Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

pasar

pengertian pasar (mencakup syarat dll) struktur pasar, pasar persaingan sempurna (ciri- ciri dll)

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

pasar

  1. 1. KELOMPOK EKONOMI Ayudya Fitri Hernina Cahyani Nur Hikmah Rizka Aulia Rahma Wahyuning Sari Handayani
  2. 2. PENGERTIAN PASAR Pasar adalah proses hubungan timbal balik antara penjual dan pembeli untuk mencapai kesepakatan harga dari suatu barang atau jasa yang diperjualbelikan Hal yang membedakan pasar dan bukan pasar adalah kegiatan yang dilakukan yaitu transaksi jual beli. a. Pasar nyata (konkret) adalah pasar dalam kehidupan sehari-hari. Pasar ini berkaitan dengan tempat,waktu, dan jenis barang yang diperdagangkan b. Pasar abstrak didalam pasar abstrak tidak terdapat barang yang diperjualbelikan, penual dan pembeli juga tidak bertatap muka langsung.
  3. 3. a. Syarat –syarat pasar - Adanya penjual - Adanya pembeli - Adanya barang atau jasa yang diperjualbelikan - Kesepakatan antara penjual dan pembeli b. Faktor-Faktor yang menentukan struktur pasar - Jumlah Penjual / Produsen - Jumlah / Sifat barang c. Fungsi Pasar - Fungsi Distribusi - Fungsi Pembentukan Harga - Fungsi Promosi - Mengorganisasikan Produksi - Menyediakan barang dan jasa untuk keperluan masa depan
  4. 4. d. Macam Macam Pasar  Berdasarkan Jenis Barang yang Diperjualbelikan - Pasar Barang Konsumen - Pasar Barang Produksi  Berdasarkan Luas Jangkauannya - Pasar Lokal -Pasar Nasional - Pasar Regional - Pasar Internasional / Pasar Dunia  Berdasarkan Waktu Terjadinya - Pasar Harian - Pasar Mingguan - Pasar Bulanan - Pasar Tahunan - Pasar Temporer
  5. 5.  Berdasarkan Cara Transaksinya - Pasar Tradisional - Pasar Modern  Bedasarkan Hubungannya Dengan Proses Produksi - Pasar Output (pasar produksi) - Pasar Input (pasar faktor produksi)  Berdasarkan Strukturnya - Pasar Persaingan Sempurna - Pasar Monopoli - Pasar Persaingan Monopolistik - Pasar Oligopoli e. Peranan Pasar Dalam Dunia Perekonomian -Konsumen Pasar memberikan kesempatan kepada konsumen untuk memperoleh dengan mudah barang-barang yang dibutuhkannya.
  6. 6. - Produsen Produsen menghasilkan barang untuk memenuhi kebutuhan orang lain atau konsumen. - Pembangunan Perkembangan pasar akan menunjang kelancaran pembangunan. Pasar juga dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan negara melalui pungutan pajak dan iuran-iuran atau retribusi. - Sumber Daya Manusia
  7. 7. Bentuk struktur pasar Struktur pasar adalah berbagai hal yang dapat mempengaruhi tingkah laku dan kinerja perusahaan pasar, seperti jumlah perusahaan, skala produksi, dan jenis produksi. Struktur pasar yang kompetitif adalah struktur pasar di mana perusahaan – perusahaan yang ada didalamnya sama sekali tidak memiliki kemampuan untuk mempengaruhi harga dan jumlah barang dipasar.
  8. 8. Pasar Persaingan Sempurna Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang terdapat mobilitas sempurna dari sumber daya serta adanya pengetahuan yang sempurna baik pembeli maupun penjual, Persaingan sempurna akan terjadi jika produsen – produsen secara individual di pasar tidak bisa mempengaruhi harga. Ketiadaan terhadap harga tersebut memerlukan syarat-syarat sebagai berikut :
  9. 9. • Jumlah pembeli dan penjual banyak • Produk yang homogen • Bebas keluar masuk pasar • Penyebaran informasi yang sempurna
  10. 10. Ciri-ciri pasar persaingan sempurna a. Homogenitas Produk (Homogeneus product) produk yang mampu memberikan kepuasan (utilitas)kepada konsumen tampa perlu mengetahui siapa produsennya. b. Pengetahuan sempurna (perfect knowledge) c. Output perusahaan relatif kecil (small relatively output) d. Perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar (price taker) e. Keleluasan masuk-keluar pasar (free entry and exit)
  11. 11. Kelebihan pasar persaingan sempurna • Konsumen atau masyarakat mempunyai pilihan yang lebih banyak • Bagi produsen mempunyai kebebasan yang penuh
  12. 12. Kekurangan pasar persaingan sempurna • Inovasi produk tidak membawa manfaat yang kekal atau jangka panjang • Menimbulkan biaya sosial bagi masyarakat sebagai dampak dari penggunaan sumber daya yang terdapat di sekitar lingkungan industri.
  13. 13. Pengertian Pasar Persaingan Tidak Sempurna Adalah pasar yang terdiri atas sedikit penjual dan banyak pembeli
  14. 14. Sistem Harga Dalam Pasar Persainan Sempurna Dalam pasar persaingan sempurna harga ditentukan oleh kekuatan pasar. Pengambil harga atau price taker berarti suatu perusahaan yang ada di dalam pasar tidak dapat menentukan atau mengubah harga pasar. Apapun tindakan perusahaan dalam pasar, ia tidak akan menimbulkan perubahan ke atas harga pasar yang berlaku.
  15. 15. Peranan Bentuk Harga Pasar Persaingan Sempurna terhadap Perekonomian Bentuk pasar persaingan sempurna terdapat terutama dalam bidang produksi dan perdagangan hasil-hasil pertanian seperti beras, terigu, kopra, dan minyak kelapa. - Sebagai sarana distribusi yang berfungsi memperlancar proses penyaluran barang atau jasa dari produsen ke konsumen - Sebagai sarana promosi - Sebagai pembentuk harga pembeli
  16. 16. •Maharani : apa contoh dari Pasar persaingan tidak sempurna? •Liana : sebutkan ciri-ciri pasar output dan peranan pasar tersebut bagi perekonomian? •Firda : apa contoh peranan dari masyarakat luar negri dari pasar persaingan tidak sempurna? •Kharisma :

×