9 Productive Habits

503 views

Published on

9 productive habits to improve your self

Published in: Spiritual
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
503
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
5
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

9 Productive Habits

  1. 1. 9 Productive HabitsOleh: Anggi Hafiz Al Hakam K1D040016
  2. 2. PROLOG Untuk dapat memiliki sifat pribadi yang baik dalam kehidupan,ada beberapa kebiasaan-kebiasaan yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan produktivitas anda.Sifat pribadi yang baik dimulai dari adanya niat dari dalam diri sendiri untuk mengubah arah dan tujuan semula menuju arah dan tujuan yang baru. Tidak hanya itu. Ada hal lain yang perlu diperhatikan yaitu kebiasaan pribadi. Kebiasaan bisa membawa kita kemana kita mau karena kebiasaan akan tetap menjadi bagian dari diri kita. Jika kita mampu untuk melakukan kebiasaan yang produktif sudah tentu kita akan menjadi manusia yang produktif. Berikut adalah “prosedur-prosedur”nya:
  3. 3. Sediakan waktu lebih banyak untuk membaca dan sediakanlah waktu 15 menit untuk memikirkan dan mengendapkan bacaan. Bacaan apapun yang Anda baca akan memilikipengaruh positif terhadap diri Anda. Setiap kali Anda selesai membaca berarti anda menyerap suatu informasi, karena itu sediakanlah waktu 15 menit untuk memikirkan kembali dan mengendapkan apa yang baru Anda baca.
  4. 4. Luangkanlah waktu selama 20 menit dalam sehari untuk menyendiri dan merenungEfek dari kebiasaan ini adalah Anda akan terbiasa melakukan pemikiran vertikal, selain itu, kebiasaan tersebut juga akan meluaskan dan melegakan perasaan Anda serta ketenangan yang luar biasa. Secara bertahap anda akan memiliki sifat tenang. Ketenangan berarti anda memiliki tingkat kontrol yang luar biasa terhadap diri Anda sendiri.
  5. 5. Jagalah kondisi fisik Anda.Untuk menjaga kondisi fisik melalui:  Makan secara teratur dan bergizi  Istirahat yang cukup  Rajin berolahraga
  6. 6. Tingkatkan apresiasi anda melalui seni dan alam Terkadang hidup akan terasa kering jika kita tidak punya rasa seni yang baik. Selain itu, menikmati seni dan alam juga dapat meningkatkan sifat humoris kita.
  7. 7. Buatlah rencana perjalanan wisata Jalan-jalanlah dimuka bumi dan makanlah rizki Tuhanmu. Semakin banyak yang kita lihat semakin banyakpula yang dapat kita bandingkan. Jangan sekedar menikmati pemandangannya. Sehingga setiap kali pergi, Anda akan mendapatkan pengetahuan baru.
  8. 8. Luaskanlah wilayah pergaulan Anda Salah satu ciri orang dewasa adalahdapat bergaul dengan banyak orang. Ada baiknya Anda memilih teman yang pengetahuannya lebih banyak dan lebihbaik daripada Anda, karena dari sanalah Anda akan menerima lebih banyak
  9. 9. Biasakan lebih banyak diam dan mendengardaripada bicara Diam menunjukkan kekuatan kepribadian seseorang. Dan kemampuan mendengarkan adalah kekuatan kepribadian yang luar biasa. Jika ingin berbicara , sampaikanlah sesuatu yang sudah anda pikirkan. Kurangilah perkataan yang muncul secara refleks. Diam bukan berarti Anda sama sekali tidak berbicara. Biasakanlah diam dan merenung maka Anda akan produktif dalam hidup
  10. 10. Biasakanlah mencatat gagasan secara teratur Suatu ide atau gagasan memerlukan proses pematangan. Dengan mencatat, berarti anda telah melakukan proses pematangan ide atau gagasan dengan pengendapan memori yang lebih kuat.
  11. 11. Kontrol emosi agar tetap tenang, tidak mudahterpengaruh sanjungan dan kritikanBiasakan agar ekspresi emosi Anda tidak mudah terlihat. Ketika Anda inginmengekspresikan emosi, pertama-tama gunakan mata. Orang yang langsung mengekspresikan emosi melalui tindakan fisik, biasanya lemah. Andaharus pandai menstruktur emosi secara bertahap, melalui mata, rona wajah,suara dan menggunakan fisik bila dirasa perlu.
  12. 12. EPILOG Dari uraian diatas, saya tidak bermaksud untuk mendoktrin Anda, tetapi saya ingin membuat Anda meyakini bahwa Anda memiliki potensi dan peluang untuk mengembangkan kepribadian Anda melalui prosedur yang benar. SELAMAT MENJADI PRIBADI YANG PRODUKTIF

×