Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Tugas powerpoint jannaturida xii ips 4

493 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Tugas powerpoint jannaturida xii ips 4

  1. 1. EKONOMIDi susun O leh : Jannaturida
  2. 2. A. Pengertian pasar modal.Menurut Undang undang Pasar modal no 8tahun 1995 . Pasar modal merupakan kegiatanyang bersangkutan dengan penawaran umum danperdagangan efek, perusahaan publik yangberkaitan dengan efek yang diterbitkannya sertalembaga dan profesi yang berkaitan denganefek,oleh karena itu pasar modal atau disebutdengan bursa efek artinya suatu tempat yangmemperdagangkan efek yang meliputi saham,obligasi atau bukti lainnya.
  3. 3. Jenis jenis pasar modal1. Pasar perdanaAdalah suatu pasar tempat efek efek diperdagangkan untuk pertamakalinya sebelum dicatat dibursa efek.Saham dan efek mulanya ditawarkan kepada investor oleh pihakpenjamin emisi ( under writer) melalui perantara pedagang efek (brokerdealer) sebagai agen penjual saham.2. Pasar sekunder.Adalah suatu tempat untuk memperjual belikan efek efek yang telahdicatat di bursa setelah tercatat di pasar perdana.Pelaksanaan dipasar sekunder bermula ketika efek dicatatkan dibursa.Efek yang diperdagangkan sama degan penawaran efek dalampasar perdana ( Initial puplic offering /IPO )Akan tetapi dipasar sekunder investor membeli efek dari investor lain.
  4. 4. Perbedaan pasar perdana dan pasar sekunderPasar perdana Pasar sekunderHarga yang ditentukan tidakdapat berubah.Harga berfluktuasi sesuaidengan kekuatan permintaandan penawaran.Dalam melakukan transaksitidak dikenakan komisi.Dalam melakukan transaksiterdapat biaya komisi .Hanya berlangsung transaksipembelian efek.Terdapat transaksi jual beliefek.Memiliki batas waktu Tidak terdapat batas waktu
  5. 5. B. Manfaat pasar modal.-Menydiakan sumber sumber pembiayaan jangkapanjang bagi dunia usaha.- Memberikan keuntungan bagi para pemilikmodal yang dipinjamkan dengan tingkat resikoyang dapat diperhitungkan.- Penambahan modal dalam dunia usaha akanmendorong peningkatan produksi ,memperluaslapangan kerja.- Penyebaran kepemilikan perusahaan sampailapisan masyarakat menengah.
  6. 6. C. Fungsi dan tujuan pembentukan pasar modal.Fungsi pasar modal :oSebagai sarana badan usaha untuk mendapatkantambahan modal.o Sebagai sarana pemerataan pendapatan.o Memperbesar produksi dengan modal yang didapatsehingga produktivitas meningkat.o Menampung tenaga kerjaoMemperbesar pemasukan pajak bagi pemerintah.Tujuan pembentukan pasar modal :oAdalah sebagai alat untuk mempercepat perluasanpartisipasi masyarakat dalam pembiayaanpembangunan dan pemerataan pembangunan.
  7. 7. D. Struktur Organisasi Pasar Modal Indonesia.Menteri KeuanganBadan pengawas Pasar Modal (Bapepam)Bursa efek Kliring penjaminan efek Indonesia Kostodian Sentral Efek IndoPerusahaan efek :-Broker-Penjamin emisi-Menejer investasiLembagapenunjang :-Biro Administrasiefek.Bank KostodianWali amanatPenasehatinvestasiPemeringkat efekProfesiPenunjang.-Akuntan-Konsultanhukum-NotarisPenilaiPemodal:-Domestik-AsingEmiten :Perusahaan efekreksadana
  8. 8. a.Bapepam ( Badan pengawas pasar modal)Bapepam bertanggung jawab melakukan pembinaan,pengaturan,dan pengawasan dipasar modal.Bapepam bertanggungjawab kepada menteri keuangan.Bapepam bertujuan mewujudkankegiatan pasar modal yang teratur,wajar,dan efesien,serta melindungi kepntingan pemilik modal.b. Bursa efek.Bursa efek adalah pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem dan sarana untukmempertemukan penawaran jual beli efek .c. Lembaga Kliring dan penjamin (LKP)LKP adalah pihak yang menyelenggarakan jasa kliring dan penjaminan transaksi bursa secarateratur ,wajar,dan efesien.d. Lembaga penyimpanan dan penyelesaian (LPP)Adalah pihak yang menyelenggarakan kegiatan kostodian sentral .e. Perusahaan efek.Adalah lembaga yang memiliki kegiatan sebagai perantara perdagangan efek,penjaminemisi,manajer investasi.-Penjamin emisi efek adalah pihak yang mengadakan kontrak dengan emiten untuk melakukanpenawaran umum dengan atau tanpa kewajiban membeli sisa efek yang tidak sesuai.-Perantara pedagang efek adalah pihak yang melakukan kegiatan jualbeli efek untuk kepentingansendiri atau pihak lain,atau disebut juga pialang atau broker yang bertugas memberikan informasimengenai emiten dan melakukan penjualan surat berharga kepada investor.-Manajer investasi adalah pihak yang mengelola fortofolio efek para nasabah .
  9. 9. f. Lembaga penunjang pasar modal :1. Biro adminstrasi efek (BAE)Adalah pihak yang melakukan kontrak dengan emiten untuk melaksanakanpencatatan kepemilikan dan pembagian yang berkaitan dengan efek.Tugasnya :-Menyimpan dan mengalihkan hak atas saham para investor,membantu menyusundaftar pemegang saham,mencatat pembayaran deviden serta membuat laporantahunan untuk emiten. Emiten adalah perusahaan publik yang mengeluarkan/menerbitkan efek.2. Kostodian adalah pihak yang memberikan jasa penitipan yang berkaitan denganefek serta jasa lain,menerima deviden,bunga dan hak lain ,menyelesaikan transaksiefek dan mewakili nasabahnya.3. Wali amanat adalah pihak yang mewakili kepentingan pemegang efek bersifatutang.Tuganya :Menilai kekayaan emiten,menganalisis kekayaan emiten,melakukan pengawasan danperkembangan emiten,memberi nasehat kepada investor,memonitor pembayaranpembayaran bunga dan pokok obligasi serta menjadi agen pembayaran.4. Pemeringkat efek adalah lembaga yang menerbitkan peringkat bagi surat utang.
  10. 10. g. Profesi penunjang pasar modal.1. Akuntan,adalah pihak yang memberikan pendapat atau kewajaranberkaitan dengan material,posisi keuangan ,hasil usaha sertaarus kas sesuai prinsip akuntansi.2. Konsultan hukum adalah pihak yang meneliti aspek hukum danmemberikan pendapat dari segi hukum.3. perusahaan penilai adalah pihak yang menilai aktiva tetap perusahaan.4. Notaris adalah pihak yang berwewenang membuat akta anggarandasar dan akta perubahan anggaran dasar,termasuk pembuatanperjanjian antar pnjamin emisi efek dan perjanjian agen penjual.
  11. 11. h. Emiten.Adalah pihak yang melakukan penjualan surat berharga atau emisidibursa efek.Emiten terdiri dari perusahaan pupblik atau pemerintah atau reksadana.Manfaat pasar modal bagi emiten :- mengurangi ketergantungan emiten pada bank.- mengurangi resiko keuangan.- ketersediaan dana dalam jumlah besar.- perusahaan bebas mengelola dana untuk meningkatkan produktivitasusaha.i. Investor.Adalah pihak yang menginvestasikan kelbihan dana dipasar modal .Investor berasal dari dalam negeri maupun luar negeri.Tujuannya adalah untuk mencari keuntungan sebesar besarnya.
  12. 12. E. Instrumen instrumen pasar modal.a. Saham.Saham adalah buktikepemilikan suatu perusahaanmelalui modal yang disetorkanpemegang saham atau persero.
  13. 13. Jenis jenis saham :1. Saham biasa (common stock)Adalah surat berharga sebagai buktikepemilikan seseorang atau lembagaterhadap suatu perusahaan .Saham ini terbagi atas 2 :1. Saham atas nama2. Saham atas tunjuk.
  14. 14. - Saham saham nama (registered stock)adalah saham nama pemeiliknyadicantumkan ,sehingga saat dialihkandibutuhkan syarat dan presedur tertentu.- Saham atas tunjuk (beared stock) adalahsaham yang tidak mencantumkan namapemiliknya sehingga lebih mudah dalampengalihan saat diperjualbelikan denganpihak lain.
  15. 15. Perbedaan saham biasa dengan sahampreferenSaham biasa Saham preferenDiveden dibayar sepanjang perusahaanmemperoleh laba.Memiliki hak paling dahulu dalammemperoleh diveden.Memiliki hak suara. Tidak memiliki hak suara.Jika perusahaan dilikuidasi ,hakmemperoleh pembagian kekayaanperusahaan dilakukan setelah semuakewajiban dilunasi.Dapat mempengaruhi manajemenperusahaan dalam pencalonanpengurus.Kemungkinan dapat memperolehtambahan dari pembagian labaperusahaan,disamping penghasilanyang diterima secara tetap.Jika perusahaan dilikuidasi ,memilikihak pembayaran maksimum sebesarnilai nominal saham,pembayaran inidilakukan lebih dahulu setelah kreditor.
  16. 16. Keuntungan kita membeli saham :1. Dividen.Adalah balas jasa yang diterimapemegang saham atas keuntunganyang dibagi perusahaan .Besarnyadividen ditentukan sesuaiRUPS.Pembagian dividen berupadividen tunai dan dividen saham.
  17. 17. 2. Capital gain.Investor dalam memperjualbelikansaham akan memperoleh keuntunganberupa selisih harga jual saham lebihtinggi daripada harga belinya.
  18. 18. Resiko pemilik saham :-Tidak mendapatkan dividen.- Capital Loss.- Jika perusahaan bangkrut ,pemiliksaham baru mendapatkan kembalidananya setelah aset terjual dibayarkandulu kepemegang obligasi.- Jika perusahaan dimana sahamnyadihapusakan dibursa efek maka pemilikkehilangan dananya.
  19. 19. Obligasi (Bond)Adalah Surat utang jangka panjang danbersuku bunga tertentu, dikeluarkan olehsuatu perusahaan untuk menarik danadari masyarakat guna menutuppembiayaan perusahaan.Obligasi terdiri dari obligasi denganjaminan(secured bonds) dan obligasi tanpajaminan (unsecured bonds)
  20. 20. Jenis obligasi tanpa jaminan :1. Mortgage bond adalah obligasi yang dijamindengan aktiva tetap tidak bergerak seperti tanahdan bangunan.2. Equipment bond adalah obligasi yang dijamindengan peralatan ,seperti mesin dan kenderaan.3. Colletral trus bond adalah obligasi yang dijamindengan saham atau obligasi lain.
  21. 21. Resiko pemilik modal yang berinvestasi pada obligasi1. Gagal bayar (Default)Gagal bayar terjadi jika perusahaan gagal membayarbunga dan nilai nominal pokok jatuh tempo.2. Capital loss.3. Callability.Emiten memiliki hak untuk membeli kembali obligasisebelum jatuh tempo.Pembelia dilakukan ketikatingkat suku bunga cenderung menurun.

×