Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

PA untuk Generasi Digital versi SMA

698 views

Published on

Teknologi semakin berkembang. Seluruh dunia terkoneksi dengan internet. Informasi digital semakin melimpah. Dunia digital semakin semarak dengan munculnya teknologi smartphone. Smartphone sudah menjadi bagian dari gaya hidup, terutama bagi generasi digital, generasi yang lahir dan bertumbuh di zaman ini atau di era digital. Generasi Digital atau biasa disebut dengan digital native tidak bisa lepas dari teknologi. Bagaimana dengan digital native Kristen? Bagaimana mereka dapat bertumbuh secara rohani dengan gadget yang mereka pakai setiap hari? Presentasi ini akan menjelaskan permasalahan tersebut. Presentasi ini bisa dibawakan dalam waktu 2 jam.

Published in: Technology
  • Be the first to comment

PA untuk Generasi Digital versi SMA

  1. 1. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA
  2. 2. Seluruh dunia terkoneksi oleh internet Semua orang bisa tahu tentang setiap orang dan setiap hal. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA
  3. 3. Informasi digital sangat melimpah. berteman kontak keluarga belajar ttg binatang Pengetahuan cari lokasi tempat resep masakan hiburan cari pekerjaan info kesehatan beli baju, tas, sepatu dll. Gambar/foto video/film tersedia kamus e-buku kata-kata mutiara info sekolah cari jodoh hobi info gereja belajar ttg Tuhan dll. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA
  4. 4. Banyaknya informasi dan hiburan digital membuat manusia lebih senang hidup di dunia maya. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA
  5. 5. Dunia digital semakin semarak dengan munculnya teknologi Smartphone. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA
  6. 6. Kehebatan Teknologi Smartphone Radio Mesin ketik Kalculator Telepon Televisi Kamera foto Kamera video Jam dg Alarm Perekam suara SMS/Chatting Audio player DVD Player Game player Menggambar Mesin pengolah kata Buku telepon Kartu Nama Kalendar Peta jalan Bank Buku #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA
  7. 7. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA Sekarang, smartphone sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari hidup manusia.
  8. 8. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA Pemakaian HP dalam sehari.
  9. 9. Smartphone mengubah perilaku manusia. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA
  10. 10. Kecanduan Smartphone #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA
  11. 11. Terutama pada generasi digital = generasi Z #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA
  12. 12. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA
  13. 13. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA
  14. 14. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA Generasi Z • Lahir setelah 1995 • Digital native /fasih teknologi • Multitasking • Visual Generasi X • Lahir sebelum tahun 1995 • Digital immigrant/Gaptek • Pikiran hanya fokus ke satu hal • Verbal DIBANDING DENGAN GENERASI X
  15. 15. Lomba Mengetik cepat
  16. 16. Download: Masukkan di CONTACT: 1. Ayo_PA 2. SABDA Bot
  17. 17. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA  Bangun tidur dan mau tidur yang dicari pertama adalah HP  Lebih seneng baca tulisan lewat layar sentuh  Lebih bingung kalau lupa bawa hp daripada bawa dompet  Kemana-mana bawa HP, bahkan kalau ke kamar mandi  Nggak bisa diam dan bawaannya pingin ngecek HP terus  Sensitif dengan bunyi dan getar HP  Punya minimal 5 akun sosmed dan media chat  Seneng berekspresi dan berbagi lewat foto atau status  Wifi gratis jadi salah satu tempat favorit untuk dikunjungi  Cari informasi apa pun langsung nanya Mbah Google Is this you… ??? Let’s check it!
  18. 18. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA Video “Generasi Z” https://www.youtube.com/watch?v=J6BB7I9cLqU
  19. 19. Generasi Z hidup dalam era digital yang sangat luar biasa. Namun pertanyaannya, “Apakah Gen Z menyadari keistimewaan itu dan memakai semua kemajuan teknologi dengan bijaksana?” #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA
  20. 20. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA
  21. 21. Teknologi itu baik karena …. Karena itu, teknologi harus kembali dipakai untuk memuliakan Tuhan. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA Teknologi adalah dari Tuhan.
  22. 22. Sebab, oleh Dia, segala sesuatu yang ada di surga dan di bumi diciptakan, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik takhta, kekuasaan, pemerintah, maupun penguasa. Segala sesuatu telah diciptakan melalui Dia dan untuk Dia. Kolose 1:16
  23. 23. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA
  24. 24. Yayasan Lembaga SABDA meluncurkan produk-produk digital, di antaranya: #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA
  25. 25. Manusia hidup bukan dari roti saja. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA
  26. 26. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA Manusia HIDUP & BERTUMBUH dari ....MAKANAN ….. jasmani
  27. 27. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA Kerohanian kita BERTUMBUH dari ... MAKANAN ….. rohani! Firman Tuhan
  28. 28. HAND HEAD HP PRINSIP Pemuridan 3H HEAR T #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA
  29. 29. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA Hp bisa dipakai Untuk menjadi alat pertumbuhan rohani kita.
  30. 30. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA Gadget harus diisi dengan alat-alat yang dapat menolong kita belajar Firman Tuhan.
  31. 31. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA Alkitab di HP Gadget harus diisi dengan alat-alat yang dapat menolong kita belajar Firman Tuhan.
  32. 32. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA Alkitab di HP Apps belajar Alkitab Gadget harus diisi dengan alat-alat yang dapat menolong kita belajar Firman Tuhan.
  33. 33. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA Alkitab di HP Apps belajar Alkitab Audio/video Alkitab Gadget harus diisi dengan alat-alat yang dapat menolong kita belajar Firman Tuhan.
  34. 34. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA Alkitab di HP Media Sosial Kristen Apps belajar Alkitab Audio/video Alkitab Gadget harus diisi dengan alat-alat yang dapat menolong kita belajar Firman Tuhan.
  35. 35. Dsb.. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA Alkitab di HP Media Sosial Kristen Apps Chat dan Group PA Apps belajar Alkitab Audio/video Alkitab Gadget harus diisi dengan alat-alat yang dapat menolong kita belajar Firman Tuhan.
  36. 36. Lomba mencari arti kata dari aplikasi Kamus Alkitab SABDA.
  37. 37. Cari arti kata “MAHKOTA” dalam kamus Yunani. Apa kata Yunani untuk Mahkota dan apa artinya?
  38. 38. cari pekerjaan
  39. 39. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA Generasi UNTUK PA Digital
  40. 40. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA PA adalah Pendalaman Alkitab Jadi, kita harus memahami Alkitab! Mengapa harus PA? • Untuk mengenal Allah dan kehendak-Nya. • Untuk mengenal siapa diri kita di hadapan Allah. • Untuk dikuatan/dihibur • Untuk mendapat solusi bagi masalah hidup. • Untuk menang dr pencobaan Bagaimana memulai PA? • Berdoa kepada Tuhan • Minta pimpinan Roh Kudus • Rendahkan hati untuk dibentuk. • Siapkan pikiran untuk diajar. • Gunakan alat-alat / teknologi untuk belajar Alkitab. • Miliki kerinduan untuk menjalankan kehendak-Nya. •
  41. 41. Belajar Firman Tuhan di era digital adalah “FUN” karena bisa pakai gadget.
  42. 42. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA #ayo_PA! Caranya adalah dengan memakai Metode S.A.B.D.A.
  43. 43. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA APA ITU METODE PA S.A.B.D.A.?
  44. 44. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA SIMAK
  45. 45. SIMAK -- Cara membuka ayat #Ayo_PA © Yayasan Lembaga SABDA
  46. 46. SIMAK (2 Timotius 3:16) #Ayo_PA © Yayasan Lembaga SABDA
  47. 47. SIMAK -- Cara memilih versi Alkitab #Ayo_PA © Yayasan Lembaga SABDA
  48. 48. SIMAK (2 Timotius 3:16) #Ayo_PA © Yayasan Lembaga SABDA
  49. 49. SIMAK (2 Timotius 3:16) #Ayo_PA © Yayasan Lembaga SABDA
  50. 50. 2 Timotius 3:16 #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA SIMAK Terjemahan Baru Bahasa Jawa Bahasa Inggris Alkitab Yang Terbuka 2 Timotius 3:16 (2 Timotius 3:16)
  51. 51. SIMAK (2 Timotius 3:16) #Ayo_PA © Yayasan Lembaga SABDA
  52. 52. ANALISA #Ayo_PA © Yayasan Lembaga SABDA
  53. 53. ANALISA dengan AlkiPEDIA(2 Timotius 3:16) #Ayo_PA © Yayasan Lembaga SABDA
  54. 54. ANALISA dengan Kamus(2 Timotius 3:16) #Ayo_PA © Yayasan Lembaga SABDA
  55. 55. ANALISA(2 Timotius 3:16) #Ayo_PA © Yayasan Lembaga SABDA dengan Kamus
  56. 56. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA BELAJAR
  57. 57. BELAJAR dengan Tafsiran #Ayo_PA © Yayasan Lembaga SABDA (2 Timotius 3:16)
  58. 58. BELAJAR #Ayo_PA © Yayasan Lembaga SABDA dengan Tafsiran(2 Timotius 3:16)
  59. 59. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA BELAJAR(2 Timotius 3:16)
  60. 60. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA DOA + DISKUSI
  61. 61. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA DOA + DISKUSIDengan teman-teman
  62. 62. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA APLIKASI
  63. 63. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA Saya akan disiplin APLIKASI MEMBACA, BELAJAR, DAN MELAKUKAN FIRMAN TUHAN (2 Timotius 3:16)
  64. 64. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA Gadgetmu harus dipakai untuk kemuliaan Tuhan. Jadikan gadgetmu pusat berbagi bahan- bahan belajar Alkitab. Aktivitas apa pun di media sosial atau internet, terapkan standar kebenaran Alkitab. Bergabung dalam sosmed yang mendukung pertumbuhan rohanimu. Share setiap berkat firman Tuhan yang didapatkan. Berkomitmen menggunakan gadget sebagai alat untuk disiplin rohani baca dan belajar Alkitab.
  65. 65. #ayo_PA! © Yayasan Lembaga SABDA

×