Isi buku pand. wp

584 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
584
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
55
Actions
Shares
0
Downloads
0
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Isi buku pand. wp

  1. 1. Harman | Penggunaan E-Learning Berbasis CMS WordPress di SMK i
  2. 2. Harman | Penggunaan E-Learning Berbasis CMS WordPress di SMK iiKATA PENGANTARPerkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberikan konsekuensi logis carabaru dalam proses belajar mengajar dengan penerapan sistem pembelajaran elektronik atauelectronic learning disingkat e-learning. Pada pemanfaatan e-learning peserta didik tidak perlududuk di dalam kelas mendengar dengan seksama penjelasan dari guru secara lansung.Selanjutnya, dengan e-learning keterbatasan ruang dan waktu tidak menjadi masalah sepertiyang selama ini membatasi sistem pembelajaran konvensional.WordPress sebagai CMS (Custom Management System) bersifat open source. Dengansifatnya yang open source WordPress juga dapat dimanfaatkan sebagai LMS (LearningManagement System) seperti pada pemakaian moodle dalam membangun sistem e-learning.Pemanfaatan sistem e-learning berbasis WordPress yang ditambahkan plugin-plugin educationdan jejaring sosial memungkinkan seorang guru dan siswa saling berinteraksi dengan mudahdalam proses belajar mengajar yang menarik dan tanpa ada batasan ruang dan waktu. Guru dansiswa dapat mengakses materi pembelajaran dalam format Microsoft Power Point, MicrosoftWord, animasi flash, file audio-video, file pdf dan lain-lain yang dapat di download maupunmateri yang dapat lansung dibaca oleh siswa dengan penggunaan slide share.Buku panduan ini merupakan panduan bagi segenap pengguna dalam menggunakan e-learning berbasis WordPress ini. Buku panduan ini berasal dari kajian berbagai sumber referensi,baik dari luar negeri seperti Packt Publishing, dan buku-buku tentang WordPress lainnya. Bukupanduan ini disusun untuk mempermudah pengguna dalam membuat akun, mengaksespembelajaran, mengerjakan tugas, maupun beriteraksi dalam e-learning berbasis WordPress ini.
  3. 3. Harman | Penggunaan E-Learning Berbasis CMS WordPress di SMK iiiPenulis menyadari bahwa tersusunnya buku panduan ini tidak terlepas dari bantuan danpartisipasi berbagai pihak. Penulis menyampaikan banyak terima kasih pada segenap dosen danmahasiswa pendidikan teknologi kejuruan PPs UNM atas segala saran dan kepercayaan yangdiberikan kepada penyusun untuk menyelesaikan buku panduan ini. Semoga sumbangsihpemikiran yang telah disumbangkan menjadi pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT.Makassar, April 2013Penulis
  4. 4. Harman | Penggunaan E-Learning Berbasis CMS WordPress di SMK ivDAFTAR ISIKATA PENGANTAR iDAFTAR ISI ivA. Pendahuluan 1B. Membuat Akun 2C. Halaman Profil 5D. Menu Utama 18E. Penggunaan Grup dalam Pembelajaran 27F. Mengelola Grup Pembelajaran 271. Membuat Grup Belajar 272. Memasukkan Materi Pembelajaran 303. Mengelola Tugas (Assignment) 314. Membuat Forum Diskusi 325. Memasukkan Chat 33DAFTAR PUSTAKA 35
  5. 5. Harman | Penggunaan E-Learning Berbasis CMS WordPress di SMK 1A. PendahuluanWordPress adalah salah satu Course Management System (CMS) bersifat open source.WordPress pertama kali diluncurkan tahun 2003, oleh Matt Mullenwag dan Mike Little. Hinggabuku pedoman ini ditulis, WordPress telah merilis versi 3.5.1.Pada WordPress secara umum layanan yang diberikan oleh WordPress yaitu sebagai BlogEngine maupun sebagai Blog Service. WordPress sebagai Blog Engine, memungkinkanpenggunanya memodifikasi tampilan WordPress dan mengembangkannya lebih jauh dengan caramengunduh aplikasinya dari situs http://www.wordpress.org. Sedangkan WordPress sebagaiBlog Service, layanan ini bisa didapatkan secara gratis dengan mendaftarkan diri di alamathttp://www.wordpress.com dan terbatas hanya mengedit akun tanpa leluasa memodifikasi temamaupun header blog.Dalam petunjuk penggunaan e-learning ini Anda akan mendapatkan penjelasan ringkastentang konten-konten yang ada di e-learning ini. Secara umum ada beberapa bagian yangpenulis jelaskan tentang konten e-learning ini yaitu, fitur Membuat Akun, Halaman Profil,Menu Utama dan Penggunaan Grup Dalam Pembelajaran.B. Membuat Akun1. Cara membuat akun baru adalah mengklik link create an account yang terletak sebelahkanan halaman awal e-learning, seperti yang ditampilkan gambar berikut ini.
  6. 6. Harman | Penggunaan E-Learning Berbasis CMS WordPress di SMK 22. Setelah mengklik create an account maka akan muncul tampilan berikut3. Selanjutnya, isi kotak di atas berdasarkan data yang benar. Formulir isian bagian kiri adalahrincian akun yang akan digunakan sebagai username dan password Anda ketika hendaklogin sedangkan formulir isian bagian kanan adalah rincian profil yang akan ditampilkanpada halaman profil Anda.Setelah diisi, maka klik Complete Sign Up.4. Setelah sukses, maka akan muncul konfirmasi sebagai berikut.
  7. 7. Harman | Penggunaan E-Learning Berbasis CMS WordPress di SMK 35. Selanjutnya adalah membuka e-mail yang Anda pakai sewaktu mendaftar untukmengaktivasi akun Anda. Maka Anda akan menemukan pesan dari E-learning TeknikKendaraan Ringan, bukalah pesan tersebut dan akan muncul tampilan sebagai berikut.Selanjutnya klik link tersebut.6. Setelah link tersebut diklik, maka akan muncul tampilan berikut yang berarti PendaftaranAkun Anda Sukses.7. Dan akhirnya, akun yang telah Anda buat siap digunakan dengan terlebih dahulu logindengan mengisi User Name dan Password pada kotak Login yang ada pada sebelah kiri.
  8. 8. Harman | Penggunaan E-Learning Berbasis CMS WordPress di SMK 4C. Halaman ProfilUntuk melihat halaman profil Anda, maka Anda harus mengklik link nama User (misalnya,Muh. Ikram) yang ada pada bagian kanan halaman awal e-learning, seperti yang ditampilkangambar berikut ini.Setelah link tersebut di klik, maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut ini.Berikut ini penjelasan dari fitur Activity, Profile, Messages, Friends, Groups, Forums, danSettings.1. Fitur ActivityFitur ini terdiri atas 5 bagian, yaitu Personal, Mentions, Favorites, Friends, dan Groups.a. Personal, fitur ini menampilkan halaman kegiatan yang telah Anda kerjakan, jadi semua halyang telah Anda buat akan terekam disini, layaknya status di Facebook ataupun Twitter.Namun yang ditampilkan hanya khusus kegiatan Anda. Seperti gambar berikut.
  9. 9. Harman | Penggunaan E-Learning Berbasis CMS WordPress di SMK 5b. Mentions, fitur ini menampilkan bahwa nama user anda dituliskan dalam sebuah statusseseorang yang sudah menjadi user. Hal ini ditandai dengan tulisan “@namauseranda“(misalnya @samplestudent… )c. Favorites, fitur ini menampilkan daftar hal-hal yang Anda sukai, misalnya menyukai materi,kegiatan user, status user, dsb. Seperti yang ditampilkan berikut ini.d. Friends, fitur ini menampilkan kegiatan teman yang telah Anda tambahkan (Add), sepertiditampilkan gambar berikut ini.
  10. 10. Harman | Penggunaan E-Learning Berbasis CMS WordPress di SMK 6e. Groups, fitur ini menampilkan kegiatan dari group yang dimana Anda telah bergabung didalamnya, seperti ditampilkan gambar berikut ini.2. Fitur ProfileFitur ini terdiri atas 3 bagian yaitu, Public, Edit, Change Avatar
  11. 11. Harman | Penggunaan E-Learning Berbasis CMS WordPress di SMK 7a. Public, fitur ini menampilkan dua bagian, yaitu Base dan Courseware. Base berisiketerangan tentang Anda secara umum yaitu Nama Lengkap, Alamat Lengkap, atau NomorHandphone Anda. Sedangkan Courseware merupakan keterangan tentang Peran User Anda(misalnya, Guru-biasa berperan sebagai Teacher (Guru)).b. Edit, fitur ini menampilkan dua pilihan pengaturan, yaitu Editing ‘Base’ Profile Group danEditing ‘Courseware’ Profile Group. Editing ‘Base’ Profile Group berfungsi mengaturData Umum Anda, yaitu misalnya Nama Lengkap, Alamat Lengkap, dan Nomor HandphoneAnda. Editing ‘Courseware’ Profile Group berfungsi mengatur Peran User Anda, dimanaada dua pilihan yaitu sebagai Siswa (Student) dan Daftar Jadi Guru (Teacher). Kedua peranini harus mendapat persetujuan dari Admin untuk mendapatkan peran tersebut.
  12. 12. Harman | Penggunaan E-Learning Berbasis CMS WordPress di SMK 8Editing ‘Base’ Profile GroupEditing ‘Courseware’ Profile Group
  13. 13. Harman | Penggunaan E-Learning Berbasis CMS WordPress di SMK 9c. Change Avatar. Fitur ini befungsi untuk menampilkan gambar/foto yang akan menjadi fotoprofil Anda ketika sudah Log in. Berikut ini caranya mengganti foto profil Anda. Keduaperan ini harus mendapat persetujuan dari Admin untuk mendapatkan peran tersebut.Berikut ini Prosedur Pengaturan Riwayat/Profil:1) Setelah melakukan pendaftaran, maka langkah selanjutnya adalah mengisi foto yang akandi tampilkan ketika sudah log In (Avatar). Caranya, klik nama user Anda (misalnya,Muh. Ikram)2) Setelah itu klik Tab Profile, dan klik Sub Tab Change Avatar. Kemudian, klik ChooseFile, seperti yang ditampilkan gambar berikut ini.3) Setelah itu, akan muncul kotak dialog seperti berikut, maka pilih carilah gambar di drivekomputer anda yang akan digunakan dan klik Open.
  14. 14. Harman | Penggunaan E-Learning Berbasis CMS WordPress di SMK 104) Setelah gambar di upload, maka tampilan di halaman web sebagai berikut, kemudianklik Upload Image5) Maka akan muncul gambar berikut ini, atur gambar yang akan di crop dengan caramemindahkan kotak putus-putus untuk mendapatkan posisi yang tepat dan menarikkotak hitam kecil yang berada di ujung kotak untuk memperbesar tampilan. Hasiltampilan crop Anda akan terlihat pada gambar kecil sebelah kanan gambar besar.Setelah gambar selesai di crop, selanjutnya klik Crop Image.
  15. 15. Harman | Penggunaan E-Learning Berbasis CMS WordPress di SMK 116) Maka akan muncul gambar berikut yang menandakan bahwa Anda telah menguploadAvatar user ketika telah login3. Fitur MessagesFitur ini menampilkan Inbox, Sent, dan Compose. Inbox berisi pesan-pesan yang dikirimoleh user. Sent adalah pesan yang Anda kirim kepada user lain. Sedangkan Compose adalahpesan baru yang dibuat secara manual tanpa harus menuju ke halaman profil user yang akandikirimkan pesan, dimana Anda harus menuliskan nama user yang mau dikirim (Send To(Username or Friends Name)), perihal (Subject), dan isi pesannya (Message).
  16. 16. Harman | Penggunaan E-Learning Berbasis CMS WordPress di SMK 124. Fitur FriendsFitur Ini terdiri atas dua bagian yaitu, Friendships dan Requests. Friendshipsmenampilkan daftar teman yang sudah menjadi teman Anda. Sedangkan Requestsmenampilkan daftar tunggu user yang ingin menjadi teman Anda. Pilihannya adalah andamenerima atau menolak. Kalau menerima, klik Accept dan kalau menolak, klik Reject.5. Fitur GroupsFitur ini terdiri atas dua bagian, yaitu Memberships dan Invitations. Fitur Membershipsmenampilkan daftar group yang dimana kita sudah gabung di dalam group tersebut.Sedangkan fitur Invitations menampilkan antrian undangan group yang mengundang Andauntuk bergabung di dalamnya.
  17. 17. Harman | Penggunaan E-Learning Berbasis CMS WordPress di SMK 136. Fitur ForumsFitur ini menampilkan topik yang sedang didiskusikan yang topiknya telah dibuat. Caranyamengklik judul topik yang telah diberikan link (misalnya, Selamat bergabung).7. Fitur SettingsFitur ini terdiri atas tiga bagian, yaitu General Settings, Email Notification dan DeleteAccount. General Settings berfungsi untuk mengatur ulang kata sandi Anda dan email baru(jika diinginkan), Caranya sederhana, pertama-tama masukkan kata sandi Anda yang maudiganti di kotak isian “Current Password (required to update email or change currentpassword)”. Kemudian isi alamat email Anda di kotak isian “Account Email” dan isilahkotak isian “New Password” dan kotak isian “Repeat New Password” dan jangan lupa klikSave Changes.
  18. 18. Harman | Penggunaan E-Learning Berbasis CMS WordPress di SMK 14D. Menu UtamaFitur ini terdiri atas fitur Beranda (Home), Activity, Members, Forums, ReferensiPenunjang1. Fitur Beranda (Home)Fitur ini menampilkan aktivitas group ketika anda pertama kali masuk di alamat linkhttp://harman.web.id/e-tkr. Dalam artian bahwa ini adalah tampilan beranda. Selain itu, adajuga tampilan kotak dropdown “Order By” yang terdiri atas : Last Active, Most Members,Newly Created, dan Alphabetical. Selain tampilan Order By, ada juga tampilan kotakdropdown “Search Group…” yang memberikan Anda kemudahan dalam mencari Grup.2. Fitur ActivityFitur ini menampilkan dua bagian secara umum, yaitu Update Status dan Status AllMembers, My Friends, My Groups, Mentions. Update (memperbarui) status memberikanAnda ruang untuk menuliskan apa saja yang Anda ingin tuliskan. Sedangkan Status AllMembers, My Friends, My Groups, Mentions berisi status sesuai menu dropdown Showyang menampilkan yang Anda pilih, yaitu Everything, Updates, Posts, Comments, ForumTopics, Forum Replies, New Groups, Group Memberships, Friendships, dan NewMembers.
  19. 19. Harman | Penggunaan E-Learning Berbasis CMS WordPress di SMK 153. Fitur MembersFitur ini menampilkan dua bagian secara umum yaitu All Members dan My Friends. AllMembers menampilkan user-user yang sudah terdaftar baik yang sudah menjadi temanAnda maupun belum menjadi teman Anda. Sedangkan My Friends, menampilkan user yangsudah menjadi teman Anda. Selain itu juga disedikan dropdown Order By yang terdiri atasLast Active, Newes Registered, dan Alphabetical.
  20. 20. Harman | Penggunaan E-Learning Berbasis CMS WordPress di SMK 164. Fitur ForumsFitur ini menampilkan topik yang sedang didiskusikan yang topiknya telah dibuat. Caranyamengklik judul topik yang telah diberikan link (misalnya, Tes).5. Fitur Silabus Pelajaran, RPP, Blog, PanduanFitur ini menampilkan informasi bacaan yang temanya terkait dengan nama menunyaE. Penggunaan Grup Dalam PembelajaranUntuk masuk ke grup, caranya adalah mengklik link grup yang dimana Anda telah join didalamnya (misalnya, klik tulisan Kelistrikan Otomotif). Tampilan awal grup, misalnya grupKelistrikan Otomotif dapat dilihat pada gambar berikut. Secara umum, ada 5 menu yang
  21. 21. Harman | Penggunaan E-Learning Berbasis CMS WordPress di SMK 17diberikan dalam tampilan grup ini, yaitu Beranda (Home), Courseware, Forum, Members,Send Invites, dan Admin.1. Home. Fitur ini menampilkan status yang sudah ditulis oleh admin group serta user yangsudah terdaftar di grup (members grup). Serta memberikan Anda kesempatan untuk menulisstatus di grup tersebut.2. Courseware. Pada menu Home ada Courseware Dashboard, Course Description,Assigments, dan Schedule.a. Courseware Dashboard merupakan tampilan umum tentang pelajaran tersebut, terdiri atasAt a glance, Latest Lectures, Latest Assignment, Latest Schedule, dan LatestResponses. Panel At a glance yaitu, dari update courses, add new lecture, create anassignment, all responses, add a schedule, manage bibliography dan visit forums.b. Course Description adalah penjelasan secara rinci tentang materi secara umum maupun submateri yang akan dibahas di dalamnya yang sudah dijelaskan dalam Panel Courseware
  22. 22. Harman | Penggunaan E-Learning Berbasis CMS WordPress di SMK 18c. Assignments, berisi penjelasan tugas-tugas yang harus Anda kerjakan, tipenya(description), tanggapan-tanggapan (responses), hingga waktu jatuh tempo pengumpulantugas tersebut (due date).d. Schedule berisi kalender pendidikan terkhusus untuk pelajaran dari grup tersebut, dimanajadwal tersebut akan memudahkan Anda dalam manajemen waktu pembelajaran.
  23. 23. Harman | Penggunaan E-Learning Berbasis CMS WordPress di SMK 193. ForumFitur ini menampilkan topik diskusi yang penjelasannya sama dengan forum yang terletak padamenu utama.4. MembersFitur ini menampilkan anggota-anggota yang sudah terdaftar di grup
  24. 24. Harman | Penggunaan E-Learning Berbasis CMS WordPress di SMK 205. Send InvitesFitur ini memberikan Anda kewenangan untuk mengundang user yang telah menjadi teman Andauntuk bergabung bersama Anda dalam grup yang dimana Anda telah joint di dalamnya(misalnya, penulis mengundang Muh. Ikram untuk bergabung di Grup Kelistrikan Otomotif).Caranya mencentang nama Muh. Ikram dan Send Invites.6. AdminBerisi fitur-fitur grup belajar seperti details, settings, avatar, members, requests, courseware,dan delete yang bisa digunakan admin untuk mengelola grup belajar tersebut.F. Mengelola Grup PembelajaranSetelah mengetahui fitur-fitur pembelajaran selanjutnya pengelolaan grup pembelajaran agardapat dengan mudah diakses oleh peserta didik.1. Membuat Grup Belajara. Kunjungi halaman Home (Beranda) dan klik tombol Create Group
  25. 25. Harman | Penggunaan E-Learning Berbasis CMS WordPress di SMK 21b. Kemudian kita akan dibawa ke layar Details dimana kita diminta untuk memberi namagrup dan keterangan grup. Kemudian klik Create Group and Continuec. Langkah berikutnya adalah memilih opsi privasi yang sesuai untuk grup. Memilih untukmengatur kelompok sebagai Private akan mencegah bukan anggota kelompok melihatinteraksi kelompok. Dari layar ini kita juga dapat memilih yang memiliki kemampuanuntuk menambahkan anggota baru ke grup. Jika kita ingin mempertahankan kontrol atasanggota kelompok, atur pilihan Group Invitations ke Group admins and mods only.
  26. 26. Harman | Penggunaan E-Learning Berbasis CMS WordPress di SMK 22d. Layar Avatar memungkinkan kita untuk memilih gambar untuk grup. Hal ini tidakdiperlukan, tetapi dapat menjadi cara mudah untuk membedakan grup belajar.e. Layar Invites memungkinkan kita untuk memilih pengguna situs dari daftar teman kitayang akan ditambahkan ke grup. Pilih siswa yang sesuai dan klik tombol Finish.
  27. 27. Harman | Penggunaan E-Learning Berbasis CMS WordPress di SMK 232. Memasukkan Materi PembelajaranMenambahkan materi memungkinkan guru untuk berbagi catatan saja, sumber daya, danslide dengan siswa dalam format yang terstruktur. Untuk menambahkan materi baru, kliktombol Add a new lecture dari dashboard saja. Kemudian kita dapat mengedit isi dari materidengan cara yang sama sebagaimana menulis postingan WordPress menambahkan teks, gambar,link, dan media tertanam.Materi akan muncul di bagian Latest Lectures dari dashboard dengan materi yang palingbaru diposting akan muncul di bagian atas. Hal ini memungkinkan siswa untuk cepat mengaksesmateri program studi yang paling baru diposting.3. Mengelola Tugas (Assignment)Sebagai guru, kita memiliki kemampuan untuk mengirim tugas. Untuk memposting sebuahtugas, kunjungi dashboard kursus dan klik tombol Create an assignment. Ini akan membawakita ke layar New Assignment. Dari layar New Assignment, kita dapat memasukkan rinciantugas.
  28. 28. Harman | Penggunaan E-Learning Berbasis CMS WordPress di SMK 24Dari layar New Assignment, menetapkan judul untuk tugas dan memasukkan deskripsitugas dan informasi yang diperlukan. Cara ini digunakan dalam cara yang sama seperti postingWordPress, memungkinkan kita untuk memasukkan teks, gambar, media, dan link.Pada kolom bagian kanan, kita dapat memilih topik materi yang sesuai dan pilih tanggaljatuh tempo penugasan.Setelah informasi tugas selesai, klik tombol Publish assignment untuk membuatnyaterlihat oleh siswa.
  29. 29. Harman | Penggunaan E-Learning Berbasis CMS WordPress di SMK 254. Membuat Forum DiskusiForum adalah cara yang efektif untuk mengkoordinasikan diskusi siswa. Forum melayanitujuan yang berbeda dibandingkan kegiatan situs, sebagai forum memungkinkan penggunauntuk membuat dan menanggapi posting dalam topik tertentu.Untuk membuat forum klik Forums pada dashboard maka kita akan dibawa ke layar ForumDirectory. Selanjutnya klik New Topic untuk membuat topik terbaru dalam sebuah forum.Forum Group akan memberikan anggota akses kelompok untuk sebuah forum diskusi yangterpisah. Hanya anggota kelompok akan memiliki akses untuk posting ke forum kelompok.5. Memasukkan ChatUntuk memudahkan interaksi antara guru dan siswa juga terdapat menu chatting yang dapatdigunakan untuk berkomunikasi pada waktu yang bersamaan. Adapun langkah penggunaanfasilitas chatting adalah dengan mengarahkan kursor ke bagian kanan situs hingga mendapatkanlayar Ruang Chat seperti gambar ini.
  30. 30. Harman | Penggunaan E-Learning Berbasis CMS WordPress di SMK 26Mulailah chat dengan tamu, admin, guru, atau dengan siswa lainnya dengan memasukkanteks pada kotak dialog kemudian menekan Enter untuk memasukkan teks pada ruang chat.
  31. 31. Harman | Penggunaan E-Learning Berbasis CMS WordPress di SMK 27DAFTAR PUSTAKAAdam D. Scoot, 2012. Wordpress for Education: Create Interactive and Engaging E-learningWebsites. Birmingham, UK: Packt Publishing.Ithemes. Januari, 2008. Wordpress As a CMS, 7.Wikipedia Ensiklopedia Bebas. 2013. Wikipedia: Sistem Manajemen Konten (online).(http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_manajemen_konten, Diakses 7 Februari 2013).Wikipedia Ensiklopedia Bebas. 2013. Wikipedia: Wordpress (online).(http://id.wikipedia.org/wiki/WordPress, Diakses 7 Februari 2013).Zaenal, Ali, 2011. Website Super Keren dengan WordPress 3.X. Jakarta: Mediakita.

×