Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Mempersiapkan putri tercinta menyambut menarche

62 views

Published on

Mempersiapkan Putri Tercinta Menyambut Menarche/ Mens Pertama

(Presentasi Kelompok 5 Game Level 11 Kelas Bunda Sayang IIP Tangerang Kota - Mei 2018)

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Mempersiapkan putri tercinta menyambut menarche

  1. 1. Mempersiapkan Putri Tercinta Menyambut MENARCHE
  2. 2. Latar Belakang  Semakin banyak anak perempuan yang mengalami menarche di usia sekolah dasar  Banyak orang tua yang belum mempersiapkan anaknya menghadapi menarche  Banyak anak yang belum siap dan panik menghadapi menarche
  3. 3. Apa Itu Menarche? MENARCHE adalah menstruasi yang pertama terjadi pada masa pubertas seorang anak perempuan.
  4. 4. Tugas Orang Tua  Mempersiapkan anak gadisnya untuk siap ketika menarche datang dengan membekali dengan informasi seputar haid  Mempersiapkan anak memasuki masa aqil baligh dengan memahamkan kewajiban seorang mukallaf
  5. 5. Menstruasi = Baligh  Beri ucapan selamat karena anak sudah beranjak dewasa dan menjadi mukallaf ( yg terbebani hukum)  Beri pemahaman kewajiban bagi perempuan yang sudah baligh : 1. menutup aurat 2. melaksanakan ibadah wajib (shalat,puasa dll) 3. Terikat seluruh perbuatannya dengan hukum syara’ maka wajib memahami aturan Allah padanya (wajib mengkaji al-qur’an)
  6. 6. Info apa yang penting diketahui anak?  Apa itu Menstruasi ?  Tanda-tanda atau gejala yang umum dialami menjelang menstruasi  Apa yang harus dilakukan saat menstruasi ?
  7. 7. Apa itu menstruasi?  Menstruasi merupakan suatu siklus alamiah yang menunjukkan kesempurnaan seorang wanita. Seseorang yang mengalami menstruasi menunjukkan bahwa hormonnya sudah bekerja.  awal pubertas pada anak perempuan secara umum terjadi pada rentang usia 8 hingga 13 tahun.  Sedangkan menstruasi pertama pada anak perempuan secara normal akan terjadi kurang lebih dua tahun setelah awal pubertas yang ditandai dengan pembesaran payudara.  "Jadi kalau anak payudaranya sudah tumbuh sejak umur 8 tahun, maka menstruasinya sekitar umur 10 tahun (begitu menurut dokter)
  8. 8. Lanjutan…  Rata-rata siklus menstruasi pada masing-masing orang terjadi hampir sama setiap bulannya, yaitu 28-30 hari sekali. Namun, ada siklus yang kurang dari 28 hari dan ada yang lebih dari 30 hari. Dan lama menstruasi antara 2-8 hari, namun rata-rata berkisar antara 3-5 hari.  Saat menstruasi, perempuan tidak akan kehabisan darah karena pada saat mens, jumlah darah yang keluar bervariasi, rata-rata sekitar 50 ml.  Namun, bila darah yang kelaur terlalu banyak atau terlalu lama menstruasi, perempuan perlu hati-hati dan sebaiknya segera periksa ke dokter. Hal itu kemungkinan menandakan terjadinya kelainan.
  9. 9. Tanda-tanda atau gejala yang umum dialami menjelang menstruasi 1. Tanda Fisik sebelum Menstruasi  Beberapa tanda fisik yang lazim dialami menjelang menstruasi antara lain adalah payudara yang membesar dan pertumbuhan bulu halus di sekitar organ kewanitaan. 2. Munculnya lendir  Pada umumnya, pembesaran payudara pada anak wanita juga disertai dengan munculnya lendir dari organ kewanitaan, yang terjadi sekitar 1 tahun atau 6 bulan sebelum mengalami menstruasi yang pertama. 3. Perubahan Hormonal  Perubahan hormonal lazim terjadi menjelang menstruasi, dan hal ini bisa ditandai dengan kondisi psikis yang cenderung moody dan emosional.
  10. 10. Lanjutan… 4. Rasa Sakit Perut bagian Bawah  Sebelum menstruasi, seorang wanita akan mengalami rasa sakit pada perut bagian bawah sebagai akibat adanya kontraksi otot rahim.  Terkadang rasa saki ini diringi dengan pegal pada area pinggang dan panggul. 5. Premenstrual Syndrome (PMS)  Gejala PMS juga sering dikeluhkan menjelang menstruasi, meskipun masing-masing wanita mungkin memiliki intenstitas yang tidak sama.  PMS sering ditandai dengan gejala seperti nyeri perut, kembung, sakit kepala, mudah lelah dan cenderung emosional
  11. 11. Apa yang harus dilakukan saat menstruasi?  Membaca do’a : "Alhamdulillahi `Alaa Kulli Haalin Wa Astaghfirullaha Min Kulli Zanmbin" "Segala puji bagi Allah di atas segala hal dan aku memohon keampunan kepada Allah daripada segala dosa"
  12. 12. Lanjutan…  Menjaga kebersihan organ kelamin. 1. lakukan dengan cara yang benar yaitu dari arah depan (vagina) ke belakang (anus). Jika dilakukan dari belakang ke depan maka dapat menyebabkan bakteri yang ada di sekitar anus terbawa masuk ke vagina. Jangan lupa sebelum pakai celana, keringkan dulu dengan menggunakan handuk atau tisu yang sebaiknya tidak berparfum.
  13. 13. Lanjutan… 2. pakai pembalut yang nyaman. segeralah untuk mengganti pembalut atau pantyliner jika sudah merasakan tidak nyaman atau lembab. Terutama di saat darah menstruasi sedang banyak- banyaknya, biasanya ini terjadi pada hari 1-3 menstruasi. 2. Sebaiknya gunakan celana dalam dari bahan katun sehingga tidak menambah lembab daerah kewanitaan terutama saat menstruasi. Sebisa mungkin batasilah untuk menggunakan celana jeans yang terlalu ketat.

×