Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
PRESENTS
Ade Ferdian Alamsyah [01]
Aryazaky Iman Fauzy [04]
Diovani Nanda Asandy [09]
Mochammad Sultan Ardiansyah [17]
Naz...
KONFLIK ANTAR
SUKU
[PRESS START]
Konflik
Antar
Suku
Konflik berasal dari kata kerja latin configere yang berarti saling memukul. Secara
sosiologis, konflik...
Konflik dilatarbelakangi oleh perbedaan ciri-ciri
yang dibawa individu dalam suatu interaksi.
Perbedaan-perbedaan tersebut...
Misalnya konflik etnis di kalimantan antara suku
dayak dan suku madura pendatang. Bagi suku
madura pendatang bekerja adala...
Jenis Konflik Antar Suku
• Konflik antar etnis “alamiah” yang muncul
tanpa keterlibatan atau campur tangan pihak
lain.
• K...
FaktorTerjadinya Konflik
a. Primordialisme, yaitu menganggap kelompoknya lebih tinggi dari kelompok lain.
Primordialisme i...
FaktorTerjadinya Konflik
b. Selanjutnya adalah adanya kesenjangan ekonomi, misal kasus Sampit. Masyarakat
asli tidak mener...
FaktorTerjadinya Konflik
c. Adanya kesalahpahaman juga mempengaruhi terjadinya konflik, adanya perbedaan
keyakinan (agama)...
FaktorTerjadinya Konflik
d. Perbedaan individu, yang meliputi perbedaan pendirian dan perasaan. Setiap manusia adalah
indi...
FaktorTerjadinya Konflik
e. Perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi-pribadi yang berbeda.
Seseorang...
FaktorTerjadinya Konflik
f. Perbedaan kepentingan antara individu atau kelompok. Manusia
memiliki perasaan, pendirian maup...
Dampak Konflik Antar Suku
■ Meningkatkan solidaritas sesama anggota kelompok (ingroup) yang
mengalami konflik dengan kelom...
Dampak Konflik Antar Suku
■ Keretakan hubungan antar kelompok yang bertikai.
Dampak Konflik Antar Suku
■ Perubahan kepribadian pada individu, misalnya timbulnya rasa dendam, benci, saling
curiga dll.
Dampak Konflik Antar Suku
■ Kerusakan harta benda dan hilangnya jiwa manusia.
Dampak Konflik Antar Suku
■ Dominasi bahkan penaklukan salah satu pihak yang terlibat dalam
konflik.
MencegahTerjadinya Konflik
■ Dengan saling menghormati antar masyarakat, apabila hal ini terwujud maka
setiap orang akan m...
Contoh Konflik Antar Suku
■ Perang Antar Suku - Pertikaian Suku Dayak dan Suku Madura
Setidaknya sudah terjadi dua kali ke...
Contoh Konflik Antar Suku
■ Perang antar Suku Dani dan Suku Moni
Perang dipicu sengketa lahan pada Selasa 4 Maret 2014
lal...
Contoh Konflik Antar Suku
■ Perang Antar Suku Lampung dan Suku Jawa
Pada tanggal 8 November 2012 terjadi konflik antar Suk...
Please stand by…
Credits
Ade Ferdian Alamsyah [01] ~ ketua kelompok
Aryazaky Iman Fauzy [04] ~ pptx slides
Diovani NandaAsandy [09] ~ artik...
ThankYou…
Konflik Antar Suku (Presentasi)
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Konflik Antar Suku (Presentasi)

3,939 views

Published on

Dengan gaya presentasi ala Street Fighter 2, membuat presentasi ini menjadi lebih menarik. isinya juga tak kalah dengan efek-efeknya. termasuk sedikit guyonan untuk mencairkan suasana.
dibuat menggunakan MS PowerPoint 2016.
jika ingin mempelajari bagaimana saya membuat efek-efeknya, silahkan download.

Published in: Education
  • Be the first to comment

Konflik Antar Suku (Presentasi)

  1. 1. PRESENTS Ade Ferdian Alamsyah [01] Aryazaky Iman Fauzy [04] Diovani Nanda Asandy [09] Mochammad Sultan Ardiansyah [17] Nazar Farhana Cakra Bimantara [18]
  2. 2. KONFLIK ANTAR SUKU [PRESS START]
  3. 3. Konflik Antar Suku Konflik berasal dari kata kerja latin configere yang berarti saling memukul. Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.
  4. 4. Konflik dilatarbelakangi oleh perbedaan ciri-ciri yang dibawa individu dalam suatu interaksi. Perbedaan-perbedaan tersebut diantaranya adalah menyangkut ciri fisik, kepandaian, pengetahuan, adat istiadat, keyakinan, dan lain sebagainyaKonflik bertentangan dengan integrasi. Konflik dan integrasi berjalan sebagai sebuah siklus di masyarakat. Konflik yang terkontrol akan menghasilkan integrasi. Sebaliknya, integrasi yang tidak sempurna dapat menciptakan konflik. Sehingga konflik antar suku bangsa dapat diartikan sebagai sesuatu yang dianggap baik atau sacral dari suku tertentu mungkin tidak demikian halnya bagi suku lain. Perbedaan etnis tersebut dapat menimbulkan terjadinya konflik antar etnis.
  5. 5. Misalnya konflik etnis di kalimantan antara suku dayak dan suku madura pendatang. Bagi suku madura pendatang bekerja adalah suatu tuntutan bagi pemenuhan hidup di perantauan. Pekerjaan yang dilakukan menebang kayu di hutan dan tempat dimana mereka menebang kayu tersebut adalah tempat yang disakralkan oleh suku dayak. Kesalah fahaman ini menyebabkan terjadinya konflik antar etnik dayak dan madura yang menelan korban banyak di antara kedua suku yang berkonflik tersebut.
  6. 6. Jenis Konflik Antar Suku • Konflik antar etnis “alamiah” yang muncul tanpa keterlibatan atau campur tangan pihak lain. • Konflik antar etnis sebagai buah rekayasa pihak-pihak yang berkepentingan politik. • Pertikaian antar etnis akibat “buah provokasi” karena kurangnya daya kritis masyarakat yang sedang bertikai.
  7. 7. FaktorTerjadinya Konflik a. Primordialisme, yaitu menganggap kelompoknya lebih tinggi dari kelompok lain. Primordialisme ini sangat berpengaruh apabila terjadi di Indonesia, karena mengingat Indonesia adalah bangsa yang terdiri dari berbagai macam suku. 2.10 meter 1.75 meter
  8. 8. FaktorTerjadinya Konflik b. Selanjutnya adalah adanya kesenjangan ekonomi, misal kasus Sampit. Masyarakat asli tidak menerima adanya perbedaan ekonomi dengan masyarakat pendatang sehingga memunculkan konflik yang tidak berujung.
  9. 9. FaktorTerjadinya Konflik c. Adanya kesalahpahaman juga mempengaruhi terjadinya konflik, adanya perbedaan keyakinan (agama) juga bisa menyebabkan konflik antar masyarakat. Kok buru-buru amat. Emangnya mau ngapain bro? Nyariin pulpenku yang hilang Hai bro, liat nih pulpen baruku Mana? Nih Kok kayaknya aku pernah liat
  10. 10. FaktorTerjadinya Konflik d. Perbedaan individu, yang meliputi perbedaan pendirian dan perasaan. Setiap manusia adalah individu yang unik. Artinya, setiap orang memiliki pendirian dan perasaan yang berbeda-beda satu dengan lainnya. Perbedaan pendirian dan perasaan akan sesuatu hal atau lingkungan yang nyata ini dapat menjadi faktor penyebab konflik sosial, sebab dalam menjalani hubungan sosial, seseorang tidak selalu sejalan dengan kelompoknya. Misalnya, ketika berlangsung pentas musik di lingkungan pemukiman, tentu perasaan setiap warganya akan berbeda-beda. Ada yang merasa terganggu karena berisik, tetapi ada pula yang merasa terhibur.
  11. 11. FaktorTerjadinya Konflik e. Perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi-pribadi yang berbeda. Seseorang sedikit banyak akan terpengaruh dengan pola-pola pemikiran dan pendirian kelompoknya. Pemikiran dan pendirian yang berbeda itu pada akhirnya akan menghasilkan perbedaan individu yang dapat memicu konflik.
  12. 12. FaktorTerjadinya Konflik f. Perbedaan kepentingan antara individu atau kelompok. Manusia memiliki perasaan, pendirian maupun latar belakang kebudayaan yang berbeda. Oleh sebab itu, dalam waktu yang bersamaan, masing-masing orang atau kelompok memiliki kepentingan yang berbeda-beda. Kadang- kadang orang dapat melakukan hal yang sama, tetapi untuk tujuan yang berbeda-beda. Sebagai contoh, misalnya perbedaan kepentingan dalam hal pemanfaatan hutan. Para tokoh masyarakat menanggap hutan sebagai kekayaan budaya yang menjadi bagian dari kebudayaan mereka sehingga harus dijaga dan tidak boleh ditebang . Para petani menebang pohon- pohon karena dianggap sebagai penghalang bagi mereka untuk membuat kebun atau ladang. Bagi para pengusaha kayu, pohon- pohon ditebang dan kemudian kayunya diekspor guna mendapatkan uang dan membuka pekerjaan. Sedangkan bagi pecinta lingkungan, hutan adalah bagian dari lingkungan sehingga harus dilestarikan.
  13. 13. Dampak Konflik Antar Suku ■ Meningkatkan solidaritas sesama anggota kelompok (ingroup) yang mengalami konflik dengan kelompok lain.
  14. 14. Dampak Konflik Antar Suku ■ Keretakan hubungan antar kelompok yang bertikai.
  15. 15. Dampak Konflik Antar Suku ■ Perubahan kepribadian pada individu, misalnya timbulnya rasa dendam, benci, saling curiga dll.
  16. 16. Dampak Konflik Antar Suku ■ Kerusakan harta benda dan hilangnya jiwa manusia.
  17. 17. Dampak Konflik Antar Suku ■ Dominasi bahkan penaklukan salah satu pihak yang terlibat dalam konflik.
  18. 18. MencegahTerjadinya Konflik ■ Dengan saling menghormati antar masyarakat, apabila hal ini terwujud maka setiap orang akan memiliki perasaan yang sama, bahagia karena dihormati sehingga memunculkan rasa menghormati orang lain. ■ Selanjutnya dengan menjaga kerukunan masyarakat, walaupun mungkin hal ini sulit mengingat masyarakat Indonesia terdiri dari ratusan suku yang memiliki ciri watak berbeda-beda namun akan menjadi mudah apabila sudah terbentuk suatu sikap untuk saling menjaga dan mempertahankan kerukunan baik antar umat beragama, antar etnis, serta antar suku bangsa yang kuat dari dalam diri masyarakat. ■ Serta dengan berpikir sebelum bertindak, ini penting karena pasti ada akibat dari sebab. Setiap apa yang kita lakukan pasti menimbulkan suatu akibat, apalagi akibat dari konflik yang negatif, yaitu korban berjatuhan, hilangnya harta, maka harus selalu memikirkan matang-matang setiap rencana.
  19. 19. Contoh Konflik Antar Suku ■ Perang Antar Suku - Pertikaian Suku Dayak dan Suku Madura Setidaknya sudah terjadi dua kali kerusuhan besar antara Suku Dayak dan Suku Madura, yaitu pada peristiwa Sampit (2001) dan di Senggau Ledo (1996). Kedua kerusuhan besar ini meluas sampai keseluruh wilayah Kalimantan dan berakhir dengan pengusiran ribuan warga Madura yang hingga mencapai 500-an jiwa. Perang kedua suku ini telah menjadi masalah sosial yang me-nasional. Hp : 1200 Atk : 120 Def : 800 Hp : 2100 Atk : 80 Def : 600
  20. 20. Contoh Konflik Antar Suku ■ Perang antar Suku Dani dan Suku Moni Perang dipicu sengketa lahan pada Selasa 4 Maret 2014 lalu. Sebanyak 4 orang dari kedua suku tewas dalam peperangan ini. Sementara ratusan orang lain menderita luka-luka akibat benda tajam. Sejak 4 Maret lalu, perang terus terjadi di kampung yang dihuni sekitar 300-an orang pada masing-masing suku itu. Padahal pada awal Februari 2014 lalu, kedua suku sepakat untuk mengakhiri perang dengan perdamaian patah panah. Hp : 1800 Atk : 140 Def : 400 Hp : 2000 Atk : 100 Def : 800
  21. 21. Contoh Konflik Antar Suku ■ Perang Antar Suku Lampung dan Suku Jawa Pada tanggal 8 November 2012 terjadi konflik antar Suku Lampung dan Suku Jawa, Puluhan rumah etnis jawa dibakar di Desa Kusumadadi oleh ratusan Suku Lampung yang berasal dari Desa Buyut. Kejadian ini di sebabkan oleh salah satu warga Desa Kusumadadi yang mencuri sapi, lalu warga tersebut dibakar hidup-hidup. Selama ini belum ada korban jiwa karena polisis danTNI mengatasi dan menghentikan perang tersebut. Karena rumah- rumah etnis jawa dibakar akhirnya tanggal 9 November 2012 wanita dan anak anak diungsikan. Hp : infinity Atk : infinity Def : infinity Hp : 96000 Atk : 1240 Def : 1080
  22. 22. Please stand by…
  23. 23. Credits Ade Ferdian Alamsyah [01] ~ ketua kelompok Aryazaky Iman Fauzy [04] ~ pptx slides Diovani NandaAsandy [09] ~ artikel utama Muhammad Sultan Ardiansyah [17] ~ co – editors Nazar FarhanaCakra Bimantara [18] ~ perevisi
  24. 24. ThankYou…

×