Diferensiasi sosial berdasarkan jenis kelamin

22,134 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
22,134
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
76
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Diferensiasi sosial berdasarkan jenis kelamin

  1. 1. DIFERENSIASI SOSIALBERDASARKAN JENISKELAMIN dan GENDER KELOMPOK 7 : 1. ANDRI K. (04)2. ARIS WIBOWO (06)3. I MADE RAKA P. ()4. M. CENDANA AJI () 5. S. RAHAYU (34)
  2. 2. Pengertian diferensiasi sosial Diferensiasi sosial merupakan perbedaan seseorang dilihat dari suku bangsa, ras, agama, klan, dsb. Klasifikasi terhadap perbedaan- perbedaan yang biasanya sama
  3. 3. Bentuk-Bentuk Diferensiasi Sosial Diferensiasi Ras Diferensiasi Suku Bangsa (Etnis) Diferensiasi Klen (Clan) Diferensiasi Agama Diferensiasi Profesi (pekerjaan) Diferensiasi Jenis Kelamin
  4. 4. Pengertian jenis kelamin dan gender Jenis kelamin merupakan pembedaan antara laki-laki dengan perempuan berdasarkan ciri fisik biologis yang tidak dapat dipertukarkan Gender merupakan pembedaan antara laki- laki dengan perempuan berdasarkan ciri-ciri sosial dan budaya yang sebenarnya dapat dipertukarkan, karena diperoleh melalui proses belajar. Misalnya : perempuan bekerja di dalam rumah dan laki-laki bekerja di luar rumah.
  5. 5. Diferensiasi sosial berdasarkan jenis kelamin dan gender Pada dasarnya kedudukan laki-laki dan perempuan sama, karena mempunyai kesempatan, status, dan peran sosial yang sama. Namun, di beberapa daerah tertentu status laki-laki dianggap lebih tinggi daripada perempuan atau sebaliknya. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan fisik dan sosialisasi nilai dan norma yang membedakan mereka. Akan tetapi, perbedaan tersebut bersifat horizontal bukan pada tingkatan- tingkatan dalam masyarakat.

×