Tarhib ramadhan

4,172 views

Published on

materi tarhib ramadhan, tarhib ramadhan, ramadhan, marhaban ramadhan, pembekalan ramadhan, materi ramadhan, keutamaan ramadhan, keistimewaan ramadhan, fadhilah puasa, rahmat ramadhan, ampunan ramadhan, tarawih, taraweh, buka puasa, keutamaan sahur, menyegerakan berbuka puasa

Published in: Spiritual, Business
0 Comments
4 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
4,172
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
184
Comments
0
Likes
4
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Tarhib ramadhan

  1. 1. TARHIB RAMADHAN 1432H “Sekiranya hamba-hamba Allah itu mengetahui apa–apa yang terdapat dibulan Ramadhan, niscaya mereka akan mengharapkan agar bulan ramadhan sepanjang tahun” (HR. Thabrani)8 KEISTIMEWAAN BULAN RAMADHAN1. Ramadhan adalah sebaik-baiknya bulan Rasulullah SAW bersabda, “Semulia-mulianya bulan adalah Ramadhan dan semulia-mulianya hari adalah hari jum’at” (HR. Thabrani)2. Bulan diturunkannya Al Quran “Bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).” (QS 2:185)3. Bulan penuh berkah Rasulullah SAW bersabda, “Telah datang kepada kalian Ramadhan bulan berkah,Allah menutupi kalian didalamnya, Dia menurunkan rahmat, menghapuskan kesalahan-kesalahan, mengabulkan do’a-do’a, Allah juga memperhatikan perlombaan kebajikan kalian, Dia membanggakan kalian dihadapan para Malaikat-Nya, maka perlihatkanlah kebaikan kalian masing-masing kepada Allah, karena sesungguhnya orang yang celaka adalah orang yang pada bulan ramadhan tak mendapati rahmat Allah maha Gagah dan maha Agung”. (HR. Thabrani)4. Bulan yang didalamnya terdapat Lailatul Qodar Rasulullah SAW bersabda, “Wahai manusia sesungguhnya telah datang kepadamu bulan yang agung lagi penuh berkah. Bulan yang didalamnya ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan”. (HR. Baihaqi)5. Bulan dilipatgandakannya pahala amal sholeh Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa mengerjakan amalan sunah di bulan Ramadhan, maka (pahalanya) seperti orang yang melakukan ibadah fardhu pada bulan lainnya. Dan barangsiapa mengerjakan amalan fardhu dibulan Ramadhan, maka pahalanya seperti orang yang melakukan tujuh puluh amalan fardhu pada bulan lainnya.” (HR. Ibnu Huzaimah)6. Bulan penghapusan dosa Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan dasar Iman dan mencari pahala dan Ridho Allah, Allah mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu”. (HR. Bukhari dan Muslim)
  2. 2. 7. Pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup8. Setan dibelenggu Rasulullah SAW bersabda, “Apabila telah datang bulan Ramadhan maka pintu-pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup dan setan dibelenggu”. (HR. Bukhari dan Muslim)8 MANFAAT PUASA1. Puasa sebagai penghapus dosa Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan dasar Iman dan mencari pahala dan Ridho Allah, Allah mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu”. (HR. Bukhari dan Muslim)2. Puasa adalah benteng dari api neraka Rasulullah SAW bersabda, “Puasa adalah perisai dari api neraka, seperti perisainya salah seorang kalian dalam perang”. (HR. Ahmad)3. Puasa sebagai ibadah tanpa tanding Rasulullah SAW bersabda, “Berpuasalah kalian, karena sesungguhnya ia adalah ibadah yang tiada tandingannya”. (HR. Nasa’i)4. Orang berpuasa mendapatkan dua kegembiraan Rasulullah SAW bersabda, “Orang yang berpuasa itu akan mendapatkan dua kegembiraan. Kegembiraan ketika berbuka dan kegembiraan ketika bertemu dengan Tuhannya kelak”. (HR. Bukhari)5. Do’a orang yang berpuasa tidak akan ditolak Rasulullah SAW bersabda, “Tiga golongan yang tidak tertolak doanya: orang yang berpuasa hingga berbuka, pemimpin yang adil dan do’a orang yang didzolimi”. (HR. Ahmad)6. Puasa akan memberikan syafaat bagi orang yang melakukannya Rasulullah SAW bersabda, “Puasa dan Al Quran akan memberikan syafaat kepada seorang hamba pada hari kiamat”. (HR. Ahmad)7. Bau mulut orang yang berpuasa pada hari kiamat lebih wangi dari pada bau minyak wangi Rasulullah SAW bersabda, “Bau mulut orang berpuasa itu lebih wangi disisi Allah daripada bau minyak wangi”. (HR. Bukhari)
  3. 3. 8. Puasa menjadikan badan sehat Rasulullah SAW bersabda, “Berpuasalah kalian niscaya badanmu menjadi sehat”. (HR. Ibnu Sunni) • Andrea Willer, seorang ahli gizi amerika, menyatakan bahwa tingkat kecerdasan dan kemampuan konsentrasi bertambah selama berpuasa. Imunitas/daya tahan tubuh meningkat sepuluh kali lipat disebabkan puasa. Puasa juga membantu menghancurkan batu ginjal karena dengan puasa terjadi proses penghimpunan mineral-mineral sodium didalam ginjal.12 AMALAN UNGGULAN BULAN RAMADHAN1. Puasa “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibakan kepada umat-umat sebelum kamu agar kamu menjadi orang yang bertaqwa” (QS Al Baqarah:183). “Sesungguhnya orang yang bertaqwa ditempatkan dalam surga yang mengalir sungai-sungai” (QS Al Hijr:45)2. Sahur Rasulullah SAW bersabda, “Makan sahurlah kalian karena dalam sahur ada barakah” (Hadits Riwayat Bukhari 4/120, Muslim 1095 dari Anas) Dari Abu Sa’id Al Khudri ra, Rasulullan SAW bersabda, “Sahur itu makanan yang barokah, janganlah kalian meninggalkannya walaupun hanya meneguk seteguk air, karena Allah dan malaikatNya bershalawat kepada orang-orang yang sahur.”3. Menyegerakan berbuka jika sudah waktunya Dari Sahl bin Sa’ad ra, dari Rasulullah SAW bersabda, “Manusia akan terus dalam kebaikan selama menyegerakan buka.” (HR Bukhari dan Muslim)4. Memberi buka pada orang yang berpuasa Dari Zaid bin Kholid Al Juhani, dari Rasulullah SAW bersabda, “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5/192)5. Zikir Bulan Ramadhan adalah bulan dimana kebaikan pahalanya dilipatgandakan, oleh karena itu jangan membiarkan waktu sia-sia tanpa aktifitas yang berarti. Diantara aktifitas yang sangat penting dan berbobot tinggi, namun ringan dilakukan oleh umat Islam adalah memperbanyak dzikir, doa dan istighfar. Bahkan doa orang-orang yang berpuasa sangat mustajab, maka perbanyaklah berdoa untuk kebaikan dirinya dan umat Islam yang lain, khususnya yang sedang ditimpa kesulitan dan musibah
  4. 4. 6. Do’a Rasulullah SAW bersabda, “Tiga golongan yang tidak tertolak doanya: orang yang berpuasa hingga berbuka, pemimpin yang adil dan do’a orang yang didzolimi”. (HR. Ahmad)7. Tarawih & Qiyamul lail Rasululah SAW bersabda, "Sesungguhnya Ramadhan adalah bulan di mana Allah ta’aala wajibkan berpuasa dan aku sunnahkan kaum muslimin menegakkan (sholat malam). Barangsiapa berpuasa dengan iman dan dan mengharap ke-Ridhaan Allah ta’aala, maka dosanya keluar seperti hari ibunya melahirkannya." (HR. Ahmad 1596)8. I’tikaf Dari Abu Hurairah ra, “Bahwasanya Nabi SAW. Beri’tikaf setiap Ramadhan selama sepuluh hari, maka tatkala pada tahun terakhir [sebelum wafat], beliau melaksanakan I’tikaf selama 20 hari.” (HR. Bukhari)9. Umrah Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang melaksanakan umrah di bulan Ramadhan nilainya sama dengan pergi haji bersamaku.”10. Zakat Dari ibnu umar. Ia berkata "Rasullullah SAW. mewajibkan zakat fitrah (berbuka) bulan ramadhan sebanyak satu sa (3,1 liter) kurma atau gandum atas tiap orang- orang muslim merdeka atau hamba, laki-laki atau perempuan." (HR. Bukhari dan Muslim) Dalam hadist bukhari disebutkan,"mereka membayar fitrah itu sehari atau dua hari sebelum hari raya."11. Tilawah Al Qur’an12. Perbanyak Infaq dan Shadaqah Dari Ibnu Abbas berkata, “Rasulullah SAW. adalah orang yang paling dermawan. Dan sesungguhnya beliau paling dermawan pada saat bulan Ramadhan. Ketika Jibril datang menemui beliau pada tiap-tiap malam Ramadhan untuk mentadarruskan Al-Quran. Rasulullah SAW. lebih dermawan daripada angin yang bertiup bebas.” (HR. Bukhari - Muslim) Rasulullah SAW bersabda, “Seutama-utamanya shadaqah, adalah di bulan Ramadhan.” (HR. Tirmidzi)

×