Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
Pengelolaan kelas adalah 
keterampilan guru untuk menciptakan 
dan memelihara kondisi belajar yang 
optimal dan mengembali...
 mewujudkan situasi dan kondisi kelas, baik 
sebagai lingkungan belajar maupun sebagai 
kelompok belajar, yang memungkink...
 Fungsi pengelolaan kelas secara umum 
Mencakup kegiatan – kegiatan yang menciptakan 
dan mempertahankan kondisi yang opt...
 Hangat dan antusias 
 Tantangan 
 Bervariasi 
 Keluwesan 
 Penekanan pada hal-hal yang positif. 
 Penanaman disipli...
Dalam peranannya sebagai pengelola 
kelas (learning manager) guru hendaknya 
mampu mengelola kelas sebagai lingkungan 
bel...
Ada beberapa indikator yang bisa digunakan 
sebagai tolak ukur bahwa pengelolaan kelas 
dapat dikatakan berhasil adalah se...
 Guru melakukan pengelolaan kelas 
dengan mengorganisir prosedur-prosedur, 
sebab prosedur 
mengajarkan siswa akan 
penti...
Peranan  Guru  dalam Pengelolaan Kelas-Mata Kuliah Profesi Kependidikan
Peranan  Guru  dalam Pengelolaan Kelas-Mata Kuliah Profesi Kependidikan
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Peranan Guru dalam Pengelolaan Kelas-Mata Kuliah Profesi Kependidikan

Peranan Guru dalam Pengelolaan Kelas-Mata Kuliah Profesi Kependidikan

  • Login to see the comments

  • Be the first to like this

Peranan Guru dalam Pengelolaan Kelas-Mata Kuliah Profesi Kependidikan

  1. 1. Pengelolaan kelas adalah keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan mengembalikannya bila terjadi gangguan dalam proses belajar mengajar. Suatu kondisi belajar yang optimal dapat tercapai jika guru mampu mengatur siswa dan sarana pengajaran serta mengendalikannya dalam suasana yang menyenangkan untuk mencapai tujuan pengajaran.
  2. 2.  mewujudkan situasi dan kondisi kelas, baik sebagai lingkungan belajar maupun sebagai kelompok belajar, yang memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan kemampuan semaksimal mungkin.  menghilangkan berbagai hambatan yang dapat menghalangi terwujudnya interaksi pembelajaran.  menyediakan dan mengatur fasilitas serta perabot belajar yang mendukung dan memungkinkan siswa belajar sesuai dengan lingkungan sosial, emosional dan intelektual siswa dalam kelas.  membina dan membimbing siswa sesuai dengan latar belakang sosial, ekonomi, budaya, serta sifat-sifat individunya.
  3. 3.  Fungsi pengelolaan kelas secara umum Mencakup kegiatan – kegiatan yang menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal bagi terjadinya proses belajar mengajar.  Fungsi pengelolaan kelas secara khusus  Memberikan dan melengkapi fasilitas kelas untuk segala macam tugas  Memelihara tugas agar dapat berjalan lancar
  4. 4.  Hangat dan antusias  Tantangan  Bervariasi  Keluwesan  Penekanan pada hal-hal yang positif.  Penanaman disiplin diri.
  5. 5. Dalam peranannya sebagai pengelola kelas (learning manager) guru hendaknya mampu mengelola kelas sebagai lingkungan belajar serta merupakan aspek dari lingkungan sekolah yang perlu diorganisasi. Sebagai manager, guru bertanggung jawab memelihara lingkungan fisik kelasnya agar senantiasa menyenangkan untuk belajar dan mengarahkan atau membimbing proses-proses imtelektual dan sosial di dalam kelasnya, dengan demikian guru tidak hanya memungkinkan siswa bekerja dan belajar tetapi juga mengembangkan kebiasaan bekerja dan belajar secara efektif di kalangan siswa.
  6. 6. Ada beberapa indikator yang bisa digunakan sebagai tolak ukur bahwa pengelolaan kelas dapat dikatakan berhasil adalah sebagai berikut :  Guru mengerti perbedaan antara mengelola kelas dan mendisiplinkan kelas  Sebagai guru jika pulang ke rumah tidak dalam keadaan yang sangat lelah.  Guru mengetahui perbedaan antara prosedur kelas (apa yang guru inginkan terjadi contohnya cara masuk kedalam kelas, mendiamkan siswa, bekerja secara bersamaan dan lain-lain ) dan rutinitas kelas (apa yang siswa lakukan secara otomatis misalnya tata cara masuk kelas, pergi ke toilet dan lain-lain).
  7. 7.  Guru melakukan pengelolaan kelas dengan mengorganisir prosedur-prosedur, sebab prosedur mengajarkan siswa akan pentingnya tanggung jawab.  Guru tidak mendisiplinkan siswa dengan ancaman-ancaman, dan konsekuensi.(stiker, penghilangan hak siswa dan lain-lain)  Guru mengerti bahwa perilaku siswa di kelas disebabkan oleh sesuatu, sedangkan disiplin bisa dipelajari.

×