Ppt admin ulfah

253 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
253
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
11
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Ppt admin ulfah

  1. 1. Administrasi pendidikan adalah segenap proses pengarahan dan pengintegrasian segala sesuatu baik personal, spiritual dan material yang bersangkut paut dengan tercapainya tujuan pendidikan.
  2. 2. Dasar administrasi
  3. 3. Fungsi Administrasi Pendidikan
  4. 4. KEPEMIMPINAN DALAM PENDIDIKAN
  5. 5. Pengertian Kepemimpinan Kepemimpinan berasal dari kata pemimpin yang artinya seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan, khususnya kecakapan/ kelebihan di satu bidang sehingga dia mampu mempengaruhi orang-orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas tertentu untuk mencapai satu atau beberapa tujuan.
  6. 6. Tigafungsi kepemimpinan dalam mengajar
  7. 7. Peran Pemimpin Kependidikan 1. Berkomunikasi dengan jelas dan sabar. 2. Memusatkan perhatian pada peserta didik.  3. Membudayakan mutu (dalam segala hal). 4. Mengadakan inovasi proses pembelajaran. 5. Menampung aspirasi peserta didik. 
  8. 8. Lanjutan … 7. Mengoreksi kebijaksanaan yang ada, bila perlu. 8. Mengatasi kendala yang muncul dalam proses belajar-mengajar. 9. Mengembangkan tim-tim kecil dalam pembelajaran. 10.Mengembangkan mekanisme pemantauan dan evaluasi keberhasilan secara terbuka dan adil. 11.Mengadakan kaderisasi dalam bidang ilmu yang diasuh. 12.Memberdayakan peserta didik (Empowerment) 13.Memotivasi peserta didik.
  9. 9. pendekatan kepemimpinan adatiga
  10. 10. Model Kepemimpinan antara lain
  11. 11. PERAN PEMIMPIN DALAM PENDIDIKAN
  12. 12. Definisi peran dan pemimpin Peran adalah Perilaku yang diatur dan diharapkan dari seseorang dalam posisi tertentu. Sedangkan Pemimpin adalah seseorang yang mampu untuk beraktifitas, memimpin, menggerakkan, atau mempengaruhi bawahan, melakukan kordinasi serta mengambil keputusan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  13. 13. Sifat- Sifat Pemimpin
  14. 14. Peran Pemimpin dalam Pendidikan
  15. 15. BIDANG GARAPAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN
  16. 16. Ruang Lingkup Administrasi Pendidikan
  17. 17. Lanjutan …
  18. 18. ADMINISTRASI SEBAGAI PROSES KEGIATAN MANAJEMEN DAN SUPERVISI DALAM ADMINISTRASI PENDIDIKAN
  19. 19. Konsep DasarMenejemen definisi dapat disimpulkan bahwa manajemen dapat sebagai: 1. ilmu dan seni 2. proses 3. profesi
  20. 20. Fungsi Manajemen
  21. 21. Hubungan Antara Administrasi dan Menejemen administrasi adalah penyelenggaranya, dan manajemen adalah orang yang menyelenggarakan kerja. Makakombinasi dari keduanyaadalah penyelengaraan kerjayang dilakukan oleh orang-orang secarabersama- samauntuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan.
  22. 22. Pengertian Supervisi Supervisi adalah bantuan dalam pengembangan situasi pembelajaran yang lebih baik. Layanan supervisi meliputi keseluruhan situasi belajar mengajar
  23. 23. TEKNIK SUPERVISI
  24. 24. Fungsi Supervisi Pendidikan
  25. 25. Teknik Supervisi
  26. 26. PENGAJARAN MODUL
  27. 27. Pengertian Modul Pengajaran modul adalah pengajaran yang sebagian atau seluruhnya didasarkan atas modul. Jadi, modul merupakan salah satu alternatif jawaban yang dianggap tepat dalam menanggapi dan memecahkan masalah pendidikan dan pengajaran yang sangat kompleks dewasa ini.
  28. 28. Unsur-unsur Modul
  29. 29. Karakteristik /Ciri –ciri Modul
  30. 30. Prinsip-prinsip pembelajaran modul
  31. 31. Macam-macam Modul    
  32. 32. BELAJAR TUNTAS
  33. 33. definisi Pembelajaran tuntas (mastery learning) dalam proses pembelajaran berbasis kompetensi dimaksudkan adalah pendekatan dalam pembelajaran yang mempersyaratkan peserta didik menguasai secara tuntas seluruh standar kompetensi maupun kompetensi dasar mata pelajaran tertentu.
  34. 34. KEPALA SEKOLAHSEBGAI ADMINISTRATOR PENDIDIKAN
  35. 35. Definisi Kepala Sekolah Kepalasekolah adalah tenagafungsional guru yang diberikan tugastambahan untuk memimpin suatu sekolah di mana diselenggarakan prosesbelajar mengajar atau tempat di manaterjadi interaksi antaraguru yang memberi pelajaran dan murid yang menerimapelajaran.
  36. 36. Tugas Kepala Sekolah sebagai Administrator
  37. 37. Latar belakang Banyak usaha pembaharuan telah dijalankan, seperti dalam bentuk isi kurikulum, cara-cara atau metode-metode mengajar yang baik dan efisien, adanya pembinaan dan penyuluhan, kegiatan- kegiatan ekstrakurikuler, dan sebagainya. Tetapi, semua itu tidak hanya mendatangkan hasil yang sedikit sekali, kadang-kadang tidak kelihatan sama sekali hasilnya. Hal ini disebabkan karena kurang atau tidak diikutsertakannya guru-
  38. 38. Orientasi Bagi Guru-Guru Baru Masaorientasi sangat diperlukan karenasetiap pegawai atau guru yang baru padaumumnya mengahadapi problema, baik problemayang menyangkut dirinyasendiri maupun problema yang berhubungan dengan tugas-tugas pekerjaan yang akan dilakukannya.
  39. 39. ORGANISASI SEKOLAH
  40. 40. definisi organisasi adalah sebuah bentuk atau sistem yang terdiri dari sekelompok manusia yang berkerjasama untuk mencapai tujuan bersama. Oleh sebab itu sekolah dikatakan sebagai sebuah organisasi karena sekolah didirikan untuk mencapai tujuan bersama khususnya di bidang pendidikan.  
  41. 41. Faktor-faktoryang Perlu Dipertimbangkan dalamMenyusun Organisasi Sekolah
  42. 42. HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT
  43. 43. Manfaat Hubungan Sekolah dengan Masyarakat Bagi masyarakat: • Tahu hal-hal persekolahan dan inovasi- inovasinya • Kebutuhan masyarakat tentang pendidikan lebih mudah diwujudkan. • Menyalurkan kebutuhan berpartisipasi dalam pendidikan • Melakukan tekanan/tuntutan terhadap sekolah.
  44. 44. Lanjutan … Bagi sekolah: • Memperbesar dorongan, mawas diri. • Memudahkan memperbaiki pendidikan. • Memperbesar usaha meningkatkan profesi staf. • Konsep masyarakat tentang guru menjadi benar. • Mendapatkan koreksi dari kelompok penuntut. • Mendapat dukungan moral dari masyarakat. • Memudahkan meminta bantuan dan material dari masyarakat. • Memudahkan pemakaian media pendidikan di masyarakat. • Memudahkan pemanfaatan nara sumber.
  45. 45. Tujuan Hubungan Sekolah dengan Masyarakat
  46. 46. Teknik Hubungan Sekolah dan Masyarakat 1. Laporan kepada orang tua murid 2. Buletin Bulanan 3. Penerbitan Surat Kabar 4. Pameran Sekolah 5. Open House 6. Kunjungan ke sekolah (“school visitation”) 7. Kunjungan ke rumah murid (”home visitation”) 8. Melalui penjelasan oleh staf sekolah 9. Gambaran Keadaan Sekolah Melalui Murid. 10. Melalui Radio dan Televisi 11. Laporan Tahunan
  47. 47. Bentuk-bentuk Hubungan Sekolah dengan Masyarakat 1. Aktivitasparasiswa/kelasatau tingkat kelas. 2. Aktivitasguru, beberapaguru, atau guru-guru satu bidang studi. 3. Mediamasa 4. Kunjungan wargamasyarakat atau orangtua siswakesekolah. 5. Pertemuan dengan kelompok masyarakat yang menaruh perhatian kepadapendidikan di sekolah.
  48. 48. TERIMA KASIH

×