Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Ppt seni tari

24,384 views

Published on

  • Be the first to comment

Ppt seni tari

  1. 1. Elisa Dwi Utami X IPA 6 10
  2. 2. Reog adalah salah satu kesenian budaya yang berasal dari Ponorogo, bagian barat laut Jawa Timur. Reog adalah salah satu budaya daerah di Indonesia yang masih sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistis dan ilmu kebatinan yang kuat.
  3. 3. • Jathil Jathil adalah prajurit berkuda yang menggambarkan ketangkasannya berlatih di atas kuda. Jathilan ini dibawakan oleh penari di mana antara penari yang satu dengan yang lainnya saling berpasangan. Para penari jathilan adalah perempuan.
  4. 4. • Warok Warok adalah wong kang sugih wewarah (orang yang kaya akan ilmu) dan mampu memberikan pengajaran kepada orang lain tentang hidup yang baik. Warok adalah seorang yang betul-betul menguasai ilmu baik lahir maupun batin.
  5. 5. • Barongan ( Dadak Merak )   Barongan (Dadak merak) merupakan peralatan tari yang paling dominan dalam kesenian Reog Ponorogo Bagian-bagiannya antara lain;  Kepala Harimau (caplokan), Dadak merak, Krakap terbuat dari kain beludru warna hitam disulam dengan monte, merupakan aksesoris dan tempat menuliskan identitas grup reog. Dadak merak ini berukuran panjang sekitar 2,25 meter, lebar sekitar 2,30 meter, dan beratnya hampir 50 kilogram.
  6. 6. • Klono Sewandono Klono Sewandono atau Raja Kelono adalah seorang raja sakti mandraguna yang memiliki pusaka andalan berupa Cemeti yang sangat ampuh, kemanapun sang Raja pergi selalu membawa pusaka tersebut. Kegagahan sang Raja digambarkan dalam gerak tari yang lincah serta berwibawa, dalam suatu kisah Prabu Klono Sewandono berhasil menciptakan kesenian indah hasil dari daya ciptanya untuk menuruti permintaan Putri (kekasihnya). Karena sang Raja dalam keadaan mabuk asmara maka gerakan tarinyapun kadang menggambarkan seorang yang sedang kasmaran.
  7. 7. • Bujang Ganong (Ganongan) Bujang Ganong (Ganongan) atau Patih Pujangga Anom adalah salah satu tokoh yang enerjik, kocak sekaligus mempunyai keahlian dalam seni bela diri sehingga di setiap penampilannya senantiasa ditunggu - tunggu oleh penonton khususnya anak anak. Bujang Ganong menggambarkan sosok seorang Patih Muda yang cekatan, berkemauan keras, cerdik, jenaka dan sakti.
  8. 8. Sintren adalan kesenian tari tradisional masyarakat Jawa, khususnya di Cirebon. Kesenian Sintren dikenal juga dengan nama Lais. Kesenian Sintren dikenal sebagai tarian dengan aroma mistis/magis yang bersumber dari cerita cinta Sulasih dengan Sulandono.
  9. 9. Sintren diperankan seorang gadis yang masih suci, dibantu oleh pawang dengan diiringi gending 6 orang. Dalam perkembangannya tari sintren sebagai hiburan budaya, kemudian dilengkapi dengan penari pendamping dan bodor (lawak). Alat-alat musiknya yang terbuat dari tembikar dan kipas dari bambu yang ketika ditabuh dengan cara tertentu menimbulkan suara yg khas. Tetapi ada pula yang diiringi musik berirama dangdut. Si pawang (dalang) sering mengundang Roh Dewi Lanjar untuk masuk ke dalam permainan Sintren. Bila roh Dewi Lanjar berhasil diundang, maka penari Sintren akan terlihat lebih cantik dan membawakan tarian lebih lincah dan mempesona.
  10. 10. Tari Seudati merupakan seni tari yang berasal dari Aceh. Kata “seudati” berasal dari Bahasa Arab “syahadatain” yang artinya pengakuan atas keesaan Allah dan Nabi Muhammad sebagai utusan Allah. Tari Seudati digunakan sebagai media dakwah dan hiburan rakyat. Tarian ini tergolong kategori Tribal Dance atau tarian perang dimana makna dalam syairnya dapat membangkitkan semangat.
  11. 11. Pada video ini, Tari Seudati dibawakan oleh enam belas orang wanita sebagai penari utama. Selain itu, ada satu orang penyanyi sebagai pengiring tari yang disebut aneuk syahi. Tari Seudati tidak diiringi alat musik, melainkan hanya berasal dari tepukan tangan ke dada dan pinggul, hentakan kaki ke lantai, dan petikan jari. Busana yang dipakai para penari pada video ini berwarna merah jambu dan biru. Para penari memakai celana panjang hitam serta kain songket nan indah. Gerakan tarian ini amat bervariasi, karena temponya ada yang cepat dan ada yang lambat.
  12. 12. Tari Piring atau dalam bahasa Minangkabau disebut dengan Tari Piriang adalah salah satu seni tari tradisonal di Indonesia yang berasal dari Kota Solok, Sumatera Barat. Tarian ini dimainkan dengan menggunakan piring sebagai media utama. Tari Piring diiringi oleh alat musik Talempong dan Saluang Jumlah penari biasanya terdiri dari 3-7 orang. Pakaian yang digunakan para penari haruslah pakaian yang cerah, dengan nuansa warna kuning keemasan.
  13. 13. Sejarah  Pada awalnya, Tari Piring merupakan ucapan rasa syukur masyarakat setempat kepada dewa-dewa setelah mendapatkan hasil panen yang melimpah ruah. Setelah masuknya agama Islam ke Minangkabau, tradisi Tari Piring digunakan sebagai sarana hiburan rakyat. Gerakan Meletakkan dua buah piring di atas dua telapak tangan yang kemudian diayun dan diikuti oleh gerakan-gerakan tari yang cepat, dan diselingi dentingan piring atau dentingan dua cincin di jari penari terhadap piring yang dibawanya. Pada akhir tarian, biasanya piring-piring yang dibawakan oleh para penari dilemparkan ke lantai dan kemudian para penari akan menari di atas pecahan-pecahan piring tersebut.
  14. 14. Tari Balumpa adalah tarian tradisional Indonesia dari Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Tari Balumpa merupakan tarian selamat datang yang dipentaskan untuk menyambut kehadiran tamu dalam acara-acara penting dan besar seperti sail Wakatobi, sail Indonesia atau sail Bunaken dan lain-lain.
  15. 15. Tarian Balumpa Wakatobi menceritakan tentang sekelompok gadis-gadis cantik yang sedang berdendang seiring lagu musik daerah Tarian ini dibawakan oleh 8 orang, ditampilkan oleh penari wanita saja tetapi ada juga yang ditampilkan secara berpasangan penari pria dan wanita. Keindahan tarian ini . tertuang ketika para penari balumpa ini berdendang dengan hati yang tulus dan memahami makna gerakan yang dilakukan. Alat musik : Alat musik gambus yang diiringi dendang lagu.

×