Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Tutorial 4

1,101 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Tutorial 4

  1. 1. [Author name] http://notappismpsejarah.blogspot.com/ Historiografi berasal dari gabungan dua kata yaitu history yang berartisejarah dan grafi yang berarti deskripsi atau penulisan. Berdasarkan asal katanya historigrafi berarti penulisan sejarah. Secara lebih luas historiografi dapat diartikan sebagai sejarah penulisan sejarah. Menurut Ismaun, secara harafiah historiografi berarti pelukisan sejarah, gambaran sejarah tentangperistiwa yang terjadi pada waktu yang lalu yang disebut sejarah. Sejarah sebagai pengetahuan tentang masa lalu diperoleh melalui suatu penelitian mengenai kenyataan masa lalu dengan metode ilmiah yang khas. Historiografi yaitu suatu klimaks dari kegiatan penelitian sejarah. Penulisan sejarah ini merupakan langkah terakhir dari penelitian sejarah. Penulisan sejarah merupakan langkah bagaimana seorang sejarawan mengkomunikasikan hasil penelitiannya untuk dibaca oleh umum. Dalam menulis sejarah berarti seorang sejarawan merokunstruksi terhadap sumber-sumber sejarah yang telah ditemukannya menjadi suatu cerita sejarah. Cerita sejarah ibarat suatu konstruksi bangunan yang dibangun oleh seorang sejarawan. Kalaulah kita perhatikan bahanbahan bangunan yang masih terpisah -pisah tidak begitu PENSEJARAHAN @ HISTORIOGRAFI ~ Pensejarahan (historiografi) secara ringkasnya didefinisikan sbg penulisan @catatan peristiwa (the history of the writing or record of events). Perkembangan psjrhn adlh bmula dgn adanya kajian @penyelidikan (historia). Penulisan sj boleh dikatakn sbg proses terakhir dlm suatu penyelidikan sj sblum proses pnerbitan dilakukan. Antara ctn psjrhn ialah karya Herodotus " Perang Parsi" dan karya Tun Seri Lanang (Sulalatus Salatin). Maka dgn itu, "psjrhn" boleh ditafsirkn sbg sebuah pnulisan sj yg tlh dihasilkn mlalui proses pyelidikn bdsrkn kaedah sj dan bbrp konsep juga peralatan berkaitan" ~terdapat 4 ciri penting dlm sesebuah psjrhn: 1) peristiwa 2) sumber 3) penulis 4) pdekatan PENSEJARAHAN TRADISI ~psjrhn tradisi dianggap sbg sebuah penulisan sj yg bkaitan dgn nilai2 budaya dan etos kemasyarakatan. budaya dan nilai2 etos peribumi yg wjd di dlm dan sblm era kdtgn pgaruh brt sering didefinisikan sbg tradisional dan tradisi. selain itu, psjrhn tradisi juga lazimnya mrujuk kpd tulisan @karya dlm sj yg mrangkumi sesuatu kaw @ bhgn2 lain yg tlibat dlm sesuatu kaw politik. ianya lebih condong ke arah istana dan mceritakn perihal raja2 serta kluarga dan golongan istana. psjrhn tradisi juga mrupakan corak dan ciri thdp budaya turun temurun dan diamalkn dlm khidupan masy. misalnya Sejarah Melayu, Hikayat Hang Tuah, Misa Melayu dan sebagainya yg berunsurkn kesusasteraan. PENSEJARAHAN MODEN ~ia mrupakan hasil pnulisan yg mgalami proses pengembgn yg lebih myeluruh. psjrhn moden mnolak bentuk penulisan yg berupa khayalan, mitos dan dongeng dan mnolak
  2. 2. [Author name] http://notappismpsejarah.blogspot.com/ unsur2 kuasa ketuhanan dgn meletakkn pdktn kritis thdp peristiwa yg dikaji. psjrhn moden ini mceritakan crite2 yg benar2 berlaku di sekitarnya. sbg cth: Hikayat Perang Jerman Perancis, Hikayat Napoleon Bonarparte, Hikayat Abdullah. secara takrifnya, psjrhn moden merupakan penulisan yg bsifat ilmiah dan saintifik di mana kaedah pyelidikan yg kritikal dijlnkn bg mcari jwpn kpd setiap pristiwa yg dikajidan mnentukan kebenarannya Historiografi/ penulisan sejarah Yaitu proses penulisan sejarah yang bertolak dari fakta-fakta yang telah teruji kebenarannya. Menurut Louis Gottschalk, historiografi adalah rekonstruksi yang imajinatif berdasarkan data yang diperoleh dari sumber-sumber sejarah. Dalam menuliskan hasil penelitian, seorang sejarawan harus sadar bahwa tulisan itu bukan hanya sekedar untuk dirinya tapi juga untuk orang lain. bagian-bagian dalam penulisan sejarah ada tiga yaitu : 1. Pengantar 2. Hasil Penelitian 3. Kesimpulan Historiografi/ penulisan sejarah Yaitu proses penulisan sejarah yang bertolak dari fakta-fakta yang telah teruji kebenarannya. Menurut Louis Gottschalk, historiografi adalah rekonstruksi yang imajinatif berdasarkan data yang diperoleh dari sumber-sumber sejarah. Dalam menuliskan hasil penelitian, seorang sejarawan harus sadar bahwa tulisan itu bukan hanya sekedar untuk dirinya tapi juga untuk orang lain. bagian-bagian dalam penulisan sejarah ada tiga yaitu : 1. Pengantar 2. Hasil Penelitian 3. Kesimpulan Historiografi (pensejarahan ) ialah penulisan sejarah tentang peristiwa yang telah berlaku yang prosesnya melibatkan kejadian, sumber dan gambaran yang dilakukan oleh sejarawan bagi menghasikan karya sejarah untuk makluman dan rujukan masyarakat umum. dapat mengetahui rentetan / kronologi periistiwa sejarah dan mendalami sepenuhnya inti pati malah dapat merumuskan persoalan sejarah. Dapat mengolah, mengupas dan menganalisis pemikiran ataupun idea-idea sejarah tokoh – tokoh tersebut secara kritis. cth pensejarahan melayu tradisional boleh dianggap sebagai penulisan sejarah yang berunsur sastera terutamanya dalam bentuk prosa dan puisi.

×