Konsep diri remaja

10,369 views

Published on

  • Be the first to comment

Konsep diri remaja

  1. 1. KONSEP DIRI REMAJA• Amirul Haidaruddin 03• Aulia Ramadanti 04• Lina Lutfiana 15• M. Zulkarnain Ardiansyah 16• Nusroh Diniyah 26
  2. 2. Pengertian dan Macam-macam KonsepDiri Konsep diri adalah gambaran, pandangan, keyakinan, dan penghargaan, atau perasaan seseorang tentang dirinya sendiri. Konsep diri adalah penghargaan diri, nilai diri, atau penerimaan diri.Konsep diri meliputi semua keyakinan dan penilaian tentang diri sendiri. Hal ini akan menentukan siapa kita dalam kenyataan, tetapi juga menentukan siapa kita menurut pikiran sendiri, apa yang dapat kita lakukan menurut pikiran sendiri, dan menjadi apa menurut pikiran sendiri.
  3. 3.  Sehubungan dengan konsep diri, beberapa hal mulai berkembang pada masa remaja, antara lain:  Pengetahuan tentang diri sendiri bertambah  Harapan-harapan yang ingin dicapai di masa depan muncul  Terjadi penilaian diri atas tingkah laku dan cara mengisi kehidupan Kita bisa melihat konsep diri dari empat sudut pandang, yakni:  Konsep diri positif (tinggi) dan konsep diri negatif (rendah). Sudut pandang ini digunakan untuk membedakan apakah kita memandang diri sendiri baik (positif) atau buruk (negatif).
  4. 4.  Konsep diri fisik dan konsep diri sosial. Sudut pandang ini membedakan pandangan diri kita sendiri atas pribadi kita dan pandangan masyarakat atas pribadi kita. Konsep diri emosional dan konsep diri akademis. Dengan sudut pandang ini kita bisa membedakan pandangan diri sendiri yang dipengaruhi oleh perasaan/faktor psikologis dan yang secara ilmiah bisa dibuktikan. Konsep diri riil dan konsep diri ideal. Sudut pandang ini membedakan diri kita yang nyata/ sebenarnya dan yang kita cita-citakan.
  5. 5. Faktor-faktor yang MempengaruhiPerkembangan Konsep DiriKonsep diri bukanlah bawaan lahir, melainkan hasilbelajar. Semenjak manusia mengenal lingkunganhidupnya, sejak itu pula ia belajar banyak hal tentangkehidupan. Berdasarkan pengalaman hidupnya,seseorang akan menetapkan konsep dirinyaberdasarkan berbagai faktor. Menurut E.B.Hurlock, faktor-faktor itu adalah bentuk tubuh, cacattubuh, pakaian, nama dan julukan, inteligensikecerdasan, taraf aspirasi/ cita-cita, emosi,jenis/gengsi sekolah, status sosial, ekonomi keluarga,teman-teman, dan tokoh/orang yang berpengaruh.
  6. 6. Apabila berbagai faktor itu cenderungmenimbulkan perasaan positif (bangga, senang),maka muncul konsep diri yang positif. Pada masakanak-kanak, seseorang biasanya cenderungmenganggap benar apa saja yang dikatakan olehorang lain. Jika seorang anak merasa diterima,dihargai, dicintai, maka anak itu akan menerima,menghargai, dan mencintai dirinya (berkonsep diripositif). Sebaliknya, jika orang-orang yangberpengaruh di sekelilingnya ternyatameremehkan, merendahkannya, mempermalukan,dan menolaknya, maka pengalaman itu akandisikapi dengan negatif.
  7. 7. Konsep diri terbentuk melalui proses belajarsejak masa pertumbuhan seorang manusia darikecil hingga dewasa. Lingkungan, pengalamandan pola asuh orang tua turut memberikanpengaruh yang signifikan terhadap konsep diriyang terbentuk. Sikap atau respon orang tuadan lingkungan akan menjadi bahan informasibagi anak untuk menilai siapa dirinya. Olehsebab itu, seringkali anak-anak yang tumbuhdan dibesarkan dalam pola asuh yang keliru dannegatif, ataupun lingkungan yang kurangmendukung, cenderung mempunyai konsep diriyang negatif.
  8. 8. Konsep diri ini mempunyai sifat yang dinamis,artinya tidak luput dari perubahan. Ada aspek-aspek yang bisa bertahan dalam jangka waktutertentu, namun ada pula yang mudah sekaliberubah sesuai dengan situasi sesaat. Misalnya,seorang merasa dirinya pandai dan selaluberhasil mendapatkan nilai baik, namun suatuketika dia mendapat angka merah. Bisa saja saatitu ia jadi merasa "bodoh", namun karena dasarkeyakinannya yang positif, ia berusahamemperbaiki nilai.
  9. 9. Usaha-usaha untuk MengembangkanKonsep Diri RemajaRemaja adalah pribadi yang sedang berkembangmenuju kematangan diri, kedewasaan. Untuk itu,remaja perlu membekali diri dengan pandanganyang benar tentang konsep diri. Remaja perlumenjadi diri yang memiliki konsep diri positif.Remaja perlu menjadi diri yang efektif agar dapatmempengaruhi orang lain untuk memiliki konsepdiri yang positif. Remaja perlu menjadi diri yangmampu menciptakan interaksi sosial yang salingmempercayai, saling terbuka, salingmemperhatikan kebutuhan teman, dan salingmendukung.
  10. 10. THANKS FOR YOUR ATTENTION ANY QUESTION?
  11. 11. Questions Icha: bukti ilmiah dari konsep emosional dan akademis? Rany: contoh remaja yang efektif? Dimas: fungsi dari konsep diri? Iftitah: bagaimana cara untuk membatasi diri untuk tetap bangga pada diri sendiri tapi tetap tidak bersikap sombong?

×