Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Rumusan bimtek peningkatan kapasitas penyuluh daerah

56 views

Published on

Rumusan Bimtek Peningkatan Kapasitas Penyuluh, BPTP Sumsel. SMK PP Sembawa, 21 November 2019

Published in: Technology
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Rumusan bimtek peningkatan kapasitas penyuluh daerah

  1. 1. RUMUSAN SEMENTARA BIMBINGAN TEKNIS PENINGKATAN KAPASITAS PENYULUH DAERAH MENDUKUNG REVOLUSI INDUSTI 4.0 1. Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Penyuluh Daerah Mendukung Revolusi Industri 4.0 merupakan kegiatan yang mengakomodir kepentingan pejabat fungsional penyuluh pertanian dalam rangka meningkatkan kapasitas, profesionalisme, dan pengembangan profesi penyuluh pertanian daerah untuk menjadi penyuluh pertanian yang tangguh dan handal dalam memberdayakan pelaku utama dan pelaku usaha. 2. Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Penyuluh Daerah yang diselenggarakan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Sumatera Selatan bekerjasama dengan Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian, Bogor pada tanggal 21 November 2019 di Aula SMK Pembangunan Pertanian Negeri Sembawa dengan tema “Peningkatan Kapasitas Penyuluh Daerah Mendukung Revolusi Industri 4.0” menyajikan 3 (tiga) materi utama, yaitu: (1) Sosialisasi Program “Komando Strategis Pembangunan Pertanian (KONSTRATANI)” dari BPTP-Balitbangtan Sumatera Selatan; (2) Kiat Menyusun Angka Kredit Penyuluhan Pertanian dan DUPAK online oleh Tim Forum Komunikasi Penyuluh Pertanian Utama (FKPPU); dan (3) Literasi Pustaka oleh Pusat Perpustakaan dan Penyebarluasan Teknologi Pertanian Bogor. 3. Keberhasilan pembangunan pertanian tidak lepas dari peran aktif penyuluh pertanian dalam implementasinya. Penyuluh pertanian di daerah, mulai tingkat provinsi, hingga desa baik ASN maupun penyuluh swadaya, merupakan mitra strategis BPTP dalam diseminasi inovasi pertanian. Menyongsong era revolusi industri 4.0 dimana pertanian berbasis pada digitalisasi, peran penyuluh pertanian daerah semakin strategis dan penting sehingga peningkatan kapasitas penyuluh pertanian di daerah sangat diperlukan. 4. Jabatan fungsional penyuluh pertanian merupakan pelaksana tugas organisasi yang menuntut persyaratan keterampilan, profesional, bertanggung jawab, adil dan jujur. Untuk menjadi pemangku jabatan fungsional penyuluh pertanian yang profesional diperlukan kiat-kiat seperti dedikasi, semangat, kreatif serta memiliki prinsip hidup ke depan untuk selalu lebih maju.
  2. 2. 5. Adanya penambahan fungsi BPTP berupa pelaksanaan bimbingan teknis materi penyuluhan dan diseminasi hasil pengkajian teknologi pertanian spesifik lokasi menjadi dasar dalam pelaksanaan peningkatan kapasitas penyuluh pertanian di daerah. 6. Pembinaan secara rutin serta dorongan motivasi yang cukup besar dari atasan langsung maupun tidak langsung diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme pejabat fungsional penyuluh pertanian, sehingga yang bersangkutan dapat bekerja mandiri dengan kemampuan dan kompetensi yang telah dimiliki. Palembang, 21 November 2019 Tim Perumus, Ir. Sih Nugrahini Widiastuti Ir. Dedeh Hadiyanti, M.Si Susilawati, SP, M.Si Bunaiyah Honorita, SP

×