Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Teknik relaksasi sederhana

556 views

Published on

Teknik relaksasi sederhana

Published in: Healthcare
  • Be the first to comment

Teknik relaksasi sederhana

  1. 1. Teknik Relaksasi Diterjemahkan dari artikel oleh James Tighe di: http://www.bbc.co.uk/health/emotional_health/mental_health/co ping_relaxation.shtml Oleh: Bagus Utomo Twitter @bagus, email utomo.bagus@gmail.com
  2. 2. Pernahkah anda melihat seekor anjing bila sedang beristirahat? Tubuhnya bebas dari ketegangan, otaknya dimatikan dan telah pergi ke mode damai. Karena stres kehidupan kita, banyak manusia telah kehilangan kemampuan untuk melakukan ini, jadi kita harus mempelajari kembali bagaimana caranya.
  3. 3. Belajar bagaimana untuk bersantai Relaksasi teratur menenangkan kegelisahan dan membantu tubuh dan pikiran Anda pulih dari kesibukan dan stres sehari- hari. Mendengarkan atau bermain musik, lama berendam di bak mandi, atau berjalan-jalan di taman terasa mudah untuk beberapa orang, tetapi untuk orang lain itu tidak begitu mudah. Jika Anda merasa Anda perlu bantuan dengan belajar untuk bersantai, cobalah relaksasi atau kelas meditasi. Dokter anda dan perpustakaan setempat Anda mungkin memiliki informasi tentang ini.
  4. 4. 1. Pilih tempat yang tenang di mana Anda tidak akan terganggu. 2. Sebelum Anda mulai, lakukan beberapa latihan peregangan lembut untuk meredakan ketegangan otot.
  5. 5. 3. Buatlah diri Anda nyaman, baik duduk atau berbaring. 4. Mulai untuk bernapas perlahan dan dalam, dengan cara yang tenang dan mudah.
  6. 6. 5. Lembut tegang, kemudian bersantai, setiap bagian dari tubuh Anda, mulai dengan kaki Anda dan menjalar hingga wajah dan kepala anda mulai merasakan santai. 6. Ketika Anda berfokus pada setiap bagian tubuh, memikirkan kehangatan suasana, muncul perasaan ringan dan rileks.
  7. 7. 7. Hapus setiap pikiran yang mengganggu ke belakang pikiran Anda; membayangkan mereka hanyut menjauh. 8. Jangan mencoba untuk rileks; mengalir dan lepaskan saja ketegangan pada otot dan biarkan mereka untuk menjadi rileks.
  8. 8. 9. Biarkan pikiran Anda kosong. Beberapa orang merasa terbantu dengan memvisualisasikan tempat yang tenang dan indah seperti taman atau padang rumput. Membayangkan momen indah bersama orang yang kita cintai dan lain-lain. 10. Tetap seperti ini selama sekitar 20 menit, lalu mengambil napas dalam-dalam beberapa kali dan membuka mata Anda, tetapi tetap duduk atau berbaring untuk beberapa saat sebelum Anda bangun.
  9. 9. Sangat penting bagi Anda untuk meluangkan waktu berlatih secara teratur. Relaksasi adalah salah satu kegiatan swadaya yang paling efektif untuk kesehatan mental. Hal ini dapat menjadi tambahan yang berguna selain bentuk terapi/perawatan lain, juga sebagai langkah efektif untuk mencegah perkembangan stres dan kecemasan.
  10. 10. Latihan Relaksasi dapat dibagi menjadi dua kategori: - Relaksasi untuk tubuh dan - Relaksasi untuk pikiran. - Latihan yang berfokus pada tubuh juga berpengaruh pada pikiran. Memiliki tubuh yang rileks tidak dapat mencegah aliran pikiran yang merangsang kecemasan tapi ini merupakan dasar yang baik untuk mendapatkan kendali dari pikiran-pikiran itu. - Jadi untuk hasil terbaik cobalah untuk menggabungkan kedua teknik tersebut. - Kamu dapat juga mencari musik khusus untuk mendampingi relaksasi di youtube.com
  11. 11. Selamat berlatih dan Terima Kasih Rekening sumbangan: Nama account: Peduli Skizofrenia Indonesia, No Rek: 8000-8156-4900, Alamat Bank: CIMB Niaga Ruko Bonagabe, Jl Raya Jatinegara Timur No 101, Jakarta 13310.

×