Panduan mencetak foto dengan photoshop

11,437 views

Published on

Panduan mencetak foto dengan photoshop

Published in: Design
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
11,437
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
93
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Panduan mencetak foto dengan photoshop

  1. 1. Panduan mencetak foto dengan PhotoshopBukalah foto atau gambar yang akan Anda cetak dengan Photoshop. Buatlah ukurangambar tersebut agar sesuai dengan ukuran cetak yang Anda inginkan. Untuk ukuranstandar cetak foto, bisa dibaca di artikel ini. Sedangkan cara yang mudah untuk membuatagar ukurannya sesuai dengan ukuran cetak adalah dengan menggunakan Crop tool,tentang cara penggunaan crop tool bisa dibaca di sini.Setelah ukuran foto sesuai dengan yang Anda inginkan, sekarang tinggal Anda pilihmenu File > Print.. Kemudian akan muncul sebuah kotak dialog yang lebar (akan lebihbaik jika layar monitor Anda di setting agak tinggi resolusinya agar kotak ini nampaksemua, misalnya 1024×768).Ada beberapa pengaturan pada kotak dialog ini yang mungkin ingin Anda atur terlebihdulu, misalnya:
  2. 2. 1. Nama printerJika printer yang terpasang di komputer Anda lebih dari satu, maka harus dipilih duluprinter yang ingin anda gunakan. Pada bagian Copies, isikan jumlah pencetakan yangingin Anda lakukan. Klik Page setup, jika Anda ingin mengubah ukuran kertas yangdigunakan. Pengaturan pada Page setup akan beragam, sesuai dengan jenis printer berikutdriver printer yang Anda gunakan.2. PositionAnda bisa memilih antara posisi tepat ditengah (dengan cara memberi tanda cek padapilihan Center Image), atau mengatur sendiri posisi gambar pada kertas. Jika Andamenonaktifkan pilihan Center Image, maka gambar bisa Anda geser-geser sendiriletaknya.3. Scaled Print SizePengaturan ini digunakan untuk mengubah ukuran cetak, Anda bisa mempertahankanukuran asli foto dengan menonaktifkan pilihan Scale to fit media. Bisa juga Anda buatagar foto bisa sebesar mungkin dan sesuai dengan ukuran kertasnya.4. OrientationAda dua tombol kecil dibawah gambar preview cetakan, tombol ini digunakan untukmemilih hasil cetakan yang mendatar (landscape) atau yang tegak (portrait).Pengaturan yang lain tidak usah diperhatikan, cuekin aja, sekarang tinggal klik tombolPrint di sudut kanan bawah kotak dialog.Jika muncul kotak dialog lagi seperti dibawah ini, klik tombol Print pada kotak dialogini.
  3. 3. Jika muncul lagi, kotak dialog seperti dibawah ini, klik tombol OK.Foto kemudian akan muncul dari printer, kecuali ada beberapa masalah lain dari printer.
  4. 4. Bagaimana jika kita ingin mencetak banyak foto dalam satu lembar kertas? Solusinyaadalah dengan membuat sebuat file baru yang ukurannya sesuai dengan kertas yang Andagunakan, dan memasukkan semua foto yang akan dicetak dalam file tersebut.Misalnya saya ingin mencetak foto ukuran 4R dalam satu lembar kertas ukuran folio.Maka saya buat dulu file baru yang berukuran kertas folio (F4). Setelah dipilih menu File> New, karena tidak terdapat ukuran folio di program Photoshop yang saya gunakan,maka saya atur sendiri ukurannya dengan mengisikan Width = 21,59 cm; Height = 33,02cm; Resolution = 300 dpi.
  5. 5. Kemudian pada file tersebut saya masukkan foto-foto yang akan akan saya cetak. Cumamuat 3 foto saja. Kemudian file inilah yang akan dicetak.
  6. 6. Catatan:Untuk mendapatkan hasil cetakan yang bagus, usahakan untuk menggunakan kertas yangmampu digunakan untuk mencetak dengan resolusi tinggi. Kertas ini harganya lebihmahal dibanding kertas biasa. Bisa juga dengan membeli kertas yang memang khususuntuk mencetak foto. Kertas-kertas seperti ini banyak tersedia di toko kertas, penjualprinter, studio foto digital, ataupun di tempat lain (tapi mungkin tidak tersedia di tokobesi atau apotik).Selamat mencoba mencetak foto sendiri dengan Photoshop.

×