Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
SILABUS MATA PELAJARAN : PEMROGRAMAN DASAR
NAMA SEKOLAH : SMK SWASTA TELADAN PEMATANGSIANTAR
MATA PELAJARAN : Kompetensi K...
implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil.
3.5 Menerapkan Penggunaan Tipe Data, Variabel,
Konstanta, Operat...
variabel, konstanta, operator dan
ekspresi dalam sebuah program
sederhana.
Mengkomunikasikan:
1. Siswa membuat sebuah lapo...
1 kondisi, 2 kondisi, lebih dari 2
kondisi dan percabangan
bersarang.
Mengkomunikasikan:
1. Siswa membuat sebuah laporan d...
Mengasosiasi:
1. Siswa membuat sebuah kesimpulan
tentang penggunaan perulangan
dengan kondisi awal, dan
perulangan dengan ...
Mengkomunikasikan:
Siswa membuat sebuah laporan dan
mempresentasikan hasil dari sebuah
program sederhana.
Pematangsiantar,...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Silabus p.dasar genap

214 views

Published on

silabus

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Silabus p.dasar genap

  1. 1. SILABUS MATA PELAJARAN : PEMROGRAMAN DASAR NAMA SEKOLAH : SMK SWASTA TELADAN PEMATANGSIANTAR MATA PELAJARAN : Kompetensi Kejuruan KELAS/SEMESTER : X / 2 STANDARD KOMPETENSI : Menerapkan Pemrograman Dasar ALOKASI WAKTU : 17 x 45 Menit Kompetensi Inti : KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang di anutnya. KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsif dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisa pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humoria dalam wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secaramandiri, dan mampu melaksanakan tugas pesifik di bawah pengawasan langsung. KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR P 1.1. Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya. 1.2. Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam. 1.3. Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari- hari. 2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka,kritis, kreatif, inovatif, dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam mlakukan percobaan dan diskusi. 2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
  2. 2. implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil. 3.5 Menerapkan Penggunaan Tipe Data, Variabel, Konstanta, Operator dan Ekspresi. 4.5 Mengolah data menggunakan konsep tipe data, variabel, konstanta, operator dan ekspresi  Tipe data variabel, operator dan ekspresi  Tipe data variabel dan konstanta.  Operator dan ekspresi Mengamati : 1. Siswa mengamati dan mendengarkan penjelasan mengenai variabel, operator dan ekspresi. 2. Siswa mengamati dan mendengarkan penjelasan mengenai variabel, operator dan konstanta. 3. Siswa mengamati dan mendengarkan penjelasan mengenai operator dan ekspresi. Menanya : 1. Siswa berdikusi menganalisa penggunaan variabel, operator dan ekspresi dalam algoritma. 2. Siswa berdikusi menganalisa penggunaan variabel, konstanta dalam algoritma. 3. Siswa berdikusi menganalisa penggunaan operator dan ekspresi dalam algoritma. Mengeksplorasi: 1. Siswa membuat kode program menggunakan ragam tipe data variabel, konstanta, operator dan ekspresi dengan program sederhana. 2. Siswa melakukan kompilasi, eksekusi dan perbaikan pada kesalahan-kesalahan yang terdapat dalam program. Mengasosiasi: 1. Siswa membuat sebuah kesimpulan tentang penggunaan tipe data,  Tes Lisan  Tes Tertulis  Tes Praktek 4 x 45 1. Buku Algoritma dan Pemrograman Pascal 2. Internet 3. Modul produktif, Buku Algoritma dan pemograman tingkat Dasar.
  3. 3. variabel, konstanta, operator dan ekspresi dalam sebuah program sederhana. Mengkomunikasikan: 1. Siswa membuat sebuah laporan dan mempresentasikan hasil dari sebuah program sederhana. 3.6 Menerapkan Struktur kontrol percabangan dalam bahasa pemrograman 4.6 Memecahkan masalah menggunakan struktur kontrol percabangan  Struktur kontrol percabangan  Percabangan 1 kondisi  Percabangan 2 kondisi Mengamati : 1. Siswa mengamati dan mendengarkan penjelasan tentang struktur kontrolpercabangan. 2. Siswa mengamati dan mendengarkan penjelasan mengenai percabangan 1 kondisi. 3. Siswa mengamati dan mendengarkan penjelasan mengenai percabangan 2 kondisi. Menanya : 1. Siswa berdikusi menganalisa tentang percabangan. 2. Siswa berdikusi menganalisa tentang percabangan 1 kondisi. 3. Siswa berdikusi menganalisa tentang percabangan 2 kondisi. Mengeksplorasi: 1. Siswa membuat kode program menggunakan percabangan 1 kondisi, 2 kondisi, lebih dari 2 kondisi dan percabangan bersarang. 2. Siswa melakukan kompilasi, eksekusi dan perbaikan pada kesalahan-kesalahan yang terdapat dalam program. Mengasosiasi: 1. Siswa membuat sebuah kesimpulan tentang penggunaan percabangan  Tes Lisan  Tes Tertulis  Tes Praktek 6 x 45 1. Buku Algoritma dan Pemrograman Pascal 2. Internet 3. Modul produktif, Buku Algoritma dan pemograman tingkat Dasar.
  4. 4. 1 kondisi, 2 kondisi, lebih dari 2 kondisi dan percabangan bersarang. Mengkomunikasikan: 1. Siswa membuat sebuah laporan dan mempresentasikan hasil dari sebuah program sederhana. 3.7 Menerapkan struktur kontrol perulangan dalam bahasa pemrograman. 4.7 Memecahkan masalah menggunakan struktur kontrol perulangan  Struktur kontrol perulangan  Perulangan dengan kondisi awal  Perulangan dengan kondisi akhir Mengamati : 1. Siswa mengamati dan mendengarkan penjelasan tentang struktur kontrolperulangan. 2. Siswa mengamati dan mendengarkan penjelasan mengenai perulangan dengan kondisi awal. 3. Siswa mengamati dan mendengarkan penjelasan mengenai perulangan dengan kondisi akhir. Menanya : 1. Siswa berdikusi menganalisa tentang perulangan. 2. Siswa berdikusi menganalisa tentang perulangan dengan kondisi awal. 3. Siswa berdikusi menganalisa tentang perulangan dengan kondisi akhir. Mengeksplorasi: 1. Siswa membuat kode program menggunakan perulangan dengan kondisi awal, dan perulangan kondisi akhir. 2. Siswa melakukan kompilasi, eksekusi dan perbaikan pada kesalahan-kesalahan yang terdapat dalam program.  Tes Lisan  Tes Tertulis  Tes Praktek 4 x 45 1. Buku Algoritma dan Pemrograman Pascal. 2. Internet. 3. Modul produktif, Buku Algoritma dan pemograman tingkat Dasar.
  5. 5. Mengasosiasi: 1. Siswa membuat sebuah kesimpulan tentang penggunaan perulangan dengan kondisi awal, dan perulangan dengan kondisi akhir. Mengkomunikasikan: 1. Siswa membuat sebuah laporan dan mempresentasikan hasil dari sebuah program sederhana. 3.8 Menerapkan keseluruhan konsep algoritma dalam penyelesaian masalah kompleks 4.8 Menganalisa kesalahan dalam program  Analisa pemecahan masalah  Debugging dan error dalam program Mengamati : 1. Siswa mengamati dan mendengarkan penjelasan tentang debugging dalam sebuah program 2. Siswa mengamati dan mendengarkan penjelasan mengenai error yang terjadi dalam sebuah program. Menanya : 1. Siswa berdikusi menganalisa tentang debugging sebuah program. 2. Siswa berdikusi menganalisa tentang error salam sebuah program. Mengeksplorasi: 1. Siswa melakukan kompilasi, eksekusi dan perbaikan pada kesalahan-kesalahan yang terdapat dalam program. Mengasosiasi: 1. Siswa membuat sebuah kesimpulan tentang debugging dan error dalam sebuah program.  Tes Lisan  Tes Tertulis  Tes Praktek 3 x 45 1. Buku Algoritma dan Pemrograman Pascal. 2. Internet. 3. Modul produktif, Buku Algoritma dan pemograman tingkat Dasar.
  6. 6. Mengkomunikasikan: Siswa membuat sebuah laporan dan mempresentasikan hasil dari sebuah program sederhana. Pematangsiantar, 6 Januari 2014 Ka. Program Rekayasa Perangkat Lunak, Guru Mata Pelajaran, N. MANURUNG, S.Kom FRISKHA L. MANURUNG, S.Kom Mengetahui; Kepala SMK Swasta Teladan Pematangsiantar, SUDARLIAN, S.Pd., M.Si.

×