Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Pp.etika

187 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Pp.etika

  1. 1. Rendi Firdaus (18110954)Hidayat (18110979)Ahmad sadam arik (18110990)Nida rahmani (18111011)Maulana ridwansyah (18111016)Reni puspita sari (18111024)Aditya fajarianto (18111130)
  2. 2. “Polisi AwasiGerak-gerikYogyacardelink”
  3. 3.  Deface : mengotori, menodai,merubah Web.Deface : melakukan perubahanpada halaman web depan pada situs-situs tertentu yang dilakukan olehpara hacker atau cracker
  4. 4.  Intrik Politik, Ekonomi, Sosial Penyampaian Pesan Tertentu Ataupun keisengan seseorang/suatu organisasiyang ingin mencari sensasi di dalam maupun luardunia maya. Unjuk Kebolehan/Pamer dalam hal kemampuanpembuatan Program Dan memanfaatkan untuk kejahatan sepertimencuri data seseorang/sebuah organisasi untukdijual kepada orang lain/organisasi lain demimendapat keuntungan.
  5. 5. Full Of PageArtinya mendeface satu halaman penuhtampilan depan (file index) atau filelainnya yang akan diubah (deface) secarautuh.Sebagian atau MenambahkanArtinya, defacer mendeface suatu situstidak secara penuh.
  6. 6.  Rutin melakukan update, upgrade dan patch pada sistem operasidan aplikasi-aplikasi yang dipakai. Memeriksa ulang dan memperbaiki konfigurasi pada sistemoperasi, web server dan aplikasi lainnya. Menganalisa kembali service-service yang aktif, dan matikan jikatidak perlu. Mengatur jadwal untuk melakukan backup data penting, filekonfigurasi sistem, database, sehingga jika sewaktu-waktuterjadi deface, anda tinggal menggunakan data backup. Melindungi server dengan firewall dan IDS. Kedua tools ini ampuhuntuk mengatasi serangan Denial of service(DoS) attack. Selalu memperhatikan hal-hal yang mencurigakan pada server,baca log system operasi, log web server ataupun log aplikasi. Melakukan vulnerability scanning secara rutin, juga melakukanprivate security test.
  7. 7. Sebagaimana kita ketahui kasus cybercrime telah menyerangsemua Negara di dunia karena pada dasarnya cybercrimemerupakan bagian dari kejahatan dalam dunia nyata hal inidisebabkan kerena dampak cybercrime dapat dirasakan dalamdunia nyata walaupun aktifitasnya berada di dunia maya.Yang Terjadi Di indonesia :Jakarta-Pihak kepolisian memastikan adanya penyelidikanmengenai segala macam kejahatan dunia maya. Tidak terkecualipengawasan terhadap Yogyacarderlink."Kami memang memiliki kewajiban untuk menyelidiki segalamacam kejahatan, tidak terkecuali kejahatan yang berlangsungdi dunia maya. Meskipun sulit namun kami terus menyelidikisetiap kasus yang terjadi," ujar penyidikunit Cybercrime.
  8. 8. Mabes Polri AKBP Faisal Thayib, dalam diskusi Polemik Trijaya FM tentangkejahatan teknologi informasi di Warung Daun, Jakarta Selatan, Sabtu(22/11/2008).berakibat merusak tetap dianggap sebagai sebuah kejahatan. Begitu jugadengan komunitas carder asal Yogya, Yogyacarderlink, yang mengaku hanyaingin memperingati admin situs pemerintah akan kelemahan yang terdapatdalam situs mereka. Mereka, dianggap Faisal, akan tetap terkena sanksi."Apapun motifnya, kalau sudah merusak maka itu dianggap sebagai kejahatan.Apalagi Yogyacarderlink, yang sering mengancam situs-situs pemerintah.Meskipun niatnya hanya memperingati tapi mereka telah secara ilegalmenyusupi situs milik pemerintah,".ujarnya.Untuk komunitas asal Yogya ini, kepolisian mengaku sedang memberikanperhatian khusus untuk mengawasi gerak-gerik mereka. Meski mengakukesulitan untuk mengidentifikasi namun kepolisian terus melakukan segala caraagar dapat menemukan komunitas yang bertanggung jawab merusak puluhansitus pemerintah ini. "Sama seperti pelaku penyebar komik Nabi,Yogyacarderlink pun bisa terkena hukuman maksimal enam tahun penjara ataudenda sebesar satu miliar rupiah," tandas faisal. Sayangnya, dunia internetyang tidak memiliki batasan waktu dan ruang cukup menyulitkan prosespenyelidikan yang dilakukan kepolisian. Hal itu membuat pihak kepolisian tidakbisa memberikan prediksi sampai kapan penyeldikan ini akan selesai.
  9. 9. Pasal 22 huruf B Undang-Undang 36/1999 tentang Telekomunikasi dan Pasal 30 ayat 1, ayat 2, dan ayat 3,dan Pasal 32 ayat 1 UU No 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Setiap orangdilarang melakukan perbuatan tanpa hak, tidak sah, atau memanipulasi :Akses ke jaringan telekomunikasi dan atauAkses ke jasa telekomunikasi dan atauAkses ke jaringan telekomunikasi khusus.Pasal 30 UU ITE tahun 2008 ayat 3 : Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukummengakses computer dan/atau system elektronik dengan cara apapun dengan melanggar, menerobos,melampaui, atau menjebol system pengaman (cracking, hacking, illegal access). Ancaman pidana pasal 46ayat 3 setiap orang yang memebuhi unsure sebagaimana dimaksud dalam pasal 30 ayat 3 dipidana denganpidana penjara paling lama 8 (delapan) dan/atau denda paling banyak Rp 800.000.000,00 (delapan ratusjuta rupiah).Pasal 32(1) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum dengan cara apapun mengubah, menambah, mengurangi, melakukan transmisi, merusak,menghilangkan, memindahkan, menyembunyikan suatu Informasi Elektronik dan/atauDokumen Elektronik milik Orang lain atau milik publik.(2) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum dengan cara apapun memindahkan atau mentransfer Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronikkepada Sistem Elektronik Orang lain yang tidak berhak.(3) Terhadap perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) yang mengakibatkanterbukanya suatu Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang bersifatrahasia menjadi dapat diakses oleh publik dengan keutuhan data yang tidaksebagaimana mestinya.
  10. 10. KESIMPULAN Cybercrime (WebDeface) sangatmerugikan pihak korban,karena data-data yangpenting dan rahasia dapatdiambil. Berbagai upaya telahdilakukan pemerintahdalam menanggulangicybercrime yakni denganmembuat undang-undangtentang tindak pidanacybercrime.SARAN Kepada pemerintah supayalebih tegas lagi menanganikasus-kasus cybercrime. Kepada para pakarIT,supaya dalam membuatprogram pengamana datalebih optimal lagi sehinggakasus-kasus kejahatandunia maya dapat diminimalkan. Kepada teman-temansupaya janganlahmenggunakan ilmu yang kitamiliki untuk melakukankejahatan di internet.

×