Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
Manajemen Informatika – Politeknik Manufaktur Astra
Annisa Shabrina – Ayu Lestari – Ghea Gayatri – M. Fajar Adythia – M. G...
2000
1998

cisco memimpin dunia dalam menyediakan hardware, software dan jasa.
kapitasi pasar cisco melewati 100 miliar US...
1993
Cisco
Money

Pete
Solvik

Perubahan

BUT
NO ERP

Membuat struktur
organisasi dan
anggaran

Penerapan IT di
Cisco

Ren...
Ketidakmampuan sistem yang ada untuk menangani kegiatan transaksi Cisco sehari-hari yang semakin berkembang
menjadi permas...
Pengaksesan inti aplikasi database
Cisco yang pada dasarnya memang
tidak memiliki kompatibilitas
Pete Solvik
bergabung den...
Menanggulangi masalah yang terjadi pada kegagalan total Cisco sebelum melakukan implementasi
ERP
Menangani pemrosesan dan ...
Memilih Produk
ERP

Oracle sebagai vendor ERP

Pergi ke Dewan

Merumuskan perencanaan waktu dan biaya
Anggota tim dari sel...
1

Menentukan tim
investigasi untuk
melakukan observasi
pasar.

Strategi :
membangun pengetahuan
sebanyak mungkin atas
pen...
Alasan
terpilihnya
oracle
sebagai
vendor
ERP

Oracle memiliki kemampuan manufaktur yang baik dibandingkan
vendor lainnya.
...
&
Gambar 5 Perencanaan Waktu Implementasi

Gambar 6 Perencanaan Biaya Implementasi

Selanjutnya, Cisco melakukan perhitung...
20 orang

100 orang

Anggota tim dari seluruh Cisco ditempatkan ke salah satu dari lima "track" (tim
proses area).
Pemimpi...
Selama CRP1, anggota
tim menghasilkan
script rinci yang
mendokumentasikan
tujuan dan prosedur
yang digunakan untuk
menyele...
• Di awal penerapannya, kinerja bisnis secara keseluruhan menurun drastis.
Sistem mengalami down hampir satu kali sehari. ...
Manajemen puncak memberikan dukungan penuh untuk proyek
sejak awal proses ini dimulai.

Integrasi orang-orang yang terliba...
KESIMPULAN

SARAN
•

•
•
•
•

Tujuan dari implementasi ERP di Cisco
tercapai.
Sistem yang dihasilkan dari implementasi
ERP...
Austin, R. D., Nolan , R. L., & Cotteleer, M. J. (2002). Cisco
Systems, Inc.: Implementing ERP. Harvard Business School, 1...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Paper cisco kelompok 6 by Annisa Shabrina

1,028 views

Published on

Implementasi Cisco

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Paper cisco kelompok 6 by Annisa Shabrina

  1. 1. Manajemen Informatika – Politeknik Manufaktur Astra Annisa Shabrina – Ayu Lestari – Ghea Gayatri – M. Fajar Adythia – M. Galih Saputra
  2. 2. 2000 1998 cisco memimpin dunia dalam menyediakan hardware, software dan jasa. kapitasi pasar cisco melewati 100 miliar USD. Pengamat industri memprediksikan cisco akan masuk 3 besar perusahaan yang mendominasi pasar. 1997 menurut fortune 500, termasuk ke dalam urutan ke 5 besar untuk pengembalian revenue dan pengembalian asset. 1993 cisco mengeluarkan 4 jenis router, yaitu router 4000, 7000, 2000, dan 3000. 1992 1990 1988 1984 Nama cisco system diubah menjadi cisco system, Inc. Dengan meningkatnya perkembangan internet maka permintaan pasar untuk produk cisco semakin meningkat. Bosack dan learner meninggalkan perusahaan dan menjual saham mereka . Kepergian mereka membuat mouridge bebas melanjutkan rencannya membangun struktur managemen yang lebih disiplin dan terdesentralisasi. Mauridge mempertahankan organisasi fungsional mereka. Valentine (wakil ketua dewan cisco) menunjuk john moridge sebagai CEO. John moridge membuat tim managemen cisco tetapi ternyata bentrok dengan para pendiri cisco yaitu bosack dan learner. Didirikan pertama kali tahun 1984 oleh bosack dan sandy lerner, diberinama cisco system dengan produk unggulannya gateway server kecil.
  3. 3. 1993 Cisco Money Pete Solvik Perubahan BUT NO ERP Membuat struktur organisasi dan anggaran Penerapan IT di Cisco Rencana masing – masing functional untuk membuat keputusan tersendiri
  4. 4. Ketidakmampuan sistem yang ada untuk menangani kegiatan transaksi Cisco sehari-hari yang semakin berkembang menjadi permasalahan utama yang tidak bisa diabaikan. Terlalu banyak perbaikan-perbaikan atau tambahan-tambahan yang dilakukan kepada sistem yang ada Tidak ada pekerja yang berani mengambil inisiatif untuk mengganti sistem yang ada dengan yang lebih baik, hanya diperbaiki saja. Seringnya terjadi kegagalan sistem (system down) yang diakibatkan karena terlalu banyak kustomisasi yang dilakukan pada sistem Terjadi perang antar stanford dan cisco system tentang teknologi pengembangan multi protokol router yang dibuat oleh teknisi stanford digunakan oleh cisco karena cisco membayar akan hal itu.
  5. 5. Pengaksesan inti aplikasi database Cisco yang pada dasarnya memang tidak memiliki kompatibilitas Pete Solvik bergabung dengan Cisco pada bulan Januari 1993 sebagai Chief Informatin Officer (CIO) perusahaan. Kinerja system yang ada mengalami kerusakan dan merusak database pusat milik Cisco
  6. 6. Menanggulangi masalah yang terjadi pada kegagalan total Cisco sebelum melakukan implementasi ERP Menangani pemrosesan dan volume transaksi untuk perkembangan bisnis Cisco Tiap unsur ERP dapat bekerja pada masing-masing area spesifiknya Mengintegrasikan system yang masih terpisah Memenuhi kebutuhan perusahaan yang semakin meningkat.
  7. 7. Memilih Produk ERP Oracle sebagai vendor ERP Pergi ke Dewan Merumuskan perencanaan waktu dan biaya Anggota tim dari seluruh Cisco ditempatkan ke salah satu dari lima "track" (tim proses area). Menentukan Tim Imlementasi Dengan menggunakan pendekatan ini, Implementasi anggota tim terbagi atas beberapa Oracle serangkaian fase yang disebut Conference Room Pilot (CRP) Kesalahan pasca Di awal penerapannya, kinerja bisnis secara keseluruhan menurun drastis. Sistem mengalami down hampir satu kali sehari. Permasalahan terdapat pada arsitektur dan ukuran perangkat keras. implementasi Faktor Keberhasilan
  8. 8. 1 Menentukan tim investigasi untuk melakukan observasi pasar. Strategi : membangun pengetahuan sebanyak mungkin atas pengalaman dari orang lain. 2 Menentukan produk cisco bekerja sama dengan KFMG. Tim investigasi mengidentifikasi yang tebaik. Tim menuliskan permohonan RFP untuk dikirim ke vendor
  9. 9. Alasan terpilihnya oracle sebagai vendor ERP Oracle memiliki kemampuan manufaktur yang baik dibandingkan vendor lainnya. Oracle membuat beberapa janji mengenai pembangunan jangka panjang untuk paket yang akan diimplementasikan. Tingkat fleksibilitas yang ditawarkan oleh Oracle cukup menggiurkan Cisco, dan Cisco juga memiliki alasan lain untuk percaya bahwa Oracle termotivasi untuk membuat proyek ini sukses
  10. 10. & Gambar 5 Perencanaan Waktu Implementasi Gambar 6 Perencanaan Biaya Implementasi Selanjutnya, Cisco melakukan perhitungan biaya untuk kemudian mendapatkan persetujuan dari para dewan. Namun, proses ini menjadi agak tersendat dikarenakan kekhawatiran dalam pengeluaran biaya yang besar.
  11. 11. 20 orang 100 orang Anggota tim dari seluruh Cisco ditempatkan ke salah satu dari lima "track" (tim proses area). Pemimpin sistem informasi Cisco Order Entry Track Manufacturing Track Finance Track Sales/Reporting Track Technology Track Pemimpin bisnis Cisco Konsultan bisnis dan TI SDM tambahan dari bisnis sebagai anggota tim.
  12. 12. Selama CRP1, anggota tim menghasilkan script rinci yang mendokumentasikan tujuan dan prosedur yang digunakan untuk menyelesaikan proses. Berbeda dengan CRP0, anggota tim dengan hati-hati mendokumentasikan masalah yang ditemukan. CRP2 dan CRP3 CRP1 CRP0 CRP0 dimulai dengan melatih tim implementasi dan menyiapkan lingkungan teknis. Pengalaman tim selama tahap CRP0 menemukan kenyataan bahwa tanpa sejumlah perubahan, maka perangkat lunak tidak akan mampu mendukung kerja perusahaan secara efektif dan perubahan yang dilakukan akan substansial (besar). Tujuan akhir dari CRP2 adalah untuk memulai pengujian sistem, baik perangkat keras dan perangkat lunak. Fokus CRP3 adalah pada pengujian sistem lengkap dan menilai kesiapan perusahaan.
  13. 13. • Di awal penerapannya, kinerja bisnis secara keseluruhan menurun drastis. Sistem mengalami down hampir satu kali sehari. Permasalahan terdapat pada arsitektur dan ukuran perangkat keras. • Selain itu, masalah lain adalah kesalahan perusahaan karena tidak menguji sistem dengan jumlah basis data yang besar, sesuai dengan volume yang dibutuhkan oleh proses bisnis Cisco. • Dalam retrospeksi, jelas bahwa itu adalah kesalahan perusahaan dalam pengujian akhir dari sistem.
  14. 14. Manajemen puncak memberikan dukungan penuh untuk proyek sejak awal proses ini dimulai. Integrasi orang-orang yang terlibat di dalamnya. Mereka menyadari kegiatan dan tugas mereka. Perencanaan yang tepat Perencanaan anggaran yang tepat Cisco memilih KPMG sebagai konsultan dan mitra integrasi yang baik dan Oracle sebagai vendor yang kuat secara finansial.
  15. 15. KESIMPULAN SARAN • • • • • Tujuan dari implementasi ERP di Cisco tercapai. Sistem yang dihasilkan dari implementasi ERP dapat memenuhi kebutuhan dari proses bisnis perusahaan. Implementasi ERP dapat diterima dari manajemen atas sampai bawah. Kapitalisasi Cisco meningkat setelah ERP diimplementasikan. • • Jika memakai jasa sebuah konsultan, maka sebaiknya Cisco melakukan evaluasi dengan melihat perkembangan sistemnya agar tidak terjadi kesalahan seperti pada awal implementasi yang berhubungan dengan masalah konfigurasi sistem dan daya tampung sistem. Melakukan perencanaan biaya dan implementasi yang akan memfokuskan Cisco dalam proses implementasi. Uji coba implementasi ERP disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.
  16. 16. Austin, R. D., Nolan , R. L., & Cotteleer, M. J. (2002). Cisco Systems, Inc.: Implementing ERP. Harvard Business School, 1-19. ERP Team. (2007). When The Combined Workforce Is Put To Use. Dipetik 10 23, 2012, dari ERP Implementation: http://www.implement-erp.com/cisco-erp-implementation.html Vissell, M. (2004). Routing The Path to End-To-End Communication. ISM 158.

×