Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Perilaku konsumen dalam memilih produk samsung

7,653 views

Published on

  • Be the first to comment

Perilaku konsumen dalam memilih produk samsung

  1. 1. Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen: Budaya Sosial Faktor Pribadi Psikologi
  2. 2. Faktor Budaya : Faktor budaya adalah faktor yang dipengaruhi kepercayaan, nilai-nilai, dan kebiasaan yang dipelajari yang membantu mengarahkan perilaku konsumen para anggota masyarakat tertentu. Komponen yang termasuk didalamnya yaitu budaya, sub-budaya, dan kelas sosial konsumen. Dalam faktor budaya produk samsung yang berasal dari Korea memiliki nilai tersendiri di mata konsumen dan, mempunyai gaya yang berbeda dengan produk lain dan sudah diakui didunia internasional. Dalam kelas sosial samsung sendiri mempunyai sasaran dari menengaj sampai atas.
  3. 3. Faktor Sosial : Faktor sosial adalah faktor yang dipengaruhi oleh orang-orang disekitar kita. Komponen yang termasuk didalamnya yaitu kelompok acuan, keluarga, serta peran dan status sosial konsumen. Dalam faktor sosial samsung memberikan kelebihan untuk memenuhi kebutuhan konsumen, sehingga berbeda dengan yang lain dan mempunyai beberapa produk elektronik dari tv, hp, laptop dll.
  4. 4. Faktor Pribadi : Faktor pribadi adalah faktor yang dipengaruhi oleh karakteristik pribadi dari seorang konsumen. Faktor ini samsung memberikan karekteristik sesuai : •Samsung memberikan peluang untuk Usia memiliki produknya dari kalangan remaja sampai dewasa. •Samsung memberikan kemudahan Pekerjaan untuk mengerjakan suatu tugas dengan produk yang dimilikinya. •Samsung memberikan yang terbaik Gaya untuk pelanggannya dengan cara hidup melakukan kemajuan teknologi yang sesuai kebutuhan konsumen.
  5. 5. Faktor Psikologis : Faktor psikologis adalah faktor paling mendasar dalam diri individu yang akan mempengaruhi pilihan-pilihan seseorang dalam membeli. • Seseorang membeli produk ini adanya dorongan trend masa kini dan yang akan datang. Misalnya hp samsung galaxy yang dibekali os android yang trend sekarang Motivasi ini. • Konsumen mempunyai sifat yang menyakinkan terhadap produk samsung yang selalu berkembang dengan teknologi Kepercayaan sesuai zaman ( kebutuhan konsumen).
  6. 6. Proses Keputusan Pembelian Konsumen 1. Pengenalan Produk Dalam mempublikasikan samsung sendiri melalui berbagai media : Elektronik, Media sosial, Media cetak dll.2. Pencarian Informasi Pemberitahuan informasi sangat membantu konsumen untukmengetahui perkembangan produk tersebut. Dengan cara melaluisitus perusahaan, majalah, dan dari percakapan antar konsumen.3. Evaluasi alternatif yang ada 4. Keputusan Pembelian Bahwa samsung sendiri Dalam hal ini seorangmempunyai produk yang konsumen akan menilaiharganya terjangkau untuk dari harga dan kualitasmasyarakat luas. produk tersebut.
  7. 7. Perilaku Pasca Pembelian Harapan Konsumen terhadap produk samsung adalah kedepannya samsung memberikan produk yang dapat mempermudah pekerjaan dan berbasis teknologi modern Kepuasaan Pasca Pembelian terhadapat produk samsung membuktikan bahwa produknya banyak diminati oleh konsumen dari segi harga maupun kualitas sehingga banyak konsumen yang menyatakan puas dengan kinerja samsung.
  8. 8. Pemasar harus berusaha untukmempengaruhi dan mengamati perilaku pasca pembelianPemasar harus selalu memberikan dukungan terhadapkonsumen yang telah memilih produk yang dibelinya danmemantapkan pilihannya itu tepat.Pemasar juga harus mengetahui celah untuk memberitahukankepada konsumen tentang produk yang dikembangkannyasesuai kebutuhan konsumen dengan harga, kualitas, danteknologi yang tinggi.
  9. 9. KESIMPULANBanyak konsumen memilih suatu produk dari brandternama, harga yang terjangkau, dan kualitas yangtinggi, sehingga konsumen selulu percaya diri pada saat memakainya.

×