Proses Persiapan
Kemerdekaan Indonesia
Oleh:
Anisa Solihati
Decky Arya Y
Faisal Hanif
Lina Wati

05
08
09
13
PEMBENTUKAN BPUPKI
Kedudukan Jepang makin terjepit oleh
sekutu dalam Perang Dunia II. Kondisi Jepang
semakin terpukul. Sat...
Para pemimpin pergerakan kemerdekaan
Indonesia mendesak Jepang untuk segera
mewujudkan janjinya. Oleh karena itu, pada tan...
SIDANG BPUPKI

a. Sidang pertama
(29 Mei 1945 – 1 Juni 1945)
a. Sidang kedua
(10 Juli 1945 – 16 Juli 1945)
SIDANG PERTAMA BPUPKI
Sidang pertama BPUPKI yang dilaksanakan
pada tanggal 29 Mei – 1 Juni 1945 membahas dasar
negara Indo...
Dalam pertemuan pada tanggal 1 Juni 1945 juga
dibentuk Panitia Kecil beranggotakan sembilan
orang yang disebut Panitia Sem...
SIDANG KEDUA BPUPKI

Sidang kedua BPUPKI yang dilaksanakan pada
tanggal 10 - 16 Juli 1945 membahas rancangan
UUD. Dalam si...
Sebelum sidang BPUPKI berakhir, panitia
melaporkan hasil dari sidang, yaitu:
1. Pernyataan Indonesia Merdeka.
2. Pembukaan...
PEMBENTUKAN PPKI
Pada tanggal 6 Agustus 1945 Kota Hiroshima
dibom atom oleh Amerika Serikat. Jepang seakanakan terpaksa he...
Pada tanggal 9 Agustus 1945 Kota Nagasaki
juga dibom atom oleh pasukan Amerika Serikat.
Jepang makin tidak berdaya. Jender...
Jenderal Besar Terauchi menyampaikan beberapa hal
kepada para pemimpin bangsa Indonesia, antara lain:
1. Pemerintah Jepang...
Perbedaan Pendapat antara Golongan Tua dan Golongan Muda

Jepang menyerah kepada sekutu, sehingga terjadi
kekosongan kekua...
Setelah melalui peristiwa Rengasdengklok, rombongan
Soekarno-Hatta sampai di Jakarta pada malam hari. Pada
malam itu Soeka...
Pada malam itu juga mereka menuju ke rumah Laksamana
Maeda di Jalan Imam Bonjol No. 1 Jakarta untuk
merumuskan teks porkla...
Soekarno memegang pena dan kertas sedangkan
Moh. Hatta dan Ahmad Soebarjo mengemukakan
ide-idenya secara lisan. Ahmad Soeb...
Setelah konsep teks proklamasi, teks itu dibawa
ke tempat pemimpin lain berkumpul, namun
timbul perpecahan. Chaerul Saleh ...
Setelah konsep itu jadi segera diserahkan kepada
Sayuti Melik dan terdapat beberapa kata yang
diganti. Setelah teks selesa...
Perumusan teks proklamasi barulah selesai
pukul 04.00 WIB pada tanggal 17 Agustus
1945. Dan telah diputuskan juga teks
pro...
Pertanyaan Isian Singakat
1. Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang
pada tanggal ...
2. Rakyat Indonesia menyambut ge...
6. Yang mengusulkan teks proklamasi
ditandatangani oleh Ir. Soekarno dan Muh
Hatta adalah ...
7. Rumah laksana Maeda berad...
Pertanyaan Ya / Tidak
No.

Pernyataan
Pembukaan UUD 1945 dikenal dengan nama Piagam Jakarta.
Chaerul Saleh setuju jika tek...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Ppki

3,030 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
3,030
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
71
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Ppki

  1. 1. Proses Persiapan Kemerdekaan Indonesia Oleh: Anisa Solihati Decky Arya Y Faisal Hanif Lina Wati 05 08 09 13
  2. 2. PEMBENTUKAN BPUPKI Kedudukan Jepang makin terjepit oleh sekutu dalam Perang Dunia II. Kondisi Jepang semakin terpukul. Satu-satunya harapan bagi Jepang adalah Indonesia. Jepang berupaya menarik hati bangsa Indonesia. Pada tanggal 7 September 1944 dalam sidang parlemen Jepang, Perdana Menteri Kuniaki Koiso menjanjikan kemerdekaan untuk Indonesia “kelak di kemudian hari”.
  3. 3. Para pemimpin pergerakan kemerdekaan Indonesia mendesak Jepang untuk segera mewujudkan janjinya. Oleh karena itu, pada tanggal 1 Maret 1945 Letnan Jenderal Kumakichi Harada mengumumkan pembentukan Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dengan dr. K.R.T. Radjiman Wedyodinigrat sebagai ketua dan R.P. Suroso sebagai wakil ketua. BPUPKI diresmikan pada tanggal 28 Mei 1945 di gedung Cuo Sangi In, Jalan Pejambon Jakarta.
  4. 4. SIDANG BPUPKI a. Sidang pertama (29 Mei 1945 – 1 Juni 1945) a. Sidang kedua (10 Juli 1945 – 16 Juli 1945)
  5. 5. SIDANG PERTAMA BPUPKI Sidang pertama BPUPKI yang dilaksanakan pada tanggal 29 Mei – 1 Juni 1945 membahas dasar negara Indonesia. Beberapa tokoh mengajukan konsep dasar negara. Tokoh tersebut antara lain Mr. Muh. Yamin, Prof. Dr. Soepomo, dan Ir. Soekarno. Ir. Soekarno mengusulkan nama dasar negara indonesia merdeka adalah pancasila, pada akhirnya usul Ir. Soekarno diterima.
  6. 6. Dalam pertemuan pada tanggal 1 Juni 1945 juga dibentuk Panitia Kecil beranggotakan sembilan orang yang disebut Panitia Sembilan. Dalam sidang yang dilakukan Panitia Sembilan, dihasilkan rumusan undang-undang dasar. Rumusan ini disebut “Piagam Jakarta” atau “Jakarta Charter”.
  7. 7. SIDANG KEDUA BPUPKI Sidang kedua BPUPKI yang dilaksanakan pada tanggal 10 - 16 Juli 1945 membahas rancangan UUD. Dalam sidang ini dibentuk Panitia Perancang Undang-undang Dasar yang bersepakat bahwa pembukaan UUD diambil dari Piagam Jakarta. Dalam sidang ini ditetapkan bahwa bentuk negara Indonesia adalah republik.
  8. 8. Sebelum sidang BPUPKI berakhir, panitia melaporkan hasil dari sidang, yaitu: 1. Pernyataan Indonesia Merdeka. 2. Pembukaan UUD. 3. UUD itu sendiri. Dengan keberhasilan Panitia Perancang UUD, maka tugas BPUPKI telah selesai dan dibubarkan.
  9. 9. PEMBENTUKAN PPKI Pada tanggal 6 Agustus 1945 Kota Hiroshima dibom atom oleh Amerika Serikat. Jepang seakanakan terpaksa hendak mewujudkan janjinya kepada banga Indonesia untuk merdeka. Oleh karena itu, Jepang membentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) atau Dokuritsu Junbi Inkai yang beranggotakan 21 orang pada tanggal 7 Agustus 1945.
  10. 10. Pada tanggal 9 Agustus 1945 Kota Nagasaki juga dibom atom oleh pasukan Amerika Serikat. Jepang makin tidak berdaya. Jenderal Besar Terauchi memanggil Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan dr. Radjiman Wedyodiningrat untuk datang ke markas di Dalat, Vietnam. Mereka melakukan pertemuan pada tanggal 12 Agustus 1945.
  11. 11. Jenderal Besar Terauchi menyampaikan beberapa hal kepada para pemimpin bangsa Indonesia, antara lain: 1. Pemerintah Jepang memutuskan memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia. 2. Untuk melaksanakan kemerdekaan dibentuk PPKI. 3. Pelaksanaan kemerdekaan segera dilakukan setelah persiapan selesai dilakukan dan secara berangsur-angsur dari Pulau Jawa, baru disusul oleh pulau lainnya. 4. Wilayah Indonesia akan meliputi seluruh bekas wilayah jajahan Belanda.
  12. 12. Perbedaan Pendapat antara Golongan Tua dan Golongan Muda Jepang menyerah kepada sekutu, sehingga terjadi kekosongan kekuasaandi Indonesia. Para pemuda meminta Bung Karno dan Bung Hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia tanpa campur tangan Jepang, namun Bung Karno tidak menyetujuinya. Para pemuda mengadakan rapat tentang kemerdekaan Indonesia. Hasil rapat para pemuda disampaikan pada Bung Karno, namun Bung Karno tetap tidak menyetujuinya. Dan terjadi peristiwa “Rengasdengklok”.
  13. 13. Setelah melalui peristiwa Rengasdengklok, rombongan Soekarno-Hatta sampai di Jakarta pada malam hari. Pada malam itu Soekarno-Hatta menemui Mayor Jenderal Nishimura untuk menjajaki sikapnya tentang rencana Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Soekarno-hatta ditemani Laksamana Maeda bersama orang Jepang (sebagai penerjemah). Ternyata orang Jepang yang bernama Nishimura tidak berani mengizinkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, karena takut pada sekutu.
  14. 14. Pada malam itu juga mereka menuju ke rumah Laksamana Maeda di Jalan Imam Bonjol No. 1 Jakarta untuk merumuskan teks porklamasi kemerdekaan Indonesia. Tokoh yang hadir adalah Soekarno, Moh. Hatta, dan Ahmad Soebarjo, serta beberapa tokoh muda seperti Sukarni, Sayuti Melik, B.M Diah, dan Sudiro. Mereka merumuskan teks proklamasi di ruang makan.
  15. 15. Soekarno memegang pena dan kertas sedangkan Moh. Hatta dan Ahmad Soebarjo mengemukakan ide-idenya secara lisan. Ahmad Soebarjo meyatakan kalimat pertama berbunyi : “Kami bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaan Indonesia”. Kemudian Muhammad Hatta menyempurnakannya dengan kalimat kedua : “Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain akan dilaksanakan dengan cara yang saksama dan dalam tempo yang sesingkatsingkatnya”.
  16. 16. Setelah konsep teks proklamasi, teks itu dibawa ke tempat pemimpin lain berkumpul, namun timbul perpecahan. Chaerul Saleh tidak setuju bila teks itu ditandatangani oleh PPKI, akhirnya teks itu ditandatangani oleh Soekarno dan Moh. Hatta dan hadirin-pun setuju.
  17. 17. Setelah konsep itu jadi segera diserahkan kepada Sayuti Melik dan terdapat beberapa kata yang diganti. Setelah teks selesai diketik barulah ditandatangani oleh Soekarno dan Hatta, teks itulah dianggap sebagai teks autentik.
  18. 18. Perumusan teks proklamasi barulah selesai pukul 04.00 WIB pada tanggal 17 Agustus 1945. Dan telah diputuskan juga teks proklamasi akan dibacakan jam 10.00 WIB di halaman rumah Soekarno di Jalan Pengangsaan Timur No.56 Jakarta. Teks ini mengubah status bangsa Indonesia yang dulunya terjajah menjadi merdeka. Malam itu juga bendera merah putih telah dijahit oleh Ibu Fatmawati Soekarno.
  19. 19. Pertanyaan Isian Singakat 1. Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang pada tanggal ... 2. Rakyat Indonesia menyambut gembira kedatangan Jepang, karena kedatangannya membawa ... 3. Kembali dari Rengasdengklok, Soekarno dan rombogannya tiba di Jakarta pada pukul ... 4. Nama lain dari PPKI adalah ... 5. Pada tanggal 15 Agustus 1945 para pemuda mengadakan rapat di ...
  20. 20. 6. Yang mengusulkan teks proklamasi ditandatangani oleh Ir. Soekarno dan Muh Hatta adalah ... 7. Rumah laksana Maeda berada di .... 8. Muh. Hatta Ir. Soekarno, dan Rajiman Wedyodiningrat dipanggil ke Dalat, Vietnam karena ... 9. Wakil ketua BPUPKI adalah .... 10. Siapakah yang mengusulkan alenia pertama teks proklamasi ...
  21. 21. Pertanyaan Ya / Tidak No. Pernyataan Pembukaan UUD 1945 dikenal dengan nama Piagam Jakarta. Chaerul Saleh setuju jika teks proklamasi ditandatangani oleh seluruh anggota PPKI. Perumusan teks proklamas selesai apa pukul 04.00 pagi. Teks proklamasi ditandatangani oleh Ir. Soekarno dan Muh. Hatta, teks inilah yang disebut naskah autentik. Sidang kedua BPUPKI terjadi pada tanggal 29 Mei 1945 – 1 Juni 1945. PPKI dibentuk oleh Jepang dengan jumlah anggota 12 orang. Bung Karno tidak menyetujui usulproklamasi para pemuda karena Proklamasi perlu dibicarakan dahulu di rapat PPKI. Darwis adalah anggota golongan tua. Ide alinea pertama teks proklamasi di sampaikan oleh Moh. Hatta. Sidang kedua BPUPKI dilaksanakan 11 Juli 1945 Ya Tidak

×