Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Myanmar's Country

2,182 views

Published on

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Myanmar's Country

  1. 1. Myanmar Group : Balqis Falah Robbani Nabila Haris Putri
  2. 2. Myanmar Pada awalnya, negara ini bernama Burma. Pada tahun 1989 Burma berubah menjadi Myanmar yang berarti Tanah Emas. Negara in merdeka pada 4 Januari `1948.
  3. 3. Data Singkat Nama Resmi Republik Sosialis Uni Myanmar Ibu Kota Naypyidaw Luas 676.500 km Pemerintahan Republik Kepala Negara Presiden Kepala Pemerintahan Perdana Menteri Penduduk 50 juta jiwa (2009) Bahasa Myanmar, Inggris, dan dialek lokal Agama Buddha, Islam, Hindu, Kristen dan kepercayaan animisme Mata Uang Kyat Lagu Kebangsaan Gba Majay Myanmar
  4. 4. Letak dan Batas Negara Secara astronomis terletak 9◦LU - 28◦LU dan 92◦BT – 102◦BT. Batas-batas Myanmar : 1) Sebelah Utara dengan Negara Cina 2) Sebelah Timur dengan Negara Cina, Laos dan Thailand 3) Sebelah Selatan dengan Laut Andaman dan Teluk Bengala 4) Sebelah Barat dengan Negara Bangladesh dan India
  5. 5. Bentang Alam 1) Dataran Tinggi Arakan Yoma yang membujur sempit dari utara ke selatan. Puncak tertingginya adalah Gunung Victoria 2) Jajaran Patkai berada di perbatasan Myanmar-India. Pegunungan yang ada termasuk pegunungan tinggi, seperti Gunung Samarati (3.826m) dan Gunung Hkakabo Razi (5.881 m)
  6. 6. Continue... 3) Dataran Tinggi Shan yang berada di bagian timur Myanmar. Dataran tinggi ini memiliki banyak gunung tinggi dan yang tertinggi adalah Gunung Nattaung (2.623 m) 4) Dataran Rendah Irawadi berada di tengah-tengah wilayah Myanmar. Di kawasan ini mengalir Sungai Irawadi yang merupakan sungai terpanjang di Myanmar. Sungai Lainnya, yaitu Sungai Chindwin, Sittang dan Salween.
  7. 7. IKLIM Wilayah Myanmar beriklim tropis yang dipengaruhi angin muson. Di Myanmar teradapat 3 musim yaitu, musim hujan (meioktober) akbiat angin muson barat daya yg hangat & lembab, musim kearau yg sejuk akibat angin muson barat laut (november sampai pertengahan febuari), dan kemarau yang panas (febuari-april). Di Yangon suhu rata-rata 27 dejarat, tapi sebelah utara umumnya lebih dingin. Suhu maksimum terjadi pada bulan april, sedangkan bulan desember-januari merupakan bulanbulan terdingin. Di zona kering, suhu udara kadang-kadang lebih dari 30 derajat.
  8. 8. Penduduk Menurut data tahun 2009, jumlah penduduk myanmar berkisar 51.000.000 jiwa. Angka pertumbuhan penduduknya adalah 1,10%. Penduduk myanmar tersebut terdiri atas suku burma (68%), shan (9%) , karen (7%) , rahhine (4%), cina (3%), india (2%) dan suku lainya (5%)
  9. 9. Perekonomian - Myanmar merupakan negara agraris dengan hasil pertanian utamanya padi. Hasil lainya yaitu teh,tebu,sayur,gandum,jagung,kapas dan wijen. - Hasil kehutanannya kayu jati dan kayu besi. - Myanmar kaya akan tambang, hasil tambangnya yaitu : timah dan tungsten di tenasserim, antimen di plato shan, serta seng, air raksa, batu bara, emas, perak, mangan, batu mulia dan gas alam di chaok - Industrinya baru terbatas pada industri yang mengolah pertanian, hasil hutan, dan barang tambang. Industri tersebut antara lainIndustrii pupuk, semen tekstil, ubin, rami, farmasi, baja dan penyulingan minyak bumi di Syiriam. Myanmar juga terkenal dengan hasil
  10. 10. Continue…. Barang-Barang komoditas ekspor dari Myanmar meliputi beras, kayu jati, produk minyak, mineral, karet dan kapas. Myanmar mengimpor barang-barang seperti mesinmesin, peralatan transportasi, barang-barang loga, tekstil, besi, baha, farmasi dan kertas.

×