Perkembangan fisik dan kognitif di masa kanak kanak pertengahan

13,867 views

Published on

Published in: Education
1 Comment
4 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
13,867
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
4
Actions
Shares
0
Downloads
291
Comments
1
Likes
4
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Perkembangan fisik dan kognitif di masa kanak kanak pertengahan

  1. 1. Perkembangan Fisik dan Kognitif di Masa Kanak-Kanak Pertengahan. (usia 6-11tahun) Hengki Yudha Barnaba, S.Pd Prodi Pendidikan Dasar Pascasarjana UNY
  2. 2. Pertumbuhan Fisik• Perkembangan fisik berlanjut lambat.• Umur 6 tahun , otak telah mencapai 90% ukuran otak orang dewasa.• Umur 6-8 tahun, anak perempuan terlihat lebih pendek pada anak laki- laki. tapi umur 9 tahun, justru berbalik
  3. 3. Pertumbuhan Fisik • Pertumbuhan ukuran paru-paru anak membuat pertukaran udara yg lebih banyak saat bernafas, sehingga anak- anak lebih bisa latihan dgn penuh semangat tanpa lelah. • Ketika tubuh anak menguat, banyak anak semakin berhasrat untuk melakukan olah raga fisik. „rasa sakit yg meluas‟ di malam hari, kaku dan nyeri pada kaki umum di alami ketika otot beradaptasi dengan kerangka yg membesar. (Evans & Scutter, 2004)
  4. 4. Pertumbuhan Fisik • Umur 6 - 12 tahun, kesemua 20 gigi primer tanggal dan tergantikan oleh gigi permanen, anak perempuan kehilangan giginya sedikit lebih awal dari pada anak laki-laki. • Untuk sementara, gigi permanen terlihat jauh lebih besar. Ketika tulang wajah berkembang, terutama dagu dan rahang yang menyebabkan wajah anak memanjang dan mulut melebar, menolong tumbuhnya gigi baru.
  5. 5. Masalah Kesehatan Pada Umumnya1. Penglihatan dan Pendengaran Myopia Rabun Jauh Menyerang hampir 25% anak, naik hingga 60% pd masa dewasa awal. Penyebab : Keturunan, berat badan lahir kurang, dan kebiasaan buruk anak Pembuluh eustachia terusan yang memanjang dari telinga bagian dalam ke tenggorokan menjadi lebih panjang, lebih sempit hasilnya infeksi dibagian tengah telinga.
  6. 6. 2. Malnutrition Meningkatnya aktifitas fisik, makan kurang teratur. Dalam studi yg dilakukan di Mesir, Kenya, dan Meksiko, kualitas makan (kandungan protein, vitamin, dan mineral) sangat kuat memprediksikan perkembangan kognitif yg baik di masa kanak-kanak pertengahan. (Sigman, 1995; Watkins & Pollitt, 1988)
  7. 7. 3. Obesitas Obesitas menyebabkan peningkatan tajam kasus diabetes pd anak-anak, kadang menimbulkan komplikasi awal yg parah, termasuk stroke, gagal ginjal, dan masalah peredaran darah yg mempertinggi resiko akhir berupa kebutaan dan amputasi kaki. Hannon, Rao, & Arslanian, 2005)
  8. 8. Penyebab Obesitas• Kurangnya pengetahuan ttg makan sehat.• Cenderung membeli makan murah berlemak tinggi.• Pola makan keluarga yg berlebihan.• Menafsirkan hampir smua kegelisahan anak sbg keinginan makan.• Tidur.• Lingkungan makan yang meluas.• Makan di restoran, di rumah, kerabat, dan dirumah teman.
  9. 9. Penyebab Obesitas II• Hub menonton TV dgn pertambahan lemak tubuh dr usia 4 hingga 11 tahun. Peneliti mengikuti lebih dari 100 anak dalam sebuah penelitian longitudinal, mengumpukan informasi ttg jam perhari menonton TV dan lemak tubuh, diukur menurut mililiter ketebalan lipatan kulit di lima lokasi tubuh (lengan atas, bahu, perut, batang, dan paha). Semakin sering anak menonton TV semakin tinggi pertambahan lemak tubuh. Di usia 10 hingga 11 tahun, selisih antara anak yg menonton kurang dari 1% jam dan mereka yg menonton lebih dari 3 jam sangat besar sekali.
  10. 10. Konsekuensi ObesitasObesitas yg berkelanjutan dari masa kanak-kanak hingga masa remaja memprediksikangangguan serius, termasuk penentangan, agresi, dan depresi berat.(Schwimmer, Burwinkle & Varni, 2003; Young-Hy- man dkk, 2006)
  11. 11. Menangani ObesitasIntervensi paling efektif adalah penangananberbasis keluarga dan fokus pada perubahan perilaku (Kitzmann & beech, 2006)
  12. 12. 4. Penyakit Sejauh ini penyakit paling umum yg menempati sepertiga penyakit kronis dimasa kanak-kanak dan penyebab paling sering tidak masuk sekolah dan opname di rumah sakit adalah asma, dalam hal mana tabung bronkial (penghubung tenggorokan dan paru-paru) sangat sensitif. (Bonilla dkk, 2005) Ketika merespons beragam stimulus, seperti cuaca dingin, infeksi, latihan, alergi, dan stress emosional, tabung-tabung itu penuh dengan lendir dan mengerut, sehingga menimbulkan batuk, dan gangguan pernapasan parah.
  13. 13. 5. Kecelakaan Tidak Sengaja• Anak-anak usia sekolah sering kali bertindak tanpa mampu berpikir terlebih dahulu (Tuchfarber, Zins, & Jason, 1997)• Mereka memerlukan lebih banyak pengingat, pengawasan, dan larangan berada sendirian di jalanan yang ramai dgn kendaraan, -khususnya ketika mereka semakin jauh dari rumah.-
  14. 14. Perkembangan Motorik dan Bermain• Perkembangan Motorik Kasar Beragam keterampilan anak mencerminkan meningkatnya empat kemampuan motorik dasar , yaitu : – Kelenturan. – Keseimbangan. – Kelincahan. – Kekuatan. (Haywood & Getchell, 2005)
  15. 15. • Perkembangan Motorik Halus Pada masa ini anak mulai menunjukan imajinasi dan minatnya. Seperti mencoba bermain yoyo, membangun model pesawat, memperlihatkan minat pada peralatan musik, dsb yang menuntut adanya kendali motorik halus.
  16. 16. • Perkembangan Motorik Halus – Di usia 6 tahun, kebanyakan anak mampu menuliskan abjad, menulis nama pertama mereka dengan cukup jelas. – Anak pandai mengambar dan ini memperlihatkan peningkatan tajam dimasa kank-kanak pertengahan
  17. 17. Perbedaan Jenis Kelamin• Anak perempuan memiliki kelebihan dalam keterampilan motorik halus dan kemampuan motorik yg bergantung pd keseimbangan dan kelincahan. Ex: lompat tali• Akan tetapi, anak lelaki lbh unggul dr anak perempuan dlm motorik kasar, seperti melempar dan menendang.• Perbedaan gender sangat tajam sekali. (Cratty, 1986; Haywood & Getcheell, 2005)
  18. 18. Perkembangan KognitifTeori Piaget : Tahap Operasional Konkret
  19. 19. Pemikiran Operasional Konkret Anak berfikir dlm cara teratur dan logishanya berhubungan dengan informasi konkretyg mereka terima langsung.1. Kekekalan2. Klasifikasi3. Penyerian (Seriation)4. Penalaran Spasial
  20. 20. Keterbatasan Pemikiran Operasional Konkret Anak berfikir dlm cara teratur dan logis hanya berhubungan dengan informasi konkret yg mereka terima langsung. Operasi mereka tdk bekerja baik ketika berhadapan dgn gagasan abstrak.Contoh : “Susan lebih tinggi dari Sally, dan Sally lebih tinggi dari Marry. Siapakah yg paling tinggi?” Anak baru bisa memecahkan masalah ini saat usia 11/12 tahun.
  21. 21. Evaluasi Tahap Operasional Konkret• Piaget : anak usia sekolah memecahkan banyak masalah dgn cara tertata dan rasional. (tdk mungkin dilakukan oleh anak pra sekolah)• Tetap ada ketidaksepakatan ttg hal ini.• Solusi : gagasan piaget dan gagasan pengolahan-informasi sangat menjajikan untuk memahami perkembangan kognisi pd pertengahan masa kanak-kanak.
  22. 22. Pengolahan Informasi• Mengkaji Perhatian dan ingatan yg mendasari setiap tindak kognisi.• Meningkatnya pemahaman ttg bagaimana anak usia sekolah mengolah informasi (khususnya bacaan dan matematika)
  23. 23. Atensi / Perhatian Pada pertengahan masa kanak-kanak, perhatian menjadi lebih selektif, adaptif, dan terencana.1. Anak menjadi lebih mampu memperhatikan lebih dari satu aspek dari suatu situasi yang relevan dengan tujuan mereka. Kinerja meningkat tajam antara usia 6 dan 10 tahun (Goldberg, Maurer, & Lewis, 2001; Lin, Hsiao, & Chen, 1999; Smith dkk 1998).
  24. 24. Atensi / Perhatian2. Anak yang lebih tua/lebih besar mengadaptasikan secara fleksibel perhatian mereka pada persyaratan tugas.3. Perencanaan meningkat tajam pada pertengahan masa kanak-kanak (Gauvain, 2004; Scholnick, 1995).4. Anak mengambil keputusan tentang apa yang mesti dilakukan terlebih dahulu dan apa yang dilakukan berikutnya secara tertata.
  25. 25. Startegi IngatanYakni aktivitas mental yang kita gunakanuntuk menyimpan dan memperoleh kembaliinformasi • Latihan / Pengulangan • Pengorganisasian • Elaborasi
  26. 26. Dasar Pengetahuan dan Cara Kerja Ingatan • Dasar pengetahuan jangka-panjang berkembang kian besar dan kian terorganisir menjadi jaringan berstruktur hierarkis yang rinci. • Pertumbuhan pesat pengetahuan ini membantu anak-anak menggunakan strategi dan mengingat (Schneider, 2002).
  27. 27. TERIMAKASIHBAHASAN SELANJUTNYAAKAN DIJELASKAN OLEH AHMAD MUDZAKIR
  28. 28. Bayu :Anak sudah bisa menulis abjad dgn dgn rapi usia berapa? Anak usia 8tahun sudah diajarkan menuli tegak bersambung?FrediFaktor apa yg mempengaruhi anak peremuan usia 9thn lbih tinggi dr pada anak laki-lakiJumantoMengapa keterampilan motorik anak lelaki dan perempuan berbeda?IlhamApa cm aspek kognitif yg membuat sukses belajar anakHadiBakat apakah aspek afektif ataukognitif?AnesBagaimana memberkan penanam konsep kpd anak dlm pembelajaran, agar mudah dipahami anak.

×