Antropologi

1,510 views

Published on

tugas antropologi

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
1,510
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
4
Actions
Shares
0
Downloads
57
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Antropologi

  1. 1. PRESENTSBY: AHMAD BUDIANTO
  2. 2. Definisi Antropologi ilmu yang mempelajari tentang manusiabaik dari segi keanekaragamanfisik, budaya, perilaku, keanekaragamantradisi dan nilai-nilai yang dihasilkanmanusia, sehingga berbeda-bedaAntropologi (bahasa Yunani):anthropos = manusialogos = ilmu
  3. 3. A. Antropologi Fisik1. Paleoantrologi adalah ilmu yang mempelajariasal usul manusia dan evolusi manusia denganmeneliti fosil-fosil.2. Somatologi adalah ilmu yang mempelajarikeberagaman ras manusia dengan mengamaticiri-ciri fisik.
  4. 4. B. Antropologi budaya1. Prehistori / arkeologi = ilmu yang mempelajari sejarahpenyebaran dan perkembangan budaya manusia mengenaltulisan.2. Etnolinguistik = ilmu yang mempelajari bahasa suku-suku bangsa yang ada di dunia / bumi.3. Etnologi = ilmu yang mempelajari kebudayaan manusia didalam kehidupan masyarakat suku bangsa di seluruh dunia.4. Etnopsikologi = ilmu yang mempelajari kepribadianbangsa serta peranan individu pada bangsa dalam prosesperubahan adat istiadat dan nilai universal denganberpegang pada konsep psikologi.
  5. 5. Ket antropologi budayaMempelajari bagaimana manusia dengan akal danfisiknya berhasil mengubah lingkungannya yang tidakditentukan oleh pola naluriah, melainkan berhasilmengubah lingkungan hidupnya berdasarkanpengalaman dan pengajaran dalam arti luas.
  6. 6. Konsep kebudayaan Kebudayaan merupakan sifat esensial manusia. Binatang tidak memiliki kemampuan berbudaya. Mgp? Karena manusia dapat berbahasa dan belajar. Manusia dpt menggunakan lambang dan tanda yang bersumber dari akal. Budaya diperoleh dengan cara belajar, bukan diturunkan atau bawaan sejak lahir, maka wujudnya tidak uniform, tapi beraneka ragam. Keanekaragaman itu bergantung lingkungan alam, sosial, dan sejarah perkembangannya
  7. 7. a. Prehistory/ arkeologiPrehistori : Ilmu yg mempelajari perkembangankebudayaan manusia di masa lampau ketika belum adabahan tertulis.Histori : ilmu tentang perkembangan kebudayaan umatmanusia sesudah dikenal tulisanMgp ada prehistori?Krn umur tulisan belum tua, kira2 5000 th, sdgkn usiakebudayaan sama tuanya dengan usia manusia (homosapiens) yg diperkirakan berusia sejuta tahun
  8. 8. Bahan penelitian prehistori? Bahan penelitian bukan tulisan melainkan peninggalan material yang berupa artefak atau fosil. Bgm mempelajarinya?1. Stratigrafis = menyelidiki benda2 manakah yg terdapat di dalam lapisan tanah paling atas dan paling bawah. Pd umumnya benda yg ditemukan pada lapisan tanah atas, lebih muda drpd benda yg tdp pd lap tanah lebih bawah.2. Tipologis = mempelajari benda berdasarkan tipe/bentuknya. Cara ini hrs hati2 krn belum tentu benda yg bentuknya sederhana lebih tua usianya. Dasar penyusunan bersifat relatif (berdasar zaman geologi penemuan itu)
  9. 9. MENURUT BAHAN YG DIGUNAKAN MEMBUAT ALAT, PREHISTORI DIBAGI 4 MASA:1. Zaman batua. Palaeolithicum (batu tua), manusia hidup mengembara sbgpemburu, nomaden, alat terdiri atas batu kasar yg diberi bentuk.Cara hidup mengumpulkan bahan makanan dari alam, belumbercocok tanam, belum beternak, belum membuat periuk belangab. Mesolithicum (batu pertengahan), alat mendekati zaman batutua, tapi orang sudah mulai mengerjakan tanah dengansederhana, memelihara ternak, mencari tempat tinggaltetap, sudah membuat periuk belangac. Neolithicum (batu baru), hidup sudahmenetap, bertani, memelihara ternak, menggosok alat dari batuhingga halus, mulai mengerjakan tenun
  10. 10. LANJUTAN2. zaman tembaga, sudah membuat peralatan dari bahantembaga3. zaman perunggu, membuat peralatan dari bahanperunggu4. Zaman besi, zaman sudah lebih maju, banyak alat yangtelah dibuat berasal dari bahan besi
  11. 11. EVOLUSI KEBUDAYAAN MANFAAT?• Arkeologi prasejarah memberikan bahan tentang cara bagaimana tipe kebudayaan yg baru mengganti tipe kebudayaan yang lama• Proses perubahan dan bentuk kebudayaan tidak sama pada semua bangsa di dunia
  12. 12. Fase Pertama (Sebelum tahun 1800-an/ abad 15-16) Bangsa di Eropa mulai menjelajahi dunia, mulai dari Afrika, Amerika, Asia, dan Australia. Mereka banyak menemukan hal-hal baru yaitu suku-suku yang asing bagi mereka. Kisah petualangan dan penemuan itu mereka catat di buku harian/jurnal perjalanan, baik ciri- ciri fisik, kebudayaan, susunan masyarakat, atau bahasa. Bahan tentang deskripsi suku asing itu disebut etnografi (deskripsi tentang bangsa-bangsa). Bahan etnografi itu kemudian dipelajari oleh pelajar di Eropa, sehingga mereka menghimpun bahan etnografi tsb.
  13. 13. Fase Kedua (tahun 1800-an)Masyarakat dan kebudayaan berevolusi secara perlahan-lahan dan dalam jangka waktu yang lama.Mereka menganggap bangsa selain Eropa adalah primitifyang tertinggal,Eropa dianggap sebagai bangsa yang tinggi kebudayaannya Pada fase ini, Antopologi bertujuan akademis.Mereka mempelajari masyarakat dan kebudayaan primitifdengan maksud untuk memperoleh pemahaman tentangtingkat-tingkat sejarah penyebaran kebudayaan manusia.
  14. 14. FASE KETIGA (AWAL ABAD KE-20)negara-negara di Eropa mulai membangun koloni di benualain seperti Asia, Amerika, Australia dan Afrika. Merekamenghadapi kendala seperti serangan dari bangsa asli, cuacayang kurang cocok dan hambatan lain.Untuk mengatasinya, pemerintahan kolonial negara Eropaberusaha mencari kelemahan suku asli untuk kemudianmenaklukannya.Mereka mulai mempelajari etnografi suku bangsa di luarEropa, kebudayaan dan kebiasaannya, untuk kepentinganpemerintah kolonial.
  15. 15. Fase Keempat (setelah tahun 1930-an)Antropologi berkembang pesat. Kebudayaan suku bangsa asli yangdi jajah Eropa, mulai hilang akibat terpengaruh kebudayaanbangsa Eropa. terjadi Perang Dunia II yang membawa perubahan kehidupan manusia dan kehancuran total ( kemiskinan, kesenjangan sosial, dan kesengsaraan) pada saat itu, muncul semangat nasionalisme bangsa jajahan Eropa yg menuntut kemerdekaan dan mereka masih dendam thd Eropa yang menjajah mereka. Proses-proses perubahan tersebut menyebabkan perhatian ilmu antropologi tidak lagi ditujukan kepada penduduk pedesaan di luar Eropa, tetapi kepada suku bangsa di daerah pedalaman Eropa seperti suku bangsa Soami, Flam dan Lapp.
  16. 16. (Sanskerta)“buddhayah”, bentuk jamak dari buddhi (akal) = hal-hal yang berkaitan dengan budi/akal manusia.bahasa Inggris, kebudayaan = culture,berasal dari kata Latin Colere = mengolah/ mengerjakan, mengolah tanah/bertani. Kata culture diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia.
  17. 17.  cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. unsur budaya: (1)sistem agama dan politik, (2)adat istiadat, (3) bahasa, (4) perkakas, (5)pakaian, (6)bangunan ,dan (7)karya seni. Bahasa, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan- perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.
  18. 18.  Bahasa, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan- perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu sebenarnya dipelajari bukan genetis/diturunkan.
  19. 19. wujud kebudayaanMenurut J.J. Hoenigman, wujud kebudayaan dibedakan menjadi 3 yaitu:1. gagasan,2. aktivitas,3. artefak.
  20. 20.  kumpulan ide, gagasan, nilai-nilai norma- norma, peraturan, dan sebagainya yang sifatnya abstrak; tidak dapat diraba atau disentuh. Wujud kebudayaan ini (ide) terletak di alam pemikiran masyarakat gagasan juga dinyatakan dalam bentuk tulisan, maka lokasi kebudayaan ideal itu berada dalam karangan/buku karya penulis.
  21. 21.  wujud kebudayaan sebagai tindakan berpola dari manusia. Wujud disebut dengan sistem sosial yang terdiri atas aktivitas manusia yang saling berinteraksi, dengan manusia lain menurut pola-pola tertentu dan adat. Bersifat konkret, terjadi dalam kehidupan sehari-hari, dapat diamati dan didokumentasikan.
  22. 22. adalah wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktivitas, perbuatan, dan karya semua manusia dalam masyarakat berupa benda-benda atau hal-hal yang dapat diraba, dilihat, dan didokumentasikan.Sifatnya paling konkret diantara ketiga wujud kebudayaan.
  23. 23.  Dalam kenyataan kehidupan bermasyarakat, antara wujud kebudayaan yang satu tidak bisa dipisahkan dari wujud kebudayaan yang lain. Sebagai contoh: wujud kebudayaan ideal mengatur dan memberi arah kepada tindakan (aktivitas) dan karya (artefak) manusia.
  24. 24. 1. Kebudayaan materialKebudayaan material mengacu pada semua ciptaan masyarakat yang nyata, konkret.Misalnya: temuan-temuan dari penggalian arkeologi: mangkuk tanah liat, perhiasan, senjata, dan seterusnya. Kebudayaan material juga mencakup barang- barang, seperti televisi, pesawat terbang, stadion olahraga, pakaian, gedung pencakar langit, dan mesin cuci.2. Kebudayaan nonmaterialKebudayaan nonmaterial: ciptaan-ciptaan abstrak yang diwariskan dari generasi ke generasi, misalnya berupa dongeng, cerita rakyat, dan lagu atau tarian tradisional.
  25. 25. 1. Peralatan dan perlengkapan hidup (teknologi) yaitu cara/teknik memproduksi, memakai & memelihara peralatan dan perlengkapan. Masyarakat nomaden/desa/pertanian mengenal delapan macam teknologi tradisional yaitu:(1)alat-alat produktif, (2) senjata (3) wadah, (4)alat menyalakan api (5) makanan (6) pakaian (7)tempat berlindung/rumah (8) alat transportasi
  26. 26. Perhatian para ilmuwan pada sistem mata pencaharian ini terfokus pada masalah mata pencaharian tradisional saja, a.l: Berburu dan meramu Beternak Bercocok tanam di ladang Menangkap ikan 2. Sistem mata pencaharian
  27. 27.  Kehidupan mengumpulkan bahan makanan terjadi pada zaman palaeolithicum. Dg alat potong dari batu kasar. Alat berburu = panah, sumpit, lembinga. Berburu dan meramu
  28. 28.  Pastoralist = orang yang hidup dari beternakb. beternak
  29. 29.  Dimulai zaman neolithicum Diperkirakan dimulai oleh bangsa Mesir, Asia Tenggara dan Amerika Tengah. Tidak nomaden lagi Mengenal banyak alat pertanian a.l. Cangkul, bajak, alat pelobang tanah. Horticulturist = mengolah tanah dg tenaga manusia Agriculturist = menggunakan tenaga hewan/mesinc. Bercocok tanam
  30. 30. d. Menangkap ikan Alat yang digunakan: lembing, harpun yang dilempar dari perahu. Juga digunakan jala dan racun dari tumbuh-tumbuhan yang tidak membahayakan manusia.
  31. 31. Pertemuan keempatSistem kekerabatan dan organisasi sosial
  32. 32. Sistem kekerabatan dan organisasi sosial1. Sistem kekerabatan : unit-unit sosial yang terdiri atas beberapa keluarga yang memiliki hubungan darah atau hubungan perkawinan.Anggota kekerabatan terdiri atas ayah, ibu, anak, menantu, cucu, kakak, adik, paman, bibi, kakek, nene k dan seterusnya.2. organisasi sosial adalah perkumpulan sosial yang dibentuk oleh masyarakat, baik yang berbadan hukum maupun yang tidak. fungsinya sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam pembangunan bangsa dan negara. manusia membentuk organisasi sosial untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu yang tidak dapat mereka capai sendiri.
  33. 33.  Bahasa = alat/perwujudan budaya yang digunakan manusia untuk berkomunikasi, baik tulisan, lisan, ataupun gerakan (bahasa isyarat)fungsi bahasa :1. fungsi umum :sebagai alat berekspresi, berkomunikasi, dan untuk mengadakan integrasi/ adaptasi sosial.2.fungsi khusus untuk menjalin hubungan/pergaulan sehari- hari, mewujudkan seni (sastra), mempelajari naskah-naskah kuno, mengeksploitasi ilmu pengetahuan dan teknologi.
  34. 34.  nilai keindahan (estetika) yang berasal dari ekspresi/hasrat manusia akan keindahan yang dinikmati dengan mata ataupun telinga.
  35. 35. Religi = religion = menambatkanAgama : sebuah institusi dengan keanggotaan yang diakui dan biasa berkumpul bersama untuk beribadah, dan menerima sebuah paket doktrin yang menawarkan hal yang terkait dengan sikap yang harus diambil oleh individu untuk mendapatkan kebahagiaan sejati.pengetahuan, pemahaman, dan daya tahan fisik manusia dalam menguasai dan mengungkap rahasia-rahasia alam sangat terbatas. Secara bersamaan, muncul keyakinan akan adanya penguasa tertinggi dari sistem jagad raya ini, yang juga mengendalikan manusia sebagai salah satu bagian jagad raya.Sistem kepercayaan/agama
  36. 36. memiliki sejumlah tradisi yang sama namunjuga perbedaan-perbedaan yang mendasardalam inti ajarannya. Ketiganya telahmemberikan pengaruh yang besar dalamkebudayaan manusia di berbagai belahandunia.
  37. 37.  agama monotheistik dan salah satu agama tertua yang masih ada sampai sekarang. Terdapat nilai-nilai dan sejarah umat Yahudi yang juga direferensikan dalam agama Abrahamik lainnya, seperti Kristen dan Islam. Saat ini umat Yahudi berjumlah lebih dari 13 juta jiwa.
  38. 38.  agama yang banyak mengubah wajah kebudayaan Eropa dalam 1.700 tahun terakhir. Pemikiran para filsuf modern pun banyak terpengaruh oleh para filsuf Kristen semacam St. Thomas Aquinas dan Erasmus. Saat ini diperkirakan terdapat antara 1,5 s.d. 2,1 milyar pemeluk agama Kristen di seluruh dunia.
  39. 39.  memiliki nilai-nilai dan norma agama yang banyak memengaruhi kebudayaan Timur Tengah dan Afrika Utara dan sebagian wilayah Asia Tenggara. Saat ini terdapat lebih dari 1,5 milyar pemeluk agama Islam di dunia.
  40. 40.  Berasal dari India dan China, menyebar di Asia melalui difusi kebudayaan dan migrasi Hinduisme adalah sumber dari Buddhisme, cabang Mahāyāna yang menyebar di sepanjang utara dan timur India sampai Tibet China, Mongolia, Jepang dan Korea dan China selatan sampai Vietnam. Agama Hindu dari India mengajarkan pentingnya elemen nonmateri pemikiran India lainnya, Carvaka menekankan untuk mencari kenikmatan di dunia.
  41. 41.  filosofi dari Cina memengaruhi baik religi, seni, politik, maupun tradisi filosofi di seluruh Asia. Pada abad ke-20, aliran filosofi politik tercipta. Mahatma Gandhi memberikan pengertian baru tentang Ahimsa inti dari kepercayaan Hindu maupun Jaina dan memberikan definisi baru tentang konsep antikekerasan dan antiperang. Pada periode yang sama, filosofi komunisme Mao Zedong menjadi sistem kepercayaan sekuler yang sangat kuat di China.
  42. 42. Agama tradisional/nenek moyang, dianut sebagian suku pedalaman di Asia, Afrika, dan Amerika. Pengaruh mereka cukup besar; dianggap telah menyerap ke dalam kebudayaan/ menjadi agama negara, mis: Shinto.
  43. 43. pengetahuan = segala sesuatu yang diketahui manusia tentang benda, sifat, keadaan, dan harapan-harapan.Pengetahuan dimiliki oleh semua suku bangsa dan diperoleh melalui pengalaman, intuisi, wahyu, dan berpikir menurut logika, atau percobaan-percobaan yang bersifat empiris (trial and error).
  44. 44. a. Pengetahuan tentang alamb. Pengetahuan tentang tumbuh-tumbuhan dan hewan di sekitarnyac. Pengetahuan tentang tubuh manusia, sifat dan perilaku manusiad. Pengetahuan tentang ruang dan waktu
  45. 45.  Perubahan sosial budaya terjadi bila sebuah kebudayaan melakukan kontak dengan kebudayaan asing. Perubahan sosial budaya = gejala berubahnya struktur sosial dan pola budaya dalam suatu masyarakat. Perubahan itu terjadi karena:(1)hakikat dan sifat dasar manusia yang inginmengadakan perubahan.(2)kebosanan manusia
  46. 46.  tekanan kerja dalam masyarakat keefektifan komunikasi perubahan lingkungan alam.
  47. 47.  penetrasi kebudayaan adalah masuknya pengaruh suatu kebudayaan ke kebudayaan lainnya. Penetrasi kebudayaan dapat terjadi dengan dua cara: (1) penetrasi damai dan (2) kekerasan
  48. 48. Penetrasi damai (penetration pasifique)Masuknya sebuah kebudayaan dengan jalan damai. Misalnya, masuknya pengaruh kebudayaan Hindu dan Islam ke Indonesia[. Penerimaan kedua macam kebudayaan tersebut tidak mengakibatkan konflik, tetapi memperkaya khasanah budaya masyarakat setempat dan tidak mengakibatkan hilangnya unsur-unsur asli budaya masyarakat.
  49. 49.  Masuknya kebudayaan dengan cara memaksa dan merusak. Contoh, masuknya kebudayaan Barat ke Indonesia pada zaman penjajahan disertai dengan kekerasan sehingga menimbulkan goncangan-goncangan yang merusak keseimbangan dalam masyarakat. Wujud budaya dunia barat antara lain adalah budaya dari Belanda yang menjajah selama 350 tahun lamanya. Budaya warisan Belanda masih melekat di Indonesia antara lain pada sistem pemerintahan Indonesia
  50. 50. 1.Penemuan fosil-fosil manusia di Indonesia2. Ras di dunia (mongoloid, negroid, kaukasoid)Adat istiadat di Jawa berkenaan dengan:3. kelahiran,4.pernikahan, dan5. Kematian6. Masuknya Agama islam dan kristen di indonesia7. Masuknya agama hindu dan Budha di Indonesia8. Kepercayaan animisme dan dinamisme
  51. 51. Terima kasihSemoga bermanfaat

×