PASAR MODAL
 PENGERTIAN:

Secara umum adalah tempat bertemunya para
penjual dan pembeli untuk melakukan
transaksi dalam rangka untuk ...
SAHAM

OBLIGASI
A.

SAHAM (STOCK)

 Merupakan

surat berharga yang bersifat
kepemilikan,artinya si pemilik saham merupakan
pemilik perusa...
1 . DARI SEGI HAK TAGIH
SAHAM PREFEREN (PREFERED STOCK)
Merupakan saham yang memperoleh hak utama
dalam deviden dan harta ...
2. DARI SEGI CARA PERALIHAN
a. SAHAM ATAS UNJUK (BEARER STOCK)
Tidak tertulis nama pemilik dalam saham
tersebut, sehingga ...
B.

OBLIGASI (BONDS)



Surat berharga obligasi merupakan instrumen
utang bagi perusahaan yang hendak memperoleh
modal.
B...
1. DARI SEGI PERALIHAN
a. Obligasi atas unjuk (tidak tertulis nama)
b. Obligasi atas nama (tertulis nama pemilik)
2. DARI ...
3. DARI SEGI PENETAPAN DAN PEMBAYARAN
BUNGA DAN POKOK
a. Obligasi dengan Bunga tetap
b. Obligasi dengan bunga tidak tetap
...
EMITEN

Kegiatan perusahaan melakukan penjualan
surat-surat berharga disebut
EMISI, sedangkan perusahaan yang
melakukan k...
2.




INVESTOR
Pemodal yang membeli atau menanamkan
modalnya diperusahaan yang melakukan emisi.
Sebelum membeli ,invest...
3. LEMBAGA PENUNJANG MEKANISME
PASAR MODAL
a. Underwriter (Penjamin emisi)
b. Broker/Pialang (perantara perdagangan efek)
...
LEMBAGA-LEMBAGA YANG
TERLIBAT DI PASAR MODAL
LEMBAGA-LEMBAGA

PEMERINTAH
1. BADAN PELAKSANA PASAR MODAL (BAPEPAM)

Bertugas mengatur , mengawasi dan melaksanakan
pasa...
LEMBAGA-LEMBAGA SWASTA
1.

NOTARIS
Catatan yg perlu disahkan notaris : berita acara RUPS,
keputusan dalam RUPS,meneliti k...
4. PENILAI (APPRAISER)
Untuk menilai kewajaran dari nilai suatu
aktiva,seperti tanah,mesin-mesin,gedung
,mobil dan aktiva ...
TAHAPAN – TAHAPAN DALAM
EMISI
a.

Tahap Persiapan

Perusahaan Mengadakan RUPS
b. Penyampaian Letter Of Intent
Hasil rapat RUPS diajukan ke BAPEPAM kedal...
d. Evaluasi Dari Bapepam
BAPEPAM akan meneliti dan mengevaluasi
kelengkapan dokumen-dokumen yang
disampaikan emiten.
e. De...
F. Pasar Perdana (Primary Market)
 Setelah

memenuhi persyaratan emisi,maka
ketua BAPEPAM mengeluarkan ijin emisi.
 Pena...
Pasarmodal 120221091855-phpapp01
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Pasarmodal 120221091855-phpapp01

294 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
294
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
2
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pasarmodal 120221091855-phpapp01

  1. 1. PASAR MODAL
  2. 2.  PENGERTIAN: Secara umum adalah tempat bertemunya para penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi dalam rangka untuk mendapatkan modal.  Pasar modal dikenal dengan Bursa Efek, di Indonesia adalah BEI (Bursa Efek Indonesia) .  Produknya=instrumen pasar modal
  3. 3. SAHAM OBLIGASI
  4. 4. A. SAHAM (STOCK)  Merupakan surat berharga yang bersifat kepemilikan,artinya si pemilik saham merupakan pemilik perusahaan.  Semakin besar kepemilikan saham maka semakin besar pula kekuasaannya di perusahaan tersebut.  Keuntungan yang diperoleh dari saham disebut DEVIDEN.
  5. 5. 1 . DARI SEGI HAK TAGIH SAHAM PREFEREN (PREFERED STOCK) Merupakan saham yang memperoleh hak utama dalam deviden dan harta apabila perusahaan sampai mengalami liquidasi. b. SAHAM BIASA (COMMON STOCK) Bagi pemilik saham ini hak untuk memperoleh deviden akan dipenuhi setelah saham preferen a.
  6. 6. 2. DARI SEGI CARA PERALIHAN a. SAHAM ATAS UNJUK (BEARER STOCK) Tidak tertulis nama pemilik dalam saham tersebut, sehingga mudah untuk dialihkan atau dijual kepada pihak lain. b. SAHAM ATAS NAMA ( REGISTERED STOCK) Didalam saham tertulis nama pemilik saham tersebut dan untuk dialihkan kepada pihak lain diperlukan syarat dan prosedur tertentu.
  7. 7. B. OBLIGASI (BONDS)  Surat berharga obligasi merupakan instrumen utang bagi perusahaan yang hendak memperoleh modal. Berbeda dengan saham , obligasi tidak mempunyai hak terhadap manajemen dan kekayaan perusahaan, artinya perusahaan yang mengeluarkan obligasi hanya mengakui mempunyai utang kepada si pemegang obligasi sebesar obligasi yang dimilikinya. Keuntungan dari membeli disebut COUPON (KUPON).  
  8. 8. 1. DARI SEGI PERALIHAN a. Obligasi atas unjuk (tidak tertulis nama) b. Obligasi atas nama (tertulis nama pemilik) 2. DARI SEGI JAMINAN YANG DIBERIKAN ATAU HAK KLAIM a. Obligasi dengan jaminan (Secured Bonds) b. Obligasi Tanpa Jaminan ( Unsecured Bonds)
  9. 9. 3. DARI SEGI PENETAPAN DAN PEMBAYARAN BUNGA DAN POKOK a. Obligasi dengan Bunga tetap b. Obligasi dengan bunga tidak tetap c. Obligasi tanpa bunga (selisih antara nilai pembelian dan pada saat jatuh tempo) 4. DARI SEGI PENERBIT a. Obligasi oleh pemerintah b. Obligasi oleh swasta 5. DARI SEGI JATUH TEMPO a. Obligasi jk pendek (tidak lebih dari 1 tahun) b. Obligasi jk menengah (1-5 tahun) c. Obligasi jangka panjang (lebih dari 5 tahun)
  10. 10. EMITEN  Kegiatan perusahaan melakukan penjualan surat-surat berharga disebut EMISI, sedangkan perusahaan yang melakukan kegiatan tersebut disebut EMITEN.  TUJUAN:  Untuk perluasan usaha  Memperbaiki struktur modal  Mengadakan peralihan pemegang saham. 1.
  11. 11. 2.   INVESTOR Pemodal yang membeli atau menanamkan modalnya diperusahaan yang melakukan emisi. Sebelum membeli ,investor melakukan analisis terhadap perusahaan tersebut termasuk melihat bonafiditas,prospek dan analisys lainnya. TUJUAN : 1. Untuk memperoleh keuntungan (deviden) 2. Kepemilikan perusahaan 3. Berdagang (menjual kembali sahamnya)
  12. 12. 3. LEMBAGA PENUNJANG MEKANISME PASAR MODAL a. Underwriter (Penjamin emisi) b. Broker/Pialang (perantara perdagangan efek) c. Dealer d. Guarantor (Lembaga Penanggung) e. Trustee (wali amanat/ mewakili investor) f. Securities Company (Perusahaan Surat Berharga) g. Investment Company (Perusahaan Pengelola Dana) h. Kantor Adminitrasi Efek
  13. 13. LEMBAGA-LEMBAGA YANG TERLIBAT DI PASAR MODAL
  14. 14. LEMBAGA-LEMBAGA PEMERINTAH 1. BADAN PELAKSANA PASAR MODAL (BAPEPAM) Bertugas mengatur , mengawasi dan melaksanakan pasar modal di Indonesia 2. BADAN KOORDINASI PENANAMAN MODAL (BKPM) Setiap perusahaan yang akan menanamkan modalnya di Indonesia, baik PMDM (Penananaman Modal Dalam Negeri) maupun PMA (Penanaman Modal Asing ) harus memperoleh ijin dahulu dari BKPM 3. DEPARTEMEN TEKNIS Setiap bidang usaha izinnya akan dikeluarkan oleh departemen yang membawahinnya.
  15. 15. LEMBAGA-LEMBAGA SWASTA 1. NOTARIS Catatan yg perlu disahkan notaris : berita acara RUPS, keputusan dalam RUPS,meneliti keabsahan para pemegang saham, meneliti perubahan anggaran dll. 2. AKUNTAN PUBLIK Melakukan penilaian dan kelayakan dari laporan keuangan seperti Neraca,laporan laba/rugi, laporan perubahan modal,laporan tingkat kesehatan perusahaan dll. 3. KONSULTAN HUKUM Memberikan pernyataan-pernyataan tentang keabsahan dokumen-dokumen yang diajukan.
  16. 16. 4. PENILAI (APPRAISER) Untuk menilai kewajaran dari nilai suatu aktiva,seperti tanah,mesin-mesin,gedung ,mobil dan aktiva lainnya. 5. KONSULTAN EFEK Bertugas memberikan pendapat tentang keuangan dan manajemen emiten.
  17. 17. TAHAPAN – TAHAPAN DALAM EMISI
  18. 18. a. Tahap Persiapan Perusahaan Mengadakan RUPS b. Penyampaian Letter Of Intent Hasil rapat RUPS diajukan ke BAPEPAM kedalam bentuk surat resmi sebagai wujud hendak menerbitkan efek di pasar modal c. Penyampaian Pernyataan Pendaftaran Memuat informasi mengenai data manajemen & komisaris, struktur modal, kegiatan usaha emiten, rencana emisi, dan penjamin pelaksana emisi.
  19. 19. d. Evaluasi Dari Bapepam BAPEPAM akan meneliti dan mengevaluasi kelengkapan dokumen-dokumen yang disampaikan emiten. e. Dengar Pendapat Terbuka Dengar pendapat secara terbuka diikuti oleh BAPEPAM, Emiten serta lembaga-lembaga terkait lainnya dengan tujuan untuk mendapatkan informasi langsung dari pihak yang hendak melakukan emisi.
  20. 20. F. Pasar Perdana (Primary Market)  Setelah memenuhi persyaratan emisi,maka ketua BAPEPAM mengeluarkan ijin emisi.  Penawaran efek setelah pemberian ijin emisi sampai dengan pencatatan di bursa efek disebut Pasar Perdana (Primary Market)

×