Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Pakar it

899 views

Published on

Published in: Business, Technology
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Pakar it

  1. 1. PAKAR ITSebenarnya Indonesia mempunyai banyak tokoh - tokoh Tekhnologi Informasi(TI) yang kualitasnya tak kalah dengan tokoh - tokoh dari luar negeri. Kadang kitajuga tidak menyadari betapa besarnya sumbangsih mereka untuk mereka.Salah satunya adalah Frans Thamura . Pada kesempatan kali ini penulis akanmengupas tuntas tentang biografi perjalanan hidup seorang IT Indonesia ini.Nama saya Frans Thamura, lahir Sukabumi, 1975, lulusan Teknik Industri TrisaktiJakarta (1997), SD-SMA Mardi Yuana Sukabumi. Java Technopreneur yang tidakpernah jadi programmer Java secara karir.Sesia SekataSejak SD sampai SMA harus menjaga toko Lily (toko sepatu), untuk mendapatkansepatu sekolah, dengan membantu jaga toko saat puasa. Awal dari pembelajaranmetode tangan kanan-tangan kiri. Yang secara tidak langsung ternyata salah satuteori antropologi di kampus. Kalau gak jaga toko, yah tidak dapat sepatu. Sepatu inidigunakan untuk 1 tahun lamanya. Bayangkan 2 tahun sepatu yang sama, yang
  2. 2. umumnya saya pakai sampai robek. Yang menjadi kebiasaan sampai sekarang, pakaibaju sampai robek baru ganti.KomunitasKomputer pertama didapat dari ortu saya yaitu Mugen 80286 (memory terakhir4MB), aplikasi yang dipakai adalah Microsoft Word 2.0 (hacked - 2MB saja),Windows 3.1 (hacked 3MB space), Ventura Publisher (membuat saya dapat nominasidi Walikota karena karya tulisan Jogja, bersama rekan-rekan SMA saya).Ikutan CBrain Computer Club (SMA kelas 1), yang memberikan pengalaman pertamamengajar komputer (WordStar) di sekolah saya, yang menggiring saya ikutan BatuTulis Computer, milik Pak Micheal Sunggiardi, orang yang memperkenalkan banyakteknologi baru yang seperti CoreDraw, dia pakar Ventura pertama Indonesia, orangyang mengajak saya roadshow IT bareng Kang Onno W Purbo dan DannyFirmansyah), juga orang yang membuat saya memiliki banyak rekanan di dunia IT.Saya merupakan asisten PTLP di Trisakti, yang mengembangkan metode efesiensiperencanaan kombinasi tata letak pabrik dengan permutasi sebagai aplikasistandard penghitungan tugas perancangan pabrik di lab PTLP.Mendirikan JUG Indonesia, Ubuntu User Group Indonesia, dan OSGEO-id, tetapikarena berbagai sebab saat ini hanya JUG yang bergerak dengan subset JUGJoglosemar, JUG Bonek dan JUG Geulis.ProfesionalismeProfesionalisme dibidang komputer dimulai pada tahun 1992, dengan membuatsistem POS menggunakan GWBasic saat kelas 2 SMA, dilanjutkan dengan bekerja diWeka, Insfoil (sekarang menjadi kantor milik Pak Hoky), bekerja di plantationMakin Group (investor Intercitra), terus malang melintang didunia konsultan(Andersen Business Consulting) menghandle banyak client terutama processmanufacturing, web dan supply chain.Tidak pernah menjadi manager, loncat dari staff menjadi director terus langsungke shareholder.Dari awal bekerja dengan owner perusahaan, yang mengutamakan kejujuran danproaktif dalam membantu pemilik memecahkan masalah perusahaan sertamengadopsi teknologi yang paling efektif dan efisien untuk perusahaan ataugroupnya.
  3. 3. TechnologySaya mendalamin Visual Basic mulai 1.0 (Batu Tulis) sampai terakhir versi 6.0 dankemudian melupakan dunia Microsoft setelah Microsoft mengeluarkan .NET, danberalih menjadi pendukung OpenSource berbasis Java sejak itu.Perkenalan dengan Oracle E-Business di Andersen yang membuat saya mengerti apaitu World Class ERP, serta kantor pertama yang memperlihatkan perbedaan lulusanlokal dan luar (Amerika dan Australia).EnterpreneurshipSaya memulai karir pengusaha pertama sebagai penjual ikan hias dengan mensupplypenjual ikan hias didepan sekolah saya (ikan koral platis), pekerjaan ini dilakukanmulai SMP. Terima kasih kepada orang tua saya yang membuat samping rumahdibuatkan kolam ukuran 2 meter x 80cm, dan sekitar 6 aquarium. Yang membuatsaya dinobatkan menjadi Raja Ikan disekolah saya. Saya juga membuat memijahkanikan lain seperti Rainbow Sulawesi, Zebra Danio, Black Molly, Ikan Koki, PlatisPedang Cagak.Mendirikan PT. Intercitra Prima Integrasi (Intercitra) sekita 2003, dan tetapada sampai sekarang, sebuah perusahaan penyedia jasa IT.Mendirikan Yayasan Meruvian Dinamika (Meruvian Foundation), untuk membanturekan-rekan kita menjadi orang sukses dengan Java. Diharapkan yayasan ini dapatmenghasilkan banyak programmer Java baru dan mengurangi pengangguran yangkonon sampai lebih dari 1.2 juta setahun (lulusan SMA). Membantu mahasiswamendapatkan pengalaman industri dengan mengembangkan kurikulumjTechnopreneur. Saat ini bekerja sama dengan beberapa kampus dan SMK untukmengelola skillset Java murid/mahasiswanya.GelarLulus sertifikat Microsoft mulai dari Windows NT 4, NT 4 Enterprise, dan IEAK.Mimpi awal jadi MCSE+I, mimpi yang tidak pernah kesampaian.Mendapat gelar kehormatan dari Sun sebagai Java Champion dan dari Oraclesebagai Oracle Ace Director (Fusion Middleware and Java Tooling)
  4. 4. RoleBekerja sama dengan Depdiknas mengembangkan JENI, serta membantu Seamolecmembawa JENI menjadi program ASEAN.Menjadi perwakilan JEDI di IndonesiaProyek* BlueOxygen Workspace Platform, sebuah platform berbasis Java untuk bisnispertama di Indonesia yang OpenSource.* Medallion Integration Project, sebuah integration enterprise grade OpenSourceapplication dengan mengacu pada konsep SSO dan interlayer module development* jTechnopreneur, sebuah program technopreneurship terpadu berbasis event* Mitanni, sebuah integration aplikasi PHP popular dengan MedallionSUMBER :http://blogs.mervpolis.com/roller/flatburger/entry/frans_thamurahttp://galihyudha212.blogspot.com/2012/07/tokoh-penting-di-dunia-internet-majalah.htmlDiresum oleh :MUHAMMAD ARIF PRAYUGO1100631003_MI/A

×