Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Pelayanan informasi kegunungapian

244 views

Published on

Pelayanan informasi kegunungapian, Studi Kasus : Gunung Merapi

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Pelayanan informasi kegunungapian

  1. 1. INFORMASI KEGUNUNGAPIAN Studi Kasus: G. Merapi Noer Cholik
  2. 2. “ UU No. 18 tahun 2008” Tentang Keterbukaan Informasi Publik Undang-undang yang terdiri dari 64 pasal ini pada intinya memberikan kewajiban kepada setiap Badan Publik untuk membuka akses bagi setiap pemohon informasi publik untuk mendapatkan Informasi Publik, kecuali beberapa informasi tertentu.
  3. 3. “Informasi adalah keterangan, pernyataan, gagasan, tanda-tanda yang mengandung nilai, makna dan pesan, baik data, fakta maupun penjelasannya yang dapat dilihat, didengar dan dibaca yang disajikan dalam berbagai kemasan dan format sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi secara elektronik maupun nonelektronik.”
  4. 4. Konsep Komunikasi BADAN PUBLIK PUBLIK PUNYA INFORMASI BUTUH INFORMASI
  5. 5. DATA KEGUNUNGAPIAN Penyelidikan Penelitian
  6. 6. Hasil pemantauan, penyelidikan, penelitian dan pemantauan aktivitas Gunung Merapi disebarluaskan melalui berbagai media sebagai “PERINGATAN DINI” Peringatan dini adalah serangkaian kegiatan pemberian peringatan sesegera mungkin kepada masyarakat tentang kemungkinan terjadinya bencana pada suatu tempat oleh lembaga yang berwenang. (UU No. 24 Tahun 2007 Pasal 1 angka 8)
  7. 7. UNSUR PERINGATAN DI
  8. 8. JENIS PERINGATAN DINI PERANGKAT LUNAK Berbentuk INFORMASI yang menjelaskan mengenai ANCAMAN BAHAYA dan KESIAPSIAGAAN Contoh : Wajib latih, sosialisasi, kordinasi, Peta KRB, Peta Operasional Lahar, Jejaring sosial, Website, Buletin, Leaflet, Brosur, Stiker PERANGKAT KERAS Berbentuk FISIK, BARANG, PERANGKAT yang digunakan sebagai media untuk menyampaikan INFORMASI. Contoh : Handphone, HT, Speaker masjid, Kentongan, Sirine, Komputer, Spanduk
  9. 9. •Pemantauan berjalan baik •Precursor berlangsung cepat •Penyebaran informasi terintegrasi struktural •Pengetahuan masyarakat tentang ancaman baik •Masih timbul korban jiwa yang banyak Erupsi G. Merapi tahun 2010
  10. 10. BPPTKG PEMPROV PEMKAB KECAMATA N DESA DUSUN WARGA BPBD PROP BPBD KAB SAR/PMI RELAWAN WARGA KOMUNITA S RELAWAN WARGA SISTEM PEMANTAUAN G. MERAPI ALUR INFORMASI PERINGATAN DINI STRUKTURAL
  11. 11. Permasalahan ? “Mekanisme alur informasi peringatan dini didalam STRUKTUR PEMERINTAHAN berjalan BAIK, namun informasi TERLAMBAT sampai kepada MASYARAKAT”.
  12. 12. Solusi ! “Diperlukan sistem yang memangkas ALUR STRUKTURAL PERINGATAN DINI agar CEPAT, AKURAT, TEPAT SASARAN sampai kepada MASYARAKAT sebagai langkah KESIAPSIAGAAN”
  13. 13. PEMANTA U ALAT- ALAT BPPTKG BPPTKG SIMPUL WARGA SIMPUL WARGA WARGA WARGA SIMPUL WARGA SIMPUL WARGA WARGA WARGA RIG/SMS KENTONGA N SMS SIRINE TOA RADIO ALUR INFORMASI PERINGATAN DINI SIKAD (SISTEM INFORMASI KEBENCANAAN DESA)
  14. 14. Sistem Informasi Kebencanaan Desa (SIKAD) • Perlunya informasi yang cepat, akurat, dan tepat sasaran untuk mendukung kesiapsiagaan di Merapi • Warga dan pemerintah sudah melakukan pertukaran informasi, namun masih belum tertata dan terkoordinasi dengan baik • Sistem informasi ini bertujuan untuk mendukung pertukaran informasi yang sudah berjalan dengan memanfaatkan alat dan pelaku yang sudah ada di lapangan
  15. 15. Peringatan Dini berbasis Media Sosial +Cepat, Jangkauan Luas, Interaktif, Murah, Efek Domino Minim maintenance -Pembatasan karakter, Rawan SPAM/Hacker, Masyarakat di Desa Secara umum tidak familiar
  16. 16. MEDIA PUBLIKASI
  17. 17. “Sasaran Kedepan” Pembentukan MEDIA CENTER yang berfungsi sebagai pengumpul, penyunting dan penyebar informasi terkait ancaman bahaya dan tingkat status aktivitas G. Merapi. MEDIA CENTER menunjang mekanisme komunikasi yang sudah berjalan dan merupakan kolaborasi antara Masyarakat, Komunitas dan Pemerintah. Follow up kepada KEMENKOMINFO untuk mendukung kebijakan mengenai sistem peringatan dini di G. Merapi.
  18. 18. Titik penting Media Center adalah adanya pemetaan Jenis Informasi apa yang disiapkan dan dibutuhkan oleh Target Media Center dan juga Moda infokom apa yang digunakan.
  19. 19. Terimakasih

×