Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Nusriatul hidayah

197 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Nusriatul hidayah

  1. 1. GeografiOleh : Nusriatul HidayahXII IPS 1
  2. 2. MateriContohSoalSoalDaftarPustaka
  3. 3. Lapisan AtmosferPengertian : Permukaan bumi sebagai tempatberlangsungnya kehidupan, memiliki pelindungdari pengaruh-pengaruh planet lain. Pelindungtersebut berupa udara yang melapisi permukaanbumi sehingga terhindar dari pengaruh-pengaruh yang membahayakan , merusak ataubahkan mematikan. Lapisan peelindung yangdimaksud adalah ATMOSFER.
  4. 4. Lapisan AtmosferAtmosfer berasal dari bahasa yunani , yaitu atmosyang artinya uap dan spaira yang artinya adalahlingkaran atau bola. Sehingga atmosfer dapatdiartikan sebagai lapisan udara yang menyelimutibumi. Ketebalan atmosfer kira-kira lebih dari 1.000km , di mana komposisisnya terdiri atas nitrogen(78,08%) , oksigen (20,95%), argon (0.95%) , karbondioksida (0,034%) dan sisanya berupa gas-gas lainseperti neon, helium, ozon, hydrogen, krypton, metana danxenon.
  5. 5. Lapisan AtmosferFungsi atmosfer bagi bumi di antaranya adalahuntuk mengatur proses penerimaan panasmatahari, yaitu dengan menyerap (absorbsi)dan memantulkan (refleksi) panas yangdipancarkan oleh sinar matahari.
  6. 6. Lapisan AtmosferStruktur Lapisan AtmosferLapisan TroposferMerupakan lapisan paling bawah dengan ketebalanrata-rata 12 km. Lapisan ini sangat besarpengaruhnya bagi kehidupan di bumi , karenadisinilah tempat terjadinya peritiwa cuaca sepertiangin, hujan, petir, awan serta keadaan iklim.Lapisan StratosferMerupakan lapisan ozon yang terkonsentrasi ,sehingga pada lapisan inilah sinar ultravioletmengalami penyaringan sebelum sampai ke bumi.
  7. 7. Lapisan Atmosfer Lapisan MesosferMerupakan lapisan pelindung bumi dari kejatuhanmeteor, sebab meteor sudah terbakar dan hancur padalapisan ini. Lapisan TermosferMerupakan lapisan terjadinya refleksi (pantulan)gelombang radio yang dipancarkan dari bumi untukkemudian diterima ditempat lain. Lapisan EksosferMerupakan lapisan atmosfer paling luar yang beradapada ketinggian 500 sampai dengan 1.000 km.
  8. 8. Cuaca dan IklimPengertianCuaca adalah keadaan rata-rata udara padasuatu daerah yang sempit pada waktu tertentu .sedangkan Iklim adalah keadaan rata-rata cuacapada periode atau waktu tertentu yanglama dan meliputi daerah yang luas.
  9. 9. Cuaca dan IklimUnsur-unsur cuaca1. Suhu udara dan temperaturTinggi rendahnya suhu udara suatu tempat banyak dipengaruhi beberapafaktor , yaitu : Sudut sinar datangJika sudut datang sinar matahari kecil, maka intensitas panas matahariterhadap permukaan bumi jugaa tinggi. Sedangkan jika sudut datangnyabesar, maka sinar matahari datang lebih miring menyebabkan cakupan lebihluas sehingga intensitas panasnya lebih semakin rendah. Lama penyinaranLama penyinaran menyebabkan peningkatan suhu dipermukaan bumi. Keadaan awan dan lengas udaraSemakin banyak uap air di udara menyebabkan semakin besar pula panasyang diserap , jadi temperature lebih tinggi.
  10. 10. Cuaca dan Iklim Ketinggian suatu tempatKetinggian tempat suatu wilayah sangat mempengaruhi tinggirendahnya temperatur udara. Semakin tinggi wilayah makatemperaturnya cenderung lebih rendah atau yang disebut dengangradient termis. Setiap naik sekitar 100 m di daerah tropis, mengalamipenurunana temperature kira-kira 0,6 Celcius, sehingga dapatdirumuskan :T = 26,3 – 0,6 hKeterangan :T : temperatur rata-rata suatu wilayah26,3 : temperature rata-rata di daerah tropis0,6 :konstanta temperaturh : tinggi tempat Macam permukaan bumi .
  11. 11. Cuaca dan Iklim2. AnginAngin adalah gerakan masa udara dari daerah yangbertekanan maksimum atau daerah yang memiliki kerapatanudaranya tinggi ke daerah yang bertekanan minimum ataudaerah yang kerapatan udaranya renggang. Macam-macamangin yaitu berdasarkan gerakan dan sifatnya yaitu : Angin pasat dan antipasatAngin pasat adalah angin yang bertiup di dua daerahbertekanan maksimum secara terus-menerus, menuju arahekuator/khatulistiwa. Sedangkan angin antipasat adalah anginyang gerakannya berlawanan arah dengan angin pasat.
  12. 12. Cuaca dan IklimAngin mosun (monsun) atau angin musimAngin mosun bertiup setiap setengah tahunberganti arah dan berlawanan. Angin mosun adadua yaitu angin mosun timur & angin mosun barat.Angin lokalAngin lokal terjadi pada wilayah yang relativesempit, yang dipengaruhi oleh sifat daratan danperairan, intensitas pemanasan matahari danketinggian. Contoh angin lokal yaitu angin darat &angin laut, angin lembah & angin gunung, anginterjun.
  13. 13. Cuaca dan Iklim3. Tekanan udaraTekanan udara menunjukan tenaga yang bekerja untuk menggerakanmassa udara dalam setiap satuan luas wilayah tertentu. Kekuatantekanan udara sangat dipengaruhi oleh kerapatan ( densitas) massaudara itu sendiri.4. Kelembaban udaraKelembaban udara adalah kandungan uap air dalam massa udara.Kelembaban udara terbagi menjadi tiga :Kelembaban spesifik, yaitu perbandingan uap air yang terkandungdalam setiap unit massa udara.Kelembaban absulot, yaitu perbandingan uap air dalam setiap volumeatau densitasuap air dalam udara.Kelembaban relatief atau kelembaban nisbi(RH)
  14. 14. Cuaca dan Iklim5. AwanAwan adalah uap air di dalam udara yang mengalami proseskondensasi atau pengembunan membentuk titik air. Jenis-jenis wan yaitu :Awan tinggi, berada pada ketinggian 6-12 km di ataspermukaan laut. Terdiri dari Kristal-kristal es karenaketinggian.Awan menengah, berada pada ketinggian 3-6 km dpal.Awan rendah, kira-kira berada pada ketinggian 3 km dpal.Awan yang terjadi karena udara naik, berada pada ketinggian500-1.500 km dpal.
  15. 15. Cuaca dan Iklim6. HujanHujan dapat diklasifikasikan seperti berikut ini, yaitu : Hujan zenithal ( hujan konveksi) Hujan zenithal terjadi karena arus konveksi, terjadi di daerah tropis. Uap air didaerah ekuator naik secara vertical. Udara naik itu mengalami penurunan suhukarena ketinggian, sehingga pada ketinggian tertentu terjadi proses kondensasidan membentuk awan. Setelah angin tidak mampu lagi menahan kumpulan titik-titik air, terjadilah hujan konveksi/zenithal. Hujan naik pegunungan ( hujan orografis) Hujan orografis terjadi karena gerakan udara yang mengandung uap air terhalangoleeh pegunungan, sehingga massa udara itu di paksa naik mengikuti lerengpegunungan. Akibatnya, suhu udara tersebut menjadi dingin karena ketinggian danteradinya proses kondensasi membentuk awan , selanjutnya terjadilah hujanorografis. Hujan frontal Hujan frontal terjadi karena dua massa udara yng berbeda suhunya. Hujan muson
  16. 16. Cuaca dan IklimPersebaran curah hujan di IndonesiaPersebaran curah hujan di Indonesia tidak merata disetiap daerah . halini disebabkan karena perbedaan topografi, sirkulasi angin, posisiGeografis, dan lain-lain. Berdasarkan rata-rata curah hujan tahunanyang tercatat di BMG wilayah Indonesia terbagi menjadi empat wilayahhujan, yaitu :1) Wilayah curah hujan di atas 3.000 mm/thn, meliputi SumBar,KalSel, KalTim, Lombok, Bali, Jawa.2) Wilayah curah hujan 2.000-3.000 mm/thn, meliputi SumTim, Jawa,Maluku, Papua3) Wilayah curah hujan 1.000-2.000 mm/thn, meliputi Nusa Tenggara,Kep.aru, Kep.tanibar, Merauke.4) Wilayah curah hujan kurang dari 1.000 mm/thn, Sulawesi, daerahpadang rumput di nusa tenggara, daerah disekitar palu, dan luwukSulawesi tengah.
  17. 17. Cuaca dan IklimPenggolongan IklimPenggolongan iklim menurut koppenVladimir koppen seorang klimatolog dari Austria, menggolongkan iklim dunia menjadilima macam, yaitu : Wilayah beriklim tipe A (iklim hujan tropic) Ciri-cirinya adalah penguapan dan curah hujan tinggi, sehingga memilikisuhu rata-rata antara 20°-28°C. Wilayah beriklim B (Iklim kering) Ciri-cirinya adalah penguapan tinggi dan hujan sedikit. Wilayah beriklim C (iklim sedang basah)P Wilayah iklim tipe C mengenal empat musim yaitu musim dingin, semi, gugur danpanas. Suhu udara pada wilayah ini berkisar -30°-80°C. Wilayah beriklim D (iklim dingin basah) Wilayah iklim ini merupakan wilayah iklim salju yang bersuhu -30°-10°C Wilayah beriklim E (iklim kutub) Tidak mengenal adanya musim panas.
  18. 18. Cuaca dan IklimPenggolongan iklim menurut Schmidt dan fergusonMereka membagi tipe iklim menjadi delapan wilayah dengandasar curah hujan bulanan. Untuk mengklasifikasikan kedalamtipe-tipe iklim tersebut menggunakan dasar bulan basah &bulan kering. Masing-masing jumlah bulan basah & bulankering tiap tahunnya dihitung, kemudian dijumlahkanuntukbeberapa tahun ( minimal 10 tahun ) dan hasilnya dirata-rata.Ada beberapa kreteria yaitu : Bulan kering : curah hujan antara 0-60 mm/bulan Bulan lembab : curah hujan antara 60-100 mm/bulan Bulan basah : curah hujan di atas 100 mm/bulan
  19. 19. Cuaca dan IklimPenggolongan iklim menurut junghuhnJunghuhn membagi wilayah iklimnya berdasarkan pembagian wilayahmenurut ketinggian suatu tempat. Berdasarkan ketinggian tempat daripermukaan air laut (dpal) serta berkaitan dengan jenis tanaman yang tumbuhdan berproduksi optimal sesuai dengan habitat suhunya, junghuhnmenggolongkasniklim atas empat suhu udara .1) Wilayah temperature panas ( 0-600 m dpal )2) Wilayah temperature sedang ( 600-1.500 m dpal )3) Wilayah temperature sejak (1.500-2.500 m dpal )4) Wilayah temperature dingin ( lebih 2.500 m dpal )Perubahan iklim global El ninoAdalah terjadinya musim kemarau melebihi batas normal . La ninaAdalah terjadinya musim hujan melebihi batas normal.
  20. 20. Contoh Soal1. Kota X memiliki ketinggian 4.200 meter dari ataspermukaan laut. Berapakah temperature di kotaX ?Jawab :Diketahui : h = 4.200 meterDitanya : temperature kota X ?Dijawab : T = 26,3 – (0,6 X 42)= 26,3 – 25,2= 1,1°C
  21. 21. Soal1. Apakah yang dimaksud dengan lapisanatmosfer ?2. Berupa apakah gas yang menyusun atmosferyang menyelimuti bumi ?3. Apakah yang dimaksud dengan gradienttermis ?4. Apa yang dimaksud dengan cuaca ?5. Bagaimana iklim menurut junghuhn ?
  22. 22. Daftar PustakaYulianti.2007. geografi .Bandung :Yrama Widya.http://id.wikipedia.org

×