Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
BAB I 
PENDAHULUAN 
1 
1.1 Latar Belakang Masalah 
Perkembangan teknologi informasi sangat pesat di era globalisasi saat i...
2 
1.2 Rumusan Masalah 
Rumusan masalah merupakan suatu permasalahan yag memerlukan tanggapan 
dan pemecahan tentang apa y...
3 
1.3 Tujuan Kerja Praktek 
Secara umum kerja praktek bertujuan untuk pengembangan ilmu yang di 
dapat dengan memberikan ...
4 
b) Bagi Kampus : 
Hasil laporan Kerja Praktek ini diharapkan dapat bermanfaat bagi mahasiswa 
STMIK STIKOM Bali dan pih...
5 
1.5 Metode Kerja Praktek 
1.4.1 Lokasi Kerja Praktek 
Kerja Praktek ini dilakukan di perpustakaan STMIK STIKOM Bali yan...
6 
1.6 Sistematika Penulisan 
Agar setiap bahasan mudah dimengerti dan tersusun secara sistematis, 
maka penulis membagi b...
BAB II 
TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN 
2.1 Sejarah Berdirinya STMIK STIKOM Bali 
STMIK STIKOM Bali yang dipopulerkan dengan seb...
masyarakat dalam menyongsong hari esok yang lebih baik. Selain itu, untuk 
menambahkan kualitasnya, STIKOM Bali kini menem...
2.3 Arti dan Lambang STMIK STIKOM Bali 
Keterangan dari lambang STIKOM Bali sebagai berikut : 
9 
1. Gear (Roda Gigi) 
Gea...
10 
3. Flow 
Perkembangan teknologi informasi mengalami 
perkembangan yang sangat cepat, hal ini 
menuntut semua aspek yan...
11 
6. Sash 
Sash atau dalam bahasa Indonesia berarti kain 
selempang. Selempang biasanya digunakan 
untuk symbol pengharg...
12 
2.4 Tujuan STMIK STIKOM Bali 
2.4.1 Tujuan Umum 
Sesuai dengan Tujuan Pendidikan Nasional serta Misi dan Tujuan Yayasa...
2.5 Struktur Organisasi STMIK STIKOM Bali 
Struktur organisasi adalah suatu susunan organisasi yang 
menggambarkan tentang...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

BAB I & BAB II Laporan KP

13,963 views

Published on

-

Published in: Data & Analytics
  • Login to see the comments

BAB I & BAB II Laporan KP

  1. 1. BAB I PENDAHULUAN 1 1.1 Latar Belakang Masalah Perkembangan teknologi informasi sangat pesat di era globalisasi saat ini dengan kemajuan teknologi tersebut. Digital library merupakan bentuk perpustakaan yang memiliki koleksi buku – buku dalam bentuk file digital, semua berada dalam server komputer dan diakses secara online. Perpustakaan memiliki berbagai layanan yang disediakan salah satunya ialah pencarian buku/katalog. Katalog digunakan untuk menunjukkan ketersediaan koleksi yang dimilikinya. Sistem katalog perpustakaan melibatkan komponen yang cukup banyak, antara lain kode buku, nama pengarang, judul buku, penerbit, tahun terbit, alamat dan status keberadaan buku. Selain itu pada sistem katalog juga melibatkan data kemahasiswaan seperti nama, nim, dan status perkuliahan. Serta sistem katalog yang akan dibangun juga dilengkapi dengan fasilitas untuk mengetahui data lengkap tentang suatu buku jika salah satu komponennya dapat diketahui misalnya judul, pengarang, penerbit. Dan diharapkan bisa membantu mempercepat proses transaksi peminjaman, serta membantu mempercepat pencarian informasi seperti, peminjaman yang melewati jatuh tempo. Keuntungan yang diharapkan dari sistem ini adalah adanya status pada informasi sistem katalog yang menyatakan bahwa buku itu terpinjam atau tersedia. Sistem katalog yang tercipta diharapkan mampu memberikan informasi tentang keberadaan buku di perpustakaan dengan lengkap. Sistem ini diharapkan mampu menghasilkan informasi tentang keberadaan buku pada digital library lengkap dengan identitasnya, serta memudahkan proses penambahan, perubahan atau penghapusan buku. Selain itu, sistem ini diharapkan dapat membantu proses sirkulasi peminjaman buku di digital library sekaligus mampu memberikan informasi yang tepat dalam waktu yang cepat tentang peminjam buku yang melampaui batas waktu peminjaman, tanggal pengembalian buku, dan banyaknya buku yang terpinjam.
  2. 2. 2 1.2 Rumusan Masalah Rumusan masalah merupakan suatu permasalahan yag memerlukan tanggapan dan pemecahan tentang apa yang menyebabkan terjadinya masalah serta bagaimana cara pemecahan masalah yang dihadapi. Dalam analisa desain sistem katalog dan peminjaman buku pada digital library ini terdapat beberapa permasalahan yang terjadi, seperti : 1. Bagaimana alur proses peminjaman buku dan katalog pada website digital library ?. 2. Basis data apa saja yang dipakai di dalam merancang sistem informasi tersebut ?. 3. Dan bagaimana pengaplikasian pembuatan sistem informasi tersebut ?.
  3. 3. 3 1.3 Tujuan Kerja Praktek Secara umum kerja praktek bertujuan untuk pengembangan ilmu yang di dapat dengan memberikan pengalaman kerja, sehingga pelaksanaan dari kerja praktek ini dapat membantu mahasiswa untuk menambah pengalaman serta pengetahuan terhadap dunia kerja. Adapun tujuan dari kerja praktek ini adalah : 1. Membantu mengatasi keterbatasan waktu dan tempat. 2. Memperoleh informasi yang paling baru dengan cepat. 3. Meningkatkan layanan informasi perpustakaan STMIK STIKOM Bali dalam menyediakan informasi katalog buku. 4. Mempermudah akses informasi dari berbagai sumber. 5. Mempermudah & mempersingkat waktu dalam mengakses perpustakaan dari mana saja selama terkoneksi ke internet. 6. Mempermudah pelayanan untuk mahasiswa dalam mengetahui informasi buku pada digital library. 7. Mengelompokkan hasil pencarian buku pada perpustakaan STMIK STIKOM Bali berdasarkan judul buku, nama pengarang dan nama penerbit. 8. Mempermudah user atau pemakai untuk mengetahui apakah buku tersedia atau tidak. a) Bagi Instansi : 1. Memberikan kemudahan dalam menyelesaikan pekerjaan pengolahan buku perpustakaan. 2. Memberikan kemudahan dalam bertransaksi sehingga pengguna meminjam dan mengembalikan buku bisa dilayani dengan cepat. 3. Menghemat waktu dalam mencari informasi yang dibutuhkan. 4. Menghemat tenaga dalam layanan digital library. 5. Memberikan kemudahan memperoleh informasi serta data yang cepat dan akurat pada pengelolaan manajemen digital library. 6. Meningkatkan kepuasan pengguna dengan layanan yang tersedia sesuai dengan kebutuhan perkembangan zaman.
  4. 4. 4 b) Bagi Kampus : Hasil laporan Kerja Praktek ini diharapkan dapat bermanfaat bagi mahasiswa STMIK STIKOM Bali dan pihak yang memerlukan sebagai referensi untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang Kerja Praktek. c) Bagi Mahasiswa : Dengan adanya Kerja Praktek, mahasiswa dapat memperoleh gambaran dunia kerja yang nantinya berguna bagi mahasiswa dalam penyesuaian diri dengan dunia kerja. Selain itu dengan adanya Kerja Praktek mahasiswa dapat menerapkan ilmu dan keterampilan yang telah diperoleh pada masa kuliah dan sekalian menambah wawasan dan pengalaman. 1.4 Ruang Lingkup Kerja Praktek Kerja Praktek dilakukan selama 3 bulan terhitung dari 30 Juni 2014 sampai dengan 30 September 2014 di perpustakaan STMIK STIKOM Bali. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, maka yang menjadi ruang lingkup kerja prkatek ini adalah sebagai berikut : a. Analisa sistem katalog : Analisa sistem ini memberikan gambaran tentang sistem yang saat ini sedang berjalan dan bertujuan mengetahui lebih jelas bagaimana cara kerja sistem tersebut. b. Analisa peminjaman buku : Analisa sistem ini memberikan gambaran tentang sistem yang sedang berjalan yang menghasilkan input, proses, dan database. Hasil input berupa data buku – buku perpustakaan yang masuk ke dalam database dan prosesnya berupa peminjaman buku yang dilakukan oleh anggota perpustakaan (user), laporan data buku yang dipinjam atau yang sudah dikembalikan.
  5. 5. 5 1.5 Metode Kerja Praktek 1.4.1 Lokasi Kerja Praktek Kerja Praktek ini dilakukan di perpustakaan STMIK STIKOM Bali yang beralamat di Jalan Raya Puputan No. 86, Renon – Denpasar. 1.4.2 Teknik Pengumpulan Data Dalam melakukan kerja praktek, penulis melakukan pengumpulan data, pengamatan serta pemahaman tentang analisa desain sistem katalog dan peminjaman buku. Dengan pelaksanaan tersebut dapat digunakan metode sebagai berikut : 1. Metode Wawancara Metode ini dilakukan dengan cara wawancara atau tanya jawab secara langsung kepada kepala perpustakaan yaitu bapak Gde Sastrawangsa,ST.,MT maupun staff perpustakaan apabila ada sesuatu yang belum diketahui dan dipahami. 2. Metode Observasi Metode ini adalah cara untuk mendapatkan data maupun informasi dengan melakukan pengamatan secara langsung di tempat diadakannya kerja praktek yang berlokasi di Jalan Raya Puputan No. 86 Renon – Denpasar terhadap masalah yang dibahas. 3. Metode Dokumentasi Metode Dokumentasi adalah metode pengumpulan data melalui catatan – catatan, dokumen yang ada di lokasi penelitian yaitu data mengenai analisa desain sistem dan peminjaman buku. 4. Metode Kepustakaan Metode Kepustakaan adalah metode pengumpulan data dengan cara membaca dan meneliti buku – buku literature yang berhubungan dengan penulisan.
  6. 6. 6 1.6 Sistematika Penulisan Agar setiap bahasan mudah dimengerti dan tersusun secara sistematis, maka penulis membagi beberapa BAB, yang masing – masing bab akan menguraikan hal – hal pokok sebagai berikut : BAB I PENDAHULUAN Berisi tentang Latar Belakang, Tujuan Kerja Praktek, Ruang Lingkup, Metode Kerja Praktek, Sistematika Penulisan. BAB II TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN Bab ini menguraikan sejarah singkat tentang organisasi, struktur organisasi, fungsi dan tugas organisasi, fungsi dan tugas organisasi pada Perpustakaan STMIK STIKOM Bali. BAB III ANALISA DAN DESAIN SISTEM Berisi tentang hasil analisis sistem informasi digital library STMIK STIKOM Bali. BAB IV PENUTUP Bab ini berisi kesimpulan – kesimpulan dari pembahasan sebelumnya dan saran – saran yang nantinya dapat bermanfaat baik bagi penulis, maupun perusahaan itu sendiri.
  7. 7. BAB II TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN 2.1 Sejarah Berdirinya STMIK STIKOM Bali STMIK STIKOM Bali yang dipopulerkan dengan sebutan STIKOM Bali adalah bentuk Perguruan Tinggi formal yang dipilih oleh Yayasan Widya Dharma Shanti Denpasar setelah melalui berbagai pertimbangan dan perjalanan panjang dari para pendiri yayasan tersebut. Berkat adanya dorongan dari masyarakat dari masyarakat serta dukungan yang baik dari berbagai tokoh masyarakat Bali, maka pada tanggal 14 Mei 2001 sebagian para tokoh dan praktisi pendidikan serta beberapa tokoh masyarakat yang mencintai pendidikan telah didirikan suatu yayasan yang bernama Yayasan Widya Dharma Shanti yang dalam salah satu tujuannya yakni mendirikan dan mengelolah pendidikan mulai dari tingkat rendah sampai dengan tingkat tinggi. Dalam waktu yang tidak terlalu lama yakni pada tanggal 10 Agustus 2002, Yayasan Widya Dharma Shanti telah membuka dan mengelola sebuah perguruan tinggi yang khusus menyelenggarakan program manajemen informatika dan komputer dengan nama Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer (STMIK) STIKOM Bali yang beralamat di jalan Teuku Umar No. 222 Denpasar-Bali untuk menambah dan memenuhi kebutuhan masyarakat (dunia usaha) dalam penyedia tenaga ahli di bidang computer, dengan ijin yang diperoleh dari Departemen Pendidikn Nasional Republik Indonesia cq Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Nomor 157/D/O/2002 kemudian beberapa kali diperbaharui terakhir dengan Nomor 3829/D/T/T/K-VIII/2009 (S1 Sistem Komputer) dan nomor 7358/D/T/K-VIII/2011 (D3 Manajemen Informatika). Seiring dengan berjalannya waktu, sebagai suatu institusi Perguruan Tinggi di bidang komputer dan informatika, maka STIKOM Bali akan terus meningkatkan kualitas pendidikan, SDM, sarana prasarana dan pelayanannya seperti : Dosen-dosen pengajar terdiri dari gabungan akademisi dan praktisi S1, S2, dan S3 yang berpengalaman, Beasiswa dari Kopertis dan Yayasan, Unlimited Internet Access, Hot Spot (Wireless) Area, SMS kampus. Seluruh ruangan teori dan laboratorium Full AC, sehingga STIKOM Bali dapat memberikan sumbangsihnya kepada 7
  8. 8. masyarakat dalam menyongsong hari esok yang lebih baik. Selain itu, untuk menambahkan kualitasnya, STIKOM Bali kini menempati lokasi baru yang lebih luas, nyaman dengan kapasitas yang lebih besar, yaitu berlokasi di Jalan Raya Puputan No. 86 Renon, Denpasar - Bali. Kini STIKOM Bali memiliki 3 program studi,yaitu S1 Sistem Komputer, S1 Sistem Informasi, dan D3 Manajemen Informatika. Program Studi Sistem Komputer merupakan program sarjana dengan beban sks 144 sks. Program studi Sistem Komputer ini telah terakreditasi B sesuai SK Nomor : 010/BAN-PT/IS1/V/2009. Program Studi Manajamen Informatika merupakan program studi diploma dengan beban sks 110 sks. Program studi ini juga sudah terakreditasi B sesuai SK Nomor : 001/BAN-PT/Ak-X/DpI-III/IV/2010. Program Studi Sistem Informasi merupakan program studi baru di STIKOM Bali dengan ijin operasional Nomor 1161/D/T/K-VIII/2011. Program studi ini merupakan program studi sarjana dengan beban sks 144 sks. 8 2.2 Visi dan Misi STMIK STIKOM BALI 2.2.1 Visi STIKOM Bali mempunyai visi menjadi Perguruan tinggi unggulan dan berkualitas global di bidang ICT (Information Communication Technology) tahun 2020. 2.2.2 Misi Misi STIKOM Bali dirumuskan sebagai berikut : 1. Menyelenggarakan Pendidikan Tinggi secara professional dan berkualitas. 2. Menjalin kerja sama dengan berbagai kalangan baik dalam maupun luar negeri dalam rangka pengembangan dan peningkatan kualitas STIKOM Bali. 3. Memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk kepentingan seluruh lapisan masyarakat khusus komunitas ICT. 4. Mewujudkan Sekolah Tinggi sebagai mitra kerja berbagai pihak yang saling menguntungkan baik dalam maupun luar negeri. 5. Menjadi wadah yang dapat dibanggakan dan memberikan rasa aman serta nyaman bagi seluruh civitas akademik.
  9. 9. 2.3 Arti dan Lambang STMIK STIKOM Bali Keterangan dari lambang STIKOM Bali sebagai berikut : 9 1. Gear (Roda Gigi) Gear memegang andil besar dalam terjadinya revolusi industry yang mengantarkan umat manusia masuk dalam jaman modern. Gear melambangkan Teknologi Informasi yang menjadi perspektif dari STIKOM Bali untuk melangkah maju. Selain itu Gear juga bermakna berjalannya aktivitas institusi yang terus berlangsung seiring perkembangan teknologi. 2. Education Level Dalam dunia pendidikan terdapat jenjang pendidikan yang harus dituntaskan sebelum masuk ke jenjang pendidikan berikutnya. Perjalanan ini juga terjadi dalam sebuah kampus yang terus berkembang untuk dapat memberikan pelayanan dan kualitas yang lebih baik bagi mahasiswa. Seperti yang dilakukan STIKOM Bali tidak hanya meningkatkan proses mengajar tetapi juga mem-Branding kampus dengan baik sehingga meningkatnya Brand Value STIKOM Bali.
  10. 10. 10 3. Flow Perkembangan teknologi informasi mengalami perkembangan yang sangat cepat, hal ini menuntut semua aspek yang berkaitan dengan hal ini harus selalu update mengikuti perkembangan Teknologi Informasi terbaru. Hal ini di antisipasi oleh STIKOM Bali dengan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak Perguruan Tinggi didalam maupun luar negeri. Logo STIKOM Bali tersusun dari unsur – unsur logo yang memiliki bentuk dasar kurva lembut sehingga terkesan mengalir fleksibel. 4. Wing STIKOM Bali sebagai sayap yang memungkinkan Mahasiswa tersebut terbang tinggi meraih cita-citanya. Sayap di sini melambangkan kurikulum yang disusun oleh STIKOM Bali telah dikaji secara seksama, sehingga mata kuliah yang diajarkan merupakan ilmu-ilmu teknologi informasi yang tepat untuk menghadapi tantangan-tantangan perkembangan teknologi di masa yang akan datang. Seperti contoh, Double Degree Program, sehingga lulusan STIKOM Bali memiliki ilmu yang tepat untuk bersaing dalam dunia global. 5. Fire Api merupakan sebuah objek yang paling sering kali digunakan untuk melambangkan semangat. Semangat yang membara ini diharapkan memberikan energi yang positif kepada STIKOM Bali dalam memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik dan juga memacu semangat daya saing Mahasiswa untuk mencapai prestasi yang maksimal. Bentuk api distilasi menjadi bentuk kurva yang tertata rapi. Ini akan menciptakan kesan keteraturan dan kesatuan dengan unsur – unsur pembentuk logo yang lain.
  11. 11. 11 6. Sash Sash atau dalam bahasa Indonesia berarti kain selempang. Selempang biasanya digunakan untuk symbol penghargaan yang diberikan kepada seorang dikarenakan prestasi yang telah dicapai. Seperti prestasi yang diperoleh STIKOM Bali sebagai satu-satunya Kampus ICT di Bali Nusra yang ter – Akreditasi “B” dari BAN PT. Bentuk Selempang distilasi seirama dengan unsur – unsur pembentuk logo lainnya sehingga menjadi kesatuan dalam sebuah logo yang unik. 7. First Letter Huruf Pertama dari STIKOM Bali adalah huruf “S” dan dipilih sebagai salah satu unsur penyusun logo STIKOM Bali. Selain dari bentuk huruf “S” yang sesuai dengan konsep logo, huruf pertama pada umumnya digunakan juga sebagai logo. Bentuk huruf “S” diistilasi sedemikian rupa sehingga menyatu dengan unsur – unsur logo yang lainnya. Bahkan saat bersatu dengan unsur – unsur logo yang lain bentuk “S” ini menjadi bentuk yang terlihat berbeda.
  12. 12. 12 2.4 Tujuan STMIK STIKOM Bali 2.4.1 Tujuan Umum Sesuai dengan Tujuan Pendidikan Nasional serta Misi dan Tujuan Yayasan Widya Dharma Shanti, maka Pendidikan Tinggi di STIKOM BALI memiliki tujuan umum sebagai berikut : 1. Mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yang beriman dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa serta berbudi pekerti luhur. Menyiapkan anak didik untuk memiliki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani, berkepribadian mantap dan mandiri serta memiliki tanggung jawab terhadap masyarakat Bali khususnya dan Indonesia pada umumnya. 2. Memajukan dan mengembangkan ilmu komputer di Bali dengan menyelenggarakan Perguruan Tinggi yang khusus dibidang ilmu Manajemen Informatikan dan Komputer. 2.4.2 Tujuan Khusus Menyiapkan para mahasiswa untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki profesionalisme yang tinggi serta akademin untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang informatika dan komputer. Mendidik para mahasiswa menjadi insan yang dapat berfikir logis, kritis dan mendasar sehingga mampu mengamalkan ilmunya dengan baik dan bertanggung jawab ditengah-tengah masyarakat. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan yang dimilikinya untuk kepentingan masyarakat. 1. D3 Manajemen Informatika Bertujuan untuk menghasilkan tenaga Ahli Madya Komputer (Amd.Kom) yang mampu menganalisis serta mampu memecahkan persoalan sistem informasi dengan software yang tepat guna. 2. S1 Sistem Komputer Bertujuan untuk menghasilkan Sarjana Komputer (S.Kom) professional yang mampu menganalisis dan merancang serta mengoperasionalkan fungsi hardware yang tepat guna, serta mampu mengelola sistem komputerisasi baik untuk kepentingan riset maupun bisnis.
  13. 13. 2.5 Struktur Organisasi STMIK STIKOM Bali Struktur organisasi adalah suatu susunan organisasi yang menggambarkan tentang tugas, fungsi, wewenang serta tanggung jawab pada masing – masing bagian yang terdapat dalam organisasi. Dengan melihat struktur organisasi maka dapat diketahui dengan jelas hubungan antara satu bagian dengan bagian yang lain. Bentuk dari struktur organisasi suatu perusahaan harus sesuai dengan kebutuhan dan sewaktu – waktu dapat disesuaikan lagi menurut perkembangan perusahaan. Struktur organisasi STMIK STIKOM Bali dapat digambarkan sebagai berikut : 13

×