Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Geografi: Kualitas dan Baku Mutu Lingkungan Kelas 11 SMA IPA/IPS

3,679 views

Published on

Mata pelajaran Geografi kurikulum 2013

Published in: Education
  • Dating direct: ♥♥♥ http://bit.ly/39mQKz3 ♥♥♥
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Dating for everyone is here: ❶❶❶ http://bit.ly/39mQKz3 ❶❶❶
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here

Geografi: Kualitas dan Baku Mutu Lingkungan Kelas 11 SMA IPA/IPS

  1. 1. KUALITAS & BAKU MUTU LINGKUNGAN KELOMPOK : 1. Aulia Safitri (04) 2. Dewi W. (07) 3. Lintang Febri (14) 4. Refia Nur E (19)
  2. 2. 1. KUALITAS LINGKUNGAN HIDUP • Kualitas lingkungan hidup adalah derajat kemampuan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia di tempat dan waktu tertentu. Kebutuhan manusia bermacam-macam(sandang, pangan, perumahan, pendidikan, kesehatan, keamanan, pekerjaan, dan perlindungan hukum).
  3. 3. 3 KRITERIA YANG DIGUNAKAN UNTUK MENGUKUR KUALITAS HIDUP MANUSIA/KUALITAS TARAF HIDUP MANUSIA : a. Terpenuhnya Kebutuhan Dasar untuk Kelangsungan sebagai makhluk Hidup Hayati Kebutuhan ini bersifat mutlak yang didorong oleh keinginan manusia untuk menjaga kelangsungan hidup hayatinya. kebutuhan dasar ini terdiri dari udara, air yang bersih, pangan dan kesempatan untuk mendapatkan keturunan serta perlindungan terhadap serangan penyakit dan sesama manusia. Air juga berperan menjaga suhu tubuh serta masih banyak kegunaan lainnya. b. Kebutuhan Dasar Untuk Kelangsungan Hidup Kebutuhan dasar untuk hidup secara manusiawi sebagian bersifat material dan sebagian lagi bersifat nonmaterial. hal ini yang membedakan manusia dengan hewan. Tetapi juga perlu diberikan pengetahuan tentang agama, filsafat, ilmu, seni dan budaya yang membedakan pendidikan manusia dengan hewan .Apalagi pendidikan teknologi sangatlah penting. Kebutuhan dasar lain yang membuat manusia menjadi manusiawi adalah energi misalnya untuk transportasi sangatlah tidak manusiawi seandainya seseorang harus berjalan kaki puluhan kilometer dari tempat tinggalnya ke suatu lokasi tempat di bekerja untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup hayatinya. c. Kebutuhan Dasar Untuk Memilih Sudah barang tentu dalam masyarakat yang tertib, derajat kebebasan untuk memilih dibatasi oleh hukum, baik yang tertulis maupun tidak tertulis. Kemampuan memilih merupakan sifat hakiki untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya, baik pada tumbuhan, hewan, maupun manusia
  4. 4. KUALITAS LINGKUNGAN HIDUP DIBEDAKAN BERDASARKAN BIOFISIK, SOSIAL EKONOMI, DAN BUDAYA a. Lingkungan biofisik adalah lingkungan yang terdiri dari komponen biotik dan abiotik yang berhubungan dan saling memengaruhi satu sama lain. Komponen biotik merupakan makhluk hidup seperti hewan tumbuhan dan manusia. komponen abiotik merupakan benda benda mati seperti tanah, air ,udara ,dan cahaya matahari. Kualitas lingkungan biofisik dikatakan baik jika interaksi antarkomponen berlangsung seimbang . b. Lingkungan sosial ekonomi adalah lingkungan manusia dalam hubungan dengan sesamanya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. standar kualitas lingkungan sosial ekonomi dikatakan baik jika kehidupan manusia cukup sandang, papan, pangan, pendidikan maupun kebutuhan lainnya c. Lingkungan budaya adalah segala kondisi, baik berupa materi (benda) maupun nonmateri yang dihasilkan oleh manusia melalui aktivitas dan kreativitasnya. lingkungan budaya dapat berupa bangunan peralatan pakaian senjata termasuk juga nonmiliter seperti tatanilai, norma adat istiadat ,kesenian dan sistem politik
  5. 5. • Standar kualitas lingkungan diartikan baik jika di lingkungan tersebut dapat memberikan rasa aman dan sejahtera bagi semua anggota masyarakatnya dalam menjalankan dan mengembangkan sistem budayannya. Berikut adalah faktor faktor yang dapat memengaruhi kualitas lingkungan hidup : a. FAKTOR SOSIAL yang sangatlah mempengaruhi lingkungan hidup adalah pertumbuhan penduduk dan peningkatan kesejahteraan penduduk dunia. Dengan adanya pertumbuhan penduduk kebutuhan hidup yang harus dipenuhi juga meningkat. b. FAKTOR EKONOMI peningkatan jumlah industri akan mengurangi sumber daya alam yang ada karena industri membutuhkan banyak bahan mentah dan sumber daya energi. banyak negara berkembang memiliki sedikit industri sekunder dan mengandalkan industri primer yang memanfaatkan sumber daya alam kemudian mengekspornya ke negara maju contohnya indonesia dan brasil menghasilkan kayu gelondong untuk diekspor ke negara maju. Kegiatan ini membuka lapangan pekerjaan serta menghasilkan penghasilan tetapi hutan semakin sempit karena penebangan pohon yang liar. c. FAKTOR TEKNOLOGI Kemudahan dan kenyamanan yang kita nikmati sekarang ini tidak terlepas dari kemajuan teknologi misalnya lampu listrik dan pendinginan ruang dapat kita rasakan setelah terjadi revolusi industri. Kemajuan teknologi dapat pula mendorong peningkatan penggunaan sumber daya alam, kegiatan industri pengolahan, dan pemanfaatan pembangkitan listrik. d. FAKTOR POLITIK pemerintahan mempunyai pengaruh besar terhadap lingkngan. Dibeberapa negara, perusahaan besar kadang kala dapat mempengaruhi keputusan politik dan melanggar peraturan limbah yang sudah ditetapkan pemerintah.
  6. 6. 2. BAKU MUTU LINGKUNGAN • Menurut undang-undang nomot 32 tahun 2009, baku mutu lingkungan hidup adalah ukuran batas atau kadar makhluk hidup, zat, energi, atau komponen yang ada atau harus ada dan unsur pencemar yang ditenggang keberadaannya dalam suatu sumber daya tertentu sebagai unsur lingkungan hidup. • Dasar hukum baku mutu lingkungan terdapat dalam Undang-undang No. 4 Tahun 1982 Pasal 15 yang berbunyi sebagai berikut: “Perlindungan lingkungan hidup dilakukan berdasarkan baku mutu lingkungan yang diatur dengan peraturan perundang-undangan.”
  7. 7. • Untuk mencegah terjadinya pencemaran terhadap lingkungan oleh berbagai aktivitas industri dan aktivitas manusia, maka diperlukan pengendalian terhadap pencemaran lingkungan dengan menetapkan baku mutu lingkungan. Pada saat ini, pencemaran terhadap lingkungan berlangsung di mana-mana dengan laju yang sangat cepat. Sekarang ini beban pencemaran dalam lingkungan sudah semakin berat dengan masuknya limbah industri dari berbagai bahan kimia termasuk logam berat. Pencemaran lingkungan dapat dikategorikan menjadi: 1. Pencemaran air 2. Pencemaran udara 3. Pencemaran tanah • Baku mutu untuk mencegah berlimpahnya limbah sehingga mengakibatkan baku mutu lingkungan tidak memenuhi syarat penghidupan bagi manusia.
  8. 8. • Kriteria baku mutu adalah kompilasi atau hasil dari suatu pengelolaan data ilmiah yang akan digunakan untuk menentukan apakah suatu kualitas air atau udara dapat digunakan sesuai objektif penggunaan pada tempat tertentu. Bekaitan degan baku mutu lingkungan, terdapat nilai ambang batas yang merupakan batas-batas daya toleransi atau kemampuan lingkungan.
  9. 9. LANGKAH-LANGKAH PENYUSUNAN BAKU MUTU LINGKUNGAN DALAH SEBAGAI BERIKUT. a. Identifikasi penggunaan sumber daya atau media ambiens yang harus dilindungi. b. Merumuskan formulasi kriteria dengan menggunakan kumpulan dan pengolahan informasi ilmiah. c. Merumuskan baku mutu ambiens dari hasil penyusunan kriteria. d. Merumuskan baku mutu limbah yang boeh dilepaskan ke dalam lingkungan. e. Membentuk program pemantauan dan pengumpulan berbagai informasiguna penyempurnaan atau perbaikan data dan juga sebagai umpan balik.
  10. 10. PERTANYAAN TEMAN
  11. 11. • Agnes : Mengapa negara berkembang lebih mengandalkan industri primer? Jawab : Karena imdustri primer merupakan industri pokok dan lebih menguntungkan daripada industri sekunder. Kita melihat dari sisi ekonomi, negara berkembang mempunyai pendapatan perkpita yang belum tinggi sehingga industri primer sangat digantungkan daripada industri sekunder. • Atminarsih : Maksud dari “terdapat nilai ambang batas” dari baku mutu lingkungan. Jawab : Nilai ambang batas (NAB) adalah nilai atau batas tertinggi dimana manusia mampu menahan batas-batas daya toleransi atau kemampuan lingkungan. • Ernia : Maksud dari “formulasi kriteria dari penyusunan baku mutu lingkungan”. Jawab : Formulasi = merumuskan. Jadi, merumuskan hasil dari pengelolaan data ilmiah yang akan digunakan untuk menentukan apakah suatu kualitas air atau udara dapat digunakan sesuai objektif penggunaannya pada tempat tertentu.

×