Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
LOGO
Manajemen Retail
Perusahaan PT. Matahari Dept.
Store Tbk
Pengantar Manajemen Umum
Bpk. Asep Jalaludin
Kelompok 4
Disusunoleh:
Ketua : MuhammadAmmar
PembawaAcara : TantiSavitri
Pemateri : DewiKurniawati
NotulenI : YuniAzmita
...
www.themegallery.com
Pengertian Retail:
Retail berasal dari
bahasa Perancis:
”Retailer”
”Memotong
menjadi kecil
kecil”
{ D...
Chanel Distribution
www.themegallery.com
Manufactured
Wholesaler
Retailer
Consumer
Tentang PTMatahari Department
Sto re Tbk
(“Matahari” atau “Perseroan”) adalah perusahaan ritel terkemuka di
Indonesia yang...
Planning
 Visi:
Menjadi Peritel Pilihan Utama di Indonesia
 Misi:
Secara konsisten menyediakan beragam produk fashion ya...
Organizing
www.themegallery.com
Actuating
www.themegallery.com
• DewanKomisaris
Bertanggung jawab mengawasi & memberikan panduan kepada Direksi secara kol...
Actuating
www.themegallery.com
• DewanDireksi
Mempunyai tanggung jawab keseluruhan atas pengelola an usaha Perusahaan, dan...
Actuating
www.themegallery.com
• KomiteManajemenResiko
Tugas dan tanggung jawab utama Komite Manajemen Risiko meliputi:
1....
Actuating
www.themegallery.com
• TimManajemen
Memiliki tugas dan bertanggung jawab untuk mengembangkandan, mengimplementas...
Controling
www.themegallery.com
Sistem Pengawasan dan Pengendalian yang dilakukan oleh PT. Matahari Departemen Store:
1. K...
LOGO
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Presentasi retail

3,763 views

Published on

Tugas 1

Published in: Science
  • Login to see the comments

  • Be the first to like this

Presentasi retail

  1. 1. LOGO Manajemen Retail Perusahaan PT. Matahari Dept. Store Tbk Pengantar Manajemen Umum Bpk. Asep Jalaludin
  2. 2. Kelompok 4 Disusunoleh: Ketua : MuhammadAmmar PembawaAcara : TantiSavitri Pemateri : DewiKurniawati NotulenI : YuniAzmita NotulenII : MariaUlfa www.themegallery.com
  3. 3. www.themegallery.com Pengertian Retail: Retail berasal dari bahasa Perancis: ”Retailer” ”Memotong menjadi kecil kecil” { Definisi Retail } Yaitu cara memasarkan produk dengan menjual barang secara langsung ke konsumen untuk penggunaan pribadi dan bukan untuk bisnis atau biasa disebut dengan enduser. Sedangkan organisasi/seseorang yang melakukannya biasa disebut dengan pengecer.
  4. 4. Chanel Distribution www.themegallery.com Manufactured Wholesaler Retailer Consumer
  5. 5. Tentang PTMatahari Department Sto re Tbk (“Matahari” atau “Perseroan”) adalah perusahaan ritel terkemuka di Indonesia yang menyediakan perlengkapan pakaian, aksesoris, produk- produk kecantikan dan rumah tangga dengan harga terjangkau. www.themegallery.com Matahari bermitra dengan pemasok pemasok terpercaya di Indonesia dan luar negeri untuk menyediakan kombinasi barang-barang fashion berkualitas tinggi yang dapat diterima oleh konsumen. Gerai-gerai Matahari yang modern dan luas menyajikan pengalaman berbelanja dinamis dan inspiratif yang membuat konsumen datang kembali dan membantu menjadikan Matahari sebagai department store pilihan di kalangan kelas menengah Indonesia.
  6. 6. Planning  Visi: Menjadi Peritel Pilihan Utama di Indonesia  Misi: Secara konsisten menyediakan beragam produk fashion yang tepat serta layanan terbaik untuk meningkatkan kualitas hidup konsumen  Tujuan: Menjadi perusahaan ritel terkemuka di Indonesia dengan harga terjangkau Visi dan Misi di atas telah disetujui oleh Dewan Komisaris dan Direksi PT Matahari Department Store Tbk www.themegallery.com
  7. 7. Organizing www.themegallery.com
  8. 8. Actuating www.themegallery.com • DewanKomisaris Bertanggung jawab mengawasi & memberikan panduan kepada Direksi secara kolektif bertanggung jawab untuk setiap penyimpangan yang dilakukan Direksi dalam melaksanakan tugasnya. • KomiteAudit Tugas utama yaitu membantu Dewan Komisaris meninjau beberapa hal, antara lain: 1.Hasil keuangan Perseroan dan informasi keuangan terkait; 2.Kepatuhan Perseroan kepada peraturan yang relevan; 3.Efektivitas kegiatan dan kontrol internal Perseroan; dan 4.Kemampuan Perseroan untuk mengelola risiko dan menangani keluhan konsumen • KomiteNominasidanRemunerasi Memiliki tanggung jawab untuk: 1.Mengawasi Dewan Direksi terkait tugas dan tanggung jawabnya (visi dan misi Perseroan); 2.Mengembangkan kebijakan berkaitan dengan sumber daya manusia, pengelolaan bakat, rencanaa sukses, pelatihan, desain organisasi dan rekrutmen; dan 3.Mengevaluasi dan mengimplementasikan tata kelola perusahaan terkait kebijakan sumber daya manusia dan Pedoman Perilaku.
  9. 9. Actuating www.themegallery.com • DewanDireksi Mempunyai tanggung jawab keseluruhan atas pengelola an usaha Perusahaan, dan mengkoordinasi kegiatan-kegiatan Perseroan secara efektif untuk memastikan pencapaian tujuan strategisnya. • KomiteRealEstate Memiliki tanggung jawab untuk: 1.Mengawasi implementasi rencana ekspansi real estate Perseroan 2.Mengevaluasi dan menyetujui lokasi-lokasi gerai baru dengan tujuan investasi internal Perseroan 3.Memantau kemajuan proyek pengembangan properti yang sedang berjalan sesuai dengan budget dan jadwal waktu yang sudah ditentukan sebelumnya; dan 4.Mengevaluasi dan memberikan masukan atas program ekspansi Perseroan dari perencanaan dan implementasi sampai melakukan penilaian kinerja yang terus berlangsung • KomitePemasaran Memiliki tanggung jawab untuk mempublikasi produk-produk Perseroan melalui promosi dan kampanye dan untuk mengembangkan citra Perseroan, merek-merek eksklusif dan merek paten/hak cipta lainnya.
  10. 10. Actuating www.themegallery.com • KomiteManajemenResiko Tugas dan tanggung jawab utama Komite Manajemen Risiko meliputi: 1.Mengembangkan dan mengelola program sekuritas, asuransi, pemulihan bencana dan pencegahan kerugian: 2.Memastikan kepatuhan pada prosedur operasi standar di seluruh Perusahaan; serta 3.Menyidik laporan yang diterima melalui mekanisme whistle blower.
  11. 11. Actuating www.themegallery.com • TimManajemen Memiliki tugas dan bertanggung jawab untuk mengembangkandan, mengimplementasikan rencana strategis dan operasional Perusahaan. Deskripsi pekerjaan dan tanggung jawab Tim Manajemen sesuai dengan visi, misi, nilai dan strategi Perseroan, dan ditujukan untuk memastikan implementasi tata kelola perusahaan yang baik melalui garis wewenang dan kontrol yang jelas
  12. 12. Controling www.themegallery.com Sistem Pengawasan dan Pengendalian yang dilakukan oleh PT. Matahari Departemen Store: 1. Kode Etik Perusahaan Matahari berkomitmen untuk mempraktikkan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik seperti transparansi, akuntabilitas, bertanggung jawab, mandiri, adil dan menjungjung kesamaan hak sebagaimana tercantum di dalam Kode Etik Perseroan. 2. Audit Internal Perseroan memiliki Unit Audit Internal (IAU), yang melapor secara langsung kepada Presiden Direktur 3. Sistem Whistle Blower dikelola oleh administrator independen, Deloitte, untuk menjamin perlindungan penuh untuk para informan 4. Manajemen Resiko Perseroan telah mengadopsi sistem pengelolaan risiko yang komprehensif dan sangat teliti yang dirancang untuk melindungi pencapaian tujuan strategis Perseroan, meningkatkan profitabilitas dan menjamin keberlanjutan usaha. 5. Akses Informasi Website Matahari, www.matahari.co.id, menyediakan informasi terkini mengenai Perseroan kepada konsumen dan masyarakat umum selain juga informasi dan berita tentang department store, penawaran eksklusif, promosi, lokasi gerai dan topik-topik lainnya.
  13. 13. LOGO

×