Successfully reported this slideshow.

bangun datar by chamim nurhuda

3,017 views

Published on

  • Be the first to comment

bangun datar by chamim nurhuda

  1. 1. ASSALAMU’ALAIKUM WR.WB.
  2. 2. TELAAH MATEMATIKASEKOLAH 1“BANGUN DATAR”
  3. 3. OLEH KELOMPOK 6ANGGOTA :1. DYAN FAJAR SAKTI (111842)2. KALIMI (111842)3. RIRIT HARITZAH (11184202065)
  4. 4. BANGUN DATARBangun datar merupakan sebuah bangun berupa bidang dataryang dibatasi oleh beberapa ruas garis. Jumlah dan modelruas garis yangmembatasi bangun tersebut menentukan nama danbentuk bangun datar tersebut.NAMA – NAMA BANGUN DATAR :-SEGITIGA -BELAH KETUPAT-PERSEGI PANJANG - LAYANG – LAYANG-PERSEGI - TRAPESIUM-JAJAR GENJANG -LINGKARAN
  5. 5. SEGITIGASegitiga adalahbangun yangterbentuk olehtiga buah titikyang tidak segarisdan di batasi olehtiga garis lurusdan membentuktiga sudut.
  6. 6. JENIS SEGITIGADITINJAU DARI PANJANG SISI – SISINYA(a)Segitiga sama kaki(b)Segitiga sama sisi(c) Segitiga sebarang
  7. 7. JENIS SEGITIGADITINJAU DARI BESAR SUDUTNYA(a)Segitiga Lancip(b)Segitiga Siku – siku(c)Segitiga Tumpul
  8. 8. SIFAT - SIFAT SEGITIGA1. Ketidaksamaan Sisi SegitigaSifat 1 :Jumlah panjang dua sisi segitigalebih dari sisi yang lainnya.Berdasarkan sifat di atas maka berlaku hubungan :
  9. 9. Sifat 2Selisih panjang dua sisi segitiga kurang dari panjang sisilainnya.Perhatikan kembali gambar !!maka :
  10. 10. 2. Hubungan Sudut dan SegitigaSebuah segitiga ukuran sudut terkecilberhadapan dengan ukuran sisi terpendek,dan ukuran sudut terbesar berhadapandengan sisi terpanjang.
  11. 11. 3. Hubungan Sudut Dalam dan Sudut Luar SegitigaSudut luar dari salah satu sudut segitigasama dengan jumlah dua sudut dalamlainnya .
  12. 12. Contoh Soal
  13. 13. Keliling dan Luas Daerah SegitigaKeliling segitiga adalah jumlah panjang ketiga sisinya.• Keliling = AB + BC + ACLuas = ½ x a x t• dengan a = panjang alas segitiga, dan t = tinggi segitiga• panjang sisi miring segitiga siku-siku dicari denganrumus Phytagoras (A2 + B2 = C2)
  14. 14. GARIS - GARIS ISTIMEWA PADA SEGITIGAA. Garis Tinggiadalah garis yang ditarik dari suatu titik sudutsegitiga dan tegak lurus dengan sisi didepannya.
  15. 15. B. Garis Bagiadalah garis yang ditarik dari suatu titik sudutsegitiga yang membagi dua sama besar suduttersebut.
  16. 16. C. Garis Beratadalah garis yang ditarik dari titik sudutsuatu segitiga yang membagi dua samabesar sisi yang dihadapannya .
  17. 17. D. Garis Sumbuadalah garis yang ditarik tegak lurus padasuatu sisi yang membagi dua sama panjangsisi tersebut .
  18. 18. PERSEGI PANJANGPersegi panjang adalah bangun datar segiempat yangkeempat sudutnya siku-siku dan sisi-sisi yangberhadapan sama panjang.Sifat persegi panjang :1. Memiliki 4 ruas garis: AB , DC, AD dan BC.2. Dua ruas garis yang berhadapan sama panjang.3. Memiliki dua macam ukuran panjang dan lebar.4. Memiliki empat buah sudut sama besar (90o).
  19. 19. Keliling persegi panjang adalah jumlah keempat sisinya.• Keliling = 2p + 2l = 2 x (p + l)• dengan p = panjang persegi panjang, dan l = lebar persegipanjangLuas = p x l• p = Luas : lebar• l = Luas : panjangKeliling dan Luas Persegi Panjang
  20. 20. Contoh Soal
  21. 21. PERSEGIPersegi adalah persegi panjang yang semua sisinya samapanjang.Sifat persegi :1. Memiliki empat ruas garis: AB, DC, AD dan BC.2. Keempat ruas garis itu sama panjang.3. Memiliki empat buah sudut sama besar (90o).
  22. 22. Keliling dan Luas PersegiPersegi merupakan persegi panjang yang semuasisinya sama panjang sehingga p = l, maka :Keliling persegi = K = 2(p+l) = 2 (2p) = 4p = 4sSuatu persegi mempunyai ukuran panjang = lebaratau p = l = s, maka :Luas persegi = L = s x s
  23. 23. CONTOH SOAL
  24. 24. JAJAR GENJANGJika dua buah segitiga yang kongkruen (sama dansebangun) dihimpitkan pada sisi BD, akan diperolehbangun segi empat ABCD yang disebut jajar genjang
  25. 25. SIFAT - SIFAT JAJAR GENJANGSisi yang berhadapan sama panjang dansejajarSudut yang berhadapan sama besarSudut yang berdekatan jumlahnya 180 ͦKedua diagonal jajar genjang salingberpotongan di tengah-tengahbidang jajar genjang.
  26. 26. CONTOH SOAL
  27. 27. KELILING DAN LUAS JAJAR GENJANGJajar genjang merupakan gabungan dua segitiga yangkongruenmaka :Keliling jajar genjang adalah jumlah keempat sisinya.Karena AB = CD dan AD = BC maka :K ABCD = 2 AB + 2 BC = 2(AB + BC)
  28. 28. CONTOH SOAL
  29. 29. BELAH KETUPATBelah ketupat memenuhi semua sifat jajar genjang, dengandemikian belah ketupat adalah jajar genjang yang keempatsisinya sama panjang, sehingga memiliki sifat sebagaiberikut :–Setiap sudut dibagi dua oleh diagonal-diagonalnya–Diagonal-diagonalnya berpotongan saling tegak lurus
  30. 30. CONTOH SOAL
  31. 31. KELILING DAN LUAS BELAHKETUPATKeliling belah ketupat adalah jumlah panjang keempat sisinya.K = AB + BC +CD +DA
  32. 32. CONTOH SOAL
  33. 33. LAYANG - LAYANGLayang-layang adalah gabungan dari dua segitiga sama kakiyang mempunyai panjang alas sama namun panjang sisiantara keduanya berbeda.Sifat-sifat layang - layang : sisinya sepasang-sepasang sama panjang sepasang sudut yang berhadapan sama besar salah satu diagonal membagi dua sama panjang diagonallainnya, maka diagonal tersebut saling tegak lurus
  34. 34. KELILING LAYANG-LAYANGKeliling layang-layang sama dengan segiempat lainnyayaitu jumlah keempat sisinya, AB + BC + CD + DA.Karena AB = BC dan CD = DA maka :K = 2 (AB + CD) = 2 (sisi panjang + sisi pendek)
  35. 35. CONTOH SOAL
  36. 36. LUAS LAYANG-LAYANG
  37. 37. TRAPESIUMTrapesium adalah segi empat yang mempunyaisepasang sisi yang tepat berhadapan dansejajar.AB dan DC disebut sisi sejajar,AD dan BC disebut kaki trapesium,sedangkan sisi terpanjang yaitu AB disebut alas trapesium.
  38. 38. Berdasarkan panjang kakinya, trapesium dibedakanmenjadi 3 yaitu :1. Trapesium sebarangyaitu trapesium dimana panjang kedua kakinya tidak samadan tidak ada yang tegak lurus ke sisi sejajar2. Trapesium siku-sikuyaitu trapesium yang salah satu kakinya tegak lurus padasisi sejajar3. Trapesium sama kakiadalah trapesium yang memiliki kaki sama panjang
  39. 39. SIFAT-SIFAT TRAPESIUM1. Memiliki sepasang sisi sejajar2. Jumlah dua sudut berdekatan (sudut dalamsepihak) adalah 180 ͦ3. Trapesium siku-siku, salah satu kakinya tegak lurusterhadap sisi sejajarnya
  40. 40. CONTOH SOAL
  41. 41. KELILING TRAPESIUMKeliling trapesium adalah jumlah panjang keempat sisinya.• Keliling = AB + BC + CD + ADLuas trapesium :
  42. 42. CONTOH SOAL
  43. 43. LINGKARANLingkaran yaitu bangun datar yang terbentuk dari himpunan semua titik persekitaranyang mengelilingi suatu titik asal dengan jarak yang sama. Jarak tersebut biasanyadinamakan r, atau radius, atau jari-jari.Istilah-istilah dalam lingkaran :• Diameter lingkaran (d) yaitu ruas garis yang menghubungkan dua titik pada busurlingkaran melalui titik pusat lingkaran.• Jari-jari lingkaran (r) yaitu ruas garis yang menghubungkan titik pada busurlingkaran dengan titik pusat lingkaran.• Tali busur yaitu garis yang menghubungkan dua titik pada busur lingkaran dan tidakmelewati titik pusat lingkaran.• Busur yaitu bagian lingkaran yang dibagi oleh tali busur.• Juring yaitu daerah pada lingkaran yang dibatasi oleh 2 jari-jari maupun busurlingkaran.• Sudut pusat yaitu sudut yang dibentuk oleh 2 buah jari-jari.
  44. 44. Rumus hubungan diameter (d) dan jari-jari (r) :Diameter (d) = 2 x jari-jariJari-jari (r) = ½ diameterRumus hubungan busur, juring, dan sudut pusat :Panjang Busur AB = besar sudut AOB X keliling lingkaran360⁰Rumus keliling (k) : Keliling = π x diameterRumus luas (L): Luas = π x jari-jari x jari-jari= π r2
  45. 45. CONTOH SOAL
  46. 46. WASSALAMU’ALAIKUMWR. WB.

×