Pengertian dasar internet dan intranet

12,194 views

Published on

  • Be the first to comment

Pengertian dasar internet dan intranet

  1. 1. A. Pengertian Internet * Internet (Interconnected Networking) adalah sekumpulan komputer yang terhubung menjadi satu dalam sebuah jaringan komputer yang berada di seluruh dunia.
  2. 2. Aplikasi Internet ❶ WWW (World Wide Web), adalah sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks,gambar,suara,dll yang tersimpan dalam sebuah internet webserver yang dipresentasikan dalam bentuk hypertext. ❷ Email (Electronic Mail), adalah surat menyurat melalui komputer yang saling terhubung dengan jaringan global. ❸ Newsgroup, adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi antar satu dengan yang lainnya dalam sebuah forum dengan ketertarikan yang sama. ❹ Mailing List (Milis), adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui email.
  3. 3. ❺ IRC (Internet Relay Chat), adalah sebuah bentuk komunikasi di internet yang menggunakan sarana baris-baris tulisan yang diketikan melalui keyboard. ❻ FTP(File Transfer Protocol), adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke atau dari komputer lain. ❼ Telnet, adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang berjarak jauh. ❽ Facebook, adalah website jaringan sosial dimana pengguna dapat berinteraksi tanpa batas dengan orang lain yang berada di seluruh dunia. ❾ dan lain-lain.
  4. 4. Keuntungan internet Memudahan dalam memperoleh informasi. Sebagai media promosi. Sarana mempertukarkan data. Internet memungkinkan penggunanya untuk saling berkomunikasi melalui surat menyurat (e-mail),melakukan transaksi komersial (e-commerce),mengakses pustaka (e-library),dan belajar secara online menggunakan (e-learning).
  5. 5. Kerugian internet
  6. 6. B. Pengertian Intranet * Intranet adalah sebuah jaringan komputer berbasis protocol TCP/IP (Transmission Control Protocol) yang digunakan dalam internal perusahaan,kantor,bahkan warnet.
  7. 7. Keuntungan Intranet Produktivitas kerja tinggi Efesiensi waktu Komunikasi lebih lancar Sistem publikasi web Efektivitas biaya Keseragaman Informasi Meningkatkan kerja sama
  8. 8. Kelemahan Intranet  Informasi yang salah mengurangi efektivitas kerja.  Ada kemungkinan untuk mengirim hal-hal yang kurang sesuai, hal ini perlu adanya tanggung jawab yang besar dari setiap pengguna.  Perlu adanya pelatihan karyawan.  Diperlukan tenaga ahli untuk membangun dan mengembangkan intranet.  Pertimbangan keamanan data karena, pengguna bisa saja mengirim pesan yang sensitive.  Jika tidak dikontrol dengan baik, dapat terjadi overload (data penuh).
  9. 9. Disusun oleh : Ayu Anggarsari 11/IX D
  10. 10. TERIMA KASIH !

×