Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Suku pamona 2

3,919 views

Published on

Published in: Education
  • GIMNA CARA DOWLOADX
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Wah, informasi ini sangat keliru. Semoga tidak digunakan sebagai bahan referensi. Suku Pamona ada di Kabupaten Poso, sulawesi tengah (bukan selatan. Terdiri dari sub-sub suku. Bangunan orang Pamona bukan aula tetapi lobo. Dan di Pamona tidak ada tradisi menguburkan mayat di gua.
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here

Suku pamona 2

  1. 1. SUKU PAMONA
  2. 2. KELOMPOK 4 BIA PERMATA PUTRI FAKHRY ABDURROHMAN FIORENTINA A.M.S LUTHFI MAULANA NI MADE MARIANDA SYIFA AMALIA D. Z
  3. 3. Alasan Pemilihan Suku Pamona Alasan kami memilih suku Pamona adalah untukmemperkenalkan salah satu suku yang namanya kurangfamiliar atau terdengar yang berada di kabupaten Poso Sulawesi Selatan serta karena tradisi suku Pamona menyangkut aspek kehidupan yang dipelihara dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Seperti Kepercayaan lama adalah warisan budaya suku Pamona yang tetap dipelihara dengan berbagai pengaruh modernisasi serta keyakinan.
  4. 4. LETAK SUKU PAMONA SULAWESI SELATAN
  5. 5. IDENTITAS SUKU PAMONA Suku Pamona, atau sering juga disebut suku Poso, mendiami hampir seluruh wilayah Kabupaten Poso, Kabupaten Tojo Una-Una, Morowali,bahkan provinsi Sulawesi Selatan (Luwu Utara), sedangkansebagian kecil hidup merantau di berbagai daerah diIndonesia. Jika di suatu daerah terdapat suku Pamona, biasanya selalu ada Rukun Poso, yaitu wadah perkumpulan orang-orang sesuku untuk melakukan sesuatu kegiatan di daerah tersebut
  6. 6. MARGA SUKU PAMONA Awundapu, Banumbu, Balie, Baloga, Betalino, Beto, Botilangi,Bulinde, Bungkundapu, Bungu, Buntinge, Dike, Dongalemba,Gilirante, Gimbaro, Gugu, Gundo, Kampindo, Kambodji,Kalembiro, Kalengke, Karape, Karebungu, Kayori, Kayupa, Koedio,Kogege, Kolombuto, Kolobinti, Kuko, Langgari, Lambangasi, Labiro,Liante, Lidongi, Luo, Lumaya,Lolongudju, Manganti, Meringgi, dll.
  7. 7. BANGUAN PENDUDUK SUKU PAMONA BANGUNAN AULA
  8. 8. Rumah Adat Suku Pamona Bagian Dalam
  9. 9. AGAMA Agama yang dianut hampir seluruh anggota suku ini adalah Kristen. AgamaKristen masuk ke daerah itu sekitar 100 tahun yang lalu dan sampai sekarangditerima sebagai agama rakyat. Sekarang semua gereja-gereja yang sealirandengan gereja ini bernaung dibawah naungan organisasi Gereja KristenSulawesi Tengah (GKST) yang berpusat di Tentena, Poso.
  10. 10. MATA PENCAHARIAN SUKU PAMONA PendetaPetani Wiraswasta Pegawai Negeri
  11. 11. BUDAYA ATAU TRADISI SUKU PAMONA
  12. 12. Alat Musik Suku Pamona Musik dan Tarian di Sulawesi Tengah bervariasiyaitu perpaduan antara daerah yang satu dengandaerah lainnya. Musik tradisional memilikiInstrumen seperti suling, gong, dan bahkangendang. Alat musik ini lebih berfungsi sebagaihiburan dan bukan sebagai ritual keagamaan.Dengan perkembangan yang ada bahkan sudahbanyak lagu daerah Sulawesi Tengah yang tercipta,dengan perpaduan musik khas tersebut.
  13. 13. Alat Musik Suku Pamona
  14. 14. Pakaian Adat Suku Pamona
  15. 15. Katiana (Upacara Kehamilan) Suku Pamona memandang penting lahirnya generasi penerus untukterus melanjutkan eksistensi mereka di atas muka bumi. Oleh karena itu, jika ada janin sedang dikandung oleh salah satu warga Pamona, janin tersebut dijaga dari segala kemungkinan yang kurang baik dengan mengadakan upacara. Upacara ini disebut "Katiana", yaitu upacara selamatan pada masa kehamilan. Tujuan upacara ini adalah untuk memohonkan keselamatan baik untuk keselamatan ibu yang sedangmengandung, rumah tangga, dan bayi yang berada di dalam kandungan.
  16. 16. Nilai-Nilai Dalam upacara Katiana, terdapat banyak nilai luhur yang sepatutnya kita renungkan dan cermati sehingga kita dapat mengambil hikmahnya. 1. Nilai religius 2. Nilai sosial 3. Nilai budaya
  17. 17. Tarian Dero Tarian Dero merupakan ungkapan kebahagiaan dan tandasyukur masyarakat Pamona karena telah berhasil memanenpadi mereka. Tarian dero ini diadakan setiap hari Padungku,hari raya dimana sanak keluarga dari berbagai tempat datangbersua untuk merayakan ucapan syukur panen dan saatpenutupan hari raya Padungku Karena saat itulah seluruhpenduduk berkumpul di alun-alun atau daerah datar yanglapang untuk menari bersama. Tarian Dero ini dilaksanakanpada malam hari hingga mata hari terbit.
  18. 18. Tarian DeroClick to edit Master text styles• Second level• Third level  Fourth level  Fifth level
  19. 19. Menyimpan Mayat Dalam Gua Gua yang dijadikan oleh suku pamona untuk mengubur mayat adalah Gua Latea. Gua ini merupakan pekuburan leluhur suku pamona yang berasal dari bukit wawolembo. Sistempenguburan seperti ini bagi masyarakat Pamona diperkirakan berakhir sekitar abad ke 19 dimana saat itu misonaris-misionaris Kristen sudah mulai memasuki wilayah-wilayah suku pamona. Pada awal penemeuan situs ini, ditemukan empat pasang peti mati dan 36 buah tengkorak. Gua latea sendiri merupakangua kapur yang usianya diperkirakan sudah sekitar 30 juta tahun.
  20. 20. Gua Latea

×