Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Pressure

1,060 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Pressure

  1. 1. BAB V PRESSURE
  2. 2. Kelompok 5 Anggota : • Ana Hadijah •Bernaz Bullah •M reza •M Syukur Alwan
  3. 3. l. Pendahuluan Tekanan adalah gaya yang diberikan oleh gas dan cairan karena berat badan mereka, seperti tekanan atmosfer di permukaan bumi dan tekanan cairan di bagian bawah dan dinding sebuah wadah. Unit tekanan adalah ukuran gaya yang bekerja di wilayah yang ditentukan. P = F / A Hal ini paling sering disajikan dalam pound per square inch (psi), kadang-kadang pound per kaki persegi (psf) dalam satuan Inggris, atau pascal (Pa atau kPa) dalam satuan metrik.
  4. 4. ll. Istilah Dasar 1,Density : Didefinisikan sebagai massa per satuan volume 2,Specific Weight : Didefinisikan sebagai berat per satuan volume 3.Specific Gravity : Nilai berdimensi karena merupakan rasio dari dua pengukuran dalam satuan yang sama 4, Tekanan statis : Tekanan dari cairan atau gas yang diam atau tidak bergerak 5. Tekanan dinamis : Tekanan yang diberikan oleh cairan atau gas ketika berdampak pada permukaan atau benda karena gerakan atau aliran 6, Dampak Tekanan : Jumlah dari statis dan dinamis pres-langkah pada permukaan atau objek
  5. 5. lll. Pengukuran Tekanan Istilah Pada Pengukuran Tekanan 1. Jumlah vakum : Merupakan nol tekanan atau kurangnya tekanan, seperti di luar angkasa. 2. Vacuum : Pengukuran tekanan dibuat antara jumlah vakum dan tekanan atmosfer normal (14,7 psi). 3. Tekanan Atmosfer : Tekanan pada permukaan bumi karena berat dari gas-gas dalam atmosfer bumi dan biasanya diekspresikan di permukaan laut sebagai 14,7 psi atau 101,36 kPa. Meskipun demikian, tergantung pada kondisi atmosfer. Tekanan menurun di atas permukaan laut dan pada ketinggian 5000 ft turun menjadi sekitar 12,2 psi (84,122 kPa). 4. Tekanan Absolut : Tekanan diukur sehubungan dengan vakum dan dinyatakan dalam pound per inci persegi absolut (psia). 5. Tekanan Gage: Tekanan diukur terhadap tekanan atmosfer dan biasanya dinyatakan dalam pound per inci persegi ukuran (psig). 6. Tekanan Diferensial : Tekanan diukur terhadap yang tekanan yang lain dan dinyatakan sebagai perbedaan antara dua nilai (delta P)
  6. 6. Hubungan antara Atmosfer, Gauge, Dan Tekanan Absolut.
  7. 7. lV . Satuan Dalam Pressure 1. Pounds per kaki persegi (psf) atau pound per square inch (psi) 2. Atmosfer (atm) 3. Pascal (N/m2) atau kilopascal (1000Pa) * 4. Torr = 1 mm merkuri 5. Bar (1.013 atm) = 100 kPa
  8. 8. V. Rumus Tekanan 1. Tekanan Hidrostatik Adalah Tekanan dalam cairan. Tekanan meningkat karena kedalaman dalam meningkat cair. Peningkatan ini disebabkan oleh berat cairan di atas titik pengukuran. p = gh di mana p = tekanan dalam pound per satuan luas atau pascal g = berat jenis (lb/ft3 dalam satuan british atau N/m3 dalam satuan SI) h = jarak dari permukaan dalam satuan kompatibel (ft, di, cm, m, dan seterusnya) Tekanan dalam hal ini adalah tekanan gage, yaitu, kPa (gage). Untuk mendapatkan tekanan total, tekanan atmosfer harus diperhitungkan. Tekanan total (absolut) dalam hal ini adalah 9,8 + 101,3 = 111,1 kPa
  9. 9. Keadaan Hidrostatik Paradoks menyatakan bahwa tekanan pada kedalaman tertentu dalam cairan adalah independen dari bentuk wadah atau volume cairan yang terkandung. Gambar diatas menunjukkan variasi bentuk tank. Tekanan total atau gaya pada sisi wadah tergantung pada bentuknya, tapi pada kedalaman tertentu.
  10. 10. 2. Bouyancy Gaya Apung ( Bouyancy) adalah gaya ke atas yang bekerja pada suatu benda tenggelam atau mengambang dalam cairan. gaya apung dan diberikan oleh B = gV where B = buoyant force (lb) g = specific weight (lb/ft3) V = volume of the liquid displaced (ft3)
  11. 11. Dalam Gambar diatas, a, b​​, c, dan d dengan ukuran yang sama. Gaya apung a dan c adalah sama meskipun kedalaman mereka berbeda. Tidak ada kekuatan apung di d sebagai cairan tidak bisa mendapatkan di bawah ini untuk menghasilkan gaya. Daya apung berlaku pada b adalah setengah dari a dan c, karena hanya setengah dari objek tersebut terendam.
  12. 12. 3. Hukum Pascal Menyatakan bahwa tekanan yang diterapkan untuk cairan tertutup (atau gas) ditransmisikan ke seluruh bagian cairan dan dinding wadah. Hal ini ditunjukkan dalam tekanan hidrolik pada Gambar. 5.4.
  13. 13. Vl. Alat Ukur 1. Manometer Manometer tabung-U terdiri dari tabung kaca berbentuk U sebagian diisi dengan cairan. Ketika ada tekanan yang sama di kedua sisi, tingkat cair akan sesuai dengan titik nol pada skala. Ketika tekanan yang diterapkan pada satu sisi U-tabung yang lebih tinggi daripada di sisi lain, sehingga perbedaan ketinggian dua kolom cairan mengkompensasi perbedaan tekanan
  14. 14. 2. Bourdon Tube prinsip operasinya adalah bahwa tepi luar dari penampang memiliki permukaan lebih besar dari bagian dalam. Ketika tekanan diterapkan, tepi luar mencoba untuk meluruskan dan dengan berbuat demikian ujung bebas tabung bergerak. Gerakan ini dapat secara mekanis digabungkan ke pointer, yang ketika dikalibrasi, akan menunjukkan tekanan sebagai garis indikator sight
  15. 15. tabung Bourdon biasanya digunakan untuk mengukur mengukur tekanan positif, tetapi juga dapat digunakan untuk mengukur tekanan negatif. Jika tekanan pada tabung Bourdon diturunkan, maka diameter tabung berkurang. Gerakan ini dapat digabungkan ke pointer untuk membuat alat pengukur vakum. Tabung Bourdon dapat memiliki berbagai tekanan sampai 100.000 psi (700 MPa).
  16. 16. 3. Barometer Barometer yang digunakan untuk mengukur tekanan atmosfer. Macam contoh barometer : 1. Sebuah barometer sederhana - barometer merkuri, sekarang jarang digunakan karena kerapuhan dan toksisitas merkuri. 2. Aneroid (tidak ada cairan) barometer disukai untuk pembacaan 3. Solid-state sensor tekanan absolut untuk output listrik.
  17. 17. 4. Piezoelectric Pressure Gauge Kristal piezoelektrik pro-Duce tegangan antara wajah yang berlawanan mereka ketika kekuatan atau tekanan yang diterapkan pada kristal. Tegangan ini dapat diperkuat dan perangkat yang digunakan sebagai sensor tekanan
  18. 18. 5. Capacitive devices Perangkat Capacitive menggunakan perubahan kapasitansi antara diafragma penginderaan dan piring tetap untuk mengukur tekanan.
  19. 19. 6. Diafragma, kapsul, dan bellow Diafragma terdiri dari lapisan tipis atau film dari bahan didukung pada bingkai kaku,Tekanan dapat diterapkan pada satu sisi film untuk pengukuran gauge atau tekanan dapat diterapkan untuk kedua sisi film untuk tekanan absolut. Macam bahan pengukuran untuk film : 1. karet plastik - perangkat tekanan rendah 2. silikon - tekanan menengah , 3. stainless steel - tekanan tinggi Ketika tekanan diterapkan pada diafragma , film mendistorsi atau menjadi sedikit bulat . Gerakan ini dapat dirasakan dengan menggunakan strain gauge , piezoelektrik, atau perubahan kapasitansi teknik-teknik ( teknik lama termasuk perangkat tumpukan karbon magnetik ) .
  20. 20. Vll. instrumen Vacuum Vacuum instrumen yang digunakan untuk mengukur tekanan kurang dari atmosfer. The Bourdon tube, diafragma, dan bellow dapat digunakan sebagai alat pengukur vakum, namun mengukur tekanan negatif sehubungan dengan tekanan atmosfer. Silikon mutlak pengukur tekanan memiliki built-in referensi tekanan rendah, sehingga dikalibrasi untuk mengukur tekanan absolut. . Perangkat konvensional dapat digunakan sampai 20 torr (5 kPa). Rentang ini dapat diperpanjang ke bawah sekitar 1 torr dengan perangkat penginderaan khusus.
  21. 21. Vlll. Seleksi Perangkat pengukur tekanan yang dipilih untuk rentang tekanan, persyaratan overload, akurasi, kisaran suhu operasi, membaca line-of-sight, atau sinyal listrik, dan waktu respon. Dalam beberapa aplikasi ada persyaratan khusus lainnya, seperti hystersis dan stabilitas, harus diperoleh dari spesifikasi manufacturers. Untuk aplikasi industri yang k membaca tekanan positif, tabung Bourdon adalah pilihan yang baik untuk pembacaan visual langsung dan sensor tekanan silikon untuk generasi sinyal listrik. Kedua jenis perangkat memiliki sensor yang tersedia secara komersial untuk mengukur dari beberapa pound per inci persegi tekanan FSD hingga 10.000 psi (700 MPa) FSD.
  22. 22. lX. Calibration Perangkat pengukur tekanan dikalibrasi di pabrik. Dalam kasus di mana sensor adalah perlu dikalibrasi ulang, sensor dapat kembali ke pabrik untuk kalibrasi ulang, atau dapat dibandingkan dengan referensi yang diketahui. • Perangkat tekanan rendah dapat dikalibrasi terhadap manometer cair. • Perangkat tekanan tinggi dapat dikalibrasi dengan tester mati-berat. Dalam tester mati-berat tekanan untuk perangkat yang diuji diciptakan oleh beban pada piston. Tekanan tinggi dapat direproduksi secara akurat.
  23. 23. Thank you

×