Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
SENAM
HAMIL
APRILLIA INDAH FAJARWATI
JURUSAN KEBIDANAN
POLTEKKES KEMENKES
SURAKARTA
2015
GERAKAN 2
1. Gerakan pertama yait...
Senam hamil adalah suatu gerakan /
olah tubuh yang dilaksanakan oleh ibu
hamil sehingga menjadi sehat fisik maupun
mental ...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Leaflet senam hamil

5,413 views

Published on

Siapa sih yang gak mau kehamilannya sehat? selamat mencoba! ^^

Published in: Health & Medicine
  • Be the first to comment

Leaflet senam hamil

  1. 1. SENAM HAMIL APRILLIA INDAH FAJARWATI JURUSAN KEBIDANAN POLTEKKES KEMENKES SURAKARTA 2015 GERAKAN 2 1. Gerakan pertama yaitu posisi berdiri dan tangan di pinggang, gerakkan leher ke kanan dan kiri untuk meregangkan otot leher. 2. Gerakan sederhana dengan melakukan latihan dasar kaki dan menggerakkan telapak kaki ke depan dan ke belakang guna membantu sirkulasi vena dan mencegah pembengkakkan di kaki. 3. Tidur telentang dengan satu kaki lurus dan satu kaki ditekuk kemudian dorong kembali ke depan. Lakukan bergantian dengan kaki lainnya. Gunanya untuk latihan dasar panggul. 4. Pada gerakan ini yaitu berbaring dengan posisi miring. Angkatlah kaki perlahan- lahan lalu turunkan. Lakukan bergantian dengan kaki satunya. 5. Selanjutnya berbaring telentang, kedua lutut dipegang dengan tangan, kemudian tarik nafas dan berlatih mengejan. 6. Sikap merangkak, letakkan kepala di antara ke dua tangan, lalu menoleh ke samping. Selanjutnya turunkan badan sehingga dada menyentuh kasur. Bertahanlah pada posisi ini selama kurang lebih 1 menit. 7. Gerakan yang ini anda bisa melibatkan suami dengan membantu memijat daerah pinggang, punggung, dan bahu untuk melepaskan ketegangan dan memulihkan otot pinggang yang lelah.
  2. 2. Senam hamil adalah suatu gerakan / olah tubuh yang dilaksanakan oleh ibu hamil sehingga menjadi sehat fisik maupun mental untuk menghadapi kehamilan dan persalinan dengan aman dan alami. A. PENGERTIAN C. MANFAAT B. TUJUAN 1. Mencegah terjadinya deformitas (cacat) kaki dan pemeliharaan fungsi kaki. 2. Melatih dan menguasai teknik pernafasan. 3. Memperkuat dan mempertahankan elastisitas otot-otot dinding perut. 4. Membentuk sikap tubuh yang sempurna selama kehamilan. 5. Mendukung ketenangan fisik. 1. Mempertahankan atau meningkatkan kebugaran kardiovaskuler. 2. Meningkatkan sikap dan status mental. D. PERSYARATAN 1. Kehamilan berjalan normal dengan rekomendasi / izin dari dokter / bidan. 2. Kehamilan berusia minimal 5 bulan. 3. Diutamakan pada kehamilan pertama atau kehamilan berikutnya yang mengalami kesulitan persalinan atau melahirkan anak prematur. 4. Latihan dilakukan harus secara teratur dalam suasana yang tenang. 5. Berpakaian cukup longgar. 6. Menggunakan kasur atau matras / jangan dilantai. E. TATA CARA 2. Posisi duduk di atas alas lembut seperti diatas dengan merenggangkan kedua kaki lurus ke depan. Langkah selanjutnya yaitu condongkan tubuh ke belakang dan bertumpu pada siku lengan yang diletakan di lantai. Lakukan gerakkan telapak kaki dengan menegakkan lalu mengarahkannya ke bawah hingga posisinya lurus dengan lutut. Gerakkan lainnya yaitu menggerakkan telapak kaki ke samping, lalu tegakkan lurus, ke samping lagi, ulangi gerakan ini sampai merasa cukup. 2. Mengurangi kecemasan dan insomnia. 3. Persalinan menjadi lebih lancar dan penyulit berkurang. GERAKAN 1 1. Posisi duduk bersila dengan menegakkan punggung, letakkan tangan di atas kaki seperti orang yang sedang bersemedi. Lakukan posisi ini untuk beberapa saat sambil mengatur pernafasan. 3. Posisi tidur dengan satu bantal meyangga kepala, lalu angkat kedua lutut kaki menjadi seperti posisi melahirkan. Tarik nafas sedalam-dalamnya lewat mulut, tahan, dan mengejan, seperti saat anda sedang buang air besar. Jika anda merasa nafas sudah mau habis, keluarkan nafas anda kemudian tarik nafaskembali, dan ulangi proses ini sebanyak beberapa kali.

×