan berlutut Sisa 300
  21. 21. 6. Ujian Rahasia 7:6 Jumlah orang yang menghirup dengan membawa tangannya ke mulutnya, ada tiga ratus orang, tetapi yang lain dari rakyat itu semuanya berlutut minum air. 32.000 : 300 107 : 1
  22. 22. 7. Jangan Takut! 7:7 Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Gideon: "Dengan ketiga ratus orang yang menghirup itu akan Kuselamatkan kamu: Aku akan menyerahkan orang Midian ke dalam tanganmu; tetapi yang lain dari rakyat itu semuanya boleh pergi, masing-masing ke tempat kediamannya."
  23. 23. 7. Jangan Takut! Berapa Jumlah Tentara Musuh? Hakim-hakim 8:10 Sementara itu Zebah dan Salmuna ada di Karkor bersama-sama dengan tentara mereka, kira-kira lima belas ribu orang banyaknya, yakni semua orang yang masih tinggal hidup dari seluruh tentara orang-orang dari sebelah timur; banyaknya yang tewas ada seratus dua puluh ribu orang yang bersenjatakan pedang. 15.000 + 120.000 = 135.000
  24. 24. 7. Jangan Takut! Berapa Jumlah Tentara Musuh? 135.000 melawan 300 450 : 1
  25. 25. 7. Jangan Takut! Seseorang yang menyerah ketika ia salah adalah bijaksana, tetapi dia yang menyerah ketika dia benar adalah seorang pengecut. Yesaya 41:10 “janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.”
  26. 26. 8. Jangan Takut! 7:9 Pada malam itu berfirmanlah TUHAN kepadanya: "Bangunlah, turunlah menyerbu perkemahan itu, sebab telah Kuserahkan itu ke dalam tanganmu. 7:10 Tetapi jika engkau takut untuk turun menyerbu, turunlah bersama dengan Pura, bujangmu, ke perkemahan itu; 7:11 maka kaudengarlah apa yang mereka katakan; kemudian engkau akan mendapat keberanian untuk turun menyerbu perkemahan itu." Lalu turunlah ia bersama dengan Pura, bujangnya itu, sampai kepada penjagaan terdepan laskar di perkemahan itu.
  27. 27. 8. Jangan Takut! 7:12 Adapun orang Midian dan orang Amalek dan semua orang dari sebelah timur itu bergelimpangan di lembah itu, seperti belalang banyaknya, dan unta mereka tidak terhitung, seperti pasir di tepi laut banyaknya. 7:13 Ketika Gideon sampai ke situ, kebetulan ada seorang menceritakan mimpinya kepada temannya, katanya: "Aku bermimpi: tampak sekeping roti jelai terguling masuk ke perkemahan orang Midian; setelah sampai ke kemah ini, dilanggarnyalah kemah ini, sehingga roboh, dan dibongkar- bangkirkannya, demikianlah kemah ini habis runtuh."
  28. 28. 8. Jangan Takut! 7:14 Lalu temannya menjawab: "Ini tidak lain dari pedang Gideon bin Yoas, orang Israel itu; Allah telah menyerahkan orang Midian dan seluruh perkemahan ini ke dalam tangannya." 7:15 Segera sesudah Gideon mendengar mimpi itu diceritakan dengan maknanya, sujudlah ia menyembah. Kemudian pulanglah ia ke perkemahan orang Israel, lalu berkata: "Bangunlah, sebab TUHAN telah menyerahkan perkemahan orang Midian ke dalam tanganmu."
  29. 29. 9. Perlengkapan Senjata ALLAH 7:16 Sesudah itu dibaginyalah ketiga ratus orang itu dalam tiga pasukan dan ke tangan mereka semuanya diberikannya sangkakala dan buyung kosong dengan suluh di dalam buyung itu.
  30. 30. 9. 4 Senjata ALLAH TEROMPET BEJANA KOSONG SULUH DALAM BEJANA
  31. 31. 9. 4 Senjata ALLAH : Senjata pertama TEROMPET PERINGATAN Yehezkiel 3:18 Kalau Aku berfirman kepada orang jahat: Engkau pasti dihukum mati! -- dan engkau tidak memperingatkan dia atau tidak berkata apa-apa untuk memperingatkan orang jahat itu dari hidupnya yang jahat, supaya ia tetap hidup, orang jahat itu akan mati dalam kesalahannya, tetapi Aku akan menuntut pertanggungan jawab atas nyawanya dari padamu.
  32. 32. 9. 4 Senjata ALLAH : Senjata pertama TEROMPET PERINGATAN Umat TUHAN harus memperingatkan dunia untuk mengikut TUHAN
  33. 33. Statistik tentang Gereja Advent se-Dunia (30 Juni 2013) Gereja 75,184 Anggota 17,994,120 Negara yang dijangkau 238 negara Bahasa yang digunakan 914 bahasa Sekolah 7,842 Rumah Sakit dan Klinik 175
  34. 34. 9. 4 Senjata ALLAH : Senjata ke-2 Umat ALLAH Ratapan 4:2 Anak-anak Sion yang berharga, yang setimbang dengan emas tua, sungguh mereka dianggap belanga-belanga tanah buatan tangan tukang periuk. BEJANA KOSONG
  35. 35. 9. 4 Senjata ALLAH : Senjata ke-2 Umat ALLAH Lukas 20 20:18 Barangsiapa jatuh ke atas batu itu, ia akan hancur, dan barangsiapa ditimpa batu itu, ia akan remuk." BEJANA KOSONG Hakim-Hakim 7:19 Lalu Gideon dan keseratus orang yang bersama-sama dengan dia sampai ke ujung perkemahan itu pada waktu permulaan giliran jaga tengah malam, ketika penjaga-penjaga baru saja ditempatkan. Lalu mereka meniup sangkakala sambil memecahkan buyung yang di tangan mereka.
  36. 36. 9. 4 Senjata ALLAH : Senjata ke-3 YESUS KRISTUS Yohanes 8 8:12 Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup." Suluh /Obor
  37. 37. 9. 4 Senjata ALLAH : Senjata ke- 4 IMAN Ibrani 11:1 Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.
  38. 38. Musuh yang terbesar adalah ...... "Hanya seseorang yang berkarakter dan mau memaafkan seperti Lincoln, dapat bangkit & berhasil di atas penghinaan! Maka, jaga suasana hati. Jangan biarkan sikap buruk orang lain menentukan cara kita bertindak. Pilih untuk tetap berbuat baik dan belajarlah memafkan. Jadikan “sampah” sebagai “pupuk” atau “bahan bakar” untuk maju—baik di lingkungan keluarga, kerja, atau tempat tinggal kita." Diri Sendiri Kisah tentang Pengampunan http://www.gmahktanjungpinang .org/2014/02/pengampunan.html
  39. 39. 10. ALLAH Memberi Kemenangan 7:20 Demikianlah ketiga pasukan itu bersama-sama meniup sangkakala, dan memecahkan buyung dengan memegang obor di tangan kirinya dan sangkakala di tangan kanannya untuk ditiup, serta berseru: "Pedang demi TUHAN dan demi Gideon!" 7:21 Sementara itu tinggallah mereka berdiri, masing-masing di tempatnya, sekeliling perkemahan itu, tetapi seluruh tentara musuh menjadi kacau balau, berteriak- teriak dan melarikan diri. 7:22 Sedang ketiga ratus orang itu meniup sangkakala, maka di perkemahan itu TUHAN membuat pedang yang seorang diarahkan kepada yang lain, lalu larilah tentara itu sampai ke Bet-Sita ke arah Zerera sampai ke pinggir Abel-Mehola dekat Tabat.
  40. 40. 10. ALLAH Memberi Kemenangan
  41. 41. 10. ALLAH Memberi Kemenangan

×