Marketing strategy2

3,036 views

Published on

2 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
3,036
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
66
Comments
2
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Marketing strategy2

  1. 1. MARKETING STRATEGYDrs. Broto M.P.,MMAbstractMarketing strategy is a method of focusing an organization’s energies and resources on a courseof action the leads to increased sales. Basically every company has a strategy respectively intheir efforts to continue to be a player in the market competition. Strategy chosen and executedin an attempt to penetrate the market, maintain market share, expand the market so that they areable to increase sales and provide satisfaction to their stakeholders.PendahuluanPemasaran adalah suatu kegiatan perusahaan untuk menjual atau mendistribusikan produk ataujasanya kepada konsumen dan memperoleh keuntungan dari kegiatan tersebut serta mampumemberikan kepuasan pada pelanggannya.Kegiatan pemasaran merupakan hal yang sangatpenting untuk mendapatkan perhatian perusahaan. Karena betapa hebat dan canggihnya mesin-mesin yang kita miliki dan mesin tersebut memiliki kemampuan memproduksi barang dengankapasitas maksimal, namun kalau produk yang dihasilkan itu tidak mampu di lempar ke pasarapa gunanya. Pada intinya kegiatan pemasaran belum selesai sampai barang terjual menjadiuang dan pelanggan tetap puas.Untuk mampu menjual produk atau jasa dibutuhkan pemahaman tentang kegiatan pemasarantermasuk didalamnya adalah strategi yang dipakai perusahaan untuk dapat memenangkanpersaingan dan memuaskan pelanggannya. Strategi harus dirancang sedemikian rupa sehinggaperusahaan mampu memasuki pasar, menembus pasar yang baru atau mempertahankan pangsapasar yang sudah dimiliki. Situasi dan kondisi didalam maupun diluar perusahaan senantiasaberubah dan berkembang, hal tersebut sangat mempengaruhi kegiatan pemasaran. Faktor internalbarangkali mampu dikendalikan oleh perusahaan, namun banyak faktor eksternal sulit diprediksidan dikendalikan perusahaan. Oleh sebab itu pemasar tidak boleh cepat puas diri, harus tetapdinamis, waspada dan selalu mengembangkan ide-ide baru, strategi baru atau pengembanganstrategi yang ada untuk dapat menjadi yang terbaik, sukses dalam penjualan/ penghasilan danmampu memberikan kepuasan maksimal pada pelanggannya.Pemasaran dan strategi pemasaranMarketing is a strategic business discipline that directs the process of creating, offering, andchanging value from one initiator to its stakeholders” (MarkPlus 2008) Pemasaran adalahsebuah disiplin bisnis strategis yang mengarahkan proses penciptaan, penawaran, dan perubahanvalues dari satu inisiator kepada stakeholdernya.
  2. 2. Sedangkan AMA ( The American Marketing Association 2008) mendifinisikan pemasaransebagai berikut : “ Marketing is the activity, set of institution, and processes for creating,communicating, delivering, and exchanging offering that have value for customers, clients,partners, and society at large”Jelas disini dikatakan bahwa pemasaran bukan lagi fungsi tetapi aktivitas, juga merupakan prosespertukaran serta perluasan dari sasaran perusahaan yang bukan hanya pelanggan, rekan bisnis ,kalangan internal perusahaan tetapi mencakup juga masyarakat luas. Intinya pemasaranmerupakan kegiatan bisnis yang diarahkan pada aliran arus barang dan jasa dari produsenkepada konsumen.Philip Kotler( Marketing Management, Analysis, Planning and Control, 1967 )menjelaskanbahwa Pemasaran adalah suatu proses sosial, dimana individu dan kelompok mendapatkan apayang mereka butuhkan, dan yang mereka inginkan dengan menciptakan dan mempertahankanproduk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya.Pemasaran merupakan proses kegiatan pertukaran produk/ jasa dari produsen ke tangankonsumen dan konsumen memberikan imbal balik sesuai dengan nilai yang disepakatiFungsi utama dari pemasaran adalah (1) Pemberian informasi akan produk/jasa yang dijual atauditawarkan produsen (2) Kegiatan mempengaruhi keputusan membeli konsumen, dan (3)Menciptakan nilai ekonomis suatu barangStrategi pemasaran adalah sebuah proses yang memungkinkan organisasi memusatkansumberdaya yang terbatas pada peluang terbesar untuk meningkatkan penjualan dan memilikikeunggulan bersaing yang berkelanjutan (Wikipedia)Marketing strategy is a process that can allow an organization to concentrate its limitedresources on the greatest opportunities to increase sales and achieve a sustainable competitiveadvantage.Strategi adalah pola dasar untuk mencapai tujuan yang direncanakan, penyebaran sumberdaya,dan interaksi organisasi dengan pasar, pesaing dan faktor lingkungan lainnya( Orville C Walker,Jr, John W Mullins, Jean Claude Larreche, 2008)A strategy is a fundamental pattern of present and planned objectives, resource deployments,and interactions of organization with markets, competitors and other environmental factors.Strategi adalah pendekatan untuk mencapai tujuan, Strategi pemasaran merupakan strategipemasar yang dipilih untuk dapat mencapai target pemasaran.Strategy is the crafting of plan to achieve goals, Marketing strategies are those plans designed toreach marketing goals.
  3. 3. Kekuatan dasar utama( elemen dasar ) dalam pemasaran adalah : - Pelanggan - Perusahaan - PersainganPelanggan adalah pemakai atau pengguna barang atau jasa yang ditawarkan perusahaan yangakan menjadi sasaran pemasaran, baik itu bmerupakan individu, kelompok, lembaga-lembagaatau bahkan perusahaan lain, jelas customer atau pelanggan menjadi sangat penting bagiperusahaan bahkan boleh dikatakan pelanggan merupakan titik pusat perhatian perusahaan. Halini tersirat dalam motto atau slogan beberapa perusahaan seperti “ Customers is #1 “ atau “Pelanggan adalah Raja” Banyak perusahaan yang kurang peduli pada pelanggannya, merekamemproduksi barang atau menawarkan jasa berdasarkan kemauan mereka, bukan didasarkanpada kemauan pelanggan atau pasar, konsep yang salah ini akan berakibat fatal karena apa yangdimaui pelanggan bukanlah yang ditawarkan perusahaan. Edward Woorlad, CEO DuPontmengatakan “ Tidak ada yang bermanfaat sampai barang / produk itu mencapai pelanggan” ( TheFortable MBA, Alexander Hiam & Charles D.Schewe, 1993)Para pesaing atau competitors adalah perusahaan lain yang memasarkan produk atau jasa yangsama atau mirip dengan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Dalam kegiatan melayanicustomer perusahaan tidak sendirian, melainkan banyak perusahaan lain atau bahkan organisasiatau individu yang bermain di industri yang kita jalani. Perusahaan perlu mengidentifikasi,mencatat dan memperhatikan perilaku para pesaingnya, membuat strategi menghadapi merekasehingga perusahaan akan mampu menjadi pemenang dalam memperebutkan pasar.Disisi lain perusahaan harus memfokuskan segala kekuatan dan sumberdayanya agar mampumenghasilkan angka penjualan yang tinggi dengan demikian akan memperoleh keuntungan dandapat memuaskan para pelanggannya artinya mampu mengatasi persaingan dan menguasai ataumempertahankan pasar. Perusahaan akan dapat berkembang apabila memiliki tujuan pemasaranyang matching dari kebutuhan dan tujuan pelanggan. Perusahaan harus mampu menilai kekuatandan kelemahannya sendiri sehingga dalam pemilihan produk atau sasaran pemasaran dapat tepatsesuai dengan kebutuhan pasar dan dapat dipenuhi dengan kompetensi perusahaan. Dalam hal inipemasar harus jeli dalam memilih target pemasarannya, mampu berkolaborasi antarakemampuan perusahaan dengan keinginan customer, untuk itu perlu memiliki kinerja yangunggul, kreatif , inovatif dan efisien. Kinerja perusahaan yang professional meliputi kecepatanpengembalian investasi, pertumbuhan, volume, sumberdaya manusia yang dimiliki perusahaandan keunggulan kompetitif yang kesemuanya merupakan tolok ukur tingkat keberhasilanperusahaan.( Jeaning dan Bever, 1997)
  4. 4. Komponen utama pemasaran ( Markplus 2008) terdiri dari 3 aspek yaitu : - Aspek Strategi Pemasaran, yang terdiri dari pemilihan pemasar pada Segmentation, Targeting and Positioning - Aspek Taktik Pemasaran yang terdiri dari : Differentiation, Marketing Mix and Selling - Aspek Value Pemasaran ( Brand, Service, Process)Segmentation, adalah pembagian pasar berdasarkan variable-variabel tertentu ( Demografi,geografi, psikografi dll)Targeting adalah menentukan pilihan segmen pasar mana yang akan dilayani atau dijadikantarget marketPositioning, adalah posisi yang diinginkan produk/ jasa kita berada di benak konsumen ( alambawah sadar ).Differentiation, suatu taktik yang merealisasikan strategi pemasaran yang menonjolkan ataumengutamakan perbedaan produk/jasa kita disbanding produk/jasa perusahaan lain.Marketing Mix, suatu strategi kombinasi pemasaran berdasarkan produk (product) , harga (price), tempat (place) dan promosi (promotion) atau dikenal dengan 4P.Selling, usaha untuk membuat konsumen membeli apa yang dotawarkan perusahaan sesuaidengan strategi pemasaran.Brand, adalah usaha meningkatkan brand image atau ekuitas merek ( brand-equity)Service, upaya perusahaan untuk meningkatkan kualitas pelayanan/ servis kepada pelanggan.Process, kegiatan perusahaan melibatkan setiap karyawan dalam proses memuaskan pelanggan,baik secara langsung atau tidak langsung.Jenis-jenis strategi pemasaranMichael J. Baker ( 2000) dalam bukunya ” Marketing Strategy and Management” memilah jenisstrategi disesuaikan dengan kondisi dan situasi unik yang dihadapi perusahaan, antara lain : 1. Strategies based on market dominance 2. Porter Generic Strategies 3. Innovation Strategies 4. Growth Strategies
  5. 5. Setiap perusahaan akan memilih atau menentukan strategi masing – masing sesuai dengan situasidan kondisi perusahaan tersebut atau kedudukan mereka dalam persaingan, apakah diamerupakan perusahaan yang dominan ( dominant) atau kuat ( strong) yakni perusahaan yangmampu mengendalikan semua pesaing-pesaingnya yang tidak merasa gentar akan tindakan parapesaingnya dengan demikian banyak pilihan strategi yang dapat dikembangkannya.( BambangTri Cahyono,1993) Ataukah mereka termasuk perusahaan yang sedang (tenable) dan yanglemah (weak) yang harus hati-hati dalam memilih strategi pemasarannya supaya tidakbersinggungan langsung dengan perusahaan yang kuat dan dominan, karena dalam tingkatpersaingan yang keras maka pemilihan strategi yang tepat akan banyak memberi peluang bagiperusahaan untuk tetap bertahan, atau bahkan berkembang dengan baik pada gilirannya nantiakan memenangkan persaingan..1. Strategi berdasarkan dominasiKotler dan Gary Armstrong dalam Principle of Marketing( 1991), membagi-bagi perusahaanberdasarkan peran dominasinya dalam pasar yaitu : Pemimpin Pasar ( Market Leader) Para Penantang ( Market Challengers) Para Pengikut ( Market Followers) Perelung Pasar ( Market Nicher)Pemimpin pasar yang menguasai kurang lebih market share 40% akan berusaha menerapkanstrategi perluasan pangsa pasar, mempertahankan market share, atau bahkan memperbesarmarket share, sedangkan para penantang pasar menggunakan strategi penyerangan terhadappesaing yang bias dihadapinya, dapat memilih menyerang frontal, menyerang dari samping,mengepung, menyerang tidak langsung atau mempergunakan strategi gerilya; Para pengikuttentu saja akan berusaha meniru atau menyaingi para pemukanya namun mereka menerapkanstrategi untuk berusaha tidak bentrok secara langsung, mengikuti dari jarak tertentu, atau dalamhal tertentumengikuti strategi yang diterapkan pemukanya. Para perelung pasar akan beroperasidi daerah yang jauh dari para pemukanya, yang tidak atau belum digarap pemuka dan merekamenerapkan strategi spesialisasi ( kekhususan), spesialis produk, sepesialis mutu, spesialis jasa,spesialis geografis dan sebagainya.2. Strategi Generik Porter ( Michael E. Porter, 1990)Poter dalam bukunya “ The Competitive Advantage of Nations “ ( 1990) memberikan 3 pilihanstrategi agar perusahaan tetap mampu bersaing dengan para kompetitornya, dalam beberapakasus di antara strategi-strategi tersebut dapat di kombinasikan juga.Strategi diferensiasi produk ( Product Differentiation)Distinguishing one’s products from those of the competition
  6. 6. Perusahan membangun persepsi pasar terhadap produk/jasa mereka yang terkesan lebih ungguldan khas serta unik atau berbeda dan memiliki nilai lebih dibandingkan dengan produk/jasapesaingnya.Strategi kepemimpinan biaya ( Cost Leadership)Minimizing cost of operate more efficiently than competitorsPerusahaan berusaha menekan biaya ( produksi, promosi, riset dll) agar mampu menurunkanbiaya secara keseluruhan sehingga dapat menjual produk/ jasa lebih murah dibandingkan hargapara pesaing.Strategi Focus ( Focus Market Segmentation)Concentrating on serving one special market or customer groupPerusahaan hanya membidik pangsa pasar tertentu yang kemungkinan tidak atau belum digarapperusahaan pesaing yang lebih kuat ( dominan) guna menghindari benturan persaingan denganmereka.3. Strategi InovasiInovasi pada dasarnya adalah aktivitas konseptualisasi, serta ide menyelesaikan masalah denganmembawa nilai ekonomis bagi perusahaan dan nilai sosial bagi masyarakat (Myers & Marquis,1998)Strategi inovasi dibedakan menjadi 2 jenis yaitu : Pioner ( First Mover) yaitu perusahaan yang pertama melakukan inovasi dengan mengembangkan produk yang ada sehingga memiliki nilai tambah atau menciptakan produk baru yang belum pernah ada Reactive (Close follower) yaitu perusahaan yang hanya melayani permintaan pelanggan dan cenderung mengikuti atau meniru inovasi perusahaan lainKotler (1987) mengemukakan beberapa cara yang dapat ditempuh perusahaan untukmenghasilkan produk yang inovatif : Mengembangkan atribut produk baru ( Modifikasi, adaptasi, merubah volume, substitusi, penataan kembali, kombinasi dll) Mengembangkan berbagai tingkat mutu Mengembangkan model dan ukuran produk
  7. 7. 4. Strategi PertumbuhanIt is an accepted fact of business that growth is important to survival ( Wearne, Neil, Morrison,Alison, 1996) Pertumbuhan bagi perusahaan adalah sesuatu hal yang sangat penting karenadengan demikian menunjukkan bahwa perusahaan mampu untuk tetap bertahan hidup bahkanmampu untuk berkembang. Disisi lain lingkungan selalu berubah dan berkembang, selerakonsumen juga berubah setiap saat oleh karena itu perusahaan harus jeli dan selalumemperhatikan perubahan-perubahan ini dan menerapkan strategi yang berbeda untuk setiapkondisi berbeda yang dihadapinya.Growth through positioning and servicesPenempatan posisoning perusahaan akan membawa strategi yang berbeda sesuai yang diinginkanuntuk bisnis hotel terutama dalam masalah fasilitas dan pelayanan (services)Intensive growth strategiesPada saat terjadi peningkatan sales dan market share maka perusahaan dapat melakukan strategipenetrasi yaitu menjual lebih banyak pruduk kepada pelanggan , pengembangan produk maupunpengembangan pasar dengan cara mencari pelanggan baru dan sebagainya.Growth through diversificationPerencanaan produk suatu perusahaan tidak dapat dipisahkan dari konsep pemasarannya dimanaperusahaan harus memilih sasaran pelanggan yang akan dilayani berdasarkan kelompok-kelompok yang dibedakan berdasar ciri perilaku .kelompok pelanggan khusus, dalam segmenpasar horizontal atau vertical. Strategi horizontal, pasar dikelompokkan dalam segmen-segmen pengguna akhir ( end- use application) misalnya apakah pengguna akhir itu individu/ perorangan ataukah berupa sekelompok orang/ perusahaan Strategi vertical, produsen memilih berbagai alternative penjualan produk apakah akan dijual bahan-bahannya saja ( bahan mentah) , atau produk setengah jadi (semi-fabricated) atau barang/rpoduk yang sudah jadiKesimpulan.Manajemen perusahaan harus jeli dalam memilih dan mengatur strategi perusahaannya, suksestidak nya perusahaan, maju dan berkembangnya mereka sangat tergantung pada bagaimanaperusahaan memilih strategi yang tepat dengan memperhatikan situasi dan kondisi perusahaan,situasi dan kondisi lingkungan perusahaan serta peluang maupun tantangan yang dimiliki dandihadapinya.
  8. 8. Perusahaan dapat memilih strategi yang tepat sesuai dengan kondisi internal dan eksternalmereka antara lain : 1. Strategi dominasi, sampai sejauh mana market share yang dimiliki perusahaan dalam pasar sasaran, kuat lemahnya posisi perusahaan akan berakibat pada pilihan strategi yang sesuai 2. Strategi keunggulan bersaing, pilihan strategi yang difocuskan pada keunggulan atau keunikan produk, keunggulan biaya atau hanya mem focus kan pada target sasaran tertentu yang dipilih. 3. Strategi inovasi, perusahaan mengembangkan pilihan strategi untuk menjadi pioneer dengan mengembangkan produk baru atau hanya mengembangkan produk yang sudah ada atau berdasarkan pesanan pelanggan. 4. Strategi pertumbuhan yang dipilih sesuai kondisi pertumbuhan perusahaan yang tercermin dalam angka penjualan dan pertumbuhan market share nya, berupa strategi penetrasi, pengembangan produk atau pengembangan pasar serta dapat pula dapat memilih strategi horizontal atau strategi vertical.Tujuan utama dari pemasar adalah menyalurkan barang/ jasa dari perusahaan ke tanganpelanggan, memperoleh keuntungan finansial dari proses ini serta memberikan pula kepuasanpada para pelanggannya. Pemasaran sendiri memiliki pengertian yang luas dalam arti strategismaupun fungsional, artinya perusahaan tidak hanya menjalankan kegiatan pemasaran secarateknis tetapi secara strategis termasuk menganalisa dimana posisi perusahaan, siapa pelanggandan pesaing produk kita termasuk pemasok dan distributornya.Pada era globalisasi dimana tingkat persaingan menjadi semakin tajam dan terbuka, tidak adalagi batas wilayah atau negara yang menghalangi mengalirnya produk atau jasa dari satu wilayahke wilayah lain serta trend dan selera masyarakat konsumen yang selalu berubah dari waktu kewaktu dibutuhkan kesiapan perusahaan untuk berkompetisi, bersaing dengan perusahaan lainbaik dari dalam maupun dari luar negeri. Kemajuan teknologi dan informasi hendaknyadimanfaatkan semaksimal mungkin oleh perusahaan guna dapat mengatur dan menyiapkanstrategi pemasaran yang tepat pada berbagai situasi dan kondisi baik internal maupun eksternalsehingga strategi tersebut mampu membuat perusahaan berkembang, bertumbuh danmemenangkan persaingan.Daftar Pustaka :Baker, M.J ( 2000) ” Marketing Strategy and Management” Palgrove, Basingstoke.Cahyono, Bambang Tri, 1993 “ Strategi Pemasaran Untuk Berbagai Tahap” Jurnal MagisterManajemen No. 6 Tahun IIICorey, Raymond, E ( 1999) “ Marketing Strategy An Overview”, Harvard Business SchoolPublishing, Boston, MA. 02163Hiam, Alexander, Shewe, D, Charles (1993) “ The Fortable MBA” pp, 13-53 John Wiley &Sons, Inc
  9. 9. Jeaning, Peter., Graham Beaver ( 1997) “The Performance and Competitive Advantage of SmallFirm” A Management Prespective, International Small Business Journal, 15,2, pp. 63-75Kotler, Philip & Amstrong, Gray ( 1991) “ Principal of Marketing” CV. Intermedia, JakartaKotler, Philip (1993) “ Manajemen Pemasaran “ Penerbit FE UI, JakartaKotler, Philip ( 1967 ), “ Marketing Management Analysis, Planning and Control” Prentice-Hall, Englewood Cliffs, NY.Markplus, “MarkPlus on Strategy “ ( 2003) , PT. Gramedia Pustaka Utama, JakartaMyers & Marquis (1998) “ European Journal of Innovation” , Volume 8, 1998Porter, Michael, 1993 “ The Competitive Advantage of Nations” , Free Press, New York.Prawita, Teddy, 1993 “ Pemasaran, Dimensi Falsafah, Disiplin dan Keahlian” Penerbit STIEPrasetya MuliaStanton, William , J, 1990 “ Fundamental of Marketing” Mc Graw Hill, Tokyo.Suwarsono, 1994 “ Manajemen Strategik” YKPN, JogyakartaWearne, Neil and Morrison, Alison “ Hospitality Marketing” Great Britain, 1996www.wikipedia.org/wiki/pemasaran ====== oooOooo ======

×